Tips Memilih Asuransi Rawat Inap untuk Keluarga


Saat memiliki anak, segala fokus saya sudah semuanya ke anak. Apa yang saya dan suami lakukan semua yang terbaik buat anak dan keluarga. Seperti keseharian saya sibuk mengurus anak-anak sendiri, antar jemput sekolah les dari pagi sampai sore. Sampai lupa kapan terakhir kali duduk tenang di cafe menyeruput kopi menikmati hari sendirian.

Tapi hidup kan pilihan, saya menyukai kegiatan sehari-hari saat ini dan sangat ikhlas menjalaninya. Bisa kebayang riwehnya saya gak, kalau misalnya ada salah satu anggota keluarga yang sakit?


Saya yakin semua orang ingin sehat setiap hari. Sama, saya juga begitu kok. Makanya saya selalu berdoa agar diparingi sehat wal afiat. Termasuk Papih yang setiap hari kerja di luar rumah dan anak-anak kecintaan saya. Pokoknya semoga keluarga sehat, sehat, sehat.

Karena memang sehat itu mahal harganya. Coba kalau ada anggota keluarga yang sakit, semua jadwal plan terencana bisa buyar semua. Huhuhu. Yang harusnya bisa ngapa-ngapain, jadi batal karena ada yang sakit.

Sebagai orang tua yang logis, sakit itu jelas membutuhkan biaya untuk kembali sehat. Mulai dari menambah asupan makanan hingga berobat ke dokter.  Belum lagi kalau misalnya kita ternyata harus menginap di Rumah Sakit. Duh, kebayang rempongnya pasti. Dan pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit kalau rawat inap. Jutaan loh!



Saya sendiri merasakan saat dirawat di RS. Biayanya besar, belum lagi kami kerepotan menjaga anak-anak, karena di sini perantauan dan tidak pakai pembantu kebetulan. Jadi kadang rawat inap itu menjadi opsi terakhir semisal sakitnya sudah tidak bisa ditawar lagi untuk hanya rawat jalan.

Eh beneran loh! Minimal rawat inap itu jutaan, belum lagi misalkan kita ada perlakuan khusus yang mengharuskan perawatan lebih intensif lagi. Itu sehari minimal bisa 5 jutaan. Jadi kebayang kan, misalnya kita harus dirawat 3 hari saja sudah habis biaya berapa.

Oke, tenang saya punya tabungan. Yang tadinya tabungan dikumpulkan untuk biaya masuk sekolah atau naik haji, jadinya terpakai dulu untuk membayar biaya rumah sakit yang tidak sedikit jumlahnya. Iya, jujur. Biaya itu berat kalau sampai rawat inap. Hiks. Rencana yang sudah dibangun dari dulu, jadinya buyar semua karena uangnya terpakai untuk kepentingan lain.

Karena pernah punya pengalaman seperti itu, akhirnya saya dan keluarga memproteksi diri dengan asuransi. Masih ingat di kepala, saat suami membesarkan hati saya karena tabungan dipakai biaya rumah sakit.

"Sabar, Mih. Nanti pasti ada rejeki lainnya"
"Iya, Pih. Tapi jangan sampai gini lagi. Sedih rasanya"
"Ikut asuransi saja kayaknya ya. Biar sekeluarga aman dan tentram"



Dan semenjak itu hidup kami berubah. Saya mulai bisa menabung kembali dari awal dan tentunya merasa tenang karena sekeluarga sudah terproteksi. Iya, kami mengambil asuransi kesehatan buat keluarga kecil kami. Tidak ada salahnya kan jaga-jaga meminimalisir resiko. Walau amit-amit jangan sampai masuk rumah sakit ya kan?


Ada 3 tips saya saat memilih asuransi kesehatan rawat inap untuk keluarga

Tips ini juga bisa dipakai untuk memilih asuransi apapun loh!

1. Secure
Pastikan mengambil asuransi dari perusahaan auransi yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Selain itu, dengan memilih perusahaan yang terpercaya, kita akan merasa aman saat memberikan data-data. Ya secara data kita kan ada di sana semua, kalau di salah gunakan. Dengan memilih asuransi terbaik di Indonesia, maka akan minimalisir resiko kita sebagai customer.

2. Jaminan Klaim
Dengan memilih perusahaan asuransi terpercaya, jaminan klaim yang cepat akan ada. Jadi kita tidak perlu was-was bingung kapan klaim pembayaran masuk  dengan proses cepat.

3. Premi terjangkau dengan double benefit
Karena premi ini yang akan dibayar kita, pastikan terjangkau besarannya. Harus disesuaikan dengan budget, dan menurut saya enakan dibayar pertahun daripada bulanan. Untuk double benefit, ini tergangtung perusahaan asuransi dan produk asuransi yang kita pilih.

Salah satu produk asuransi kesehatan rawat inap yang bisa dilirik adalah Mega Hospital Investa.

Mega Hospital Investa untuk Sekeluarga



Ini adalah produk dari PFI Mega Life Insurance yang memiliki double eh salah triple benefit loh!


Jadi selain manfaat Santunan Harian Rawat Inap, kita akan mendapat No Claim Bonus 50% total premi bila dalam 3 tahun tidak pernah klaim, dan Santunan Meninggal Dunia sesuai benefit yang dipilih. Jadi bukan hanya rawat inap saja. Biasanya kan kalau asuransi rawat inap cuma rawat inapnya saja, tapi ini tidak malah sangat menguntungkan kita. Karena selain tenang sekeluarga terproteksi, kita juga mendapat banyak manfaat karena ambil asuransi kesehatan rawat inap Mega Hospital Investa.

Ini termasuk kalau kita misalnya amit-amit dirawat di ICU/ICCU, maka jaminan klaim akan diberikan pada tertanggung. Polis asuransi Mega Hospital Investa ini bisa dibeli untuk tertanggung usia 6 bulan hingga 59 tahun. 

Dan enaknya, tanpa medical check up, pendaftaran dan klaim gampang plus masa tunggu singkat agar mudah digunakan peserta asuransi.  Untuk klaim meninggal dunia bukan cuma sakit saja yang bisa, tapi kecelakaan akan ditanggung juga.

Biar lebih paham Mega Hospital Investa, yuk baca keterangan di bawah ini.



Nah, ada promo gratis 2 bulan untuk pembelian tahun pertama. Lumayan banget kan? Secara terjangkau, sehari tidak lebih dari 50 ribu sebulan. Yang paling saya suka dari Mega Hosipal Investa ini, kita bisa double claim. Tinggal disertakan saja dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan klaim yang tertera maksimal 45 hari dari keluar RS. Gampang banget kan

Ada yang bingung mau pilih asuransi kesehatan rawat inap yang mana? Mega Hospital Investa bisa jadi salah satu alternatif loh!

Buat lebih tahu tentang Mega Hospital Investa bisa klik dulu biar  lebih paham benefitnya


Mari sama-sama lindungi keluarga tercinta dengan asuransi rawat inap. Agar tenang, tentram dan aman masa depan. InsyaAllah.

24 comments:

  1. 50 ribu sebulan itu preminya y mba Echa, terjangkau y. Kirain klo asuransi non pemerintah itu mulai dr ratusan ribu

    ReplyDelete
  2. Bener banget mak, kalau udah rawat inap emang biayanya jut jutan bikin terkejut. Kalau nggak punya asuransi bisa nguras tabungan.. menurutku juga penting banget nih buat sekeluarga punya asuransi rawat inap buat berjaga - Jaga..

    ReplyDelete
  3. Menentukan asuransi emang kudu cermat ya...Karena gak sedikit yang mudah di awal..ribet di urusan klaimnya... Dna meskipun terkaver asuransi..tetep kudu jaga kesehatan yak...

    ReplyDelete
  4. Setuju banget produk finansial apapun yang perlu diperhatikan adalah apakah terdaftar OJK atau gak. Soalnya sekarang banyak investasi palsu kan yak. jadi harus cermat banget kita memilih, termausk asuransi kesehatan seperti ini

    ReplyDelete
  5. Iya ya mbk, aku pernah rawat inap dan pas bayar tagihan lumayan bikin nyesel sih. Beda banget rasanya pas sudah punya asuransi kesehatan, alhamdulillah dimudahkan.

    Kalo dibayar pertahun mungkin lebih besar ya mbk nominalnya dibanding perbulan hehe

    ReplyDelete
  6. Kalau udah sakit dikit ke dokter aja ngeliat biaya obatnya kadang udah geleng-geleng kepala. Apalagi dokter gigi >.<. Kebayang kalau pas rawat inap, bakal lebih bengkak lagi. Jadi wajar kalau merasa terselamatkan dengan asuransi kesehatan dan berasa pentingnya punya asuransi kesehatan...

    ReplyDelete
  7. Tanpa medical check up mak? Mudah sekali yah buat daftar asuransi mega life ini. Wah nambah lagi deh referensi asuransi kesehatannya, jadi bingung pilih yang mana

    ReplyDelete
  8. Emang kudu selektif banget pilih2 Asuransi Kesehatan, cek testimoni dari para pengguna, dan yg pasti udah terdaftar di OJK,
    Siapa sih yg mau sakit, tapi, dengan adanya asuransi, bisa jadi memudahkan untuk keep dana supaya tetap sehat, dan nggak ambil dana dari pos lain, semisal dibutuhkan. Makasih sharingnya, Mbak

    ReplyDelete
  9. Sedih memang ya kalau keluarga ada yang sakit dan membutuhkan banyak biaya

    ReplyDelete
  10. aku masih harus ngecek ini akadnya gimana mba, huhuhu setelah ikutan kelas muamalah jadi banyak yang dijadikan pertimbangan deh

    ReplyDelete
  11. Terjangkau ya preminya, asuransi bagus untuk jaga-jaga, semoga keluarga kita sehat selalu ya Chaa, keep smiling mamak cantiiik...

    ReplyDelete
  12. Askes yg dpt bonus santunan seperti asji ya ini. Mana klo nggk klaim bisa dpt bonus klaim ya, mayan inii

    ReplyDelete
  13. Kalau pilih asuransi tuh emang harus detail banget, karena alhamdulillah asuransi yang aku pakai untuk keluarga produknya bagus. Apalagi kalau urusan ranap, paling gampang juga pengecekannya sama rumah sakit. Semoga kita selalu sehat ya mbak.

    ReplyDelete
  14. Aku jujur setelah suami berhenti bekerja aku belum memiliki asuransi lagi

    Dan karena aku pun harus menjaga-jaga kalau suatu saat kejadian tidak mengenakan menimpa kami, asuransi pun lagi aku lirik

    ReplyDelete
  15. Penting banget mengetahui dengan jelas akad asuransi yah kak dan teliti jg biar kt gk merasa diuntungkan, hr ini sngt pntg memiliki asuransi khususnya kesehatan

    ReplyDelete
  16. Murah yaa harga preminya ya mak... Pengen cobain beli juga jadinya bisa jadi rekomendasi

    ReplyDelete
  17. Tipsnya cuma 3, tapi penting banget ya. Yang gampang klaim dan dobel benefit tuh mesti diperhatikan semua calon pembeli asuransi.

    ReplyDelete
  18. Mengingat biaya rumah sakit sekarang ini, apalagi rawat inap duh bisa bikin kita mendadak miskin kalau saja tidak dicover perusahaan atau asuransi. Di sinilah baru merasa bahwa asuransi itu penting banget.

    ReplyDelete
  19. Aku pernah ngalami juga Cha, udah nabung tapi duitnya kepakai saat anak rawat inap dan butuh operasi hernia. Nyesek sih tapi gimana lagi jaman itu belum kenal asuransi kesehatan, cuma pendidikan aja yang kami ikuti. Aku jadi kepo Mega Life ini, terjangkau ya dan bisa dobel claim juga

    ReplyDelete
  20. Betul mb...karena ungkapan yang menyatakan sehat itu mahal adalah nyata adanya. Huhu... Lagi nyari-nyari produk asuransi kesehatan juga. Pas banget baca artikel ini..

    ReplyDelete
  21. Dulu sebelum punya asuransi saya juga pernah rawat inap dan bayarnya pakai uang adik. Setelah itu kami daftar deh asuransi kesehatan. Makasih tipsnya mbak. Sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  22. di tengah biaya berobat yang mihil, jaminan kesehatan seperti ini penting yaa. Ga berdoa supaya sakit tapi untuk berjaga-jaga.

    ReplyDelete
  23. Uuwu...kiyut gambar terakhirnya, kak.
    Salut banget sama fasilitas dan benefit yang diberikan PFI Mega Life.
    Dengan premi yang terjangkau pula.

    ReplyDelete
  24. Karena PFI Mega Life, drama rawat inap boleh dibilang bisa diminimalisasi ya Mbak
    Bahkan polis asuransinya juga terjangkau saya lihat

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^