Perlengkapan Menyusui Newborn untuk Perjalanan Jauh



Saat punya anak, dalam hati paling dalam saya sudah berusaha menguatkan diri untuk memberikan ASI sampai 2 tahun. Dan Allah paringi lancar, anak-anak saya semua diberikan kemudahan dalam pemberian ASI bagaimanapun kondisi saya. Iya, saya keras kepala saat menyusui.
 


Sebagai ibu bekerja di rumah, menyusui itu termasuk mudah karena hampir tidak ada masalah menyusui. Tinggal ke kasur dan susui  anak berbagai gaya. Sudah. Selesai :"). Tapi lain halnya kalau kita bepergian jauh. Apalagi pergi sama  kakak lainnya, pasti manajemen stressnya berbeda saat saya di rumah. 

Makanya saat mau pergi ke rumah Kakek di Jawa Timur, kami sepakat naik pesawat Jakarta-Surabaya walau tol katanya sudah cepat. Cuma ngebayangin ramenya, stressnya dan capeknya anak-anak, demi kewarasan kami ikhlas untuk naik pesawat biar cepat sampainya. Dan sesampainya di sana, kami sepakat untuk rental mobil. Makanya dari jauh-jauh hari sudah ubek-ubek Traveloka cari berapa biaya rental mobil dari Surabaya ke Situbondo.

Dari segi hitungan sih memang lebih mahal biaya pesawat. Jelas ini. Tapi itu membayar rasa capek dan kewarasan saya plus suami selama dalam perjalanan. Tapi untuk hitungan biaya rental mobil lebih murah loh ya. Kayak Avanza saja bisa buat sekeluarga kan? Itu sehari cuma 299ribu lepas kunci. Coba kalau di Jakarta, harga segitu jarang banget kan biaya rental mobil segitu. 

Tapi tapi tapi, punya bayi newborn gini tidak semudah itu langsung lets go. Selain harus mengantongi ijin bisa naik pesawat, saya juga harus punya perlengkapan tempur untuk menyusui. Terus kita juga harus melihat kondisi bayi bagaimana, karena perjalanan jauh pasti akan membuat  dia kecapekan. Walau nanti setelah naik pesawat langsung naik mobil rental yang nyaman, tetap saja namanya bayi newborn.

Perjalanan jauh bersama bayi, ibunya harus tenang dan terjaga kewarasannya. Apalagi saya bawa krucil lainnya auoooooo, tetap saja harus dijaga agar semua sehat, selamat, lancar sampai tujuan. 

Dan ini beberapa perlengkapan menyusui untuk newborn yang saya bawa kalau lagi perjalanan jauh. Semoga bermanfaat ya!.


1. Botol Bayi

Saya ASI, tapi saya tidak anti botol bayi hehehe. Karena ASIP saya semua pada anak-anak, hampir keseluruhan pakai botol saat memberikan ASIPnya. Pilih botol dan dot bayi sesuai usianya. Untuk newborn, biasanya botol tidak terlalu besar dengan dot alirannya masih sangat kecil. Ini karena biar bayi mau berusaha belajar nyusu.

Buat apa sih pakai botol bayi saat perjalanan jauh bagi newborn? Misalnya kita lagi tidak memungkinkan memberikan ASI langsung, bisa pakai botol susu bayi ini.  

Saya pakai botol bayi Nuby. Saya punya beberapa koleksi Nuby termasuk botol bayinya. Saya punya 2 botol yang walau kegunaannya sama tapi berbeda cara menyusuinya. Yang satu memang praktis karena imut-imut, pas banget buat bayi newborn. Dan yang satu lucu empuknya, jadi kalau bayi sedang menyusui bisa kita pencet botolnya biar cepet abis*eh. 

Tapi beneran ini  enak kok. Dari newborn, anak-anak saya pakai ini. Selain ini saya juga punya botol bayi lain seperti Avent dan Dr Browns. Cuma kalau perjalanan jauh jangan lupa bawa ini seh.

Ada 2 botol yang saya punya.
Satunya bisa dipencet-pencet malah lucuuu kenyal

Botol susu Nuby ini memang terlihat besar kayaknya kalau belum dipake. Tapi pas dipakai biasa aja sih, anak saya mau-mau saja minum pakai ini alhamdulillah. Mulai usia 4 hari, saya sudah pakai botol minum Nuby untuk ASIP bayi saya.  Ada banyak jenis botol susu bayi Nuby Comfort ini. Mulai botol susu sampai spout untuk memudahkan memberikan asupan buat bayi. Tentunya, kalau saya pasti ASI dong ah!

Dot pada botol bayi Nuby ini lebar tapi tidak panjang, lebih bulat. Jadi anak bayi yang baru lahir bisa pakai ini untuk minum ASIX. Alirannya juga tidak terlalu deras keluarnya, jadi tidak bikin bayi gelagapan. Tapi tetap, kudu dilihatin ya. 

Botol susunya juga ada pegangan yang bisa digunakan saat anak lebih besar usianya dan bisa memegang botol susu sendiri. Jadi Nuby itu emang berusaha mengerti kebutuhan kita, emak-emak rempes ya. Xixixixi.

Nuby bisa didapatkan di banyak tempat kok. Malahan di Tokopedia ada market placenya. Atau biar ga ketinggalan, bisa follow instagram Nuby ya :* @nuby_indo.

Dot pada botol susu bayi Nuby

Tidak bocor, karena ada pengingat kalau posisi tutup dan botol sudah cocok.

 Bisa dipencet gini pokokny. Kenyal-kenyal. Ini berguna buat saya saat si bayi mulai males minum. Lebih cepat ditelan bayi.

 
 Ini beberapa koleksi Nuby saya. Ada koleksi kakak-kakaknya juga. Jadi peralatan Nuby memang sesuai stage usia ya, semua tersedia


2. ASIP beberapa buah dalam tas diaper cooler bag

Ini jaga-jaga untuk diperjalanan misalnya kita lagi riweh atau kondisi tidak memungkinkan untuk memberikan ASI langsung. Jadi ASIP dihangatkan bentar lalu berikan ke bayi. Dan buat saya ini membantu loh. Apalagi saat perjalanan jauh, kadang saya sudah capek duluan. Suami langsung inisiatif untuk memberikan ASIP. Tapi tidak perlu banyak-banyak, hitung secukupnya saja. Karena kan ASIP beku tahan di cooler bag cuma berlaku 24 jam. Ini berarti hitungannya sebelum 24 jam ASIP masuk cooler bag, kita sudah sampai perjalanan ke tujuan dengan naik mobil rental.
 

 3. Diaper Bag yang ada Thermal/ Cooler-nya
Pasti sudah pada tahu kalau saya penggemar berat tas Gabag Indonesia. Hampir semua seri tas Gabag saya punya hehehe. Entahlah, seneng saja. Apalagi kalau travelling gini, tas Gabag itu membantu saya. Di dalamnya sudah ada buat penyimpanan mau dingin atau panas. Sekalian kan buat diapers, tisu, dan baju ganti bayi selama perjalanan.

Baca juga
 

Pisahkan tas untuk diaper bag bayi dengan tas keseluruhan seperti koper. Ini biar praktis saja, kita tidak perlu sibuk untuk buka tutup koper kalau cuma mau ambil tisu basah kan?
 

4. Breast pump

Kalau bayi tidur selama perjalanan dan sudah kenyang ASI, sedangkan payudara kita penuh? Pumping dong solusinya. Kan bisa disimpan di cooler bag hasil ASIPnya. Selain itu, ingat rutin pumping akan membuat ASI juga rutin mengisi.

Untuk alatnya, saya pilih Gabag X1 atau Spectra. Tapi sekarang saya switch keduanya, jadi corong dan alatnya pakai Gabag X1 dan botol penadahnya pakai spectra wide neck. Soalnya  lebih terasa ringkas. Apalagi kalau misalnya habis baterainya, pakai power bank juga jadi. Di mobil rentalan sambil pumping bisa sambil ngecharge kan?

Gabag X1 dan Spectra 9+

Seringnya saya kayak gini. Perpaduan corong dan motor Gabag X1, tapi botolnya pakai wide neck Spectra bawaan 9+. Dan bisa dicharge di mobil.

5. Gendongan

Ada banyak macam gendongan, tapi kalau bisa ya jangan lupa pakai yang untuk newborn ya. Yang saya sarankan itu ringsling, jarik, woven wrap, dan strechy wrap. Sekarang, saya sangat merasakan terbantu sama gendongan ringsling dan jari. Cepat gitu, sret sret sret. 

Bisa juga sih pakai gendongan lain seperti SSC sekarang kan ada banyak yang bisa dari newborn. Mulai dari Aseema, ultimo dll. Selera saja pokoknya dan nyamannya yang mana dipake. Yang penting jangan lupa keamanan anak tetap yang utama.
Baca juga

macam macam gendongan bayi
Macam-macam gendongan. Yokkk, dipilih-dipilih.

Saya sekarang lebih suka pakai jarik atau ringsling untuk menggendong newborn. 
Termasuk saat perjalanan jauh.


6. Makanan dan Minuman untuk Booster Asi

Apapun boosternya yang penting banyak minum dan makan bergizi. Ini yang penting daripada kita cari apa booster ASI terbaik! Saya sendiri suka banget sama booster ASInya Wake-wake. Mulai jus sampai cemilannya saya konsumsi. Soalnya yang terjangkau harganya dan ada 'efek' sama saya ya wake wake ini. Dan iya, cocok-cocokan memang. Tapi boleh sih kalau nyobain kok, secara emang rekomen.

 Siang-siang seger kalau minum wake-wake 
Apalagi ke Jawa Timur kan? Naik mobil rentalan sambil minum wake-wake 

Ini beberapa cemilan wake-wake yang saya suka

7. Apron Menyusui

Walau saya pakai jilbab panjang, tapi apron membantu untuk menyusui di ruang publik. Atau sambil pumping, apron membantu juga. Saya sendiri selain apron Gabag model kaos yang lagi in karena bisa jadi stylish juga, seringnya pakai apron selimut merek maison elmesa. Karena lebih pas dipakai saat kita pakai gendongan, ada klipnya gitu samping kanan kiri.

Apron kaos Gabag


8. Travel Kit

Pokoknya bawa sabun cuci botol dot dll dalam satu pouch, Saya lagi seneng travel kitnya si Sleek Baby. Karena ada sabun mandi, sabun cuci baju, sabun cuci perlengkapan menyusui, dan diaper cream.

Kan tahu sendiri kalau bawa perlengkapan menyusui, berarti harus bawa sabunnya juga. Karena kita bakalan cuci, kering, steril, pakai. Begitu terus sampai kita tiba di tujuan.

Baca juga 

Sleek Baby Travel Kit

Sebenarnya ada satu lagi yang suka saya bawa, yaitu sterilan dan warmernya baby moov. Tapi kalau mau seri ringkasnya bisa pakai tommee tippee atau babysafe ada itu yang model malah bisa dicharge di mobil rental kan enak.

Menyusui sepanjang perjalanan jauh bawa newborn jadi tidak masalah lagi kan. Di atas kap kap kap lengkap langsung bisa dipraktekkan dan itu peralatan juga bisa sampai anak lepas asi loh bukan newborn saja. Apalagi kalau mobilnya sepanjang perjalanan enak. Si bayi dan anak-anak pasti senang. Mereka tidak capek di jalan, dan saya juga senang karena biaya rental mobil dari Surabaya ke Situbondo tidak terlalu mahal. 

Tidak sabar rasanya akhir bulan ini. Anak-anak bakal ketemu Kakek yang selama ini selalu berkabar lewat telepon dan video whatsapp. Tunggu kami ya, Kek. Cucu-cucumu siap memelukmu sebentar lagi. Iya, sebentar lagi.

27 comments:

  1. Aku belum pernah pake breast pump dari dulu, jadi langsung aja gitu haha

    ReplyDelete
  2. membawa bayi memang harus lewat pertimbangan dan perencanaan matang ya mak. Sehingga perjalanan jauh jadi menyenangkan buat seluruh anggota keluarga ^_^ Salut akuh

    ReplyDelete
  3. Memang ajakin bayi bepergian jauh, dah mirip kayak pindahan ya mbak..kwkwk. Tapi kalau persiapannya matang bikin enggak kebingungan di tujuan
    Senengnya yang mau ketemu Kakek di Situbondo.
    Semoga perjalanannya lancar dan semua senang. Baby, Bunda dan semuanya sehat dan bahagia:)

    ReplyDelete
  4. Iyaa, bepergian dengan bayi dan krucil memang serempong ituh, makanya dulu pas anak2 masih bayi batita, saya mager jalan2. Karna mau liburan yg nyantai kaya staycation pun juga tetep bawaannya sekoper 😁

    ReplyDelete
  5. Urusan per-ASI an, aku salut banget sama kamu Cha. Beneran total! Btw sekarang asyik banget ya jadi busui. Perlengkapannya udah macem-macem bangetttt. Ini juga menurutku bisa jadi salah satu support penting buat sukses ngASI.

    ReplyDelete
  6. Aku jane ga anti botol cuma males bersihin botol dan lagi pernah coba merah asi ga dapat banyak, manual siih. Jadi kalo menyusui langsung wae.

    ReplyDelete
  7. Peralatan perangnya banyak juga nih ya mbak Echa, jadi ingat masa-masa dulu masih ngasih ASI terus kudu perjalanan jauh. Ada 1 tas yang emang khusus buat ngangkut kebutuhan si bayik dulu, kalau kata mamahku macam orang mau pindahan. Kalau aku yang paling penting cemilan emaknya kudu banyak, hahahahaa

    ReplyDelete
  8. Bahagia ya kalau ibu menyusui dan punya balita perlengkapan susu dan pakaian anak lengkap kap kap kap

    Aku baru nyadar buanyak gendongan ya gara gara Echa sering posting gendongan bayi.

    MET jalan jalan ya ketemu kakek 😍

    ReplyDelete
  9. Wah iya nih Mbak memang penting banget nih Mbak semua perlengkapannya. Jangan sampai ketinggalan deh pokoknya

    ReplyDelete
  10. Wah banyak banget nih memang ya Mbak perlengkapan yang harus dibawa hihi

    ReplyDelete
  11. Ternyata ada banyak banget nih ya jenis gendongannya. Oh iya kalau botol bayi itu memang yang paling utama dan nggak boleh tertinggal nih

    ReplyDelete
  12. wahhh printilannya emang warbiyasakkk ya kalo bawa bebi...kalo naik angkutan umum bisa-bisa banyak yang diskip nih..kalo bawa mobil pribadi hayuk ajah..semua angkut hahah... Selamat ketemuan ama keluarga ya....

    ReplyDelete
  13. Whooh ini sih super lengkap peralatan tempurnya. Bener banget kalo kaya gini bayi bahagia, emak pun bahagia, gak pake nahan2 bengkak karena asi susah di keluarin di jalan

    ReplyDelete
  14. Widiiiiww, selamat traveling dan ber-Road trip riaaa!
    Kalo ke Situbondo, bisa meet up ama JoeCandra tuh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  15. Mantap banget deh ini alat tempurnya. Benar2 pejuang asi ya.

    ReplyDelete
  16. Warbiasak, membawa bayi newborn untuk perjalanan jauh emang butuh effort yang lebih, karena barang bawaannya bejibun. Tapi kalo ibunya tenang dan happy sih, everything will be gonna okay. Happy traveling mba Echa n keluarga :)

    ReplyDelete
  17. Masyaaallah perlengkapan newborn menyusui buat perjalan jauh jaman now cukup banyak dan lengkap ya mba. Cakeep deh. Trus produk-produknya juga mudah buat didapetin

    ReplyDelete
  18. padahal fatin masih 3 tahun, tapi aku udah takjub ajah liat peralatan susu yang sudah beragam. termasuk botol yang bisa dipencet itu. hahaha.

    ReplyDelete
  19. meski ribet tapi tetap semangat demi anak ya mbak, ALhamdulillah saat ngASI saya belum pernah pergi jauh tapi saat traveling seharian pun tetap alat tempur dibawa, hehe

    ReplyDelete
  20. Lumayan banyak ya buat updte si bayi demi kesehatan dia jig dan demi perjalanan yang happy. Makanya kalo ada yang smart sama baby jalan2. Itu keren sekali

    ReplyDelete
  21. Wah mau mudik ya Chaaa, asyik! Mang ya peralatan bayi dan balita itu banyak ya..seru banget deh packingnya..semoga lancar perjalanannya ya Cha

    ReplyDelete
  22. Iya sih Mak, punya bayi new born ini harus mengutamakan kenyamanan dia karena kalau kenapa-kenapa kita juga yang repot dan bertanggung jawab. Kalau ke Jawa Timur dari Jakarta mah Mending naik pesawat daripada naik mobil.

    ReplyDelete
  23. Bagus banget Cha foto yg di koper lucu. Mau tau coba juga ah foto ala-ala kayak gitu hahahaha meskipun bayinya udha segede Miqdad

    ReplyDelete
  24. Saluuuut deh sama ortu yang bisa bawa bayi jauh-jauh. Ya kudu bawa peralatan bayi yang banyak, juga kudu siap dengan kemungkinan bayi rewel di jalan. Aku waktu anak-anak masih bayi, gak bisa deh pergi2 jauh. :D

    ReplyDelete
  25. We o we tasmu banyak meenn maaakk...
    Btw jd keinget masa masih nyusuin Maxy aku jg bawa perlengkapan tempur ASI yang lengkap, pas zaman Dema aku lebih selow haha. Itu travel kit isinya perlengkapan baby jg penting banget ya dibawa2 kalau pergi2 :D

    ReplyDelete
  26. Seriuuuss kak Echa nyetir sambil merah ASI?
    Kereeen banget, kak....((mataku langsung berbinar...) mashaAllah~

    ReplyDelete
  27. Waaaah makCha keren abiiss, idolak ni.. Bakalan sering mampir ke blognya kalau nanti aku hamil dan menyusui, aamiin. Penting banget belajar dari pengalaman yang sudah berpengalaman.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^