Sinar Mas Ikut Menggalang Dana Rp 500 Miliar untuk Melawan Covid-19

"Nak, jangan keluar ada Corona"
"Main di depan rumah saja sepedaan Ma"
"Nggak! Masuk rumah sekarang bahya Corona!"


Pasti percakapan ini saat ini menjadi sarapan sehari-hari emak-emak yang harus fight seluruh anggota keluarganya di rumah saja untuk sekarang. Bukan cuma suami, anak-anak semua libur sekolahnya. 

Iya, semua karena sekarang terjadi pandemi wabah Corona Virus atau biasa kita kenal dengan Covid-19. Virus yang awalnya hanya ada di Wuhan, China itu sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Karena itu untuk mengurangi penyebaran semakin banyak lebih baik masyarakat semua diminta untuk #Dirumahaja agar tidak terinfeksi virus Covid19 yang sangat mudah menyebar.

Tentunya ini membuat banyak orang panik, termasuk saya sebenarnya. Yang tadinya bisa ada event keluar rumah untuk buat balon. Sekarang dan entah berapa bulan ke depan bakalan sepi karena bakal tidak ada event balon sama sekali mengingat situasi seperti ini. Penjualan online shop juga menurun drastis, karyawan banyak yang di PHK, unpaid leave dll. Semua sektor terkena imbasnya huhuhu.

Di masyarakat sendiri kepanikan itu terjadi kalau dilihat banyak yang nimbun bahan makanan, belanja macam-macam habis di pasar, bahkan harga-harga masker sekarang sudah sangat mahal. Biasanya yang cuma 50 ribu sekotak, sekarang jadi 500 ribu sekotak. Miris memang.

Apalagi buat tenaga kesehatan yang sedang berjuang di garda depan untuk merawat pasien PDP dan positif covid-19, kelangkaan ini membuat pusing. Padahal nakes juga ada keluarga di rumah :"(.  

Dan Indonesia wajib bersatu, karena saya yakin masih banyak orang baik di Indonesia. Seperti yang dilakukan Sinar Mas dan perusahaan lainnya dalam menggalang dana untuk para tenaga kesehatan. Tidak tanggung-tanggung loh, penggalangan dana yang dilakukan Sinar Mas, perusahaan lain di bawah naungan KADIN bersama Tzu Chi Indonesia adalah sebesar Rp 500 Miliar rupiah.

Para pengusaha tergerak hatinya untuk bersama-sama melawan Corona. Salah satu sisi yang perlu dilihat karena selama ini biasanya kita melihat para pengusaha mencari keuntungan saja kan? Dan ternyata itu salah, karena percayalah masih banyak orang baik termasuk para pengusaha di Indonesia.


Pada tanggal 19 Maret 2020 di Jakarta, Hong Tjhin yang merupakan CEO DAAI TV Indonesia dan relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melakukan penyerahan simbolis kepada Ketua PBNU Bidang Kesehatan yang juga Pembina Tim COVID-19 PBNU, dr. Syahrizal Syarif di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Penargetan penggalangan dana ini dilakukan agar mencapai Rp 500 Miliar rupiah. Sinergi lintas perusahaan termasuk Sinar Mas ini dilakukan untuk mendukung penanggulangan pandemi virus Corona (Covid-19) terhadap para tenaga medis berupa alat kesehatan. Apalagi tahu sendiri perlengkapan medis sekarang susah, masker, gloves bahkan APD juga susah ditemukan di pasaran. Dengan memberikan bantuan ini, diharapkan para tenaga kesehatan semakin semangat menjadi garda depan dalam melawan virus Corona.



"Nama perusahaan-perusahan yang sudah konfirmasi akan berdonasi diantaranya, Sinar Mas, PT Adaro Energy Tbk, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, beserta Triputra Group. Kami masih menunggu pengusaha lain untuk kepedulian sosial ini."
Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto 
Bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi dan KADIN ini akan diberikan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan. Seperti yang sudah dilakukan pada tanggal 18 Maret 2020, dengan memberikan bantuan berupa baju isolasi APD , masker, kacamata, sarung tangan dan ventilator kepada Kementerian Kesehatan berikut beberapa rumah sakit, seperti RSPAD Gatot Soebroto, RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan. 

Selanjutnya donasi akan dilakukan bertahap, mulai dari peralatan uji cepat (rapid test kit) sebanyak 1 juta buah, 20 ribu baju isolasi (coverall safety), 4 unit alat bantu pernapasan (ventilator), berikut 1 juta masker yang semua penyaluran bantuannya akan berlangsung di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
"Seluruh penyaluran donasi berikut perusahaan yang berpartisipasi akan dilaporkan kepada Presiden secara berkala, dan pihaknya terus berupaya mengimbau anggotanya agar ikut berperan aktif dalam kegiatan ini."
Rosan Roeslani, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN)
Semoga semakin banyak para perusahaan-perusahaan lainnya yang ikut bersama-sama mengatasi wabah COVID-19 ini. Yuk ikutan gabung! Karena empati dan kepedulian terhadap para tenaga medis yang berjuang di lapangan dalam merawat para pasien yang positif corona sangat diperlukan saat ini.


Kalau kita yang bukan pengusaha apa yang bisa dilakukan?


Tentunya lakukan kegiatan #Dirumahaja dan #socialdistancing, karena dengan pembatasan interaksi dengan pihak lain diharapkan virus tidak akan semakin meluas dan menyebar kemana-mana. Jangan lupa selalu dukung hal baik agar tidak menjadi deprsesi karena covid-19 ini. Ikuti anjuran pemerintah ya, kita doakan semoga banyak perusahaan yang tergerak hatinya untuk ikut bersama menggalang dana melawan covid-19. 

Stay safe semua! Mari kita lawan Covid-19 bersama-sama. Kita bisa. Merdeka!



28 comments:

  1. Sudut pandang positif dari wabah ini adalah, Indonesia mulai bersatu melawan musuh yang tidak terlihat. Semangat terus Indonesia dan terima kasih untuk sharing berita ini.

    ReplyDelete
  2. Di situasi kaya gini harus sama-sama mambantu ya satu sama lain. Sinar Mas juga peduli dengan keadaan pendemi ini buktinya mau berdonasi berupa APD ya, man alagi dibutuhkan banget saat ini

    ReplyDelete
  3. KEREN!! Bangga banget dengan perusahaan yang mengalokasikan dananya dalam jumlah WOW sebagai wujud simpati dan kontribusi untuk para masyarakat terdampak Corona.
    Semoga diikuti dengan CSR perusahaan lain juga yaaa

    ReplyDelete
  4. Iya dih Echa tp masih banyak yg cuek sama physical distancing atau Di Rumah Aja di eilayah bunda. Masih bawa baby di kereta dorong anak balita balap sepeda di jln. KZL liatnya, kan? Apa mereka gak nonton di tv ya mengenai himbauan pemerintah pusat. Md2an dengan banyaknya donasi yg miliaran itu bisa mempercepat menghilangnya Sang Corona itu.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah. Sinar Mas memang panutan banget. Kalau banyak yang menggalang dana ini, bisa bikin saya optimis pandemi di Indonesia lekas selesai. Insya Allah. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Ah senang membacanya. Sinar Mas turut turun tanggan memberi bantuan dana untuk memerangi virus kurang ajar ini. Semoga bisnis mereka semakin berkembang. Semoga seluruh tenaga medis terlindung, begitu pun dengan masyarakat..Semoga gak ada yang terjangkit lagi

    ReplyDelete
  7. Halo Echa, sejak adabhimbauan dari Pemerintah untuk melakukan STAY AT HOME dan Physical DIstancing, Corona has really change the way we love our beloved ones by not visiting them, not giving them big hugs or something else to show your love to them, BUT the only way to show our love to them so much is "Just stay away from them." Yuuk, berdo'a utk kita semua dan NKRI utk lepas dari renghuhan Corona. Lindungi kami, Ya Allah.

    ReplyDelete
  8. Wah senangnya banyak yang memberikan donasi dan ini tanda bukti kepedulian yang harus diikuti oleh banyak pihak ya mba. Angkanya juga wowo iki

    ReplyDelete
  9. Kebayang gimana kebat-kebitnya jadi tenaga medis, kita yang di rumah aja kebat-kebit ya Mbak. Bersukur masyarakat makin peduli dengan kebutuhan tenaga medis. Karena bagaimanapun juga mereka ini risiko tertularnya paling tinggi, padahal kebutuhan tenaga medis tidak sedikit. Semoga kondisi segera membaik. Biar ayem jalanin puasa. Amiin.

    ReplyDelete
  10. Kereen banget Sinar Mas ini penggalangan ampe 500 M
    Semoga tenaga medis tersedia semua keperluan yang dibutuhkan ya Cha..

    Sukses dan berkah buat semuanyaa

    ReplyDelete
  11. Semangat berbagi dan saling bantu buat semuanya. Kita pasti bisa melewati dan melawan cobaan ini

    ReplyDelete
  12. Senangnya mendapat kabar gembira begini, kak Echa...
    Indonesia harus diperbanyak kabar saling membantu, tempat donasi dan berbagai artikel positive yang membuat kita optimis bahwa kita bisa kok melewati ini semua dengan hikmahnya.

    ReplyDelete
  13. Senangnya mendapat kabar gembira begini, kak Echa...
    Indonesia harus diperbanyak kabar saling membantu, tempat donasi dan berbagai artikel positive yang membuat kita optimis bahwa kita bisa kok melewati ini semua dengan hikmahnya.

    ReplyDelete
  14. Udah dirumahaja ini dan mulai kangen keluyuran antar anak sekolah dan ngebakso hahah. Tp harus sabar ya agar wabah ini cepat berlalu

    ReplyDelete
  15. sinar mas bisa menjadi contoh untuk perusahaan lain dalam CSR ya :)

    ReplyDelete
  16. Woow ini mah keren banget dan luar biasa. Semoga diteladani oleh perusahaan-perusahaan besar lainnya. Mari bantu Indonesia secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  17. Sehat-sehat ya semuanya, biar keadaan cepat kembali normal, semangat saling bantu.

    ReplyDelete
  18. Salut dengan programnya Sinar Mas, dengan dana donasi hingga 500 miliar itu pastinya sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Semoga donasinya bisa bermanfaat tepat sasaran ya, Mbak

    ReplyDelete
  19. Senang ya MBa banyak yang bergotong royong lawan covid 19 ini. semoga kesadaran untuk saling pedulu, berbagi ini memang menajdi karakter bangsa kita sampai kapan pun

    ReplyDelete
  20. Hebat, Sinar Mas ini donasinya banyak banget yah semoga berkah dan kita semua bisa melewati semua ini dengan senyum dan segera berlalu pandemic ini, sehat selalu kita.

    ReplyDelete
  21. Memang kalau urusan kyk gini gak bisa ngandelin negara aja, untunhg sektor swasta kyk Sinar Mas ini juga ikutan gerak ya? Semoga saja Ya Allah gak ada lagi korban dari tenaga medis :(

    ReplyDelete
  22. Ya Allah.. Terharu.. Sinar mas kamu oke banget. Bakal aku ingat ini yg pada care ditengah pandemi ini. Kakak aku dokter, adek aku jg. Kuliah di kedokteran itu gak gampang. Suka miris kalo mereka curhat apd di RS gak memadai. Huhu

    ReplyDelete
  23. Keren banget ini Sinarmas Group ya, semoga dengan adanya bantuan seperti membuat yang lain juga ikut membantu ya. Semoga juga virusnya cepat pergi.

    ReplyDelete
  24. Salut deh sama sinar mas, menginspirasi sekali... Semoga kita bisa secepatnya menang melawan covid 19 ya...

    ReplyDelete
  25. Salut dengan Sinar Mas dan para pengusaha lainnya yang berkenan memberikan donasi penanggulangan Covid19 ini. Iya, kita sebagai orang awam cukup pahami kondisi super sulit ini dengan stay at home ya. Semoga rantai penularan virus ini makin menyempit dan segera hilang dari muka bumi.

    ReplyDelete
  26. Waaah keren sekali ya Sinar Mas. Salut sama perusahaan perusahaan yang berdonasi milyaran untuk menanggulangi Covid ini

    ReplyDelete
  27. Insyaallah kita pasti bisa melewati semua ini. Semoga makin banyak dunia usaha yang mengikuti jejak Sinar Mas, memberikan donasi untuk penanganan dampak corona ini ya.

    Sedih juga pas tadi lihat running-text di TV, ada ribuan buruh pabrik yang dirumahkan maupun di PHK

    ReplyDelete
  28. Iya ya, Mba suka kezel deh kalau ada yg menaikkan harga apd disaat banyak orang yang butuh, terutama nakes. Syukurlah kalau masih banyak pengusaha termasuk sinarmas yg mau berdonasi untuk kebutuhan dimasa wabah covid 19.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^