Cerita Usaha Keluarga Kami : Garuda Balloon Party


Semenjak Papih pindah kantor, saya benar-benar putar otak bagaimana kami bisa survive dengan kondisi yang baru. Mana waktu itu saya masih teler-telernya karena morning sickness hamil. Tapi kami harus bareng-bareng mikir bagaimana caranya tetap semua berjalan seperti biasa untuk anak-anak.

Dalalah kok beberapa bulan sebelumnya saya ujug-ujug buat usaha dekoran ulang tahun anak. Iya, karena memang saya suka banget mempersiapkan peritilan ulang tahun sejak punya anak. Setiap anak  ulang tahun, pasti saya langsung jadi party planner dengan biaya seminimal tapi hasil semaksimal mungkin. Kebetulan juga saya suka membuat kerajinan, dekorasi, dan sesuatu yang mengasah kreativitas. Berbekal dari pengalaman dan kesukaan di bidang dekor-mendekor inilah menginspirasi saya untuk memulai usaha. Ini udah kayak me-time buat saya sendiri. Untungnya papih itu orangnya support banget. Apapun yang saya kerjakan pasti didukung. Hehehe.


Waktu September 2018 saya membuka usaha Garuda Balloon Party, semuanya dimulai dari nol. Event pertama saya dibayar harga Rp 500ribu waktu itu, tapi saya berani ambil dekoran ultah backdrop dan ruangan biar terlihat cantik. Murah, sangat murah. Tapi namanya juga awalan kan?

Dan ternyata itu membuka jalan saya bertemu banyak teman dan klien yang acaranya minta didekorin. Alhamdulillah. Iya, kebanyakan memang dari mulut ke mulut kesebar informasi usaha Garuda Balloon Party ini. Sebenarnya saya tidak terlalu muluk-muluk, serius ya pasti ingin biar usaha ini bisa besar dan jadi usaha sekeluarga kami.

Malah anak saya suka nyeletuk bilang, nanti Mama yang dekor ultah, Papih yang masak dan Raffi yang sulap. Hihihi, seru ya! Paket lengkap jadinya. Tapi belum itu perlu waktu yang panjang masih. Sekarang konsen di dekoran saja dulu sampai lihai bikin balon-balonnya.

Beberapa event dekor ulang tahun yang kami buat 
di bawah bendera Garuda Balloon Party

Usaha dekor balon dan party planner ini memang membahagiakan buat saya. Kalau lagi dekor itu semangat banget, mana bayi dalam perut sangat bisa diajak kerjasama. Entahlah mungkin dia senang kali ya dekoran gini.

Yaaa namanya juga usaha Garuda Balloon Party baru dirintis, jadi semua serba sendiri dan rangkep-rangkep sama Papih. Yang dekor saya, yang masang dan naik-naik si Papih. Sampai kadang saat saya datang ke tempat acara pada kaget, kirain tim saya banyak. Lah kok ternyata cuma 2 orang saja ditambah rombongan anak-anak yang selalu ngikut kami dekor. Namanya juga usaha keluarga cyinnnn, ya nggak?

Modal untuk Usaha Garuda Balloon Party


Waktu pertama bikin usaha ini saya bingung modalnya gimana ya, kira-kira cukup tidak ya budgetnya. Karena kan kita harus mikirin belanja balon plus dekor lainnya dan jasa bikin balon juga saya dibayar berapa. Jujur bingung ngitungnya. Hihi. 


Seiring waktu, harga dekoran di Garuda Balloon Party naik. Mulai dari harga Rp 500ribu sampai jutaan kalau sekarang alhamdulillah. Malah pas awal pernah loh saya cuma dibayar 100ribu. Huhuhu. Sedih, tapi tetap saya jabanin. Tapi itu dulu, sekarang saya sudah berusaha profesional.

Saya punya harapan membesarkan usaha Garuda Balloon Party. Yang mana kami sendiri tidak punya modal untuk itu. Lah gaji sudah ada pos-pos tertentu, mau ambil dari mana untuk mencukupi kebutuhannya. Modal saya awal dulu itu beli perlengkapan kayu untuk dekorasi rustic.

Dan saat itu saya ambil pinjaman online agar kami bisa membuat dekorasi acara. Iya, ternyata kalau ingin membuat suatu usaha kita perlu dana, apalagi untuk membesarkan usaha. Yang dipakai untuk operasional, pengadaan kelengkapan dekorasi, inventaris, dan keperluan lainnya. Dikalkulasi yang benar sampai jasa saya buat balon juga biar tidak rugi dan capeknya saja. Apalagi kalau dicompare sama dekoran yang sama, usaha saya ini paling murah loh hihii.

Jujur, waktu butuh modal itu saya bingung mau kemana. Saking banyaknya layanan pinjaman online saat ini. Tapi kan kita harus mikir mau pinjam kemana, yang penting kudu tempat yang tepat, aman dan sistemnya tidak merugikan kita. Karena pinjamnya kan sebentar biasanya, 2 minggu sampai 3 bulan. Paling tidak sudah terdaftar di OJK gitu, jadi kita sebagai konsumen amit-amit ada napa-napa masih dilindungi.

Pinjaman online ini memang lagi tren, karena tanpa ribet, bisa cair tanpa jaminan, cepat cair maksimal sejam sudah tahu di acc atau tidak, prosedurnya mudah, dan paling dikonfirmasi telpon saja. Iya, ini memang cocok untuk yang butuh dana tunai cepat.

Walau begitu, jangan gegabah ya! Tetap pelajari suku bunga yang rendah, dan resiko yang ada di depannya bila kita tidak sanggup bayar. Tahu tidak, sudah banyak kasus susah bayar karena pinjaman online ini. High risk high return pokoknya. Memang sih pinjamannya kecil-kecil 500 atau sejuta gitu, tapi kalau gagal bayar itu bisa nambah nambah nambah lagi bunganya. Atuhlah pusing kan? Makanya benar-benar harus dipertimbangkan baik-baik sebelum menggunakan pinjaman online. Saran saya, kalau tidak perlu ya jangan pakai pinjaman online ya hehehe.

Saya share pengalaman waktu pertama kali mengajukan pinjaman online ya. Mudah sih! Mudah banget malah. Tapi ingat kalau mendesak saja ya, misalnya masih bisa ya jangan.

Btw, ini syaratnya kemarin saya ajukan pinjaman online jangka waktu 1 bulan nominal 1 juta. Itu saya balikinnya 1,1juta loh gaes hehehe. Mayan ya.  Itupun saya mau tidak mau cek di www.cekaja.com biar tahu ada pinjaman online itu di mana saja. Tapi memang butuh loh, biar kita benaran bisa cekaja yang mana pinjol tepat sesuai kebutuhan kita.



1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
3. Fotokopi BPKB kendaraan (optional)
4. Fotokopi Kartu Kredit (opsional)
5. Slip gaji

Ada berbagai plafon penawaran dari pinjaman online yang disediakan, biasanya mulai dari jutaan bahkan sampe ratusan juta, yang jelas dengan aset yang dijaminkan. Semakin besar nilai aset, maka semakin besar juga pinjaman yang akan diberikan.

Membangun usaha bersama seluruh anggota keluarga itu memang susah-susah gampang. Tapi kalau tidak dimulai ya gak akan jadi usahanya. Memang harus mulai berani demi masa depan keluarga kan? Paling tidak buat saya pribadi yang bisa menyalurkan kesenangan utak atik bikin pritilan hehehe. Ya nggak?

Doakan ya usaha keluarga kami ini lancar-lancar. Dan buat kamu yang butuh modal (Baca : Benar-benar butuh modal loh ya), pinjaman online ini bisa jadi salah satu cara untuk menambah modal sementara. Tidak dalam jangka panjang. Lebih baik dihitung dulu, modal plus jasa kotor untuk suatu usaha setelah itu baru kita akan tahu sebenarnya berapa banyak harga kita.

Semoga bermanfaat ya sharing tentang modal dengan pinjaman online yang saya lakukan saat pertama kali membuka usaha dekorasi ulang tahun ini.  
Jadi kalau kalian butuh dekorasi ulang tahun hihihi boleh loh ke saya ke Garuda Balloon Party. Cek saja ig kami di @garudaballoonparty . Kami bakal mewujudkan acara dengan sebaik mungkin dengan biaya seminimal mungkin pastinya :*. Eciye ngiklan, saae wkwkw.

Buat info lebih lanjut tentang CekAja cusss ke 

1 comment:

  1. Kalau ngga mendesak baiknya emang ga usah pinjam ya, Mba. Kalau mau pinjam memang harus diperhatiin dan dipilih mana layanan pinjaman yang jelas dan pastinya kudu udah terdaftar OJK.

    Moga usaha keluarganya lancar ya, Mba Echa.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^