Mengenal Pentingnya Vaksin Flu


Flu oh flu. Kalau ditanya penyakit apa yang sering diderita anak-anak, pasti orang tuanya pada sepakat menjawab flu yang disertai demam dan batuk. Dan ternyata flu atau influenza ini tidak bisa dianggap remeh, ada 7000-26000 anak dibawah usia 5 tahun dirawat di rumah sakit karena influenza setiap tahunnya. 

Iya sih, walau terliht sepele influenza ini bisa sangat berbahaya dan beresiko tinggi. Saya paling puyeng kalau ada salah satu anggota keluarga yang sakit flu.  Karena flu bisa menular ke anggota keluarga yang lain, apalagi kalau lagi lemah daya tahan tubuhnya. Dan itu terus berlanjut siklus tidak terhenti. Sedih kan?

Tapi suka bingung tidak sih? Kenapa flu ini ternyata merupakan penyakit yang sangat serius? Kadang suka bingung dah, kenapa penting amat ya? Padahal itu flu saja. No no no, ini bukan flu sembarang flu ternyata. Tapi kok bisa bahaya ya? Seribu satu pertanyaan ada di kepala saya sejak dulu tentang flu ini.

Blogger Gathering  Back to School 


Dan kebingungan saya terjawab saat diundang #TUMBloggersMeetUp The Urban Mama pada tanggal 27 Juli 2019 di Restoran Kembang Kencur, Jakarta Selatan. Saya datang bersama anak-anak dan bayi sekaligus. Tadinya mau minta ditemeni Papih, tapi berhubung akhir bulan dia sibuk closing kantor akhirnya saya berangkat sendiri rombongan tanpa Papih. 


Sampai di sana, aihhhh kaget dekorasinya tema virus bakteri dengan dominasi biru merah. Dan yang saya suka, oleh penyelenggara di sediakan jajanan anak jadul. Seperti kue cubit, sate telur lilit, es goyang dan rambut nenek yang membuat para The Urban Mama yang datang jadi nostalgia hehehe. Atuhlah, yang suka bukan cuma anaknya, Mamanya juga kan?

Selain itu juga ada mandi bola dan arena mewarnai yang tentunya temanya masih dominasi merah dan biru. Walau saya tidak terlalu bebas foto-foto karena bawa anak-anak dan bayi, beberapa spot foto sempat diabadikan. Lumayan kan buat konten foto *eh.


Sebagai awalan, Bapak Benyamin Wuisan dari Sanofi Pasteur  bercerita tentang pengalamannya seputar flu ini. Dan ternyata sama saja kayak saya, sama pusingnya maksudnya. Tuhkan, bikin sebel juga lama-lama ini influenza.

Baik Pak Ben, saya  dan orang tua lain paling tidak sama kok semua. Suka dibikin galau masalah flu ini. Biasanya kalau flu atau deman, saya tunggu sampai 3 hari. Bila masih berlanjut baru tes darah dan ke dokter. Padahal kalau saya diamkan, flu ini bisa menyebabkan pneumonia, bronkitis, infeksi sinus dan telinga.

Nah, sekarang kan masuk sekolah kembali. Di sekolah anaknya bermacam-macam, ada yang lagi sehat ada yang mungkin lagi kurang enak badan dan ada juga yang lagi flu. Waaaaah, pusing dah! Anak kita kan pasti bermain dengan temannya. Pasti pulang-pulang ketularan deh :(. Bukan cuma anaknya yang ketularan, tapi orang tuanya juga rentan kena virus :(.


Ini kejadian soalnya sama Papih, dia sakit flu ketularan Raffi. Eeh kelamaan didiemin dipikir flu biasa ternyata telinganya sampai keluar air dan sedikit gak dengar, Ternyata flu yang Papih derita sampai membuat infeksi telinga. Dan itu semua gara-gara flu.

Bisa dibayangin kalau itu terjadi pada anak kita? :"(. Untunglah, sekarang Papih sudah lumayan pulih. Tapi membuat normal kembali infeksi telinganya karena flu membutuhkan waktu.

Itu flu berkepanjangan pada orang dewasa loh, apalagi kalau diderita anak-anak? Untuk anak yang menderita asma, diabetes atau gangguan pada sistem saraf otak, flu ini akan lebih membahayakan. #LawanFludiSekolah yuk!  Jadi memang tidak boleh dianggap sepele lagi ya!

Jangan!!!

Dr. Atilla Dewanti , SPA(K), sebagai nara sumber di acara blogger gathering ini menjelaskan flu atau influenza ini merupakan penyakit pernapasan yang sangat mudah menular karena virus influenza dan sangat berisiko tinggi pada anak-anak.Penyebarannya bisa lewat bersin, batuk atau bersentuhan dengan barang yang sudah terkontaminasi virus flu.

Sayangnya banyak yang salah kaprah dengan flu ini. Banyak yang protes sebenarnya sama vaksin flu ini. Anaknya sudah divaksin, tapi kenapa masih kena flu? Memang sulit membedakan salesma atau flu, saking miripnya ya. Tapi keduanya memang beda! Yuk, kita belajar dulu perbedaannya di bawah ini!

 


Dan karena kurangnya pengetahuan kita, banyak yang kalau ke dokter langsung diberikan antibiotik. Padahal sesungguhnya, penyakit flu tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Nah loh!

Dr Atilla juga menjelaskan kalau ternyata memberikan vaksinasi adalah cara utama yang ditempuh untuk menyembuhkan influenza. Dan vaksin flu ini wajib diulang setiap tahunnya, apalagi untuk orang yang beresiko tinggi terkena flu. Dengan vaksin flu, kita akan melindungi keluarga sendiri dan orang lain, sekaligus mengurangi resiko terkena flu dan komplikasinya.


Hadir juga influencer, Ibu Maya Septha yang sharing bagaimana berpikir waras saat anak-anak (bahkan dia sendiri) terkena flu. Ya selain menjaga kebersihan, ibu Maya juga memvaksin anak-anaknya untuk kehidupan mereka yang lebih baik. Melindungi keluarga dari flu dengan vaksin kan juga ikhtiar yang baik, agar seluruh anggota keluarga sehat.

Vaksin Flu? Perlukah?


Seperti Dr Atilla jelaskan di atas, #Kenapaharusvaksin flu itu? Yes, perlu! Sangat perlu, apalagi buat yang rentan terkena flu. Jangan dianggap remeh flu itu ya, buibu!

Jangan !!!

Vaksin flu itu aman kok, karena diproduksi dengan proses yang aman dan ketat. Selain itu, vaksin flusangat lengkap strainnya. Karena strain yang ada di dalam vaksin adalah yang sedang mewabah pada periode itu. Jadi srtainnya berubah-rubah sesuai penelitian kebutuhan kondisi flu di periode suatu negara. Kemarin dijelaskan bisa saja setiap tahun berubah-rubah strainnya. Unttuk saat ini yang beredar adalah vaksin flu 4 strain.

Oh iya, buat yang Muslim jangan takut. Vaksin flu ini HALAL kok. Jadi tolong antivaks sebelum terkena flu yang berbahaya, monggo divaksin yaaa. Semua kita lakukan #4BetterProtection!

Sebenarnya siapa saja sih yang harus diberikan vaksin flu itu?Ini dia kategori yang wajib vaksin flu setiap tahunnya :

1. Orang lanjut usia
2. Anak balita mulai 6 bulan ke atas
3. Wanita hamil
4. Penghuni panti jompo dan fasilitator kesehatan
5. Orang penderita penyakit kronis, seperti asma, penyakit pernapasan, jantung, diabetes, dll

Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Seperti Ibu Maya Septa, dan ibu-ibu lainnya termasuk saya, yang melindungi keluarganya dengan vaksin flu. Kita tidak saja melindungi keluarga sendiri, tapi juga melindungi orang lain. Say bye bye buat flu dan komplikasinya!

Stop Flu yang Benar

 

Vaksin flu! Tidak ada cara lain, karena paling efektif memang dengan vaksin flu. Saya juga kok setiap tahun vaksin flu anak-anak. Dan biasanya vaksin pada saat ulang tahun anak, karena kalau ulang tahun kan gampang diingat untuk berulang setiap tahunnya.



Harga vaksin flu beragam, tapi biasanya saya sekitar 350ribu-400ribu diluar biaya dokter. Ya paling enak memang di rumah vaksin, karena kita cukup bayar biaya vaksin. Sedangkan biaya dokternya gratis. Emak-emak ngirit gitu loh hehehe. 

Selain vaksin, cara menghentikan flu dengan menghilangkan kebiasaan penyebar flu. Misalnya nih kita lagi flu kan bersin, buat tisunya di tempat sampah, lalu cuci tangan yang bersih dengan air hangat  dan sabun, sering gunakan antiseptik berbasis alkohol agar kuman hilang, kurangi berjabat tangan dengan orang kalau lagi flu dan gunakan masker ya agar tidak menular lewat udara.

Saya juga misalnya ada anak yang lagi flu bakal langsung bersih-bersih dan semua peralatan makannya saya steril sementara sampai keadaannya membaik. Lalu makan makanan bergizi, dengan banyak protein tinggi, sayuran dan buah. Biasanya kalau lag iflu lemas kan malas makan, kalau masak yang kuah-kuah seperti sop gitu pada demen dah anak-anak. Dan itu membantu loh memulihkan kondisi badan anak-anak yang lagi flu sehat kembali.


Saya sendiri kalau anak-anak lagi flu kasihan lihat mereka. Lemes, demam dan bersin-bersin terus. Yang paling sedih kalau malam saat tidur, pada susah tidur karena hidungnya sumpet susah napas. Sedih lihatnya.

Belum kalau misalnya ternyat amereka batal melakukan aktifitas karena lagi flu. Seperti Raffi misalnya lagi sakit flu padahal mendekati jadwal tanding karatenya. Padahal harus banyak latihan kan agar menang? Tapi malah tidak maksimal karena Raffi flu demam :"(. Momen penting yang dipersiapkan lama hilang begitu saja, hanya gara-gara flu.


Saya melindungi anak-anak saya dengan vaksin flu setiap tahunnya. Dan gayung bersambut, di kantor Papih vaksin tahunan flu dicover asuransi kantor, jadi saya tenang dengan biaya. Alhamdulillah.

Saya melindungi keluarga saya dengan vaksin flu setiap tahunnya. Bagaimana dengan Mama-mama lainnya? Yuk kita bareng-bareng sadar pentingnya vaksin flu untuk keluarga!

Mau info lebih banyak dan lengkap tentang vaksin flu?
Yuk kunjungi dan follow instagram @kenapa harusvaksin


Bye bye, Influenza!




26 comments:

  1. Wah keren ini soal Vaksin Flu aku belum nyoba ke anak-anak. Kalau orang dewasa gimana ya? Di rumah yang mudah terserang flu itu suamiku huhu... anak-anak cepat sekali tertularnya. Jadi sedih kalau anakanak sakit.

    ReplyDelete
  2. Flu ini bahaya banget ya, karena nular ya itu lho extra cepet banget. Apalagi ke anak-anak.

    ReplyDelete
  3. aku salfok sama kue cubit, sate telur lilit, es goyang dan rambut nenek

    pasti bahagiaaaa ya para ibu ibu yang datang

    vaksin flu ini katanya sekarang penting banget, eh ternyata Echa udah mengulas duluan. Noted Cha, suwun infonya

    ReplyDelete
  4. Vaksin flu harus setahun sekali, ya. Sampai usia berapa tahun harus tetap divaksin flu, Cha?

    ReplyDelete
  5. Nah! Edukasi macam ini emang perlu dan berfaedah banget, apalagi buat mama2 millenniall ya
    karena banyak hal yg sering dianggap remeh, salah satunya flu ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Flu gejalanya kyk common cold pdhl sbnrnya bahaya kalau ada komplikasi ya?
    Vaksin ini sampai sekarang bln disubsidi pemerintah ya mbak, kalau gak salah?
    Kalau dulu anak2ku takvaksin influenza krn dokter anakku dulu ceriwis suka ngingetin mana vaksin yang penting buat dilakukan.
    Moga2 makin banyak yang bisa dapat vaksin ini, syukur2 ada subsidi gtu hehe

    ReplyDelete
  7. Aku awalnya belum terpikir untuk vaksin flu ke anak anak. Tapi baca tulisan iji, jadi berubah pikiran. Semua buat jaga kesehatan anak

    ReplyDelete
  8. Saya baru tahu tentang vaksin flu ini.
    Iya flu itu gampang banget nularnya, satu batuk pilek langsung deh sekeluarga kena semua

    ReplyDelete
  9. Beneeeer banget! Flu itu penyakit yang gampang banget menyebar. Klo salah satu udah kena flu, biasanya bakal muter aja deh tu virus di dalam rumah.

    ReplyDelete
  10. Aku ditawari vaksin flu, saat suntik meningitis pas mau umroh.
    Nah, saat itu, baru tahu bahwa ada vaksin flu.

    Harganya lumayan juga ya, mba Echa
    Semoga kelak pemerintah menanggungnya via BPJS

    ReplyDelete
  11. Flu sama pilek ternyata beda ya, influenza bahaya kalau didiamkan..terima kasih pencerahannya Cha, setrong cha bawa tiga anak tanpa bapake...sehat selalu saay..

    ReplyDelete
  12. Bener banget mba, kalau di rumah udah ada yang terkena flu pasti deh siap-siap yang lainnya juga tertular flu, alhamdulillah Gendish setiap tahunnya aku vaksinasi influenza, tinggal orang tuanya aja nih menyisihkan anggaran buat vaksin influenza nya

    ReplyDelete
  13. Wah baru tau nih ada vaksin flu.. vaksin memang penting bangey ya mba. Alhamdulillah anaku sudah kengkap vaksin.. dan siap2 deh kita untuk vaksim flu ini

    ReplyDelete
  14. Flu itu ada hubungannya dengan daya tahan tubuh ya, Cha. Tapi kalo anak-anak emang rentan karena tubuhnya belum sekuat orang dewasa, dan mudah tertular dari sekolah, teman di rumah, bahkan keluarga sendiri. Kantor suami Echa keren deh, bisa kasih fasilitas vaksin flu.

    ReplyDelete
  15. Vaksin Flu ini wajib deh buat anak-anak ya mbak, apalagi flu kalau di sekolah anak-anak cepat sekali menularnya. Sejauh ini vaksin aku pun di cover sama asuransi juga, mayan banget ya.

    ReplyDelete
  16. Sakit Flu, penyakit karena virus yang paling sering menyerang anak-anak dan dewasa juga

    ReplyDelete
  17. Samaa tehh iniklo dirumah satu flue semua jd kena, virus influenza ini sangat berisiko tinggi pada anak-anak baru bngt akuh Tau kupikir cuma sakit yg yg biasa

    ReplyDelete
  18. Wah flu juga ada vaksinnya ya mak sekarang. Aku ngertinya cuman yang diwajibkan di buku KIA aja.

    ReplyDelete
  19. Flu itu jenis penyakit yang paling cepat menularnya. Sebagai orang tua memang harus waspada dengan kesehatan anak-anak dan jangan sampai deh ketularan flu. Makanya, salah satu cara agar anak gak mudah terkena flu dengan memberi mereka vaksin ya ...

    ReplyDelete
  20. Aku pernah dengar bahwa penyakit flu tidak bisa dihilangkan dari diri kita karena kalau badan lemah katanya bakal menyerang lagi. Nah ternyata ada vaksinnya sekarang ya. Berarti bisa dicegah dari awal. Atau setidaknya pas badan lemah gak terlalu drop banget.

    ReplyDelete
  21. Kalo di rumahku yg cepat nular suamiku malah ponakanku kalo ada yg flu alhamdulillah ga tertular.

    ReplyDelete
  22. Paling nyesek gak jadi datang ke acara gara2 flu. Anakku tahun ini 2x batal ke acara playdate berbayar yg sebelum hari H udah kupersiapkan anakku dengan matang.

    Vaksin anakku lengkap kecuali vaksin flu karena vaksinnya selalu di puskesmas. Penting banget nih!



    ReplyDelete
  23. vaksin flu ini belum termasuk ke vaksinasi yang dicover pemerintah, ya? hoho, maunya giitu biar gratis sekalian.
    btw, sekarang ini teman SID banyak yang kena flu. Takut ketularan juga nih. Semoga sehat yaaa

    ReplyDelete
  24. Belum pernah ikutan vaksin flu
    Pakai BPJS bisa ga ya?
    Besok kalau aku kontrol sekalian mau nanya nanya ke rumah sakit ah soal vaksin ini

    ReplyDelete
  25. Kalau di aceh masih susah dapat DSA yang menyediakan vaksin flu. Meskipun flu itu biasa, tapi kadang bikin mamak2 galau

    ReplyDelete
  26. Jadi inget aku rencana vaksin flu shanum dan naeema koq kelupaan terus sih. Vacsin ini setahun sekali kan ya?

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^