Obat Jerawat Alami Ampuh yang Harus Kamu Tahu



Wajah berjerawat bisa dikatakan merupakan permasalahan wajah yang paling banyak dialami oleh setiap orang, baik pria maupun wanita. Walaupun berukuran kecil, jerawat bisa sangat mengganggu bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri. Apalagi jika jerawat itu tidak muncul satu dua kali. 


Jika hal itu terjadi, mau tidak mau kita pun harus memutar otak bagaimana caranya menghilangkan si jerawat yang membandel itu. Bisa jadi kamu sudah mencoba berbagai obat jerawat paling ampuh yang pernah kamu baca reviewnya di internet, namun timbul terus menerus silih berganti lokasinya pada wajah. Pasti tambah keki dong ya! Kalau sudah begitu, tidak ada salahnya untuk kembali back to nature alias mencoba obat jerawat alami ampuh yang bisa kamu cobat buat sendiri di rumah. 

Apalagi saat ini juga sudah banyak beredar skin care yang memang mulai menggunakan bahan bahan alami dalam produknya. Jadi kita harus yakin dengan cara alami pun jerawat bisa dihilangkan. Yuk kita coba! 

1. Mengoleskan Lemon 


Kalau kita jeli, sebenarnya banyak sekali produk obat anti jerawat yang memiliki kandungan lemon di dalamnya. Kenapa sih harus lemon? Buah lemon yang kaya akan vitamin C ini memang diyakini dapat mengempiskan jerawat. Lemon memiliki kandungan astringen yang dapat mengurangi dan menghilangkan minyak berlebih di wajah. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab wajah sering berjerawat adalah produksi minyak yang berlebih pada wajah. Minyak pada wajah ini akan mempermudah kotoran dan debu menempel, akibatnya akan terjadi jerawat. 

Nah, selain itu, lemon juga mengandung asam sitrat yang dapat mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati ini jika tidak dieksfoliasi, akan menyumbat pori pori. Penyumbatan pori pori ini lah yang menyebabkan wajah jadi berjerawat juga. 

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat sebenarnya mudah saja. Potong potong buah lemon, ambil sarinya, kemudian oleskan pada wajah sambil dipijat-pijat. Namun penggunaan lemon ini memang harus ekstra hati-hati. pH lemon yang lebih rendah daripada pH wajah kita berpotensi membuat luka bakar kimia pada kulit. Jadi jangan menggunakan lemon terlalu lama. Biarkan selama 3 – 5 menit saja kemudian bilas dengan air bersih. 


2. Bawang Putih 


Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih memiliki khasiat lain, yaitu sebagai obat jerawat alami ampuh. Bawang putih memang memiliki kandungan anti oksidan yang cukup besar. Kandungan anti oksidan inilah yang diyakini dapat membunuh bakteri penyebab wajah berjerawat. 

Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan kimia alami yang bernama allicin. Allicin ini berfungsi sebagai anti radang yang efektif untuk wajah yang meradang dan memerah akibat jerawat. Bagaimana cara penggunaannya? Ternyata cukup mudah, iris bawang putih dalam ukuran kecil, kamu bisa mencoba dengan mencincangnya hingga keluar ekstraknya. Kemudian potongan potongan kecil dari bawang putih ini dapat kamu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat selama semalaman. Keesokan harinya, voila, jerawat pun akan mengempis. 

Namun jangan lupa untuk menggunakan pisau yang bersih dan usahakan menggunakan pisau yang tidak bercampur dengan bahan makanan lain (pisau khusus buah dan sayuran saja). Karena bisa jadi, alih-alih kamu mendapati wajah yang mulus dari jerawat, namun malah jadi lebih meradang karena kontaminasi dari pisau. 

Nah, itu dia dua rekomendasi bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat dari wajahmu. Selamat mencoba! 



6 comments:

  1. Aku pernah si coba pakai bawang, memang cukup membantu sih lama-lama jerawatku mengering dan hilang.

    ReplyDelete
  2. Oh ternyata lemon juga berfunsi seagai obat jerawat ya, saya kira hanya untuk menghilangkan flek hitam pada wajah saja. Nanti sebelum mandi mau coba ah, kebetulan di dapur banyak banget lemon.

    ReplyDelete
  3. Ke dua bahan di atas, sahabat masak ibu-ibu. Jadi mudah banget untuk di temui.

    ReplyDelete
  4. Wah, ternyata bawang putih juga memiliki khasiat untuk mengobati jerawat ya, multifungsi banget :D

    ReplyDelete
  5. Pengen nyobak yang bawang nih, kebetulan lagi gak punya lemon :D

    ReplyDelete
  6. mbayu, anakku si cimit pakei bawang putih sama neneknya bekas gigitan nyamuk lalu melepuh kayak luka tersundut rokok kusedih wkwkwk..

    klo aku dulu lagi kecil pake bawang putih saat aku bisulan *alamak bongkar bongkar masa lala* :D

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^