Perlukah Mandi Air Hangat Untuk Bayi?


Punya anak membuat saya belajar banyak ilmu. Mulai cara memberikan ASI, menggendong, membuat resep mpasi, stimulasi bahkan juga untuk perawatan sehari-hari juga harus belajar. Bayangin saja, untuk perawatan standar merawat kulit bayi agar selalu sehat saja banyak banget tata caranya. Betul tidak? 

Kalau di blog ini saya sering menulis tentang perlengkapan bayi yang selalu digunakan, kali ini mau nulis seputar mandi pada anak dan bayi. Soalnya nih ya, mandiin anak-bayi-dewasa itu beda-beda. Mulai dari perlengkapan mandi sampai airnya pun perlu diperhitungkan.

Ngomong-ngomong air buat mandi, kalian tim mandi air dingin atau air hangat sih? Saya sukanya mandi air dingin, tapi kalau Papih sukanya mandi air hangat. Karena dari kecil cuaca kami berbeda, saya di daerah lautan yang notabene udara panas dan suami di daerah gunung yang pastinya dingin berangin. Mungkin karena itu juga sampai saat ini kami suka mandi dengan "cara" masing-masing.

Anak-anak ikut siapa? Kalau pas saya yang mandiin tentu pakai air dingin, tapi kalau sama Papih pasti dibuatin pakai air hangat pake kompor. Lah kompor? Iya, kompor! Karena adanya ya kompor hahaha.

Sebelum lanjut, sekarang kita main cocoklogi yuk! Kamu orang yang mana? Kalau dipikir-pikir, sebenarnya sudah tidak jaman ya pakai masak air di kompor. Ujug-ujug kita kudu punya water heater dan mereknya pasti Ariston, ya nggak?

Cocoklogi mandi air hangat


Tapi ada kejadian tidak enak masalah masak air ini. 3 tahun lalu saat Papih mau nuangin air panas ke dalam bak mandi, tiba-tiba kucing gelendotan di kakinya. Sehingga bikin Papih hilang keseimbangan, trus air panasnya tumpah semua dari panci kena kaki si Papih dan kucing. Huhuhu.

Baca cerita :

Waktu itu sempat kepikiran, apa enaknya beli water heater aja ya? Listriknya mahal gak ya? Atau kudu gimana enaknya? Dan pertanyaan yang sama sampai bertahun-tahun masih menggantung di benak saya........ 

Sampai pada kemarin saya datang di acara Ariston Comfort Always On bersama Mommies Daily di Nomad Hostel Kemang tanggal 15 September 2018. Disini saya belajar tentang perawatan kulit bayi, secara kulit bayi saja ada yang sensitif ada yang tidak. Iya sih, kayak Raffi Raffa saja beda tingkat sensitifitas kulitnya. Beda kulit beda penanganan loh ya!

Hal ini dijelaskan oleh Dr Srie Prihianthi, Sp.K.K, PhD, FINSDV, FAADV selaku dokter anak. Beliau menyatakan kalau kondisi saat bayi dalam kandungan, setelah dilahirkan, lalu toddler, remaja dan dewasa itu sangat berbeda. Saat di dalam perut Ibu, janin bebas kuman dan steril karena dilindungi oleh cairan ketuban.

Setelah lahir, kulit bayi akan mulai mengalami proses pematangan . Dimana kulit bayi sangat tipis dan masih sensitif, harus beradaptasi dengan dunia luar kandungan. Tugas kita sebagai orang tua adalah membuat kulit bayi sehat agar saat dewasa kulitnya tetap sehat juga. Apalagi kita perlu tahu kalau kulit saat dewasa sangat ditentukan oleh kesehatan kulit sejak bayi.

Salah satu cara agar kulit bayi tetap halus, lembut dan sehat , kita harus merawat kulitnya dengan baik dan benar. Urutan perawatan tubuh bayi sehari-hari itu meliputi 4 poin penting dibawah ini. Apa sajakah itu? Cusss, dibaca ya^^ 

1. Membersihkan badan
Lakukan 2 kali sehari. Gunakan yang cocok untuk kulit bayi pada produk baby wash dan baby shampoo yang tidak pedih dimata. Gunakan air mandi suam-suam kuku atau air hangat untuk menjaga regulasi suhu tubuhnya dan membuat bayi lebih nyaman saat dimandikan.

2. Melembabkan kulit
Pakai segera krim lotion baby setelah mandi. Bila diperlukan, gunakan krim khusus untuk menjaga kulitnya.

3. Proteksi
Gunakan produk yang bisa melindunginya dari sengatan sinar matahari kalau beraktifitas di luar. Jangan lupa, aksesoris pendukung seperti topi, dll

4. Special Area
Ini mencangkup diaper care. Jangan lupa sering mengganti popok lalu pakai cream khusus diaper rash bila diperlukan

Nah loh, banyak yang bilang kudu mandi air hangat. Tapi bener juga sih, pas saya mandiin anak pakai air dingin biasanya mereka suka teriak-teriak kedinginan. Beda saat dimandiin pakai air hangat bisa lama banget di kamar mandi. Bisa bercanda dulu, nyanyi-nyanyi atau mainan air. Yang bakal membuat nambah bonding saya dan anak.

Mandi air hangat pada bayi juga punya persyaratan khusus. Yaitu mandinya harus dengan air cukup sehingga seluruh badan bayi bisa berendam. Ternyata, mandi itu bisa mengatur regulasi suhu badan bayi dan akan mengurangi evaporasi/ penguapan melalui kulit. Kulit akan lebih sehat dan tahan terhadap infeksi, iritasi dan alergi.

Karena kulit bayi sekarang akan menentukan kesehatan kulit dewasa nanti, maka kita sebagai orang tua harus menjaga kulit bayinya.

Putri Titian yang sekarang lagi asyik sama Lori juga cerita, mandi air hangat itu bikin Lori boboknya lebih lelap. Pas mandiin juga Lori lebih nyaman dan bisa jadi bonding karena airnya tidak dingin. Begitupun buat Putri Titian pribadi, tahu sendiri kan sibuknya aktris itu kayak gimana pas pulang ke rumah mandi pakai air hangat rasanya Me Time bangettt.

Sebagai pengguna water heater dalam jangka waktu lama, Putri Titian merasa sangat terbantu dengan ini. Apalagi kalau buru-buru mandi tidak perlu waktu lama menyiapkan air hangatnya berkat water heater.

"Pokoknya water heater itu penting buat keluarga saya, apalagi kalau ngirit listrik dan aman dipakai", tambahnya. 



Semua jawaban ada di Ariston Water Heater


Sebenarnya bagaimana cara memilih produk water heater untuk keluarga? Saya sendiri sebenarnya pengen juga punya, tapi tapi tapi masih takut bukan karena waktu lama atau listrik mahal ((((MAHAL)))). Tapi takut nyetrum itu loh, secara orang tua dari dulu itu suka bilang gitu. Kan jadi parnoan  sampai segede ini. 

Tahu nggak kalau nginep hotel, air panasnya biasa saya taruh dulu dibak sampai penuh baru mandi pakai GAYUNG.  Padahal water heater sudah ada gagangnya wkwkkw. Tuh saking parnonya wkwkw.  Serius loh :v. Awkward tapi beneran xD.

Ariston merupakan produk water heater yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an. Seiring waktu, Ariston memiliki produk terlengkap untuk pemanas air, sehingga tidak salah kalau dia menguasai pasar di dunia. Hal ini diungkapkan oleh MR. Jacopo Guazzaroti, marketing and sales manager Thermo Grup, yang langsung datang dari Italia kemarin loh!.

Malahan untuk produk terbaru Ariston Andris punya AG+ technology, air panasnya bebas bakteri. Cocok untuk melindungi keluarga kecil kita. Terutama kulit bayi dan anak agar tetap sehat.



Jadi, kalau dipikir-pikir ya! Banyak alasan kenapa kita bisa mulai beralih dari rempongnya masak air panas di kompor ke water heater Ariston. Karena selain aman, tahan lama dan pasti nyaman. Kemarin saya sempat ngobrol sama salah satu orang tua di sekolah Raffi. Kenapa pilih Ariston? Katanya awet, secara dia punya Ariston dari anaknya masih kecil dulu. Jarang ada masalah dan untuk menghemat listrik bisa diakalin saklar. Keren juga ya ini Ariston! -Ini testimoni jujur pengguna real loh-


Sekarang pasti gak bingung lagi ya mau mandiin anak pakai air hangat. Stop jadi rempongers masak air di kompor. Saatnya pindah ke water heater. Kulit bayi juga bakal tetap sehat dan lembut karena mandi pakai air hangat. Water heaternya ya pasti Ariston kan? Jangan salah pilih!

Lindungi kulit bayi dengan mandi hangat yang praktis. Lindungi keluarga kita dengan water heater yang aman dan bebas bakteri. Ariston jawabannya!

Info lebih lanjut tentang Ariston bisa dicek di 
Ariston Comfort Always On
call center 1500986


2 comments:

  1. Pemanas air lumayan nih buat yang biasa mandiin bayi, soalnya pencampuran air panas dan air dinginnya bisa diatur, apalagi tersedia tabung yang kapasitasnya cukup puntuk konsistensi mixing tingkat 'keangetan' air yang dibutuhkan

    ReplyDelete
  2. Klo anak2 jg menyesuaikan sih mak. Misalnya gerah ya air dingin. Air hangat ku masih rebus manual. Mau punya kayak ginii euy 😃

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^