Membuat Kastengel Lebaran dengan Oven Cosmos


Lebaran sebentar lagi
Berpuasa dengan gembira
Menahan lapar menahan nafsu
Melatih diri sedari kecil
Membaca Qur'an Shalat Tarawih
Melatih iman sedari kecil




Aduh aduh. Tidak terasa lebaran sudah sebentar lagi ya. Kebetulan HPL saya pas barengan sama lebaran hihihi. Jadi mau tidak mau kudu nyiapin segala sesuatunya barengan. Ya perlengkapan bayi, ya peritilan dan hantaran lebaran juga. Sesyuatu kannnnn *pijet kepala yang tidak pusing.

Kalau perlengkapan lahiran sih insyaAllah sudah lengkap tinggal menunggu waktu dan menjaga agar bayi lahir di waktu yang tepat saja. Tapi kalau lebaran, aduh belum nyiapin apa-apa ini. Biasanya kan saya suka bikin kue kering sendiri pakai otang (oven tangkring) kesayangan. Cuma sekarang kok rasanya tidak sanggup bikin kue huhuhu. Secara hamil besar ini harus buka tutup otang, berdiri lama nungguin otang.....rasanya kok nyerah duluan. 

Tapi kalau tidak disiapkan ya susah juga, apalagi nanti momen tilik bayi ini pas banget sama lebaran. Mau tidak mau tetap harus sedia kue kering lebaran. Pokoknya saat ada yang datang ada makanan yang kita suguhi buat mereka. Namanya juga lebaran jeh, piye toh.

Yen dipikir-pikir, bukan Echa namanya kalau tidak buat sendiri. Ya weslah, tapi kalau bikin kue lebaran pakai otang seperti biasa kok rasanya nyerah duluan. Hikz. Apalagi lagi hamil begini, jadi jalan satu-satunya harus ada oven buat baking tapi di dapur kering. Biasanya saya pakai otang di dapur basah.

Oven itu memang butuh-nggak-butuh-nggak, betul tidak? Walau tidak digunakan setiap hari tapi paling tidak harus ada. Makanya kemarin saya pakai otang itu biar yang penting ada. Cuma sayangnya otang karena beli yang murah jadi cepat rusak dan karatan. Hikz. Ya wes, njajal aja deh sekarang oven listrik. Daripada beli rusak terus otangnya, mending yang bagus sekalian.

Keluarga Baru di #RumahKeluargaR : Oven Cosmos CO 9226 RGC


Setelah cari-cari dan bandingkan satu sama lain, pilihan kami pun jatuh pada Oven Cosmos.Tipenya kebetulan yang Cosmos CO 9226 RGC yang memang cocok untuk rumah tangga. Ada sih tipe lainnya yang lebih besar, yaitu Cosmos VRL Series yang lebih besar dan cocok untuk industri rumahan. Tapi karena saya pakai buat sehari-hari saja, ya wes yang ini aja. InsyaAllah cukup.



Saat ovennya sudah sampai di rumah, itu anak-anak yang senang. Yeayyy masak kue, kata mereka. Iya, semenjak saya mulai #foodpreparation masak tiap hari, mereka senang sekali kalau lihat Mamihnya masak. Padahal rasa masakan saya ya so so saja sih, tapi entahlah kekuatan masakan Ibu itu selalu dihabiskan :D. Dan saya jadi makin semangat masaknya.

Yang saya suka lagi dari Oven Cosmos ini, matching banget sama interior black and white #rumahkeluargaR. Desain dominasi warna hitam dengan pemutar silver cocok bener saya taruh di dapur bersih. Kalau otang jangan ditanya, karena saya taruh dilemari yang ada malah karatan. Huhuhu. Semoga oven listrik (Otrik) ini awet, insyaAllah menemani perjalanan memasakku untuk keluarga. 


See! Cakep kan matching!


Ini dia Cosmos  Co 9926 RCG.

Pasti pengen tahu kenapa kita pilih Oven Cosmos? Kenapa? Ini dia alasannya!

1. Harganya terjangkau. Ini penting biar tidak boncos lebaran. Atuhlah jangan sampai, masak cuma mau buat kue lebaran jadi keuangan terganggu. No no no
2. Kapasitasnya besar 26Liter
3. Low watt. 400w api bawah, 400w api atas.
4. Bisa masak sampai 1 jam
5. Daya  220V, 50Hz
6. Sudah ada buat Grill dan Rotiserrie. Bisa masak ikan ama ayammm cuy semacam BBQ-an. Jadi ada besi pemanggang plus keranjang buat manggang ikan.  Ada penampung remah juga buat di bawahnya jadi tidak berantakan.
7. Stay on mode. Jadi tidak perlu dipanasin dulu sebelum dipakai, langsung arahin aja ke stay on. Baru setelah makanan dimasukkan, kita set temperature berapa.
8. Gampang bersihkan, walau ada 2 rak besi dan rak kue.


Pokoknya buat saya ibu rumah tangga biasa gitu, cucoklah dan cukup banget. Bisa buat masak daging, roti, pie, telur, popcorn, ayam, bebek, kue, ikan sampai pizza. Menu buat keluarga jadi banyak dan lengkap.  Mau masak apa saja bisa. 

Kalau saya lihat, ada 3 tombol putar pengaturan Oven Cosmos, yaitu 
1. Pengaturan temperatur, mulai dari 100-250 derajat celcius
2. Pengaturan api oven : ada api atas, api bawah, atas bawah dan rotisserie.
3. Pengaturan waktu meng-oven





Di dus oven nanti akan ada buku petunjuk sekaligus garansi  yang harus diaktifkan maksimal setelah 10 hari pembelian.  Daftarnya bisa lewat SMS atau website Cosmos, senyamannya saja. Emang kudu daftar ya? Ya eyalah! Gratis jasa servis seumur hidup loh Cosmos itu. kece nggak!

Di buku panduan (atau kertasnya kalau boleh saya bilang), ada petunjuk waktu dan berapa temperatur yang digunakan saat mau masak apa. Nanti kita bisa mengira-ngira sendiri. Kata teman saya sih, nanti lama-lama hapal luar kepala, asal sering dipakai saja hehehe.



Ya wes, lets go dieksekusi ovennya!!!


Membuat Kastengel Lebaran dengan Oven Cosmos CO 9926 RGC


Nah, sekarang oven sudah ada kan? Saatnya bikin kue lebaran. Membuat kastengel ini sebenarnya sudah sering saya lakukan, apalagi paling gampang buatnya. Dulu saya sempat rajin buat kukis untuk anak-anak dan beberapa dijual. Cuma karena sudah tidak sempat lagi masak, ya sudah masak biasa saja. Hehehehe. Pas anak satu sih oke, pas pandawa 5 angkat tangan dah.




Resep kastengel itu banyak banget berkeliaran di internet. Tapi saya punya beberapa resep tambatan hati yang ngirit tapi enak. Untuk cemil anak-anak pokoknya cukuplah. Pasti habisnya.

Baca juga :

Kali ini karena THR belum keluar, bahan seadanya tapi kudu nyicil bikin kue. Ya sudah kita buat pakai resep kastengel sederhana Diah Didi. Tidak lebih dari 40ribu bahannya. Dapatnya setoples lebih kastengel. Cukuplah ya. Ini resepnya saya kopas saja ya.



Kastengel Ekonomis by Diah Didi

Bahan :
150gr margarin (Ini saya ganti 75gr butter dan 75gr mantega karena buat dimakan anak-anak)
2 sendok makan gula halus
1 butir kuning telur untuk adonan, dan satu butir untuk olesan (Saya pakai 2 kuning telur untuk adonan)
200 gram tepung terigu protein rendah
1 sendok makan susu bubuk
250 gram keju cheddar, parut, separuh di campur adonan, separuh buat hiasan / topping.


Cara membuat :
Kocok margarin, gula halus, dan kuning telur selama 3 menit.
Masukkaan terigu dan susu bubuk, aduk rata dengan spatula.
Masukkan keju parut separuh, aduk rata.
Ratakan adonan di tempat datar yang di alas palstik sambil agak di padatkan, cetak sesuai selera.
Olesi dengan kuning telur, taburi sisa keju parut secukupnya.
Panggang di oven suhu sedang ( tergantung oven masing2 ) selama 20 - 30 menit / hingga matang dan kecoklatan atasnya. Saya pakai suhu 125 derajat celcius dengan waktu 35-40 menit.
Kemas jika sudah dalam keadaan dingin.

Saat pengerjaan, anak-anak membantu saya buat. Si Raffa parut keju dan si Raffi bantu mencetak kastengel bentuk bintang. Jangan tanya kotornya ya hihihi. Kan sekali-kali tidak apa-apa. Kalau tiap hari baru peer bersihinnya. Pokoknya kalau anaknya cowok semua, turunkan ekspektasi kebersihan biar hatinya tenang wkwkkw.

Terus pas masukkan dalam oven juga, itu pada nungguin sampe oven bunyi tanda waktu berakhir. Untuk suhu di 125 derajat celcius tinggal puter saja dengan waktu 40 menit. Itu selama ovennya bekerja, wanginya masyaAllah semerbak seluruh rumah. Sepanjang oven bekerja, enaknya kita bisa intip kuenya sudah masak apa belum, karena kacanya transparan. Jadi makin tidak sabar kan nyicip.

Parut keju dulu

Semua pada nungguin kue kastengel jadi


Tiba-tiba bunyi TINGGGGGG!!!! 

Yippieeeee, kastengelnya sudah masak. Horray!!! Anak-anak langsung penasaran gimana jadi tidak kuenya. Pas dibuka, yang pertama wangi kue banget. Hmmmmmm wangi keju dan butter menyatu di kastengel. Enakkk sepertinya. Sambil didinginkan sebentar, anak-anak sudah mulai riweh buat nyobain kuenya.

Taraaaa jadiii

Resep tadi bisa buat 1,5 toples kastengel bentuk bintang ukuran 6cm. Gede memang, karena kebetulan cetakan bintangnya ukuran segitu hehehe. Lumayan sih. Tapi kayaknya harus bikin 3 kali lagi dengan takaran resep yang sama biar cukup untuk lebaran.

Masukin toples dan hias
Bisa untuk hantaran, cemilan keluarga, atau buat suguhan kue lebaran

Buat MPASI  atau cemilan balita juga bisa kok

Yang sangat saya rasakan saat pakai oven listrik itu, gak perlu bolak balik lihat sudah masak atau belum. Atau buka tutup seperti buat cek sudah masak belum. Lebih praktis, sambil saya rebahan istirahat. Simpel ya ternyata pakai Oven Cosmos ini.

Sudah tidak pusing lagi kan bikin kue lebaran? Resepnya sudah saya tulis, mudah, irit dan anti gagal, yang penting tetap enak di lidah. 

Ovennya ya pasti pakai Oven Terbaik dong, Oven Cosmos. Bisa kalian dapatkan di toko elektronik, supermarket datau bisa beli online di ecommerce Lazada, Tokopedia, Buka Lapak, Shopee (Official Store Cosmos). Jangan lupa buka websitenya ya buat dapetin banyak resep dan info produk tentang Cosmos dari PT Star Cosmos.

Selamat mencoba resep kastengel untuk lebaran ini. Semoga cocok di lidah ya!. Jangan lupa ovennya pakai Oven Cosmos. Semua memang "Idenya Cosmos!"



Yuk, buka website cosmos aja buat info lebih lanjut.
www.cosmos.id
Ig : osmosonline
FB : mycosmos

6 comments:

  1. mancap nih, aku juga mau bikin ahhhhh

    ReplyDelete
  2. Duh mupeng sama kastengel dan oven cantiknya Cosmos nih mbak. Resepnya bisa dicoba deh buat bikin kue lebaran juga.
    Duh ga sabar mau lebaran. Aseeek

    ReplyDelete
  3. Kastengelnya lucuuuuk. Ihiks... ngiler lihat ovennya. Ceki-ceki harganya di marketplace aaaaah...

    ReplyDelete
  4. Bisa kirim ke surabaya nggak itu kastangel yang menul

    ReplyDelete
  5. Saya mlh blom bli bahan"nya sm sekali. Mo buat nastar nanas durung tuku lah kepiye... Wah bbtr lg mo kelahiran debay ya mba.. Swmoga selamat sampai tiba waktunya ya.... Amiin. Tu kue kastangelnya bikin lapar mataa 😁😋

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^