Sulit Kelola Karyawan Tidak Disiplin? Coba Gunakan Aplikasi Absensi!

aplikasi absensi

Sulit Kelola Karyawan Tidak Disiplin? Coba Gunakan Aplikasi Absensi!. Sebuah perusahaan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan karyawan dengan baik dan benar. Sebab, karyawanlah yang menjadi kunci utama dari operasional perusahaan. Akan tetapi, tidak semua disiplin kerja karyawan terjaga dengan baik.

Karyawan yang tidak disiplin dapat mengganggu operasional perusahaan. Bila itu terjadi, maka akan terjadi dampak buruk dari disiplin kerja karyawan yang rendah adalah:
  • Membuat kinerja tim terhambat
  • Mempengaruhi karyawan lain ikut menjadi malas
  • Menurunkan kualitas kerja
  • Merusak budaya perusahaan
  • Mengganggu keharmonisan lingkungan kantor
Mengandalkan absensi manual dalam memantau kinerja karyawan yang tidak disiplin bukan cara yang tepat. Sebab, HRD masih harus mengandalkan sistem yang tidak real time dan dokumen fisik yang memakan waktu. Solusi yang bisa digunakan perusahaan adalah menggunakan aplikasi absensi.

Keunggulan Aplikasi Absensi dalam Mengelola Kehadiran Karyawan


Aplikasi absensi adalah suatu perangkat lunak yang dapat mengelola, menyimpan, dan memproses data kehadiran karyawan. Dengan segala keunggulannya, aplikasi absensi mampu mendisiplinkan karyawan yang sering datang terlambat dan bolos kerja. 

Mau tahu apa saja keunggulan aplikasi absensi?

1. Real Time

Karyawan mudah sekali memanipulasi waktu kehadiran ketika perusahaan masih menggunakan absensi manual dalam bentuk tabel. Sedangkan tidak demikian dengan aplikasi absensi yang mampu mencatat seluruh data kehadiran dan selesai bekerja karyawan. Data tersebut dapat dilihat saat itu juga oleh HRD secara real time. Sehingga dapat meminimalisir pemalsuan dan manipulasi karyawan yang “nakal”.

2. Hemat

Implementasi aplikasi absensi tidak membutuhkan perangkat keras khusus. Jadi, perusahaan bisa jauh lebih hemat karena tidak perlu menganggarkan biaya pemeliharaan atau perbaikan alat. Sangat berbeda jauh dengan perusahaan yang masih mengandalkan mesin fingerprint.

Aplikasi yang tidak membutuhkan perangkat keras khusus contohnya adalah LinovHR. Aplikasi absensi dari LinovHR juga dapat diakses di mana saja selama karyawan masih punya koneksi internet.

3. Aman dan Rahasia

Bila perusahaan masih mengandalkan cara manual dalam mengelola absensi, data karyawan yang tersimpan dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja. Padahal, keamanan dan kerahasiaan data karyawan adalah hal yang penting.

Aplikasi absensi mampu melindungi keamanan dan kehadiran data absensi dengan menggunakan databases cloud based server. Disamping itu juga, perusahaan tidak lagi membutuhkan penyimpanan data dalam arsip dokumen seperti cara absensi manual.

4. Integrasi dengan Sistem Lain

Absensi karyawan digunakan juga untuk keperluan pengelolaan administrasi lain seperti penggajian. Dulu, HRD harus menginput data kehadiran kedalam sistem penggajian. Metode ini rentan terjadi kesalahan input dan akan berakibat terganggunya sistem penggajian.

Untungnya, aplikasi absensi dapat terhubung atau terintegrasi dengan sistem penggajian sehingga HRD tak perlu lagi input data manual setiap bulannya.

5. Akurat

Data kehadiran karyawan yang masuk melalui aplikasi secara real time sudah terjamin keakuratannya. Terlihat jelas karyawan yang selalu datang awal dan karyawan yang sering terlambat. Dengan begitu kualitas pengelolaan karyawan pun dapat terjaga dengan baik.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika implementasi aplikasi absensi dalam perusahaan dapat membawa perubahan besar dalam disiplin kerja karyawan. Dengan begitu, karyawan dapat lebih menghargai pekerjaan mereka dan disiplin dalam bekerja. Persentase karyawan “nakal” atau tidak disiplin pun dapat ditekan sedemikian rupa. Jadi tidak sulit kan mengelola karyawan yang tidak disiplin? Gunakan saja aplikasi absensi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^