Ngidam Kulineran Khas Bogor


Kalau ngobrolin Bogor memang tidak ada habisnya. Sejak 2001, saya berpetualang di Bogor sebagai mahasiswa. Terus berlanjut hingga akhirnya saya memang harus berpisah dengan kota yang pernah saya tempati ini. 


Bogor itu mengisahkan banyak kenangan. Lama banget move on dari Bogor setelah saya ikut Papih ke kota yang saya sama sekali buta. Tapi niatan untuk selalu ikut suami ke manapun dia pergi sudah bulat. Tapi beneran, seringkali saya kangen sama Bogor.

Apa sih yang bikin kangen sama Bogor? Yang pasti selain suasananya, jelas makanannya wkwkwk. Serius, makanan Bogor banyak yang bikin saya gak move on sampai sekarang. Banyak banget makanan di Bogor.

Kalau pulang malam di Bogor banyak banget warung tenda pinggir jalan atau pernah saya jam 2 pagi kelaperan, terus makan di daerah Jembatan Merah. Dan ternyata di sana rame banget orang yang lagi makan. Minumnya bandrek susu hangat-hangat lagi, nikmat banget.

Seperti sekarang ini, selama 4 bulan terakhir saya sudah 2 kali ke Bogor saking pengennya makan togeco wkwkwk. Sambil sedikit merajuk, akhirnya suami ngeiyain pergi ke Bogor. Mungkin karena lagi hamil kali ya, jadi diiyain. Coba kalau nggak, pasti ditolak mentah-mentah. Wkwkw. Secara jauh pan.

Ke Bogor-pun, cuma buat makan togeco, padahal saat itu saya masih mual muntah hebat. Yang habis makan pasti lagi keluar. Tapi setelah makan, rasanya puas gitu #alasan. Pulang-pulang bawa roti unyil, udah gitu saja dah bikin hati bumil bahagia sepanjang hari hehehe. Iya ini bumil banyak maunya.

Sebenarnya ada banyak sekali kuliner di Bogor yang saya suka. Tapi ada beberapa makanan yang harus saya makan kalau ke Bogor! 

Mau tahu apa saja? Ini dia, makanan kuliner  Bogor kesukaan saya!

1. Roti Unyil

Ke Bogor gak beli roti unyil rasanya tidak lengkap loh! Sebagai salah satu roti yang paling dicari orang kalau ke Bogor ini memang ngangenin. Bikin yang makan kalau cuma 1 biji kurang banget. Ya eyalah, secara ukurannya kecil banget. Hehehe. 

Yang saya suka itu roti unyil jagung, keju coklat dan abon. Walau banyak merek roti unyil, idola saya roti unyil Venus. Apalagi makan yag jagung anget-anget, glekkk uenakkk.

2. Asinan Bogor

Banyak banget rasa asinan, tapi yang cocok di lidah saya itu asinan bogor. Ada asinan buah dan asinan sayur yang bisa jadi pilihan. Rasa asinan itu manis, asam, pedas dan asin, bikin makan nikmatttt. Apalagi dimakan dingin-dingin, segerrrr banget.

Ada beberapa asinan bogor yang terkenal, seperti asinan gedung dalam, asinan Ny Yenny, atau bisa juga di asinan asli Bogor di dekat Kebun Raya Bogor. Tapi buat saya yang memang tidak terlalu suka pedas, asina Bogor di mana saja sama hehe.

3. Togeco (Toge Goreng Tauco)

Lucu yaaa namanya, tapi ke Bogor gak nyobain Togeco rasanya kurang. Sesuai namanya, toge ini ya toge atau kecambah yang direbus  sama daun bawang dan seledri, lalu ditambah tahu goreng dan disiram saus tauco. Kasih kecap manis dan sambel dikit. Enakkkkkkkk.

Dipadu dengan sayuran lain, togeco pakai bumbu. Saya biasanya makan pinggir jalan yang di dekat pengadilan Bogor. Ngantrinya jangan tanya, tapi cukup kenyang makan togeco kok. Apalagi di sana ada makanan lain seperti sate, ketoprak dll

4. Soto Mie Bogor

Soto kuning khas Bogor ini bisa ditemuin di mana-mana. Banyak yang jual kok.  Dengan kuah bening yang didalamnya ada risol, mie kuning, daging, kentang dan irisan tomat, membuat mie ini segar dimakan kapan saja.

Kalau saya sukanya makan soto mie bogor yang di  daerah Yasmin sana. Mungkin karena dulu saya tinggal daerah sana makanya seringnya cari makan ya daerah sana juga.

Selain 4 ini ada juga kok jajan kulineran lain dari kota Bogor yang rekomen, seperti Pizza Bakar Kedai Kita, Sop Buah Pak Ewok, Makaroni Panggang, dan masih banyak lagi makanan lain yang bisa dicoba di Bogor. Bogor itu makanannya buanyaaak e.

Tuh kan jadi kangen Bogor :”)

Tapi untungnya pak Suami suka pengertian kalau saya lagi kangen ke Bogor. Beberapa kali, kami sengaja menginap hotel di Bogor agar kangen saya terpenuhi. Maklum bumil, minta apa saja dipenuhi suami. Mumpung wkwkwk. Kapan lagi kan? Kalau sudah lahiran yo gak mungkin wkwk. 

Biasanya kami menginap di hotel murah yang ramah anak. Secara sekarang kami bawa rombongan anak-anak, jadi sudah mulai pilih kamar buat nginep. Biar tidak terlalu kecil buat anak-anak bermain di kamar #eh. 

Yang pasti, lokasinya kudu yang dekat tempat jajanan kuliner Bogor. Kan itu intinya biar kita bisa jajan ke tempat-tempat kulineran Bogor dengan mudah.

Pilih hotel bagus seperti ini susah-susah gampang. Biasanya saya pesan di aplikasi Pegipegi biar gampang. Misalnya dadakan mau nginep besok juga, harganya masih paling murah. Tinggal tulis kota mana mau menginap dan keluar semua pilihan hotel yang bisa kita pilih. Cukup gampang kok.

Beberapa hotel yang pernah saya coba bersama anak-anak di Bogor itu ada Amaris Hotel Pajajaran, Hotel Salak, the 101, hotel Shafira dan Aston. Pokoknya cari yang paling murah meriah harganya di Pegipegi hehehe.

Gampang seh kalau mau pesen hotel di Bogor pakai aplikasi Pegipegi. Tinggal download atau akai website juga bisa. Nanti klik hotel, lalu masukkan kapan tanggal menginap beserta kota tujuan. Setelah itu, nanti keluar banyak pilihan hotel yang rekomen. Tinggal pilih saja sesuai keinginan dan budget. Kemudian bayar deh, selesai kan?.


Namanya juga Ibu hamil, bebaslah ya mau gimana hehehe. Kan biar ga kayak mitos kalau gak diturutin nanti bayinya ngeces. Padahal emaknya aja yang kabita (pengen) hehehe.

Jadi siapa yang mau kulineran bareng lagi sama akuuuu ke Bogor? Yuk yuk yuk! Ajakin yaaa, mumpung nafsu makan sudah kembali ihiy.


Foto semua makanan diatas adalah hasil jepretan kang Banyumurti. Dan dipost untuk blogpost ini dengan persetujuan beliau. Tengkyuu kang

6 comments:

  1. Masih lihat makanan yang pertama aja udah ngiler nih :D

    ReplyDelete
  2. Hmm yummy banget kelihatannya bun yang soto ayamnya

    ReplyDelete
  3. Enak banget tuh Bun kelihatannya roti unyilnya Bun. Aku jadi pingin melahapnya

    ReplyDelete
  4. Haduh aku jadi laper lho hara gimana ini wkwk

    ReplyDelete
  5. Aku jadi ingin makan nih eh ngomong-ngomong itu yang roti unyil emang rotinya kecil banget yah penasaran nih

    ReplyDelete
  6. Di Bogor ada banyak restauran sunda yang pengen dicoba. Sayangnya selalu penuh kalo hari libur :(

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^