1 2 3 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Kemih


Siapa di sini yang pernah mengalami anyang-anyangan? Sepertinya hampir semua pernah mengalaminya ya? Itu loh, rasa ingin buang air kecil terus menerus sampai terasa nyeri. Pasti pernah kan?


Cerita ISK Berulang Saya


Kalau dulu saat saya masih kecil dan tiba-tiba pengen pipis terus, Mama suka bilang "Sana jempolnya dikaretin dulu biar nggak pipisan". Entah benar atau tidak waktu itu bisa mengatasi rasa "beser" (Baca : pipis terus), saya melakukan apa yang Mama sarankan saat itu. 

Tapi sudah tahu belum kalau ternyata anyang-anyangan itu bisa sangat berbahaya. Dan bisa menyebabkan ISK yaitu Infeksi Saluran Kemih. Dan perlu kita ketahui bersama kalau ternyata 5 dari 10 orang wanita pernah mengalami  ISK dan 2 diantaranya ternyata mengalami ISK berulang.Apalagi wanita hamil dan wanita menopause juga berpotensi ISK.



 5 dari 10 orang wanita pernah mengalami  ISK dan 2 diantaranya mengalami ISK berulang.

Perlu digaris bawahi, ini bukan hanya wanita yang bisa kena ISK loh, tapi pria dan bahkan anak-anak juga rentan terkena ISK. Iya, itu benar! Raffi saat bayi pernah kena ISK yang lebih dikenal fimosis. Waktu itu dia baru berumur 5 bulan dan kata dokter harus dioperasi. Huhuhuhu. Untungnya saya mencari second opinion, Raffi tidak perlu disunat atau operasi. Hanya dijaga kebersihannya dengan rajin mengganti diapers.


ISK berulang ini benar deh, setiap hamil saya pasti anyang-anyangan dan terkena ISK. Begitupun di kehamilan terakhir kemarin. Saat ditest ternyata saya terkena ISK. Tapi dokter saya tidak memberikan obat apapun, karena khamilan kemarin yang perlu perhatian khusus. Daripada memicu kontraksi atau hal yang tidak diinginkan, jadi beliau hanya meminta saya banyak minum dan jaga kebersihan organ intim. 



Hasil lab urine saat menjelang lahiran kemarin
Well, ISK lagi :"(

Beneran deh, nggak enak kena ISK itu:(. Apalagi berulang :"(.

Uricran Women's Community


Ternyata saya memang harus banyak belajar tentang kesehatan saluran kemih ini. Berulang kali mengalami anyang-anyangan dan ISK, membuat tidak nyaman saat menjalani aktifitas. Lah iya, gimana enak? Lagi enak nyusuin anak atau lagi nyetir antar jemput anak, tiba-tiba kebelet pipis. Duh!

Makanya, saat saya diajak mbak Tanti datang ke event tentang menghindari anyang-anyangan, saya senang sekali. Iya loh, saya senang deh kalau datang ke  event Women's Community 2019 yang didakan oleh Combiphar. Karena selain saya bisa bertemu dengan teman-teman blogger dan komunitas, saya juga mendapat banyak pengetahuan di setiap eventnya. Kali ini saya datang ke Uricran Woman's Community yang mengambil teman Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih pada tanggal 28 Juli 2019 di Grand Kemang Hotel. 




Kali ini, karena si Papih libur kantor jadi  saya ditemani datang eventnya. Sambil menikmati cemilan dan teh manis hangat, anak-anak langsung ke meja mewarnai yang sudah disediakan. Tahu sendiri, anak-anak saya kan senang sekali sama kegiatan menggambar mewarnai. Mereka tidak sabar acara dimulai, karena aktifitas mewarnai baru boleh dipegang kalau acara dimulai.

Dan benar saja saat mas MC membuka acara, anak-anak langsung mulai mewarnai kertas yang disediakan panitia. Hihihi, anak-anak ada-ada saja ya? Tapi seru juga sih ya! Sembari Mamihnya belajar dengerin materi talkshow, anak-anak diberikan wadah untuk berkreatifitas.



Anak-anak langsung mulai mewarnai saat acara dimulai


Hadir sebagai nara sumber utama adalah dr. Cepi Teguh Pramayadi, SpOG,MARS. Sebagai dokter spesialis kandungan, dr Cepi sangat banyak menemukan wanita yang terkena ISK dengan gejala awal ISK yaitu anyang-anyangan. 



Secara garis besar, bisa kita lihat ciri orang yang terkena anyang-anyangan itu adalah seperti ingin buang air kecil terus menerus, terasa nyeri saat buang air kecil dan pipis yang keluar tidak lancar.  

Sedangkan berdasarkan tempat, ada 2 kategori ISK yaitu  :


1. ISK bagian Atas :
Ciri khasnya : Demam tinggi, menggigil, hilang nafsu makan, mual dan muntah, nyeri pada pinggang (lokasi letaknya ginjal) dan bisa kena ISK bagian bawah juga.

2. ISK bagian Bawah
Ciri khasnya : Nyeri saat BAK (dysuria), rasa panas di urethra saat BAK, BAK lebih sering sampai dimalam hari (nocturia), jumlah urin sedikit, tidak dapat menahan rasa BAK, BAK tidak tuntas (anyang-anyangan), Nyeri pada perut bagian bawah (suprapubik), demam ringan dan tidak enak badan (malaise).
Nah, kalau sudah merasa seperti ciri-ciri di atas kita perlu waspada. Jangan-jangan saya terkena gejala ISK?

dr. Cepi juga menjelaskan bahayanya ISK pada ibbu hamil. Duh, jadi ingat hamil kemarin yang terkena ISK :"(. Bahaya loh kalau  terjadi komplikasi ISK pada kehamilan bisa menyebabkan kelahiran prematur, bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), preeklampsia, hipertensi, gagal ginjal bahkan kematian janin.

Duh, serem banget ya!

Tahu tidak penyebab ISK itu apa? 80% kasus ISK terjadi karena bakteri E.coli yang menempel pada saluran kemih. Kenapa bisa menempel? Padahal tahu sendiri E.coli itu adalah bakteri di pencernaan manusia yang keluar bersama feses! Kok bisa ke kandung kemih? Nah, jawabannya karena dekatnya jarak anus dengan saluran kemih didukung dengan kurang bersihnya kita menjaga kesehatannya, makanya ISK itu terjadi. 



Di talk show Uricran Woman Community ini juga hadir brand ambassadornya yang tetap awet muda, yaitu Ibu Susan Bachtiar. Iya loh, dulu saat saya masih kecil dia canntik banget. Dan sekarang saya sudah punya anak, dia tetap dan malah lebih cantik. 

Ibu Susan cerita tentang pengalaman tidak enaknya menahan buang air kecil saat travelling ke Eropa. Di mana, air susah tingkat kebersihan juga dipertanyakan kan kalau bukan wilayah sendiri. Jadi lebih baik dia menahan buang air kecil daripada tidak yakin. Dan ini membuat Ibu Susan terkena gejala ISK, yaitu anyang-anyangan.

Kok jauh-jauh ke Eropa, saya sendiri merasakan nggak enaknya nahan buang air kecil dari sekolah ke rumah :"(. I feel you :"(.

Kemarin juga, Ibu Susan dan beberapa peserta dibaca karakter melalui gambar oleh mbak Tanti Amelia, seorang doodler yang pernak kena gejala ISK juga. Kerasa banget pasti nggak enaknya lagi sibuk menggambar tiba-tiba kebelet pipis terus. Anyang-anyangan yang sangat mengganggu kan ini!


1 2 3. Yuk, Kita Bebas Anyang-anyangan!


Masalah anyang-anyangan apalagi ISK ini memang mengganggu aktifitas sehari-hari, tapi lucunya banyak yang bingung harus bagaimana saat terkena anyang-anyangan. Malah banyak yang pakai antibiotik, padahal kalau sudah konsumsi antibiotik akan menyebabkan resisten dan harus sampai tuntas. Karena kalau tidak, nanti saat ISK berulang dosis antibiotiknya harus ditambah. Selain itu kalau sudah terkena antibiotik, maka semua bakteri yang ada dalam tubuh akan musnah semua, baik itu bakteri baik (probiotik) dan bakteri jahat. Padahal tubuh kita perlu bakteri baik loh! Lah kalau semua mati bagaimana dong? Terus, ibu hamil bagaimana dong? Karena kan penggunaan antibiotik pada ibu hamil tidak dianjurkan. 

Sebenarnya terapi utama ISK dan ISK berulang adalah regimen antibiotik. Tapi ISK berulang sangat bisa dicegah dengan profilaksis antibiotik, modifikasi pola hidup sehat dan penggunaan produk yang mengandung Cranberry. 

Kemarin dr. Cepi memberikan tips agar kita terbebas dari gejala ISK, yaitu anyang-anyangan. Mau tahu mau tahu bagaimana caranya? Selama ini, saya sudah menerapkan 3 tips manjur tersebut. Makanya kenapa saat kemarin hamil, dokter kandungan saya tidak memberikan apa-apa walau muncul gejala ISK. Dan walau tidak hamilpun, tips ini sangat bisa dipakai loh! 

Ini dia 3 cara menjaga kesehatan saluran kemih


1. Jangan menahan buang air kecil


Luangkan waktu bila ingin buang air kecil. Dengan berhenti menahan BAK, akan sangat bisa mencegah terjadinya gejala ISK yaitu anyang-anyangan. Lagain kenapa harus ditahan sih? Bukannya lebih enak kalau mensegerakan ke kamar mandi untuk BAK. Rasa menahan pipis itu nggak enak loh :"(. Eneg bisa-bisa. 

Jadi, mulai sekarang yuk jangan pernah lagi menahan buang air kecil ya!

2. Jaga kebersihan area organ intim dan sekelilingnya


Jaga kebersihan ini mencangkup banyak hal loh. Mulai dari membilas setelah buang air kecil dengan benar. Jadi kalau kita mau membersihkan area kewanitaan itu arahnya dari depan ke belakang, jangan terbalik ya. 

Selain itu, selalu jaga kebersihan toilet yang kita pakai. Misalnya kebetulan pakai toilet umum, bersihkan dulu dudukan tempat buang air kecilnya. Jaga daerah kewanitaan agar selalu kering dan tidak lembab dengan rajin mengganti celana dalam dan mengeringkannya dengan tisu atau lap.


3. Perbanyak air minum dan konsumsi Uricran 2 kali  sehari



2 cara di atas lebih ke modifikasi perilaku agar tidak terkena ISK. Tapi dari dalam tubuh, kita juga harus menambah antibodi dan suplemen agar terbebas dari ISK berulang. Gampang sebenarnya, cukup perbanyak minum air putih. Saya sendiri sekarang konsumsi 3-4 liter air dalam sehari selama hamil menyusui agar terbebas ISK. 

Selain itu, dr. Cepi bilang sebenarnya ada yang efekttif untuk mencegah ISK. Yup, itu adalah buah Cranberry.

Cranberry ini kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E.coli pada dinding sel epitel saluran kemih (teflon effect). Sebagai alternatif non antiobitik profilaksis, Cranberry berhasil mengurangi infeksi E.Coli sebesar 36% dan 58% menurunkan angka ISK berulang. 

Tapi tapi tapi, mendapatkan Cranberry itu tidak mudah. Secara tidak dijual bebas di pasar gitu loh. Adanya sih impor dengan harga yang  mahal pastinya. Dan kalaupun sudah dapat buahnya, maka harus diolah dulu jadi jus biar bisa dikonsumsi. 

Tenang-tenang, Combiphar punya solusinya! 

PRIVE URI-CRAN
 Pertama di Indonesia, ekstrak cranberry yang dapat mencegah anyang-anyangan 
dan infeksi saluran kemih serta ISK berulang. 


Ada 2 pilihan produk yang bisa kita konsumsi :

1. Uricran Capsule
Ada 30 kapsul yang masing-masing mengandung 250mg Cranberry Extract. 

2. Uricran Plus
Buat yang suka suplemen tanpa merasa minum obat, Uricran Plus ini bisa jadi pilihan. Karena bentuknya serbuk dalam sachetan. Tiap sachetnya mengandung 375mg Cranberry Extract, 60mg vitamin C, 0,1mg Bifidobacterium bifidum, dan 0,1 mg Lactobacillus acidophillus.



Ibu Tiwi dari Combiphar juga menjelaskan kalau produk Cranberry ini hadir melihat banyak yang menyepelekan anyang-anyangan, padahal itu merupakan titik awal gejala ISK. Dengan menghadirkan ekstrak cranberry yang mudah, praktis dan terjangkau untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia, diharapkan bisa menurunkan angka penderita ISK.



Cara mengkonsumsi Prive Uricran ini sangat mudah. Mau pilih yang bentuk kapsul atau yang bentuk serbuk sachetan semua dikonsumsi 2 kali sehari. Kalau yang kapsul diminum seperti biasa kalau kita minum obat. Tapi kalau yang bentuk serbuk sachetan, cukup dicampur dengan 100-150ml air putih. Dan yang pasti kalau diminum saat dingin lebih yummy. Seperti saat event, yang dibagikan ke seluruh peserta gratis itu Prive Uricran Plus dalam bentuk minuman dingin.

Rasanya? Asem-asem gityu deh. Tapi enak kok seger. Saya sendiri saja terus-terusan nambah saking enaknya. Nikmat mana yang kamu dustakan? Sehatnya dapet, segernya juga dapet. Iya, nggak?

Tinggal campur dengan air putih saja. Praktis.

Bolak balik nambah Uricran Plus. Seger sih! Bikin ketagihan.

Kemarin pas event ada promo diskon spesial Uricran yang lebih murah daripada di pasaran. Tapi jangan bingung, Prive Uri-cran ini bisa didapatkan di Watsons, Guardian, Century, Apotek K24, Viva Health, Kimia Farma, Lazada (lazada.co.id/combiphar), Rumah Sakit, dan berbagai apotek di seluruh Indonesia.

Harga pasaran Uricran Plus Rp 112.000 dan uricran kapsul Rp 140.000. Mau pilih yang mana? Tergantung selera ya!


 


Aktif dan Percaya Diri dengan Uricran


Kemarin saat ada meet up BC May 2019, saya ketemu dengan Hani, seorang kawan lama. Dia cerita kalau sehabis melahirkan rasanya anyang-anyangan terusan. Jadinya dia kebingungan sendiri saat merawat anak bayi, tiba-tiba kebelet buang air kecil. Jadinya selain tidak nyaman, si bayi nangis karena ditinggal bolak balik sama si Ibu.
Untunglah saya selalu bawa Uricran Plus di tas. Saya pun mengenalkan Prive Uricran padanya agar masalah anyang-anyangannya hilang. Rasanya senang kan berbagi kebaikan tentang hal bermanfaat seperti Prive Uricran ini? Semoga cocok yaaa.


Pssst, uricran itu enak kalau diminum dingin-dingin. Kalau bosen biasa, boleh loh dimodif. Bisa pakai float es krim atau dibikin puding juga enak loh. Cobain deh.

Oh iya, karena Prive Uricran in imengandung antioksidan boleh banget dikonsumsi walau tidak hamil dan menyusui loh. Malah akan menambah daya tahan tubuh kita berkat antioksidannya yang tinggi.


Btw, jangan lupa ikutan weekly quiz di instagram Uricran ya. like akun FB Prive Uri-cran (@priveuricran) dan akun IG @uricran.id dulu ya.

Caranya mudah kok! Cukup upload fotomu dengan tema "Aktif dan Percaya Diri Bebas Anyang-Anyangan" sekece mungkin. Dan masukkan keyword Prive Uri-cran, Cranberry, Anyang-anyangan, Infeksi Saluran Kemih, ISK, Bakteri E.Coli, Minum Setiap Hari. dengan hastag #uricran #uricranwomenscommunity #combiphar #nama kota (contoh: Jakarta2).

Info lebih lanjut tentang Prive Uri-cran klik saja


Saya sudah move on dari gejala ISK yaitu anyang-anyangan. Semua berkat Prive Uricran yang mengerti bahwa kesehatan adalah nomer satu. 

Selamat mencoba 1,2 3, cara menjaga kesehatan saluran kemih di atas. Dan bersama-sama kita bilang, "Bye-bye, Anyang-anyangan!".


26 comments:

  1. wah langkah yang sangaaaat mudah untuk menjaga kesehatan saluran kemih yaaa ...

    ReplyDelete
  2. Sahabat buat pereu zaman now ya si Prive UriCran ini Maaak.
    Aku juga sering anyang2an, dan sekarang rutin minum ini.
    Suegerrr!
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. Aku inget ayang-anyangan jadi inget Prive Uri-cran. Menjaga kebersihan ini emang penting banget ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Bahaya banget nyang-anyangan ini ya, bisa jadi penyebab ISK. Dulu aku suka nahan kencing kalo di tempat/transportasi umum. Sekarang nggak berani lagi deh nahan kencing.
    Uri-cran yang serbuk ini diminum dingin, segeer. Kalo lagi bepergian tinggal bawa yang kapsul aja, praktis.

    ReplyDelete
  5. Benerba Echa perempuan itu lebih banya terkena ISK ya daripda laki-laki. Huuu serem juga. Nah, dulu aku suka lho mba Echa nahan pipis. Soalnya klo aku pipis takut anaknya nangislah, kebangunlah terus kalau udah nangis kayak yang diapain aja hahaha. Tapi sekarang berusaha untuk nggak suka nahan pipis lagi. Takut kena anyang-anyangan

    ReplyDelete
  6. Ternyata mudah ya mbak cara atasinya, dg memperhatikan 3 hal penting di atas
    Kadang kalau di perjalanan itu yg seringnya nahan buang air kecil mbak, kalau nggak pas isi bensin di POM atau pas ibadah, baru deh ke toilet huhuuu
    Prive uri cran bneran mandih khasiatnya buat atasi anyang-anyangan deh hehehee
    TFS Mba

    ReplyDelete
  7. Bener juga nih, kebiasaan ngempet pipis emang bikin kita kena serangan anyang-anyangan. Ga enak banget loh rasanya. Untung ada pencegahan ya dengan minum Uricran yang rasanya seger ini.

    ReplyDelete
  8. Kebiasaan jelek aku tuh tahan pipis dan ini nggak sekali dua kali. Padahal udah tahu dampaknya :(

    Makasih udah reminder ya mba

    ReplyDelete
  9. Gak enak banget kalau kenak ISK, Mbak. Aku udah boak-balik kenak. Padahal perasaanku sudah jaga kebersihan organ intim dan rajin minum air putih. Katanya kondisi air juga bisa menyebabkan ISK.
    Kalau dulu aku suka ngiket jempol pakek karet, heheh, mitos banget ya? Nek sekarang ya minum Prive Uricran yang udah jelas khasiatnya.

    ReplyDelete
  10. Anyang-anyangan itu menyiksa banget. Kapok deh saya. Waktu itu sekali pernah kena anyang-anyangan, bolak balik pipis terus. :(

    Menjaga organ intim itu memang sangat perlu, ya. Dan harus banyak juga minum air putih nih. Apalagi kerjaku seharian duduk mulu.

    ReplyDelete
  11. Tiga langkah mudah, tapi bikin sehaatttt. Aku pernah minum Uricran dan rasanya enak, ibu mertua jg pernah aku saranin minum Uricran pas ngalami anyang-anyangan, alhamdulillah teratasi, rasanya juga enak

    ReplyDelete
  12. Kalau lagi out duty (kerjaan di lapangan), suka nahan pipis karena alasan KMnya yang gak bersih. Selain nahan pipis, minum air putih juga ta batasi (lebih sedikit dr kondisi biasanya), makanya kalau sering-sering out duty jadi anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  13. Dulu pernah kena anyang-anyangan saat hamil dan itu sakit ,ga nyaman banget, belum lagi bisa membahayakan kalo ga segera ditangani
    Uricarn ni memang bagus, dulu untuk pencegahan dan pengobatan aku juga minum ini mbak

    ReplyDelete
  14. Juara banget deh ini bikin fotonya, apalagi yang adegan megang perut akibat sakit infeksi saluran kemih. Kebayang ini sakitnya kayak apa, karena pernah ngalamin dulu dan aku belum tau Uricran ini. Sekarang gak perlu khawatir lagi ya, kan ada Uricran

    ReplyDelete
  15. Mak Tantiiii aku mau juga dibacain karakterkuuu haha :D
    Anyang2an emang gak wenaaakkk yaa, makane to jgn nahan2 pipis #ntms, eh tapi bumil emang rentan kena sik huhuhu.
    Aku ya minum uricran buat nyembuhin anyang2an enak sih rasanya gak kyk obat.

    ReplyDelete
  16. Bener tuh anak-anak juga bisa kena ISK, aku pernah lihat kasihan banget sampai nangis-nangis nahan sakit. Gak boleh nahan-nahan pipis lagi deh kalo gitu

    ReplyDelete
  17. yap, cranberry...dari namanya saja saya awam loh. hihi. kalau lagi kena ISK dan pengen cepet sembuh, ataupun pengen antisipasi biar gak kena ISK, gimana caranya cari di pasaran? untung deh ada prive uricran

    ReplyDelete
  18. Noted nih buat aku yg kadang suka nahan buang air, bdw aku pernah anyang2an dan langsung beli uricran. Rasanya itu hlo, manis...hehe

    ReplyDelete
  19. Noted nih buat aku yg kadang suka nahan buang air, bdw aku pernah anyang2an dan langsung beli uricran. Rasanya itu hlo, manis...hehe

    ReplyDelete
  20. Aku juga pernah anyang-anyangan nih Cha. Ga enak banget rasanya. Apalagi kalo sedang traveling atau pas lagi hamil

    ReplyDelete
  21. memang ibu hamil itu petensi kena ISKa gede yah, makanya kudu hati2 dan waspada, bisa minum uricran ini ya Mba, moga jadi solusi

    ReplyDelete
  22. Aku pengen cobain uri chan ini karena aku terkadang pernah ngalamin ayang2an gt.. Enak kan razanya..

    ReplyDelete
  23. Iya sewaktu hamil saya juga ngalamin sebentar yang namanya ISK. Duh bolak-balik toilet. Baru nyampe pintu, eh kudu balik lagi.

    ReplyDelete
  24. namanya hamil kan kebelet pipis mulu yaa mbak. Jadi, meski di toilet umum yang fasilitasnya gitu deh yaudah aku pipis aja daripada nahan. Apa lebih baik pakai popok aja ya?

    ReplyDelete
  25. Siaap...
    Kita mulai jaga kesehatan dengan cara 1, 2 dan 3 yaa, kak...

    **ini masalah yang aku alami juga, kak...
    ISK.
    Pas hamil, iya...sekarang lagi gak hamil pun...kalau lagi kumat, mashaAllah...nyerinyaaa~

    Harus selalu sedia Prive Uri Cran di rumah kalo gini mah yaa...

    ReplyDelete
  26. Aku nih, sukanya nahan pipis. Ditambah kalau sedang fokus mengerjakan sesuatu, lalu mager, lupa minum. Duh! Takut kena anyang-anyangan. Untung sekarang ada Prive Uri-Cran, ya

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^