Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Tertular Covid 19


Agar bayi tidak tertular covid 19

Siapa saja memang beresiko tinggi untuk tertular virus corona, hanya saja memang mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah lah yang akan merasakan dampak paling nyatanya. 


Sehingga patut untuk diwaspadai. Hingga saat ini di Indonesia angka positif corona terbilang cukup tinggi dan juga senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Sehingga pemerintah sendiri juga mengupayakan berbagai macam cara untuk menekan penyebarannya dengan berbagai macam kebijakan yang ditetapkan. Jika seandainya kita merasakan gejalanya, maka alangkah baiknya juga untuk menghubungi dokter terdekat.

Paling tidak dengan penanganan secara tepat bisa membantu untuk meningkatkan kemungkinan penyembuhan dari penyakit tersebut. Bahkan beberapa golongan dengan daya tahan tubuh lemah layaknya lansia sampai dengan bayi jauh lebih mudah untuk terjangkit virus berbahaya yang menyebabkan penyakit Covid 19 tersebut. Ibu yang sedang hamil juga termasuk golongan yang cukup rentan tertular, begitu juga yang sudah melahirkan biasanya sangat mungkin anak yang telah dilahirkannya tersebut bisa terserang Covid 19.

Untuk itu agaknya bagi para ibu yang masih memiliki bayi dan memang begitu rentan untuk tertular virus, berikut ini diantaranya beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahannya, yaitu:


1. Periksa kondisi kesehatan kita
Pastinya ketika kondisi kesehatan aman, maka akan mudah juga jika seandainya ingin mengasuh buah hati kita
Sebaliknya ketika kita positif terjangkit corona, maka secara otomatis kemungkinan untuk menularkan kepada buah hati tersebut semakin besar. Itulah mengapa sangat dianjurkan bagi kita untuk rutin mengecek kesehatan, termasuk menjalani tes jika seandainya mengalami gejala mirip seperti corona. Mengingat sangat riskan jika seandainya kita terjangkit, bisa jadi buah hati juga demikian.

2. Jagalah kebersihan
Tak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan juga kebersihan dari sarana yang ada di dalam rumah. 
Membiasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun, apalagi sebelum memegang buah hati. Sehingga nantinya bisa meminimalisir kemungkinan penularan dari virus tersebut. Karena bayi juga sering memasukkan tangan mereka kedalam mulut, hendaknya juga jagalah kebersihan tangannya.


3. Hindari bepergian ke daycare terlebih dahulu
Sebisa mungkin kita dapat merawat sendiri buah hati tersebut di rumah, jangan menitipkan mereka ke daycare sesibuk apapun, akan lebih aman menggunakan jasa pengasuh dibandingkan dengan harus dititipkan, karena disana belum tentu terbebas dari virus corona. Jika memang terpaksa maka kita bisa segera mencuci tangannya, mengganti baju dan juga membersihkan wajah buah hati untuk menghindari infeksi virus.


4. Berikan ASI
Dibandingkan dengan susu formula pada dasarnya ASI ini mengandung lebih lengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Termasuk diantaranya adalah yang dapat meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh mereka. Jadi jika seandainya mengalami demam atau sejenisnya yang tidak terlalu parah sebisa mungkin susui terlebih dahulu dan rawat di rumah. Mengingat faktanya rumah sakit memang menjadi tempat yang paling rentan terhadap penularan Covid 19 ini.

Itulah setidaknya beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga buah hati agar tidak sampai terserang virus corona ini. Hubungi dokter terdekat jika seandainya si kecil mengalami gejala Covid 19 ini, dapatkan pertolongan terbaik sebelum nantinya kondisi mereka bertambah parah. Apalagi penyakit yang satu ini juga tidak dapat diremehkan, mengingat ia dapat memicu resiko komplikasi atau masalah kesehatan yang lebih serius.

23 comments:

  1. Serem banget ya mak covid 19 ini, ngeri banget sama penularan penularannya.. mana kasusnya makin banyak pula kan di indonesia.. huhu. orangtua dengan penyakit bawaan, bayi dan anak anak emang mesti lebih diperhatiin lagi ya mak.. Makasi tipsnya mak Echaaaaa

    ReplyDelete
  2. Aduh jangan sampe deh bayi kena COVID-19. Suka sedih deh kalo baca berita bayi jadi PDP atau positif.
    Satu lagi nih yang mesti diedukasi ke masyarakat yang masih abai soal physical distancing: Jangan nengok bayi dulu. Apalagi bayi baru lahir. Ntar dulu deh dibanding kenapa kenapa. Jumpa bayinya via video call aja.

    ReplyDelete
  3. Iya nih khawatir banget, apalagi ponakanku masih baby 3 bulan. Suka kangen pengen kesana tapi bener2 kudu steril memegang bayi ya Cha.Pernah waktu itu sakit batuk,ampe sesak, dirawat di rs pas situasi begini tuh beneran bikin parno,alhamdulillah aman bukan coviid.
    Semoga anak2 sehat selalu yaaa Chaaa.

    ReplyDelete
  4. Sedih banget kalau sampai yang jadi korban masih bayi, ya. Terima kasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
  5. Semogaaaa ALLAH lindungi kita semua ya, Mak.
    Iya nih, buat bayi, balita dan lansia memang butuh treatment yg lebih hati2 bgt.
    Di rumahku ada mertua yg lansia. jadi kami beneran harus disiplin

    ReplyDelete
  6. Ponakanku (rumahnya deketan) yang masih kecil juga suka maen ke rumah. Yang gede SD kelas 5, TK dan masih batita. Seneng banget mereka maen di sini. Gara-gara wabah ini mereka cuma dibolehin maen ke rumah. Otomatis maen sama temen-temannya di komplek dihold dulu. Waktu aku sempet dari rs tempo hari emaknya langsung ga izinin mereka deket-deket aku karena khawatir uwaknya jadi carrier. Huhuhu semoga wabah ini lekas usai, ya

    ReplyDelete
  7. Nauzubillah jangan sampai ya, Mbak. kebayang deh gimana susahnya kalau dedek baby yang kena. Selain daya tahan tubuhnya masih ringkih, pasti jadi pukulan banget buat ortu. Semoga dengan usaha pencegahan yang terus -menerus virus ini segera enyah dari bumi. Amiin

    ReplyDelete
  8. Rentan juga ya anak-anak terpapar Covid-19, mengingat daya imunitas tubuhnya kan belum selengkap orang dewasa. Memang sebaiknya berada di rumah dulu selama pandemi ini belum berlalu.

    Semoga anak-anak diberikan kesehatan selalu ya Cha, begitu juga dengan papih dan mamihnya.

    ReplyDelete
  9. Tetangga yang mau lahiran sampai agak bingung juga. Apalagi ini lahiran ke-4 dan di usia yg sudah riskan untuk proses normal. Sementara, mau ke RS sudah parno duluan, meskipun itu RSIA.

    ReplyDelete
  10. Ah iya benar semua ini ... ke daycare jangan dulu. Kebayang ya ibu-ibu yang terpaksa harus kerja di luar rumah dan biasanya nitipin bayinya ke day care, sekarang bagaimana, ya? :(

    ReplyDelete
  11. Huhu nggak kebayang aku sedihnya kalau lihat anak bayi yang keturalan covid19. Perawatannya harus ekstra ya mbak karena bayi lebih rentan imunnya masih belum sekuat orang dewasa.

    ReplyDelete
  12. Harus Ekstra dijaga ya mbak, kalau punya baby di saat sekarang ini. Apalagi daya tahan tubuh belum sempurna. Sering diajak berjemur mungkin bagus juga ya.. Semoga kita semua selalu terjaga kesehatannya. Aamiin...

    ReplyDelete
  13. Iya ini anak2 full sama aku begitu PSBB. Mereka juga berhenti lesnya. Yg aku galau kan bentar lagi waktunya masuk sekolah ya? Tapi kalau liat msh pd banyak yg ndableg gtu kyknya gk tau nih Juni atau Juli ini udah mereda blm. Kalau bisa mundurin jadwal sekolah demi keselamatan anak keknya aku setuju

    ReplyDelete
  14. Setuju banget terutama di bagian ini:

    "... faktanya rumah sakit memang menjadi tempat yang paling rentan terhadap penularan Covid 19 ini!

    Sebisa mungkin hindri rumah sakit ya, Mak.

    Btw,
    Semoga si kecil dan anggota keluarga lainnya, semua sehat wal'afiat.
    Aamiin.


    ReplyDelete
  15. Semoga anak-anak pada sehat ya Cha, kalo baca tanda-tandanya gitu aku kasihan misal kena pada bayi. Gimana seseknya napas mereka, anakku jaman bayi hidungnya tersumbat aja udah susah bernapas. Sehat sehat semua yaaa

    ReplyDelete
  16. Ada juga kekhawatiran covid19 bisa menular ke bayi ya mak, emang harus jaga kesehatan kebersihan buat semua

    ReplyDelete
  17. Tadinya, aku sellau berpikir positif, bahwa Covid-19 gakkan menyerang anak-anak.
    Karena daya recoverynya yang baik. Tapi kalau bayi?
    Huhuu...semoga Allah melindungi selalu ya, kak Echa.

    ReplyDelete
  18. takut banget yaa kalo sampe kena ke dedek bayi. duh jangan sampe kejadian. aku suka gemes kalo pas keluar rumah liat ada yg masih tega bawa bayinya keluar rumah. bayi kan ga betah pake masker dan jadi gitu aja jalan2 tanpa masker.
    moga sehat2 selalu buat tiga jagoan yaa

    ReplyDelete
  19. Bayi termasuk usia rentan juga ya utk penularan kopit ini..Ahh semoga segera berlalu urusan virez ini semua sehat selamat.... Aminn

    ReplyDelete
  20. Duh, aku liat video bayi yang tertular covid itu, nyesek banget ya, nggak tau mau bilang apa, semoga anak kita smeua Allah jaga dan pelukdalam kasih sayangnya. si korona, plis pergilah

    ReplyDelete
  21. Mbak ... kalau bayi boleh pakai hand sanitizer? Anakku tetap ku ajak berjemur ke lapangan tiap pagi. Di sana kan susah air. Paling ringkes bawa hand sanitizer. Zombie corona emang bikin ribet, huhu ...

    ReplyDelete
  22. Ya Allah ngeri banget kalo sampe bayi tertular covid ya. Semoga aja selalu dilindungi. Kasusnya udah ada sih. Lebih baik bayi jangan ke mana-mana dulu. Di rumah aja.

    ReplyDelete
  23. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya. Cek kesehatan, penting. Kalau bisa rapid test sekalian. Jangan sampai kita jadi carier. Apalagi menularkannya ke anak kecil.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^