Review Gendongan Hugpapa Dial Fit 3 in 1 yang Nyaman


Kalian pasti sudah tahu seberapa sukanya saya sama gendongan bayi. Sampai saking sukanya, saya terjun langsung ambil sertifikat babywearing educator demi banyak orang yang makin paham dengan gendongan aman dan nyaman, baik untuk si penggendong bayi juga buat yang digendong.



Apalagi menggendong itu ternyata memang sangat menyenangkan, dan membantu saya selama ini yang memang apa-apa dilakukan sendiri. Beberapa tahun terakhir saya bergabung dengan sesama pecinta gendongan. Dan ini membuat saya jadi tergila-gila dengan mengkoleksi beberapa gendongan. Kalau boleh dihitung, total ada 24 gendongan yang selalu saya pakai untuk ganti-ganti dengan banyak merek dan model.

Kalau kalian selalu baca postingan #echababywearing di sosial media, pasti tahu saya pecinta gendongan model SSC. Hampir semua SSC lokal saya punya, termasuk impor juga menjadi gendongan edukasi buat banyak orang. Sebenarnya cukup ya untuk menyambut bayi baru beberapa bulan lagi. Tapi kan saya punya gendongan bermacam-macam ini bukan cuma untuk koleksi semata. Untuk edukasi, yup mengajak orang untuk bisa menggendong bayinya dengan menciptakan bonding diantara keduanya bikin saya selalu semangat mengedukasi tentang gendongan dengan cara sendiri.

Baca juga :

Tapi ada yang bikin sedikit galau, SSC kesayangan saya sudah tidak layak pakai padahal bisa dipakai dari newborn. Nah, saya butuh baby carrier lagi yang semacam SSC dan bisa dipakai dari new born tentunya.

Dan JRENGG JRENGG..... ini gendongan baru saya, Hugpapa Dial Fit 3 in 1 Baby Carrier. Hugpapa ini adalah gendongan Korea yang sangat ringan, 620gram saja. Dan buat saya yang memang menyukai gendongan, Hugpapa ini adalah gendongan pertama model hipseat yang mendapat sertifikat International Hipdyplasia (IHDI) jauh sebelum gendongan sejenis dapat pengakuan internasional.

Okeee, kalau gitu kita unboxing dulu yaaa...


Bagian dari Hugpapa Dial Fit 3 in 1



Saat pertama kali gendongan Hugpapa ini datang saya kaget dengan besarnya. Seumur-umur beli gendongan baru kali ini dapat dus segede kardus popok. Mungkin karena dikirim dari luar negeri kali ya jadi dilapisi lagi. Rapi packagingnya pokoknya.

Dalam kardus Hugpapa Dial Fit 3 in 1 ada beberapa bagian dari gendongan. Seperti buku petunjuk penggunaan, droll pad,  ada hoodie kepala,  sabuk pinggang, bagian ssc bagian atas dan waist belt bagian bawah. Kebetulan saya pesan yag warna abu-abu. Tadinya mau yang hitam (lagi), cuma SSC saya sudah ada 4 yang warnanya hitam. Bayi baru kan saatnya tampil beda hehe. Bagus juga kok manis banget warnanya abu-abu, ada 4 pilihan warna lainnya kalau kurang sreg abu-abu.


Yang pertama saya pegang adalah bahan dari gendongan. Ini jelas, karena buat kenyamanan anak. Jangan sampai di udara Indonesia tercinta yang panas ini kita memilih bahan yang bikin gerah. Kasihan anaknya nanti sumuk.

Untuk bahan, karena termasuk gendongan light carrier alias ringan, bahan polyester dipilih untuk lapisan luar. Karena bahan ini pula jadi bikin anti air dan debu. Misalnya lagi pakai tiba-tiba hujan kan gampang tinggal nutupin pakai hoddie-nya.

Agar seimbang, bahan dalam dipilih yang berongga untuk menjaga sirkulasi dan membuang panas tubuh dengan cepat. Selain itu untuk yang kulit sensitif, bahan pilihan Hugpapa Dial Fit 3 in 1 ini meminimalisir iritasi.

Ada pocket untuk nyimpen barang di samping SSC bagian bawah. Cuma karena kebetulan saya bukan tipe yang nyimpan hp atau barang lain pada gendongan, ini bisa digunakan untuk menyimpan hoodie yang bisa dibuka pasang.

Bahan berongga bagian dalam
 
Baca petunjuknya, termasuk cara mencuci

Lalu saya cek buckle-nya semua, termasuk jahitan. Ini penting karena akan membuat kita sebagai penggendong aman saat menggendong bayi. Karena poin utama saat menggendong adalah keamanan lalu disusul kenyamanan.

Buckle yang digunakan adalah kualitas premium, yaitu gesper Woojin. Jahitannya sangat rapi dan kuat, dengan buckle 2 lock pada masing-masing strap. Sedangkan untuk zipper (YKK) termasuk yang cukup kuat, karena sudah ada 2 zipper sebagai penghubung bagian SSC bawah dan atas. Untuk straps talinya dipaling ujung ada untuk merapikan (rubber band).

Beltnya menggunakan bahan velcro yang sangat erat saat disatukan dengan bagian lainnya. Tidak mudah lepas pokoknya saat menggendong bayi.




Ke bagian bahu, ternyata padnya empukkkk. Saya pikir karena dia pakai bahan light bagian ini jadi kurang perhatian, ternyata tidak pad bahu empuk dengan kita tinggal sesuaikan dengan keperluan.



Nah, ini yang bikin beda dengan hipseat sejenis. Foam Hugpapa Dial Fit 3 in 1 ini isinya foam padat. Catet ya, foam padat bukan gabus padat. Saya punya 2 gendongan hipseat merek lain semua pakai gabus padat, bukan foam padat. Dan biasanya biar jadi empuk bagian dudukan anaknya lebih ditebalkan. 

Pada Hugpapa Dial Fit 3 in 1 ini nggak loh! Foamnya sudah sangat empuk ternyata. Dan karena gendongan bayi edisi ini bisa dipakai sejak newborn, foamnya bisa dilepas pasang. Yes, the bestlah ya!

Kain dudukan yang anti licin dengan bantalan yag baik menjadikan gendongan Hugpapa Dial Fit 3 in 1 ini membuat penyangga pinggang yang nyaman untuk anak.


Hugpapa Dial Fit 3 in 1 berinovasi dengan tombol BOA. Awalnya saya bingung ngapain ya ada tombol puteran ini, karena biasanya untuk adjust straps kanan kiri di webbing shoulder bawah tinggal ditarik saja. Ternyata disinilah letak inovasinya, tombol BOA ini cukup diputar kekiri untuk langsung mengencangkan straps kiri kanan secara bersamaan, tanpa harus tarik-tarik straps lagi. Wkwkwk, seru juga ya ternyata. Bahkan di ilmu babywearing belum pernah diajarkan inovasi ini.


Cara Menggunakan Hugpapa Dial Fit 3 in 1


Sebelumnya, mari kita mengenal unsur TICKS dalam babywearing. Dimana saat menggendong, gendongannya kencang, kita bisa melihat anak setiap waktu dan bisa mencium si anak, dan bagian punggung anak tersupport dengan baik. Tentunya dengan posisi natural  punggung C shape dengan posisi kaki M shape.

Pahami setiap merek dan jenis gendongan dengan membaca cara-caranya pada buku manual. Karenanya sebelum mencoba menggendong bayi, saya selalu selesaikan buku petunjuk penggunaannya. Saya yakin setiap produsen gendongan sudah membuat cara detilnya demi menggendong aman dan nyaman.

Posisi terbaik menggendong adalah saat bayi menghadap ke dada penggendong. Karena di sanalah bagian bonding itu tercipta sebuah cinta.

Baca juga :


Hugpapa Dial Fit 3 in 1 ini memang bisa digunakan sejak newborn (Mulai bb bayi 3,2kg) dan WAJIB menggunakan insert dengan melepas foam hipseat. Saya jadi menyesal tidak membeli insertnya, padahal butuh huhuhu. Kalau anak ingin  lebih safety bisa menggunakan baby waist belt. Jadi misalnya kita bergerak dan berubah posisi gendongnya, si anak tetap aman. Jangan lupa pakai head support agar posisi kepala tersangga baik.

Baby up to 3 months

Untuk usia infant 6 bulan keatas, posisi terbaik tetap facing in ya. Tapi kalau mau coba posisi facing out, boleh asal tidak dalam jangka waktu lama. Karena penggunaan facing out sebenarnya untuk bayi yang sudah bisa duduk sendiri sebenarnya.

Baby 6 months
 
Penggunaan support thigh bisa disesuaikan dengan posisi gendongan. Bila facing in, penyangga dilebarkan dan bilang facing out penyangga dikecilkan biar lebih nyaman. Selain itu, untuk facing out bisa menggunakan hipseat atau tidak. Cuma sepengalaman saya bila FO tidak ada hipseatnya aneh jadinya tidak sesuai dengan posisi natural bayi. Karena bentuk kaki bakal lurus, jadi lebih baik tetap pakai hipseatnya untuk facing out ya dengan durasi yang tidak lama tentunya ^^.

Facing In

 
Facing out 


Selain itu bisa juga gendong back carry dengan melepas hipseatnya. Atau bisa juga dipakai hipseatnya tanpa SSC atas untuk menggendong sebentar ^^. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keamanan ya.

Beli Hugpapa Dial Fit 3 in 1 dimana? Di sini ya, tinggal pilih saja :
1. https://shop.hugpapa.co/
2. Lazada Indonesia: https://www.lazada.co.id/shop/hugpapa

Kemarin pas saya order kebetulan lagi diskon sekitar $169 saya purchase di hugpapa shop dengan pengiriman dari Korea. Lebih kurang 2 minggu prosesnya. Kalau sekarang enaknya beli di Lazada sih, secara sudah dalam bentuk rupiah sekitar 3,1 Juta. Semuanya dikirim dari luar negeri, Korea, sama saja mau yang mana.

HUGPAPA DIAL-FIT
MUDAH. TERPERCAYA. SEHAT

Nah, buat bukibuk yang butuh alat gendong dengan SSC plus bisa dipakai dari newborn, Hugpapa Dial Fit 3 in 1 ini bisa jadi pilihan. Apalagi kayak saya yang memang demen SSC dibanding wrap, punya hugpapa bisa membantu berbagai aktifitas saya.

Welcome to the club, gendongan edukasiku yang ke-25 nanti kamu akan menjadi teman pertama bayiku dalam menggendong. Semoga bermanfaat review saya kali ini, yang pasti jangan lupa selalu jaga keamanan dan kenyamanan penggendong plus yag digendong. Menggendong itu adalah kegiatan natural menyenangkan yang bisa mempererat bonding cinta orang tua dan anak.

Jangan pernah lelah saat menggendong, karena masa menggendong itu sangatlah cepat. Makanya pakai penggendong bayi nyaman seperti Hugpapa Dial Fit 3 in 1 biar semuanya senang. 

HAPPY BABYWEARING


Untuk info lengkapnya cek sosial media Hugpapa di :
FB: Hugpapa Official
TW: @hugpapa_seoul
IG: hugpapa_official
YT: HUGPAPA

-Tulisan ini ditulis oleh saya sendiri sebagai babywearing educator tersertifikasi dari babywearing scholl UK-

17 comments:

  1. keren ya inovasi buat tombolnya itu. Jd kepengen ih :D

    ReplyDelete
  2. kebayang nyaman pisan mbayu terlihat bentuknya pasti pas banget harganya juga wow banget 😍 belinya mesti ke LN yes

    ReplyDelete
  3. Gendongannya memang bener-bener impian ku nih, semangat ah untuk nabung buat beli gendongannya

    ReplyDelete
  4. Bagus banget tuh. Cocok banget buat anak kecil yah memang

    ReplyDelete
  5. Wah cocok banget tuh buat anak kecil. Jadi pingin beli juga nih

    ReplyDelete
  6. Nyaman yaa keliatannya baik bagi baby maupun ortunya. Sehat-sehat terus ya Mba Echa dan baby dalam peyut

    ReplyDelete
  7. Keren yah, jahitannya juga kuat. Bisa awet tuh sampai ke adik-adiknya :D

    ReplyDelete
  8. Bagus ya modelnya. Cocok buat yang punya anak kecil nih, bisa di ajak kemana-kemana nggak perlu khawatir

    ReplyDelete
  9. Bagus banget. Aku jadi pingin beliin ini buat saudaraku hehe

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget sama teknologi Boa nya. Memudahkan banget buat akuu 😍

    Setuju foam di bagian bahu empuk dan nyaman banget. Gak kaku jadi enak kalo buat aku

    ReplyDelete
  11. Waaa... baru tahu peruntukan teknik gendong facing in dan facing out. Selama ini saya selalu facing in. Tapi durasi ga lama karena Giandra tampak kurang nyaman. Gendongan hadiah selapanan, jadi ya tak pilih-pilih sendiri.
    Dial-Fit Hugpapa ini kelihatan nyaman banget dan banyak pilihan posisi serta kenyamanan, ya. Semoga saya terpilih jadi salah satu reviewernya. Karena begitu Gi berusia 6 bulan langsung diajak penelitian ibunya ke beberapa kota. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Tanya dong, kl beli di shop resminya, cukainya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren jadinya lewat pos mba. Cuma bayar 20ribu saja

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^