Cara Memberi Makanan Hewan Peliharaan

cara memberi makan hewan peliharaan

Kadang, cara yang menurut kita benar dalam pemberian makanan hewan belum tentu bisa dipastikan cara tersebut memang benar. Orang-orang menyukai memelihara hewan di rumahnya, atau dimanapun itu, tapi ada yang masih salah dalam tata cara pemberian makan mereka. 


Kalau benar-benar serius memelihara mereka, maka kita juga tidak boleh setengah-setengah dalam merawatnya. Karena jika kita telah memelihara mereka, berarti kita mengurung mereka. Jadi, sudah kewajiban kita untuk merawat, membesarkan dan memberi makan. Gak mungkin kan mereka ari makan sendiri? Plis deh!

Beda hewan, beda juga cara mengurusi. Seperti anjing, kucing, burung, ikan, dan lainnya. Untuk mengurus mereka, kita membutuhkan formula yang berbeda. Seperti jenis makanan, ataupun perawatannya. 

PUNYA HEWAN ITU ADALAH 
KOMITMEN SEUMUR HIDUP

Untuk makanan hewan sendiri, saya biasanya beli agar lebih praktis. Karena bahan-bahan yang ada di dalam makanan hewan yang sudah siap saji, sudah memiliki takaran gizi, vitamin, mineral, dan lain sebagainya. 

Kita juga bisa membeli makanan hewan instan ini melalui marketplace Bukalapak. Di Bukalapak, kita bakal nemuin banyak pilihan. Mulai dari harga yang ramah di kantong hingga yang berkualitas tinggi. 

Setelah semuanya siap, perhatikan kebersihan tempat makanan mereka, waktu makan, atau jadwal makan, hingga takarannya. 

Hewan juga makhluk hidup, jangan sampai lupa memberinya makan. Sebab menahan lapar itu sakit, Jendral!

Setelah semuanya siap, mari kita lanjut ke tata cara pemberian makanan dari tiap-tiap hewan peliharaan.

Cara Memberi Makan Anjing 

Hindari memberikan Anjing makanan sisa biar dia tidak kenapa-kenapa. Soal makanan, kalian pasti tahu apa selera dari hewan penjilat ini. 
Namun ada hal penting yang harus diperhatikan tentang cara pemberian makanannya. Yaitu perhatikan betul polanya. 

Untuk Anjing yang masih berusia di bawah 5 bulan, kita bisa memberikannya makanan sesuai berat badannya sebanyak 3 kali sehari. Tapi buat Anjing yang sudah berusia lanjut, kita cukup memberinya makanan 1 kali sehari. 

Perhatikan pula kesegaran makanan. Setelah Anjing makan selama 10 sampai 15 menit, angkat mangkuk mereka sebagai tanda acara makan sudah selesai. Makanan yang didiamkan lebih dari waktu itu tidak terlalu baik, sebab waktu dia terpapar oleh udara bebas sudah terlalu lama. Sementara untuk minum, sudah harus selalu tersedia di sampingnya. 


Cara Memberi Makan Kucing 


Kita semua tahu, makanan hewan yang tepat untuk kucing adalah ikan. Tapi agar lebih bergizi lagi, berikanlah mereka makanan yang sudah terjamin kualitasnya yang bisa kalian beli di toko online atau toko hewan terdekat. 

Memberinya ikan dapat membuatnya tersedak karena duri tajamnya. Kasian dengan tenggorokan mereka. 

Ada sedikit perlakuan khusus dalam merawat kucing yang usianya masih kecil. Kita membutuhkan dot untuk mendorong masuk makanannya ke dalam. 

Kita bisa memberinya susu, atau makanan kucing yang sudah dihaluskan. Yang penting, hindari memberinya makanan dalam tekstur kasar sebab lambungnya masih sensitif. 

Jika kita tidak mempunyai dot, kita dapat menaruhnya di jari sendiri. Biarkan anak kucing itu menjilati makanan di jari-jari tersebut. 

Selain itu, perhatikan pola dalam pemberian makanan. Dan untuk pemberian makanan untuk kucing dewasa, caranya seperti biasa. Cukup taruh makanan di wadah mereka, lalu biarkan kucing-kucing  makan. 

Btw, saya sendiri gak sembarangan pilih makanan kucing karena menjaga agar tidak kena penyakit berat kemudian hari. Pengalamannya bisa dibaca di 


Cara Memberi Makan Ikan 

Entah hewan peliharaan ini tinggal di dalam akuarium atau kolam besar, hal utama yang harus diperhatikan adalah makanan ikan itu sendiri. Perhatikan dulu, jenis ikan apa? Pemakan tumbuhan, daging, atau omnivora? Setelah semuanya jelas, kalian cukup mencari makanan hewan ini di toko hewan online maupun offline. 

Membeli makanan ini juga bergantung pada bentuk mulut ikan. Jumlah porsi juga lebih baik memberikannya sedikit saja. Porsi yang berlebihan bisa membuat ikan kekenyangan, hingga mengotori air karena ikan tersebut banyak mengeluarkan kotoran. Jika ingin tahu lebih banyak jenis makanan ikan, cuss langsung cari di Bukalapak. Di sana, juga bisa menanyakan dan berdiskusi dengan penjual makanan ikan tentang makanan manakah yang cocok untuk iklan peliharaan.

Selamat memberi makan tiap hewan peliharaan :*.

No comments:

Post a Comment

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^