Puasa Pertama Anak-anakku

Puasa pertama anak-anakku konvermex

"Ma, aku dan adek tahun ini mau puasa ya?"
"Iya, Ma! Aku mau puasa ya?"
"Yakin kali ini mau puasa?"
"IYAAAAA", kata mereka serempak
"Boleh dong! Sekuatnya ya!"

Ternyata kali ini kita berjumpa dengan Ramadan kembali. Ramadan pandemi season 2 kata saya hihihi, secara ternyata dua kali kita merasakan puasa saat pandemi. Tapi itu bukan berarti menyurutkan semangat kita dalam menjalani bulan Ramadan kan?

Kami sekeluarga pun berusaha tetap ikhlas dan semangat insyaAllah sebulan penuh ini menjalankan ibadah Ramadan. Secara cuma sebulan dalam setahun masak sih tidak disempatkan sebentar, iya nggak? Apalagi tahun ini anakku semangat untuk berpuasa, sampai nanya boleh ikutan puasa tidak?

Kegiatan anak bulan puasa

Masih ingat tidak dulu jaman saya masih kecil ada buku bulan Ramadan yang harus diisi? Nah, anak-anakku sekarang dapet juga dari sekolah. Jadi makanya kenapa mereka semangat buat puasa dan melakukan ibadah lain yang ada di buku seperti tarawih plus witir ya karena pengen bukunya terisi penuh untuk laporan ke sekolah xixixi. Iya loh jadi ingat jaman dulu yang selalu datang ke masjid cuma buat isi buku kegiatan Ramadan. Iya, pernah muda juga kan kita hehehe.

Karena kalau anak semangat jangan dibendung, makanya jawaban saya dari pertanyaan mereka boleh tidak ikutan puasa jelasssss boleeeeeh dong! Saya dan suami jadi semangat kan jadinya ikutan puasa. Dan tentunya tidak lupa kami wajib menyediakan menu-menu untuk sahur dan buka sehat bergizi seimbang agar kebutuhan asupan makanan tidak berkurang. Ya kan anak-anak tetap di masa tumbuh kembang bagaimanapun juga walau sedang puasa.

food preparation

Kalau untuk persiapan food preparation sih sudah siap, kulas dan freezer sudah saya isi buat menu sebulanan. Tinggal mengolah menunya saja agar makanan yang disajikan saat sahur atau berbuka bersih dan sehat. Namanya juga kami dah biasa masak sendiri jadi sepertinya itu tidak akan jadi masalah. 

Yes, we are ready!

Seperti menu yang kami buat sekarang ini. Paling tidak semua memenuhi kan? Ada cukup karbohidrat. protein, sayur dan tentunya buah. Jadi kami bikin ayam gorem, tempe bacem, telur orek campur oseng sayur buncis, nasi, dan tentunya menu seger-seger berbuka puasa es buah (Disini namanya es Oyen). Jangan sampai karena puasa kita lupakan kebutuhan zat gizi anak-anak di masa pertumbuhannya kan?

menu berbuka puasa

berbuka puasa dengan anak
Menu sahur buka sehat, anak senang

Eh iya tahu nggak sih kalau ternyata makan sehat saja tidak cukup saat berpuasa? Kita juga harus memperhatikan kesehatan perut juga. Kan nggak lucu banget kalau asupan yang diberikan sudah wow sehatnya, ternyata organ perut kita ada cacingan. Huhuhu, yang tadinya harus terserap baik jadi hilang kan :( karena cacing-cacing tidak bertanggung jawab masih pesta pora di perut kita. Ya apalagi anak-anak kan tahu sendiri megang apa gitu tidak bersih masuk mulut. Duh!

Cacingan itu bahaya loh, karena dia akan mengambil nutrisi makanan yang masuk bahkan bisa menyebabkan anemia karena kehilangan darah jaringan tubuh inang, diare, disentri dan malnutrisi. Sedih kan? Bisa mengganggu proses tumbuh kembang anak-anak! Duh, jangan sampai kejadian ya! Walau begitu, bukan hanya anak-anak yang bisa terkena cacingan, orang dewasa pun bisa kena.

Makanya, saya sudah sedia Konvormex obat cacing keluarga yang bisa diminum anak-anak dan dewasa sebelum berpuasa. Sebenarnya, tidak harus berpuasa juga untuk minum obat cacing loh! Kapan saja diperlukan, wajib minum obat cacing rutin. WHO sendiri menganjurkan untuk minum obat cacing 6 bulan sekali sejak anak berusia 2 tahun. Jadi sekeluarga harus saling menjaga kan biar semua terhindar dari cacingan.

Konvermex, Obat Cacing Keluargaku


Sudah pernah dengar Konvermex belum? Ini adalah obat cacing yang diproduksi oleh Konimex, perusahaan farmasi yang pasti sudah sangat akrab di telinga kita. Konvermex ini diciptakan untuk obat cacing keluarga, dimana seluruh anggota keluarga bisa konsumsi. Jadinya sekeluarga bebas cacingan kan?

Ya kita harus benar-benar pilih obat cacing keluarga, secara cacing di perut kita banyak loh! Konvermex akan melumpuhkan dan menghancurkan cacing kremi, cacing gelang, cacing tambang, cacing Trichostrongylus colubriformis dan Orientalis. Tuh kan banyak yang bisa dibasmi dengan Konvermex.

Berikut 4 macam Konvermex yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi sebagai obat cacing keluarga, beserta cara pakainya.  Yang pasti kalau Konvermex 125 untuk dosis anak-anak dan Konvermex 250 untuk dosis dewasa.

1. KONVERMEX 125 mg
Bentuknya tablet. Untuk dosis anak 2-6 tahun 1-2 tablet, 6-12 tahun 2-3 tablet dan usia lebih dari 12 tahun 3-4 tablet

2. KONVERMEX 250 mg
Bentuk kaplet. Untuk dosis anak 2-6 tahun ½ - 1 kaplet, 6-12 tahun 1 – 1½ kaplet dan usia lebih dari 12 tahun 1½ - 2 kaplet

3. KONVERMEX 125 mg
Dengan bentuk suspensi rasa jeruk yang pasti disukai anak-anak. Dosis yang digunakan untuk usia 2-6 tahun ½ - 1 takaran (5 – 10 ml), 6-12 tahun 1 - 1½ takaran (10 - 15 ml) dan usia lebih dari 12 tahun 1½ - 2 takaran (15 - 20 ml). Dan untuk 1 takaran = 10 ml

4. KONVERMEX 250 mg
Dan ini untuk dewasa dengan suspensi rasa vanilla latte. Untuk usia 2-6 tahun ¼ - ½ takaran (2.5 - 5 ml), 6-12 tahun ½ - ¾ takaran (5 - 7.5 ml) dan bila usia lebih dari 12 tahun ¾ - 1 takaran (7.5 - 10 ml). Jangan lupa 1 takaran = 10 ml

Kandungan Konvermex ini adalah bahan aktif Pyrantel Pamoate yang dapat melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan pencahar. Dulu saya suka mikir, kalau minum obat cacing BAB susah tidak ya? Nah, pakai Konvermex ini jadi tidak perlu mikir lagi karena bakal hancur saat BAB.

Beli Konvermex bisa via offline di Kimia Farma, Century, K24, Viva Apotek, Apotek dan Toko Obat Terdekat. Atau bisa juga via online di Konvermex e store, Official store Konimex di Shopee dan Tokopedia.

konvermex obat cacing keluarga

Tentunya selain minum Konvermex jangan lupa untuk mengajari anak-anak agar selalu jaga kebersihan, minum air yang bersih, pakai alas kaki dan cuci tangan sebelum makan. Biar cacing-cacing enggan datang menghampiri.

Oh iya, karena pasti bulan Ramadan ada meu-menu ciamik biasanya yang disediakan buat keluarga jangan lupa ikutan kreasi makanan sehat berbuka puasa untuk anak di #MenuSehatPanduanBunda yuk!. Caranya gampang kok! Tinggal posting menu sehat berbuka puasa untuk anak di instagram dan tag @panduanbunda. Terus kasih hashtag #KreasiMenuBukaPuasaBunda #MakanSehatBebasCacingan #PanduanBunda ya! Lebih lengkap langsung ke instagram @panduanbunda ya biar tahu ketentuannya!

InsyaAllah puasa pertama anak-anakku lancar, bismillah ya! Yang penting mereka ikhlas berpuasa, jadi pahalanya juga akan bertambah sendirinya. Selamat berpuasa semuanya, semoga ibadah Ramadan kita semua diterimaNya. Aamiin.

26 komentar:

  1. Anak-anak tuh dikasih obat cacing dari sekolahan, Mbak. Tapiiii pada nggak mau >_< sampe dipaksa-paksa, padahal perasaan aku waktu kecil kalau dikasih obat cacing tah seneng-seneng aja, hehe mungkin karena dulu dikasih konvermex yang manis ya *tutup muka

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha hayuk dicoba biar enakk perut anak-anak makan terserap sempurna

      Hapus
  2. Yuhuu, semangat puasaa utk anak ganteng bagus sholiiih!
    Kayaknya aku juga kudu sediakan Konvermex nih mba
    supaya keluarga tetep sehatt ye kan

    BalasHapus
  3. Wah iya, memang perlu secara berkala mengurusi cacing-cacing di dalam organ perncernaan kita. Kalo terabaikan rasanya gak enak ...

    BalasHapus
  4. Anakku selalu semangat puasa Ramadan, Alhamdulillah. Rajin juga ngisi buku Ramadan meskipun yang versi punya dia ga minta tandatangan imam kayak versi jaman saya sekolah dulu, hihihi.

    Btw, saya baru tau ada Konvermex bentuk tablet dan kaplet. Selama ini saya taunya yang bentuk sirup doang. Jadi ingat deh, tahun ini anakku belum konsumsi obat cacing...

    BalasHapus
  5. Cacing-cacing itu merampas zat-zat gizi yang sudah susah payah disediakan ibu untuk anaknya ya. Maling nutrisi diam-diam wkwkwk..
    Nah makanya perlu diberantas dengan obat yang tepat, agar segala usaha menyediakan makanan bergizi untuk mereka tak sia-sia

    BalasHapus
  6. hedeeuu..aku salfok sama gambar ilutrasinya deeh. Ucul bener cacingnya ...maklum aku kan gaptek kalau soal desain hihihi.

    Btw, kami kan ga ikut ibadah puasa. Tapi anak2ku sering bilang mau ikutan puasa. Ya aku sih monggo saja, malah sekalian njelasin ttg keberagaman indonesia. Tapi dasarnya cuma ikut2an ya belum bedug pun uda mau makan hihihihi

    BalasHapus
  7. Memang penting mengkonsumsi obat cacing secara rutin untuk proteksi yaah
    Duh itu kok gemes banget untuk yang dewasa ada rasa vanila latte segala, kayak mau ngopi aja deh hehehe

    BalasHapus
  8. Eh ada obat cacing baru selain dari merk yang saya kenal selama ini!

    Obat cacing memang wajib diminum setiap 6 bulan, biar cacing2 dalam tubuh gak mengambil nutrisi makanan kita.
    Kan sayang kalo udah makan makanan bergizi tapi diserap oleh cacing. Kitanya jado cacingan deh...

    BalasHapus
  9. Nah, bener banget. Konvermex harus dikonsumsi juga nih supaya anak-anak kita bebas dari cacingan. Bulan Ramadan tentu oke nih memulai untuk mengonsumsi Konvermex.

    BalasHapus
  10. Senengnya anak-anak semangat berpuasa tanpa harus di suruh-suruh.
    Tambah seneng lagi karena pencernaannya sehat, bebas dari cacing berkat konvermex

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah anak-anak sudah terniat puasa tahun ini, semoga lancar jaya ya Mbak Echa
    Btw, memang obat cacing mesti dikonsumsi rutin supaya kesehatan keluarga terjaga ..reminder ini buat saya

    BalasHapus
  12. Eh kok aku jadi lupa ya kapan anak anak terakhir minum obat cacing huhu.. sepertinya sudah saatnya deh aku kasih juga agar perut mereka dalam keadaan baik saat menjalankan puasa yaa.. dan tentunya bebas cacingan

    BalasHapus
  13. Wah, semangat terus untuk puasanya adek-adek
    Sebagai orang tua mesti banget perhatiin kesehatan anak termasuk pencernaan nya jangan sampai cacingan menganggu kesehatannya

    BalasHapus
  14. Anak ganteng udah mulai ikut puasa ya pinter. Kalau jaman dulu orang tua suka rutin ya kasih obat cacing, duh aku jadi pingin ngasih juga ke mereka. Konvermex cocok untuk sekeluarga nih

    BalasHapus
  15. KOnvermex ini harus banget ya dikonsumsi supaya bebas dari cacingan, harus rutin mungkin ya konsumsinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak biar keluarga bebas cacing kan obat cacing keluarga

      Hapus
  16. Kbayang cacing2 yang nakal pada lapar mengmbil nutrisi mkanan yang kita makan. Nananya anak kecil memamg sering banget masukin tangan kotor ke mulut tanpa disadari.
    Ortu yang pintar pastinya memberikn obat cacing yang dibutuhkan untuk kesehatan anak.

    BalasHapus
  17. Di rumah, nggak cuma anakku yg minum obat cacing mak. Emak Bapaknya juga minum.. Jaga2 aja soalnya kan cacing juga bisa ada saluran cerna orang dewasa ya.

    BalasHapus
  18. wah keren sudah semangat ikutan puasa ya mbak, anak anaknya
    memang saat mengajak anak berpuasa harus kita perhatikan asupan nutrisi nya ya mbak
    selain memberi makanan bergizi juga mencegah anak terhindar dari cacingan ini

    BalasHapus
  19. Wah alhamdulillah, udah pada mulai belajar puasa ya maaaaak.. duh baca konvermex, aku jadi keingetan anak aku belom minum obat cacing nih, nanti cari ah di apotik

    BalasHapus
  20. Ademm liat kulkasnya mbak Echa, hihihi.. stok buat sahur dan buka udah siappp.. semoga puasa Ramadan kali ini lancar sampai penuh ya, Mbak.
    Btw gak enak kalau anak-anak cacingan. So jangan sampai cacingan deh :)

    BalasHapus
  21. Baca ini terus ku coba ingat-ingat lagi. Kapan ya kami terakhir kali minum obat cacing? Duh lupaaa 😂😂 Padahal kapan hari si sulung udah dapat jatah obat cacing lho dari sekolahnya. Lupa aja, udah diminum apa belum

    BalasHapus
  22. Pastinya Ada dramanya ya teh.. anakku pun dulu gitu..mesti Kita harus sabar .

    Minum Konvormex obat cacing keluarga yang bisa diminum anak-anak dan dewasa sebelum berpuasa, pernah juga cuma setahun sekali Kan ya waktunya

    BalasHapus
  23. Samaaa.... ini juga kali pertama anakku puasa full... :D

    BalasHapus
  24. Wiii hebat bangettt udah mulai puasa penuh jagoan-jagoannya Mak Echa! Ngomongin obat cacing, pacar saya dulu juga dikasih obat cacing saat mulai belajar puasa penuh karena emang udah pernah ada riwayat cacingan sebelumnya. Sekarang sih udah nggak lagi cuma semangat puasanya jangan sampe kalah sama yang baru mulai yak xD

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^