Cari Rumah Dijual di Jakarta Barat Sekarang Jadi Gampang




Dalam pasar, supply dan demand mempengaruhi harga yang berlaku, sama halnya dengan pasar properti. Rumah dijual di Jakarta Barat saat ini semakin menaik karena selain kawasannya yang memang menawarkan pengalaman hidup yang baik, kawasan ini memiliki angka supply dan demand yang seimbang.

Itu artinya, kita dapat dengan mudah menemukan rumah dijual di Jakarta Barat yang sesuai dengan keinginan anda. Tak hanya demikian, harganya pun akan jauh lebih rasional karena tidak terdorong oleh besarnya demand dan sedikitnya supply.

Nah, lalu alasan apa sih sebenarnya yang membuat kawasan Jakarta Barat menjadi menarik untuk dipilih sebagai tempat tiggal disamping harganya yang masih relatif murah? Simak artikel ini hingga akhir, ya!

Infrastruktur Makin Baik, Rumah di Jakarta Barat Makin Diminati


(via Google Images)

Infrastruktur Jakarta Barat semakin maju dalam hal transportasi dan mobilitas. Sejalan dengan kebutuhan akses yang baik 2.5 juta penduduknya, saat ini, lewat tol lingkar luar Jakarta (JORR West 1) seksi Kebon Jeruk – Penjaringan menawarkan jalan bebas hambatan.

Memang pembanguanan infrastruktur Jakarta barat difokuskan pada sistem prasarana transportasi. Diantaranya adalah pembangunan dan peningkatan jalan pada perbatasan Kota Administrasi Tangerang, sisi selatan Kali Mookervart, jalan sejajar kereta api Rawa Buaya serta Sentra Primer Barat.

Ada juga peningkatan manajemen lalu lintas termasuk perbaikan simpang di kawasan Kebun Jeruk, Kembangan dan Tambora. Penyediaan fasilitas parkir di luar badan jalan seperti gedung parkir di kawasan Glodok, serta penataan parkir pada kawasan-kawasan yang rawan kemacetan lalu lintas juga dicanangkan.

Tak kalah, ada juga sarana dan prasarana transportasi terpadu dengan sistem angkutan umum masal. Jakarta Barat rencananya juga bakal mengembangkan proyek Light Rapid Transit (LRT) koridor 4, Puri Kembangan-Tanah Abang sepanjang 9,3 kilometer. Hal ini pun sudah tertuang dalam Peta Jaringan Kereta Perkotaan Jabodetabek 2020 milik Pemprov DKI Jakarta.

Mengenai LRT, untuk tahap awal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun 7 koridor. Sementara pemerintah pusat akan membangun koridor lain yang menghubungkan Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bekasi.

Tidak seperti KRL, setiap rangkaian LRT hanya akan membawa 3-6 gerbong. Dengan kapasitas 250-390 orang per gerbong, setiap rangkaian bisa membawa 750-2.300 orang. Guna mengatasi banyaknya penumpang di stasiun, rangkaian LRT bisa datang setiap 3-5 menit di jam-jam padat.

Infrastruktur Jakarta Barat lainnya yang akan dibangun dalam waktu dekat adalah Tol Dalkot II yang membentang dari sisi barat ke timur. Yakni Semanan-Sunter dan Sunter-Pulo Gebang. Infrastruktur ini masuk ke dalam enam ruas jalan tol baru di DKI Jakarta.

Karena kemudahan akses dan sarana prasarana transportasi yang memadai adalah salah atu hal penting yang dipertimbangkan orang saat mencari hunian, kemajuan infrastruktur ini membuat permintaan rumah dijual di Jakarta Barat semakin meningkat. Kelasnya pun bervariasi, dari rumah subsidi hingga rumah mewah di kawasan yang elite.

Puri Indah, Pilihan Kawasan Elite Jakarta Barat


jakarta barat
 (Foto : musnahterinjak, wikipedia )

Jika nominal bukan masalah dalam mencari rumah dijual di Jakarta Barat, maka rekomendasi paling tepat adalah kawasan Puri Indah. Kawasan Puri Indah digadang-gadang sebagai kawasan perumahan Jakarta Barat paling elite dan paling nyaman untuk ditinggali.

Meski harga tanah di Jakarta Barat relatif lebih murah jika dibandingkan dengan wilayah Jakarta lainnya, namun kawasan Puri Indah ini berbeda karena memiliki kenaikan harga yang signifikan setiap tahunnya.

Contohnya saja, pada tahun 2010 lalu rata-rata harga tanah mencapai Rp7,5 juta per meter persegi dan pada tahun 2012 harga mengalami kenaikan hingga Rp16 juta per meter persegi. Sedangkan saat ini, harga per meter per seginya sekitar Rp 30,56 juta dengan harga rata-rata di wilayah Jakarta Barat yang diperkirakan menyentuh angka Rp25,6 juta.

Lokasi Puri Indah yang dekat dengan akses jalan tol membuat kawasan ini semakin banyak diminati. Berada di Kembangan, Jakarta Barat, Kawasan perumahan Jakarta Barat ini dapat memberi kenyamanan, fasilitas lengkap, juga rasa aman serta kemewahan bagi penghuninya.

Bahkan, sama seperti Kelapa Gading di Jakarta Utara, Puri Indah di Jakarta Barat disebut sebagai Kepala Naga oleh etnis Tionghoa. Kawasan yang merupakan Kepala Naga dipercaya akan mendatangkan hoki atau keberuntungan.

Tak heran jika rumah dijual di Jakarta Barat mengalami kenaikan harga dari waktu ke waktu. Kawasan Puri Indah ini menjadi pilihan favorit untuk tempat tinggal maupun tempat untuk berbisnis, khususnya untuk etnis Tionghoa.

Tak hanya sebab mitos Kepala Naga yang membawa hoki, kawasan perumahan Puri Indah tak tersentuh amuk masa ketika kerusuhan Mei 1998 terjadi. Hal ini membuat kawasan ini bahkan lebih istimewa lagi untuk etnis Tionghoa.

Memang pada umumnya, rata-rata pencari rumah mengincar tiga hal, yaitu rasa aman, rasa nyaman, dan kelengkapan fasilitas. Puri Indah, sama-sama yang dikembangkan oleh Grup Metropolitan Kencana, memiliki kualitas yang sebanding dengan kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Kualitas hidup yang ditawarkan kawasan ini berhasil membuat orang tak mau keluar atau pindah. Pembeli rumah dijual di Jakarta Barat kawasan ini juga umumnya adalah warga sekitar yang sudah memiliki kemampuan finansial yang lebih.

Areal perumahan Puri Indah sendiri lebih dikenal dengan bloknya ketimbang nama jalannya saking citra perumahan sudah sangat melekat pada kawasan ini. Blok-blok itu terbagi dalam tiga kelompok yang memiliki rentang harga yang berbeda-beda.

Blok baru yang dibangun setelah krisis seperti blok J, K, L dan W, yang harga rumahnya paling mahal, blok lama tapi relatif masih baru, seperti blok C, E dan H, yang harganya lebih murah, serta blok lama seperti blok A, B, D dan I yang lebih murah lagi.


Mudah Cari Rumah Dijual di Jakarta Barat


Demand atau permintaan rumah dijual di Jakarta Barat kawasan Puri Indah masih sangat tinggi hingga saat ini. Salah satu wilayah administrasi di Jakarta ini diincar karena kondisi kawasannya yang lebih komplet alias memadai.

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, minat masyarkat pada hunian dipengaruhi kuat oleh adanya fasilitas publik dan infrastruktur yang lengkap.

Di Jakarta Barat sendiri, dari mal ternama, universitas unggulan, kawasan bisnis dan perkantoran, hingga rumah sakit terpadu semuanya lengkap.

Apalagi semenjak kehadiran Tol JORR W2, penghuni kawasannya akan langsung punya akses mudah ke kawasan Selatan.

Beruntungnya, mengimbangi demand yang selalu ada, pasokan rumah dijual di Jakarta Barat juga selalu mampu memenuhi demand tersebut. Jakarta Barat memang cukup unggul dari sisi supply.

Tak hanya terpaku pada properti baik rumah tapak ataupun apartemen yang dekat dengan jalan raya, rumah dijual di Jakarta Barat yang masuk gang dan pemukiman padat pun masih sangat diminati.

Rumah dijual di Jakarta Barat mayoritas memang diminati murni untuk tempat tinggal. Berbeda dengan kawasan lain yang mungkin diminati karena kawasan bisnis. Profil pembelinya pun sekitar 70 sampai 80 persen mengincar hunian bernilai 1 sampai 2 miliar. Sedangkan sisanya merupakan konsumen high end yang mengincar hunian di atas 3 miliar.

Contohnya untuk kawasan Puri Indah, yang paling banyak dicari adalah kaveling 144-200 m2 seharga sekitar 3,2 mililar. Itulah mengapa stok rumah dijual di Jakarta Barat jenis tersebut saat ini makin menipis jumlahnya. Tapi bukan berarti orang akan kesulitan menemukan.

Kelas harga rumah dijual di Jakarta Barat yang demikian faktanya sangat mudah ditemukan. Ini berarti, memang demand yang ada sesuai dan dapat dipenuhi oleh supply yang ditawarkan.

Jika kamu mencari hunian di Jakarta bagian ini, kemungkinan besar apa yang dicari akan mudah ditemukan dengan sangat mudah. Apalagi sekarang bisa cari rumah lewat www.99.co.id yang pastinya cepat dan terpercaya!

3 comments:

  1. Wah bagus banget nih Mbak tempatnya, Puri Indah ini memang rekomended banget nih

    ReplyDelete
  2. Sekarang memang mudah banget nih ya Mbak, tinggal cari di www.99.co.id saja ya

    ReplyDelete
  3. Pingin banget nih Mbak saya ke Jakarta hihi. Tapi ya cuma rekreasi saja sih :D

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^