Tips Bermain Seharian di Funtopia


Bulan Agustus ini banyak banget ya hari liburnya? Mau gak mau harus cari akal gimana biar anak tidak cuma nonton TV saja seharian menghabiskan waktu liburan. Kebetulan Traveloka dan Beyond Screen Production menghadirkan FUNTOPIA, area balon bermain pertama dan terbesar di Indonesia.


Funtopia ini diadakan di Bintaro Xchange Park, BXChange Mall pada tanggal 17-30 Agustus 2018. Bukan cuma anak-anak saja yang bisa bermain di wahana yang besar banget ini, tapi juga orang dewasa seperti kita.

Mia Lukmanto, CEO Founder Beyond Screen Production menjelaskan bahwa kreatifitas orang tua menunjang dalam stimulasi kecerdasan anak. Dengan mengadakan Funtopia, anak akan dilatih motorik halus dan kasar untuk tumbuh kembangnya. 

Hal ini didukung oleh Bapak Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka, yang menyatakan Traveloka sangat mendukung gaya hidup masayarakat saat ini dengan memudahkan mereka satu sama lain makin erat kebersamaannya. Dengan Funtopia, Traveloka berharap bonding sekeluarga akan terbentuk erat. 

Funtopia mengahdirkan beberapa wahana balloon park yang sangat besar. Dan ini bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. Bukan cuma loncat-loncat saja kok di sini, tapi merangkat, menemukan jalan keluar sampai menceritakan tentang wahana sangat bisa dicoba oleh orang tua untuk stimulasi anak. 

Kemari tanggal 18 Agustus 2018, saya nyobain Funtopia. Pas pertama datang langsung UWOOOW gede banget areanya. Seru kok #serius. Setelah puas bermain di area Funtopia, ada beberapa yang ingin saya sharing sama teman-teman di sini. Semoga bermanfaat ya.


Ini tips pribadi dari saya kalau kalian mau bermain di Funtopia :

1. Pilih waktu yang pas buat anak-anak bermain sepuasnya.

Funtopia buka dari jam 7pagi-10 malam saat weekend, jam 3 sore-10 malam saat weekdays dan hari libur jam 10 pagi-10 malam. 

Silahkan pilih waktu yang nyaman untuk sekeluarga bermain. Kalau saya lebih nyaman pergi sama anak-anak saat sore ke malam. Rasanya lebih adem cuaca di Bintaro daripada pagi hari ke siang yang terik. Soalnya, balon yang dinaiki juga jadi rada panas kalau siang.

Apalagi kalau rumahnya jauh dari Bintaro, kan kudu dipikir masak-masak enak jam berapa kesananya biar gak bolak-balik.

2. Bawa perlengkapan yang mumpuni. Selain bikin lebih hemat juga tetap menjaga anak jadi tetap nyaman

Seperti pakai topi, payung, gunakan baju yang nyaman, bawa tisu atau handuk karena anak bakal keringetan, jangan lupa usapkan sunscreen biar ga item hahahaha, bawa uang secukupnya dan bawa gadget beserta powerbank buat ngabadiin selama di sana.

Air minum itu penting, sebotol jujur kurang banget apalagi kalau cuaca panas. Lebih baik bawa beberapa, bisa sih beli  di booth makanan di sana. Tapi kalau mau ngirit lebih baik sedia rada gedean atau rada banyak hehehehe.


3. Beli tiket 

Sebenarnya bisa langsung beli tiket di sana apalagi kalau buat pengguna BCA bakal dapat promo  diskon 15% CC BCA. Nanti kita akan mendapat gelang yang bisa digunakan seharian bermain. Kalau mau keluar juga bisa buat sholat apa makan di mall BXChange, nanti dicap sama petugas biar bisa masuk lagi ke area Funtopia.


Kalau mau beli via aplikasi Traveloka juga bisa banget. Ada diskonnya juga. Untuk harga normal tiket Rp 85ribu weekdays dan hari libur weekend jadi 100ribu perorang. Kalau beli di Traveloka lumayan beda 5ribu :D. 

 Beli pakai traveloka, aja.
Funtopia kemudian


4. Setelah beli tiket, langsung ke pintu masuk dan gelang akan dipasangkan oleh petugas. 

Jangan lupa ke tempat penitipan sepatu agar sepatunya bisa ganti sandal ala hotel gitu. Sebenarnya bisa gak usah nitip sih, tapi emang lebih enak kalau pakai sandal yang gampang bukanya. 

Pintu masuk Funtopia


Penitipan sepatu


5. Mau ke mana setelah ini secara besar banget areanya? Ke booth Traveloka dulu saja.

Lah ngapain? Yang penting, jangan lupa download aplikasi Traveloka di handphone. Tunjukkan sama si mbak-mbak di booth, nanti kita ikutan activity di sana. Tinggal muter aja gitu. Nanti jarumnya akan menunjuk kita dapat hadiah yang mana. Ada macam-macam, ada yang dapat voucher makanan (yang bisa dipakai di area Funtopia juga) dan kebetulan saya dapat voucher rekreasi activities yang bisa dibelikan tiket rekreasi seperti Funtopia dll selanjutnya. Mayan banget sih. Potongan 50ribu gitu loh. 

Booth Traveloka

Permainan dapetin voucher

6. Jajal area Funtopia satu-satu, mulai dari depan

Untuk memudahkan, saya bikinin denah Funtopia ya. Biar gampang mengikuti alurnya mau kemana hehehe. Jadi dari pintu masuk titip sepatu, terus ke traveloka, terus jajal Funtopia dari depan. 

Oh iya, di sini bukan hanya untuk anak-anak yang bisa naik loh. Segede kita juga bisa ikutan bermain di Funtopia. Saya juga masuk hahahha, saking ndesone baru pertama kali main lelompatan di atas balon kayak gini *LOL. Yang penting jangan lupa lepas sandal yaaa.


Kita mulai dari Traveloka track yang ada di depan sendiri. Ini warnanya traveloka banget deh, biru-biru dengan sentuhan kuning. Ini menurut saya  balon paling aman di sini. Karena ada kolam kotak dan ada perosotan yang anak mudah untuk bermain di dalamnya. 

Traveloka track

Setelah itu cuss ke Mighty Mushroom. Anak bisa naik-naik di atas jamur warna-warni dengan ada jalur tracknya gitu. Tetep bisa lompat-lompat kok.

Mighty Mushroom

Setelah itu ke sebelah kanan ada Old octopus. Gurita besar ini ramai sekali, karena dekat dengan pohon jadi rada teduh hahahaha. Ya lah secara panas bener.


Old octopus

Di depannya ada Crown Castle, areanya luas banget di dalam bisa berfoto sekeluarga. Terus, kalau di sini juga bisa loncat-loncat juga kok. 

Crown Castle

Di sebelah kanannya ada Bunny Boo. Balon raksasa berbentuk kelinci yang gede banget. Balonnya empuk bangettt.

Bunny Boo

Agak ke tengah, ada Candy Cane balloon. Ini tinggi banget dan saya nyobain kebetulan. Berwarna merah putih seperti permen lolipop, bikin ini menarik mata untuk dicobain. Lah dalah saya terlalu semangat loncat jadi bingung pas mau berhenti. wkkwkw. Iya ndesok banget ya saya xD. Sayangnya saya pakai kacamat dan sempat jatuh jadi patah huhuhuhu. Jadi yang pakai kacamata, kalau mau loncat-loncat tolong dijaga jangan sampai lepas atau patah ya.

Candy Cane

Emaknya kesenengan loncat-loncat

Dibelakang canduy cane ada Mystery Maze. Yang banyak tracknya kita kudu nyari keluarnya dimana. Bentuknya seperti balon udara gitu biru kuning. Gak perlu loncat sih, cukup jalan saja sambil cari jalannnya. 

 
Mystery Maze

Dan wahana yang terakhir adalah Caterpillar Cave. Berbentuk ulat xixixiixi. Jadi anak-anak masuk ke dalam perut ulat seperti terowongan  gitu. Karena bentuknya naikan jadi anak harus merangkak memanjat dengan hati-hati sampai keluar terowongan.

Caterpillar Cave

7. Setelah itu kemana? Lihat saja si anak senangnya main di mana. Nanti dia sendiri yang akan memilih. Kalau diperhatikan di setiap wahana balon dikasih keterangan apa yang bisa lakukan sama anak. Misalnya orang tua bisa jelasin, ulat itu berasal dari larva dll.

Jadi bukan hanya motorik kasar yang diasah di Funtopia ini, tapi juga motorik halus anak. Seperti mengantri bermain bersama kan juga melatih kesabaran anak karena area ini milik bersama.

8. Jangan lupa ke booth-booth di sana. Ada beberapa tenant yang bisa kita lihat, ada arfa kids, biore dll. Ada diskon dan activity onlinenya juga. Siapa tahu rejeki menang.



9. Mampir ke Kuliner Traveloka

Ada banyaakkkkk pilihan di travelokaeats. Disana juga ada tempat duduk matching di taman buat menikmati  santapan. Atau kalian bisa menikmatinya di kursi meja area Funtopia. 

Buat yang udah ikutan activity di booth Traveloka dan dapat voucher makan bisa langsung dipakai pesan makanan di sini. Belinya tentunya paai aplikasi Traveloka. Tapi biuat yang nggak, bisa kok tinggal langsung bayar saja mau pesan yang mana. 




10. Jaga kebersihan lingkungan di area Funtopia

BXChange termasuk mall yang menerapkan kebersihan di segala macam areanya. Jadi kalau habis makan atau minum, bungkusnya jangan lupa ditaruh di tempat sampah yang banyak disediakan di area Funtopia. Kan kalau bersih, mainnya juga senang :*.


Seru ya? Buat kalian yang bingung mau menghabiskan waktu sama keluarga, bisa banget pergi ke Funtopia di BXChange loh. Seharian pasti puas banget dan anak-anak pasti senang. Katanya sih, event serupa akan diadakan di beberapa kota besar, seperti Bandung dan Surabaya.

Cuma sampai tanggal 30 Agustus 2018 saja Funtopia di BXChange ini!  Belinya pakai Traveloka saja, Funtopia kemudian.

Info lebih lengkap cus ke

10 comments:

  1. Cocok nih untuk ajak anak liburan disini. Selain anaknya bahagia, ibunya juga bisa ikutan main. heheh :D

    ReplyDelete
  2. Keren tempatnya, Balonnya juga besar-besar banget ya :))

    ReplyDelete
  3. Bisa dapat voucher gratis juga ya ...

    ReplyDelete
  4. Caterpillar Cave bentuknya lucu :)) hehe

    ReplyDelete
  5. Pasti seru banget ya bisa bermain di Funtopia ....

    ReplyDelete
  6. Kebayang serunya bermain di FUntopia yaaa, duh mupeng nih pengen ngajakin neng Marwah kesini.

    ReplyDelete
  7. kayak kayaknya seru nih,, bsa lompat-lompat tanpa takut jatuh dan sakit

    ReplyDelete
  8. Coba saya maish punya anak kecil ya, Cha. Bakaln senang pasti diajakin ke sini :D

    ReplyDelete
  9. menarik dan lucu-lucu ya,
    untuk balita amankah? seringkali anak-anak kan lari-lari tidak lihat sekitarnya.
    thank

    ReplyDelete
  10. seru mba, sedang menunggu untuk eventnya di Bandung ga sabar pengen liat eta balon raksasa hahaha Neyna pasti seneng banget

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^