5 Cara Menjaga Nasi Tetap Sehat


"Duh, nasinya kering Ma. Raffi kan mau makan"
"Duh iya, Nak! Ya sudah nanti saja makannya. Mamih mau masak lagi ya buat makan"
"AHSIAPPP"

Hiks, sedih amat sih. Padahal baru saja masak nasi pagi, jadi pada kering dan baunya nggak enak :(.
Suka ngerasakan hal yang sama tidak sih? Kadang suka sedih masalah gini memang. Udah kelaperan banget mau makan, ehhh nasinya tidak bisa dimakan. Kadang suka kering banget gara-gara ditancepin ke listrik mulu, kadang juga basah banget bau ga enak karena gak ditancepin listrik.

Herman deh salahnya di mana masalah nasi ini!

Padahal beli beras berkualitas yang turah-turah. Tapi dari tahun ke tahun problematika masalah urusan per-nasi-an dan per-rice cooker-an ini memang tidak selesai. Soalnya dari dulu di keluarga saya (dan teman-teman saya) juga seperti ini masalahnya xixixi.

Secara buat saya itu nasi penting banget. Mau makan sebanyak apapun tapi tidak pakai nasi, masih tertancap di otak kalau belum makan. Nah loh hahaha. Ada yang sama kayak saya gak? Padahal sudah makan roti 1 dan pizza 2 slice. Kenyang banget kan sepertinya? Tapi semua sirna setelah melihat nasi, neuron otak saya langsung bilang "Aku durung mangan sego iki. Lapar".
Saking pentingnya nasi ini, saya harus jadi ibu yang cerdas buat anak-anak urusan per-nasi-an. Apalagi yang bungsu sudah masuk masa MPASI jadinya ya kalau tidak bener masalah nasi ya susah. Soalnya saya buat MPASInya langsung dari nasi disaring atau diblender. Hemat waktu, tenaga plus listrik :D.

Tapi itu semua masa lalu. Sekarang saya sudah move on. Soalnya lebih cerdas tahu KOENTJI untuk menjaga nasi tetap bagus di rice cooker dalam waktu yang lama dan tentunya tetap sehat. Ini dia 5 cara menjaga nasi tetap sehat versi on the spot eh versi Echaimutenan :

1. Pilih beras berkualitas

Sebenarnya kalau masalah beras, saya sebenarnya tidak saklek-saklek banget. Karena sebenarnya beras itu dipilih yang masih bagus, tidak banyak kutu dan cocok di kantong hehehe. Menurut saya itu sudah masuk kategori beras yang bisa dikonsumsi. Kalau misalnya mau yang pulen atau wangi ya tidak apa-apa juga, sesuai kebutuhan saja pokoknya. Karena kalau di rumah saya berasnya bisa ganti-ganti, kalau lagi ada rejeki lebih ya yang pulen wangi, ya kalau lagi ngepas yang beras biasa saja literan cukup kok. Habis-habis saja sih, namanya juga lapar xixixi.

Baca juga :

2. Simpan beras dengan Sarana Penyimpan 
Beras Cosmos 007-Pundi

Pernah dengar pepatah kata orang dulu tidak tentang tempat beras jangan sampai kosong agar rejekinya lancar? Nah kalau dilogikain, beras itu kan jadi nasi buat dimakan. Kalau selalu penuh tidak kosong, berarti makannya enak rejekinya lancar bisa makan nasi saja paling tidak. 

Untung penyimpanan berasnya, saya pakai Sarana Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi. Tempatnya tidak besar, mungil tapi banyak untuk menyimpan beras hingga 7 kg. Paslah praktis buat rumah saya yang mungil.


Dengan warna hijau tosca, tempat beras Cosmos ini bisa mengatasi sirkulasi beras tidak sehat yang biasa ada di container atau karung. Biasanya kan beras yang berada di tumpukan paling bawah menjadi sulit diambil sehingga semakin lama tertumpuk dan menyebabkan munculnya kutu beras, serangga, beras mudah apek dan tidak higienis. Dan semua masalah itu akan teratasi kalau menggunakan Sarana Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi.

Ini karena tempat beras Cosmos ini menggunakan sistem FIFO Technology (First In First Out) : Beras yang masuk pertama akan keluar. Yaaa mirip kita penyimpanan ASIP ya walau sekarang istilah penyimpanan ASIP jadi LIFO hehehe. Yang penting beras pertama keluar dulu, jadi ga terbenam numpuk.

Cara menggunakannya dengan sistem Pull N Dispense. Dimana sekali tarik bisa dapat satu takaran 130 gr otomatis. Selain itu juga tidak mudah bergeser wadahnya kecuali dipindah :D sehingga kualitas beras tetap terjaga, bebas kutu dan bebas karat (karena plastik).
Ingat beras, ingat Cosmos.

3.Masak nasi dengan Rice Cooker 
Cosmos Harmond CRJ-6288 Anti Gores

Dan saya mau memperkenalkan ibukibuk dengan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288 yang Anti Gores. Ini solusi dari saya mengingat semua masalah per-nasi-an rice cooker dialami semua ibuk-ibuk di belahan dunia manapun. Belum kenal ini mungkin, karena kalau sudah kenal sama Rice Cooker Harmond cerita tentang nasi tidak enak tidak akan terjadi. 


Kenapa saya pilih ini? Karena Rice Cooker Cosmos Harmond ini ANTI GORES. Catet ya anti  gores. Sudah tidak jaman yang namanya anti lengket, karena kalau anti lengket zat kimia perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen ini akan ikut tercampur ke nasi. Emangnya mau makan nasi yang ada kelupasannya? Hiiiiii, bahaya bisa kena penyakit serius loh secara item-itemnya itu jadi penyakit kanker bisa-bisa. 

No no no.

Sekarang tinggalkan itu dan beralihlah ke Rice Cooker Cosmos Harmond ini yaaaa. Punya saya yang Rice Cooker Cosmos Harmond Tipe CRJ 6288. Warnanya macam-macam, ada biru, merah hijau dan besar 2L. Jadi buat keluarga saya yang banyak personelnya insyaallah cukup 1 hari tanpa bikin nasi gak enak.
 
Beneran loh anti gores, saya coba sikat pakai sikat besi seperti di igs kemarin aman loh ga ada yang ngelupas.



4. Aduk nasi sesaat setelah matang

Kalau sudah matang, jangan lupa untuk mengaduk nasi 5 menit setelah matang. Agar nasi tidak cepat basi, tidak kering, dan lebih tahan lama, soalnya air yang terperangkap di antara butiran nasi keluar dan mempermudah proses penguapan air. Biasanya kan suka malas ya, habis nasi matang ya wes gitu saja. Mulai sekarang jangan lupa ya diadukkk langsung.


5. Jangan menyalakan rice cooker terus menerus.

Kebiasaan dulu, saya selalu menyalakan rice cooker agar nasi tetap hangat. Sekarang saya cukup menyalakan rice cooker 30 menit sebelum makan saja. Nasi tetap hangat tanpa kerak-kerak.

Kalau dulu, kerak-kerak itu jadi ngikut hilang sama nasi huhu. Kalau sekarang karena rice cooker cosmos harmond anti gores, cerita kelupasan nasi susah sudah tidak akan terjadi lagi. Walau kerak, nasinya tidakmasalah dikonsumsi tetap hangat dan sehat.

Mari kita praktekkan :


Ini nasi karena panas lama jadinya ada kerak nasi

Tenang saja, kerak nasinya aman banget. 
Anti goresnya bikin tenang tanpa takut ngelupas

Kerak nasi keambil semua dengan mudah
Mencucinyapun tidak susah

Nasi tetap enak dikonsumsi
Sehat tanpa bau dan tentunya tanpa kelupasan zat karsinogenik kan?

Oh iyia, saya juga senengnya pakai Rice Cooker Cosmos Harmond ini karena cepat nasinya cepat panas. Masak saya manasin ASIP dan MPASI bayi ya cukup dimasukkan ke sini saja :D. Tidak sampai 5 menit sudah hangat loh!

Manasin ASIP dan MPASI cukup hangatin 
di Rice Cooker Cosmos Harmond sajaaaa

Sekarang sudah tidak galau lagi kan masalah per-nasi-an, semua tahu bagaimana cara menjaga nasi agar tetap sehat. Ingat beras ingat Cosmos, jangan lupa simpan di Sarana Penyimpan Beras 007-Pundi. Dan gunakan selalu rice cooker sehat andalan saya, Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-628. Semuanya jadi mudah kan karena ada Cosmos.

Info lebih lanjut tentang berbagai produk Cosmos bisa ke 
Instagram @cosmosonline
 
#JagaNasiSehat dengan rice cooker yang tepat! Selamat menjaga nasi tetap sehat untuk keluarga tercinta kita.

12 comments:

  1. Wah iya nih Mbak memang menajaga nasi agar tetap sehat itu sangat penting ya

    ReplyDelete
  2. Saya juga suka nih Mbak dengan rice cooker dari cosmos ini, soalnya anti gores

    ReplyDelete
  3. Rice cooker ini memang rekomendasi banget nih ya buat ibu-ibu yang mau nutrisi dalam nasi utuh

    ReplyDelete
  4. Wah ini rice cookernya anti gores ya Mbak, apalagi ini baru pertama kali di Indonesia ya

    ReplyDelete
  5. Wah dengan menggunakan rice cooker ini juga bisa memudahkan saay mencuci wadahnya ya

    ReplyDelete
  6. Thanks bun infonya, akan saya praktekan, soalnya punyaku kalau udah 4 jam gatau kenapa nasinya suka menguning sendiri, semoga dengan cara diatas berhasil

    ReplyDelete
  7. Waaaaaaa sangat berguna infonyaaaa...

    ReplyDelete
  8. Ihhh permasalahannya sama banget kayak aku. Nasi cepet keras, sedangkan aku ngga suka banget makan nasi keras dan tidak hangat.
    Sepertinya aku mesti beralih ke rice cooker seperti mba echa

    ReplyDelete
  9. Aq juga gitu, abis masak nasi aduk2 supaya uapnya keluar dan colokan nya juga ku cabut supaya nasi ga kering bawah2 nya.

    ReplyDelete
  10. Lhaaa masalahe kok hampir sama. Kalo di aku, nasinya bau sama benyek2 gitu padahal udah kumatiin kalo pas malem, ganti beras juga tapi kok nggak berubah. Coba ah 2020 mau ngajuin proposal beli Cosmos yang ini ke pak suami siapa tahu jadi bener lagi nasinya.

    ReplyDelete
  11. Mba Echaaaa aku jadi pengen beli rice cooker jadinya. Soalnya rice cooker aku anti lengket udah pada copot coba huhuhu

    ReplyDelete
  12. Mbak Echaaaaa!!!!
    Sebagai pecinta nasi, aku agak nyesel kemarin enggak beli cosmos yang ini, huhu.

    Nantilah kalau yang ini rusak bisa dicoba yang mbak echa review

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^