Tips Mendapatkan Ide Menulis Blog Dari Kehidupan Sehari-hari

Mencari Ide Menulis Blog 
Kadang kalau sedang nulis, ada masa di mana bingung untuk melanjutkan tulisan bahkan bingung mau menulis apa. Iya tidak jarang banyak orang mengalami writers block, kondisi dimana pikiran ide terblokir dan buntu untuk menulis sesuatu.

Sudah melakukan istirahat, minum yang segar-segar agar refresh, menulis di tempat nyaman dll tapi sama sekali belum keluar satupun tulisan di dashboard postingan blog. Sedih ya? Sedih banget, apalagi lagi sibuk ditagih masa dateline juga. Kan pusing kalau tidak dikerjakan. 

Pernah? Saya sering. Sering banget. Apalagi kalau temanya saya tidak nyambung itu apa tapi diharuskan menulis. Makanya, saya kadang lebih enak kalau menulis sesuatu yang berhubungan dengan sehari-hari. Dan yang paling enak untuk saya ceritakan adalah keluarga sendiri, seperti 90% tulisan di blog ini tentang saya, suami, anak-anak, Cucuth dan keluarga.

Buat saya, selama ini hampir tidak pernah ada hambatan saat menulis tentang apa yang terjadi di keluarga saya. Rasanya enak saja gitu. Tiap anak punya rasa dan cerita berbeda, apalagi kalau ceritanya lagi jadi satu tambah banyak lagi yang ingin diceritakan. Bukankah memang lebih enak bercerita tentang keseharian kan? Lebih mudah menceritakan apa yang kita alami dan lihat sendiri kan?

Karena itu bila ceritanya atau tulisannya tentang keluarga, hampir tidak pernah saya mengalami writers block. Dan inilah blog kebanggaan saya yang pasti akan dibaca anak-anak nantinya saat mereka dewasa dan sudah bisa membaca.

Sebenarnya susah tidak ya mencari ide menulis blog dari kehidupan sehari-hari? Sebenarnya tidak juga, karena naluriah manusia akan lebih gampang bercerita tentang kehidupannya dibanding kehidupan orang lain. Seorang Ibu akan lebih mudah bercerita tentang kelucuan anak-anaknya dibanding bercerita lucunya anak orang lain. Benar kan? Dan hal itu sangat wajar.

Ada beberapa tips mendapatkan ide menulis blog dari kehidupan sehari-hari yang bisa saya sharing kali ini :

1. Ide menulis blog cerita tumbuh kembang masing-masing anak
2. Ide menulis blog cerita bermain dan belajar masing-masing anak
3. Ide menulis blog cerita prestasi masing-masing anak
4. Ide menulis blog cerita sekolah anak
5. Ide menulis blog perjalanan tamasya anak
6. Ide menulis blog tumbuh gigi susu hingga copot gigi susu lalu tumbuh gigi tetap 
7. Ide menulis blog belajar bersepeda
8. Ide menulis blog konten youtube anak
9. Ide menulis blog anak belajar ngomong
10. Ide menulis blog menu mpasi anak

Dan banyak sekali ide menulis blog lainnya yang bisa kita ambil dari kehidupan sehari-hari lainnya. Di draft saya saja banyak sekali draft ide menulis blog tentang anak-anak yang belum saya posting sampai sekarang. Iya saking banyaknya ide cuma belum dilanjutkan.

Cuma teman suka bilang, ide jangan terbatas di draft saja tapi harus di posting sekalian. Kalau kelamaan nanti bisa lupa. Jangan lupa untuk terus sering membaca banyak informasi lain agar kita bukan hanya bercerita saja, tapi bisa bermanfaat untuk orang banyak. Misalnya sekalian tips, cara, tutorial dll.

Oh iya, kalau sudah ada banyak tulisan seperti ini bisa banget kita buat landing page agar blog lebih menarik. Kalau saya sih sebenarnya inginnya agar lebih mudah mencari tulisan per kategori gitu. Kok kayaknya seru dan rapi gitu. Jadi itu nanti kalau misalnya ada yang klik kategori A di blog saya, maka yang keluar adalah halaman landing page khusus untuk kategori A tersebut yang sudah saya simpan di halaman A. Jadi lebih efektif juga orang mencari sesuatu di halaman A. Blog akan terlihat profesional juga seh ya sebagai blogger.

Kemarin sih sempat baca-baca tutorial membuat landing page di blogspot, sebenarnya tidak susah. Karena saya belum terlalu pintar menggunakan wordpress, jadi saya akan tetap bikin landing page di blogspot. Tapi, mau blogspot atau wordpress semuanya butuh blog yang bagus dan friendly. Ya kebayang saja kalau misalnya blognya sering 404 mau buka saja dah malas minta ampun kan. Hehehe.

Salah satu penyedia layanan web hosting terbaik Indonesia saat ini adalah Niagahoster. Ini kalian bisa membuat blog domain sendiri dari Rp 125.000 per tahun dan hosting mulai dari 10ribu perbulan saja loh promonya saat ini. Tuh kan murash banget xD. Buat yang mau coba-coba punya domain sendiri atau pengen punya web untuk umkm, boleh banget cobain Niagahoster.

Selain itu, di Niagahoster ini layanan 24 jam misalkan kita butuh bantuan. Misalnya tiba-tiba blog lagi down ya kita bisa minta tolong customer service agar blog kita normal kembali. Karena menurut saya, pelayanan ini penting banget loh. Untngnya Niagahoster akan sigap membantu.
 
Ya paling tidak, kita tidak pusing masalah blog gitu. Sudah pusing mikirin tulisan, masih pusing mikirin blog eror kan ribet banget ya. Cukuplah writer's block yang menghantui, error blog jangan yaaaa. Hihihi.

Gimana? Tidak susah kan menemukan berbagai ide menulis dari kehidupan sehari-hari?

24 comments:

  1. Sebenarnya kalau isi blog kita tentang anak bisa dapat banyak ide, ya. Karena mereka kan dinamis terus tumbuh dan berkembang.

    ReplyDelete
  2. Paling asik memang menulis tentang anak, keluarga. Pkoknya nulis aja dulu deh, itu prinsip saya sbg seseorang yg msh belajar nulis :)

    ReplyDelete
  3. Ide mah buanyaaakkk Mak :D Berceceran di mana mana
    Yang sulit tuh MENGENYAHKAN RASA MALAS DAN ALESAAANN wkwkwkw
    Semangaattt ngeblog kitaaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa..sepakaaat mak nurul. sepekat di semua pendapatmu hihihi.

      Delete
  4. Wah makasih idenya ya mbak, kadang tuh kita mentok ya untuk cari ide menulis, padahal dalam lingkungan terdekat dari aktifitas sehari-hari banyak yang bisa dijadikan ide untuk menulis

    ReplyDelete
  5. Saya suka panik deh kalau ada error blog. Makanya memang harus ada yang bantuin. Buat mengurangi kepanikan :D

    ReplyDelete
  6. Iya Cha, aku sedang kehabisan ide untuk nulis blog nih, apalagi blog travelingku secara nggak pernah keluar rumah huhu. Yang blog utama juga mikir mau nulis apa ya..buntu...terima kasih pencerahannya ya...

    ReplyDelete
  7. Banyak banget ya ide menulis sebenarnya, Mak. Tinggal gimana kitanya ya, mau nggak menuliskannya.

    ReplyDelete
  8. Penyedia hosting yang siap 24 jam itu idaman mamak2 blogger kayak aku yg suka panikan klo Tiba-tiba ada kendala teknis hahaha

    ReplyDelete
  9. nah iya ide menulis banyak mak, cuma akutuh suka males buka laptop hahah tapi nih ya mak kalo udah buka laptop bisa jadi beberapa tulisan, ya minimal 1 lah, trus sekarang yang bikin lama itu desain imagenya

    ReplyDelete
  10. Aku masih suka baca beberapa blog yang update kegiatan sehari2 hehe walau seringnya ternyata pas anak gedean blog mereka jd agak debuan. Pas aku anya knp jarang nulis satu dua org jawab krn anaknya dah tambah gede dan udah mulai banyak nanya shg waktu ngeblog gk ada. Tp sungguh kangen masa2 bisa baca keseharian org bahkan ada yg aku ngefans padanya haha.

    ReplyDelete
  11. wah awal awal aq ngeblog ya buat nulis keseharian anak anak

    blog buat portofolio anak anak juga

    ReplyDelete
  12. Ide nulis di blog emang paling enak nulis cerita pengalaman sehari-hari karena dekat dengan kita ya Cha.
    Kalo masalah eror, kemarin dua kali ngalami. Akhirna aku hapus dan bikin ulang, untung aja ada copy nya

    ReplyDelete
  13. iyaa ya chaa.. banyaak bangeet memang sebenarnya ide yang bisa kita tuangkan untuk blog kita ya.. dan pastinya seruu

    ReplyDelete
  14. Ide sih ada...tapi eksekusinya itu lho mak. Hehehe alasan aja aku sih. Emang dasarnya males.

    ReplyDelete
  15. Aah...aku jadi pengen pindah ke Niagahoster niih..
    Aku agak bermasalah sama yang saat ini. Jadi berasa jinjit gituu...

    ReplyDelete
  16. Memang paling gampang itu dapetin ide dari yang dekat dengan keseharian kita ya mbak. Draft-ku pun banyak banget ide tapi baru sebatas judul, lanjutannya belom pada dikerjain. Maklum selama pandemi kerjaanku jadi lebih capek aja gitu. Susah bisa nulis blog tiap minggu :(

    ReplyDelete
  17. Tulisan paling bisa ngalir kalau dihubungkan dengan cerita sehari-hari memang ya, Mak? Secara sudut pandang juga unik, karena pengalaman setiap orang pasti berbeda-beda.

    ReplyDelete
  18. Sempet writers block hampir tiga tahun karena sibuk di kerjaan lain mbak Echa.. ini baru niat mau konsisten nulis lagi

    ReplyDelete
  19. Maaak pengen peluuuk :')

    Ini deh kayanya yang aku butuhin: diyakinkan sesama temen blogger kalo ide bisa dari mana aja. Beberapa waktu ini sering stuck karena merasa harus bahas yang lagi trending atau postingan nggak bakal ada nilainya. Padahal yang trending belum tentu topik yang menarik untuk kita dan jatuhnya nulis dengan terpaksa. Makin males kan ya jadinya.

    Oke kalo gitu abis ini mau eksekusi yanh deket2 dulu aja sama pengalaman pribadi ehehehe

    ReplyDelete
  20. Nah ini, menulis blog kalau yang ditulis tentang kehidupan sehari-hari, jadinya ga beban ya makCha. Udah ngalir kayak nulis di buku diary gitu ya.

    ReplyDelete
  21. landing page bikin mupeng ya, tapi ya gituuu... butuh waktu lebih untuk menerapkannya, hehe

    ReplyDelete
  22. Makasih mba tipsnya...sy sering merasa ga ada ide nulis apa beda klo anak2 waktu kecil kayaknya ada cerita yg pengen d tulis

    ReplyDelete
  23. Bole juga idenya nih. Dari kehidupan sehari2 banyak ternyata yang bisa jadi bahan tulisan

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^