Berbagi Cinta Dengan Hati, Mencari Rejeki Dengan TIKI

Berbagi Cinta Dengan Hati, Mencari Rejeki Dengan TIKI

Siapa di sini yang suka berbelanja online? Yups, pasti hampir semua suka berbelanja online. Bahkan sekarang seperti menjadi kebutuhan generasi internet jaman now. Dijamin hampir setiap orang pasti memiliki setidaknya 1 aplikasi ecommerce di gadgetnya. Yah, saya pun sama.

Tapi kita kalau mau beli apapun juga kan harus ada uangnya dulu? Kalau tidak ada ya mau beli apa? Konsumtif tetap boleh tapi tetap harus di ambang wajar. Betul tidak? Apalagi sekarang lagi pandemi, dimana 1 rupiah saja pun sangat berharga. Pandemi ini memang banyak membuat perubahan di banyak hal, mulai dari usaha, pekerjaan, pendidikan dan memang hampir segala bidang terkena dampak pandemi. Yah, saya pun juga.

Terus kita harus diam saja? Tentu tidak! 


Satu-satunya cara adalah bertahan dan mencari cara bagaimana agar usaha kita itu tetap bisa berjalan. Jujur ya, usaha dekor balon saya selama pandemi ini dihitung dengan jari. Itupun saya jual dengan memangkas harga hampir 75%, saking sedikitnya yang pesan :"). Akhirnya mencari lagi usaha selain dekor balon agar uang tetap bisa muter. Dan Agustus 2020, kami pun resmi jualan serundeng buatan sendiri plus menjadi reseller rengginang dan jilbab. Pokoknya apa saja dijabanin, apalagi mengingat Papih yang berhenti kerja saat itu. Yah, ini cara kami bertahan selain penghasilan dari blog. 

serundeng enak rumah raisya
Serundeng Rumah Raisya. 
Yukkk mari diorderrr!

Awalnya memang sambutan jualan saya sangat baik, tapi namanya usaha pasti tidak ada yang bagus terus dan tidak ada yang jatuh terus. Ada naik turunnya dan seharusnyalah kita tetap berusaha dengan baik. Kalo kata ustad, kita manusia hanya bisa berikhtiar dan berdoa biar sisanya Allah yang menjalankan. Betul? Betulllll!

Tidak cukup berdiam diri, saya pun ikutan banyak pelatihan dan webinar bertema menaikkan penjualan yang ternyata praktiknya memang tidak semudah teori huhuhu. Makanya saat diajak webinar "Aman dan Nyaman Berbelanja Online" tanggal 14 Juli 2021 kemarin, saya sangat senang sekali. Ini adalah kerjasama antara KEB dan TIKI, salah satu ekspedisi yang pasti kita sudah kenal.


Soalnya, jualan online itu bukan hanya sekedar produk tapi pengiriman juga sangat berpengaruh. Apa gunanya punya produk bagus tapi tidak bisa menjangkau banyak tempat untuk dikirimkan? Belum lagi kalau beda ongkos kirim seratus perak saja bisa jadi masalah. Kadang juga, paket yang dikirimkan rusak bahkan hilang. Yah, seller lagi yang pasti dirugikan. Makanya kita memang harus pakai jasa pengiriman yang aman dan terpercaya. 

See? Ada 1001 masalah pengiriman jualan online!

susahnya jualan online
Pusing gak tuh jadi seller!

Nah di webinar kali ini ada sharing Mbak Rina Susanti blogger yang memiliki usaha anggrek hias. Iya, tanaman. Tahu sendiri saat pandemi ternyata banyak orang yang tertarik pada tanaman. Hampir semua orang menghilangkan jenuh dengan berburu tanaman untuk dijadikan koleksi.

Mbak Rina awalnya takut kalau pandemi bakal bikin usaha anggrek hiasnya menurun. Ternyata di luar dugaan, antusiasme masyarakat pada tanaman sangat besar. Yes, laku keras! Sebagai pemain lama di tanaman anggrek, Mbak Rina ini sudah terkenal di kalangan pecinta tanaman.

Tidak heran kalau yang ingin membeli sampai dari luar kota bahkan luar pulau juga berminat membeli mengkoleksi anggrek yang dimiliki Mbak Rina. Karena itu, Mbak Rina harus mempercayakan jasa pengiriman yang aman buat tanamannya. Soalnya yang dikirim kan termasuk makhluk hidup, paketnya harus aman dan tepat waktu dengan kondisi tanaman yang hidup sampai tujuan. 

Hal ini pasti tidak mudah buat Mbak Rina, apalagi kirim tanaman itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dia harus benar-benar memilih ekspedisi yang terpercaya agar tanaman yang dikirimkannya sampai dengan selamat. Mulai dari mempersiapkan tanaman agar tetap bagus dan segar, kenal tanaman yang akan dikirimkan, siap mengurus surat saat mengirim tanaman hingga harus memilih ekspedisi yang terpercaya. Soalnya tahu sendiri pembeli kan dari mana-mana, kalau jangkauannya tidak ada kan ya jadi tidak bisa kirim juga.

tips paket tanaman

Setelah beberapa kali mencoba TIKI, Mbak Rina memantapkan hati menggunakan jasa layanan TIKI. Dengan TIKI, Mbak Rina merasakan banyak kemudahan saat mengirimkan tanamannya.  

Hingga sekarang, usaha anggrek hias Mbak Rina berjalan dengan baik tanpa masalah dengan pengiriman TIKI. Semua tanaman yang dikirim sampai dengan selamat. Selain itu kemudahan saat mengirimkan tanaman, mulai dari order, pickup sampai pembayaran pun mudah pakai TIKI. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi TIKI Go Digital, tinggal pesan dari rumah saja tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke gerai cabang TIKI untuk kirim barang. Cukup order via aplikasi, nanti akan dipickup oleh kurir.

Kirim pakai TIKI yang tidak mungkin jadi mungkin pokoknya!


Menurut Mas Rudi Cahyadi dari TIKI, memang benar sekarang sudah ada aplikasi TIKI Go Digital atau TIKI Online. Aplikasi TIKI ini memang dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat sekarang yang semua serba online dan digital. Dan yang menyenangkan juga, aplikasi ini gratis tinggal download saja di apps store. 

tiki

Aplikasi TIKI punya banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan. Mulai dari melacak resi, cek ongkos kirim, order paket, sobat TIKI, cek kode pos, ada games TIKI juga. Dan yang terbaru ada fitur JEMPOL, PUTAR dan SERLOK.

Kirim paket cukup pakai aplikasi TIKI saja!

aplikasi tiki go digital

Kirim paket pakai aplikasi TIKI enak loh! Soalnya cukup klak-klik saja dari rumah atau di mana pun juga bisa! Kirim paket jadi makin praktis banget kan! 

Kalau seperti saya tinggal di desa begini ya memang rada susah masalah pengiriman. Tapi kan saya tetap harus jualan untuk bertahan hidup demi keluarga. Tidak banyak memang jasa pengiriman  di sini dan TIKI yang terbaik jasa pengirimannya di desa saya walau hanya gerai kecil. 

Makanya tidak salah kalau banyak orang pakai TIKI, karena selain paket aman sampai tepat waktu, jangkauan pengirimannya juga luas. Sama kayak cerita  Mbak Rina, selama saya jualan online pakai TIKI minim komplain dari customer.

Kita happy, customer happy!

kenapa harus pakai tiki


Apa Saja Fitur Terbaru TIKI ?

Seperti dishare di webinar, TIKI memiliki fitur terbaru yang bisa kita gunakan sekarang. Tinggal pilih yang sesuai kebutuhan dan kenyamanan saja. Saya sih yakin fitur TIKI ini bakal terus berinovasi mengingat kebutuhan masyarakat yang semua serba digital. Betul tidak? Makanya apresiasi besar buat TIKI dah buat kemudahan dalam genggaman seperti ini!

fitur terbaru tiki

TIKI JEMPOL
Layanan JEMPOL atau Jemput Online ini dilakukan pakai aplikasi TIKI. Setelah order, paket akan dijemput (Dipick up) oleh kurir. Mudah, cepat dan praktis.

TIKI PUTAR
Nah kalau layanan PUTAR atau Jemput Antar ini merupakan layanan pengiriman sameday dalam kota. Jadi paket akan dijemput dan diantar pada hari yang bersamaan. Caranya juga cukup pakai aplikasi TIKI Go Digital atau bisa telepon ke 08981500125.

Layanan ini termasuk murah di mana tarifnya flat dihitung dari berat paket. Harganya Rp 15.000 per 1 kg dan akan dikirim maksimal 3 jam.

TIKI SERLOK
Sedangkan layanan SERLOK atau Seller Online Booking ini khusus untuk para seller yang memiliki UMKM dan bisnis online dengan pengiriman sekitar 1-200 paket sehari. Seller cukup mendaftar dan ini berlaku untuk 1 identitas KTP  yang wajib memiliki NPWP.

Tapi lumayan banget loh SERLOK ini, banyak manfaatnya. Mulai dari dapat bonus harian, pembayaran bisa via transfer terus nanti ke depannya karena sudah jadi mitra akan diberikan berbagai edukasi untuk lebih meningkatkan penjualan. Ya kan? Siapa yang tidak tertarik?

Oh iya, pickup atau jemput paket ini semua gratis tidak dikenai biaya tambahan. Enak banget kan? Biasanya kita bingung bawa paket banyak banget, jadi bisa lebih gampang pakai layanan TIKI terbaru. Yah, tahu sendiri pandemi begini memang harus menjaga keamanan dan tentunya buat saya yang suka ditangisin anak-anak karena mau keluar rumah saja susah. Jadi pakai layanan pickup TIKI ini sangat sangat sangat membantu sekali.

Kebetulan, baik PUTAR atau SERLOK hanya berlaku di wilayah Jakarta saja untuk saat ini. Semoga nantinya semakin luas menjangkau online seller di daerah lain. Kalau JEMPOL di beberapa kota besar sudah bisa dilakukan.

Sayangnya di kota saya yang memang terpencil ini belum bisa. Tapi tidak apa-apa, saya sangat berharap layanan jemput paket ini bisa segera diaplikasikan di kota-kota pelosok seperti tempat tinggal saya sekarang.

Cuma jangan kaget! Walau di kota kecil, layanan TIKI itu punya andil besar banget buat jualan saya.  Saya tetap bisa tegar berjualan online, dan pembeli juga mudah membeli barang jualan saya tanpa takut paket kelamaan sampai atau hilang karena lokasi yang sangat jauh. Paket tetap sampai tepat waktu.
6 Bulan di sini berarti 6 bulan juga TIKI membantu jualan saya sampai ke semua teman-teman dan ke para pembeli.

Kalau sekarang di sini, ya saya masih semangat mengantar barang ke TIKI buat kirim-kirim paket ke pembeli dan teman-teman. Walau fitur-fitur terbaru TIKI belum bisa digunakan di sini (Untuk saat ini), tapi itu tidak menjadi masalah karena bisa langsung ke gerai desa saya. Sampai Bapak perwakilan TIKI di desa saya hapal. Saat ke sana pasti didoakan semoga jualannya laris, jadi bisa terus kirim paket pakai TIKI. Aamiin Pak Aamiin. Itu juga doa saya selama ini. Tinggal di desa bukan berarti tidak bisa jualan online kan?


Selain 3 fitur itu, PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) juga punya fitur TIKI Online Booking (TOB) dimana  bisa pickup barang lewat web, Short Message Service (SMS) Notification dimana TIKI bisa mengirimkan status kiriman paket dan E-Signature yaitu akses real time penerima barang. Semua produk dan layanan TIKI ini memang bertujuan memberikan kemudahan akses konsumen baik penjual dan pembeli tanpa ada kendala jarak dan waktu. Ke depannya yakin bakal terus berinovasi memudahkan kita semua untuk pengiriman.

Cara Order Paket Pakai Aplikasi TIKI

Tapi memang enak pakai aplikasi TIKI Online Go Digital ini loh. Misalnya ada pembeli, kita tinggal cek ongkos kirim saja di aplikasi. Setelah customer bayar, barulah kita order di aplikasi. Nanti biasanya ada konfirmasi via WA atau telepon bakal dipickup jam berapa. Kita juga bisa cek notifikasi pemesanan paket yang direquest di aplikasi sudah sampai mana.

mudah order pakai tiki

Setelah kurir TIKI datang, kita tinggal berikan paketnya lalu bayar. Opsi pembayaran bisa cash dan bisa transfer. Kalau sudah kenal kita bisa transfer, cuma kalau awal-awal biasanya memang harus cash saat dipick up. Oh iya, tidak perlu panik ya karena kurir saat jemput paket juga pakai protokol kesehatan kok seperti memakai masker dan handsanitizer. Kemudian kurir akan mengantarkan paket kita sampai di tujuan di mana pun sesuai alamat penerima. 

Cukup mudah kan? 

Pakai TIKI semua bisa pada senang pokoknya!. Penjual senang barangnya dibeli, lalu pembeli senang bisa beli barang plus ongkir terjangkau dan paket aman cepat sampai sesuai estimasi. 

Saya pun sangat senang, karena bisa menjual banyak barang berkat TIKI walau lokasinya jauh :"). Dan rejekiku memang kirim jualan online pakai TIKI di sini. Alhamdulillah. Harapan saya ya semoga cepat masuk fitur terbaru TIKI di kota kecil seperti domisili sekarang.

bahagia dengan tiki

Cuma sebenarnya, masalah pengiriman ini bukan hanya untuk jualan online saja. Tapi di berbagai kegiatan yang memerlukan pengiriman memang harus pakai jasa logistik yang aman dan terpercaya. Seperti baksos online saat ini yang saya dan 23 orang lainnya lakukan di grup STers.

Sebenarnya dari tahun 2009, kami beberapa kali mengadakan kegiatan baksos rutin sampai tahun 2013 dan sempat terhenti karena kesibukan bekerja, merawat anak dll. Nah, sekarang kami mau mulai lagi untuk mengadakan baksos kembali.

Baca juga

US!. STers 24 wanita beragam profesi :")

Baksos online ini kami adakan karena melihat pandemi saat ini memang sangat banyak menghantam berbagai lini kehidupan. Apalagi yang sakit terkena Covid pun sangat banyak bahkan menelan korban. Astagfirullah. Selain itu karena saking banyaknya yang positif, tidak semua bisa dirawat di RS dan jadinya harus isoman (Isolasi mandiri). Yah seperti keluarga saya kemarin. Isoman memang hanya di rumah saja, tapi isoman itu juga butuh dukungan semangat, vitamin, obat-obatan dan makanan sehat bergizi tentunya agar kesembuhan lebih cepat.

Saya merasakan sendiri isoman itu biaya benar-benar membengkak Sangat. Jadi sedikit bantuan buat teman-teman yang isoman pasti akan sangat berguna. Swear! Maka dari itu, kami membuat Paket Isoman sebagai penyemangat sembuh teman-teman yang sedang berjuang untuk negatif Covid-19.

baksos

Paket Isoman yang kami buat terdiri dari handsanitizer, masker, multivitamin, sabun dan antiseptic. Sederhana memang, tapi insyaAllah sangat bermanfaat untuk para pejuang Covid.

Untuk Paket Isoman batch 1 ini, kuota kami ada 150 paket yang pasti hanya bisa diberikan lewat pengiriman. Dan memang baru kali ini kami mengadakan baksos online dengan mengirimkan barang, kalau dulu kan langsung offline baksosnya. Makanya kami tidak mau macam-macam memakai jasa pengiriman sembarangan, agar semua paket tiba selamat untuk yang benar membutuhkan. 


Karena itu, kami butuh layanan kurir yang handal seperti TIKI dengan jangkauannya yang luas. Kami ingin paket isoman yang dikirimkan bisa membawa banyak kebahagiaan untuk yang menerima. Agar para pejuang covid tahu kalau banyak yang peduli sama kesembuhan mereka. Sehingga mereka bisa tambah semangat untuk sehat. 

Dengan layanan TIKI, kami telah mengirimkan hampir 100 buah paket ke banyak pejuang covid hingga ke pelosok dengan baik, aman dan nyaman di bulan Agustus 2021. Senang rasanya bisa menjalankan baksos ini dengan baik, apalagi bisa pickup paket ke rumah salah satu member STers di Jakarta. Jadi dia tidak perlu capek bawa banyak paket isoman ke gerai terdekat. Cukup pakai aplikasi TIKI Go Digital saja dan kurir jemput paket pun datang. 

Yah, tahu sendiri urusannya emak-emak pasti rempong sama urusan domestik. Dengan aplikasi TIKI, walau bukan untuk jualan online tapi mengirim paket untuk baksos online pun bisa teratasi. Kami bahagia bisa mengirimkan paket sederhana isoman ini dengan lancar. Doakan ya semoga baksos online ini berjalan dengan baik! Oh iya, kalau punya info teman yang sedang isoman covid boleh loh isi data biar bisa dapat juga paket isoman ini gratis. Cek akun instagram STers di @si.sters2009 untuk info selanjutnya ya!

Untung pakai TIKI!

Di masa ini bukan hanya rejeki yang harus kita cari, tapi berbagi pakai hati juga harus kita lakukan. Agar seimbang lahir batin. Mencari rejeki berjualan online pakai TIKI, sekaligus berbagi paket isoman pakai TIKI? Bisa! Yang penting jaga kesehatan dan selalu tetap semangat ya!

Pakai TIKI semua hal bisa terjadi! Bisa diwujudkan! Ada yang sudah pakai aplikasi TIKI seperti saya juga? Cobain deh!

Komentar

  1. Ah, seru banget baca tulisan mam echa. Pokoknya semangat terus pantang mundur biar dapur selalu ngebul ya mam... Srundengnya menggoda banget deh. Btw, aksi baksosnya inspiratif mam.

    BalasHapus
  2. TIKI itu pionir kirim paket sejak dulu sampai ke pelosok Indonesia. Senangnya ya sekarang udah ada layanan baru seperti Jempol, Putas dan Serlok. Pas banget saat pandemi begini kan bisa bikin semangat pebisnis, UMKM dll agar lebih meningkatkan penjualannya lagi. Pakai TIKI MObile itu praktis ya, kita di rumah aja, Mas TIKI menghampiri.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ternyata antara berbagi dan Rejeki ada benang merahnya... ada TIKI juga disitu yak... tetep semnagat berbagi dan mencari rejeki ya kak...

    BalasHapus
  4. Iya ya.. pandemik begini jangan hilangkan rasa saling berbagi ke sesama penderita covid ya. Emang kalau pake TIKI tuh aman barangnya. Kemarin saya kirim toples kaca aja aman sampai ketujuan.

    BalasHapus
  5. Nasib ye mak tinggal di kota kecil suka susah dijangkau ekspedisi. Untung TIKI udah pengalaman 50 tahun, jaringannya luas mpe ke pelosok2, jadi kalau pakai TIKI bisa aman terima dan kirim paket. Mudah2an layanan jempolnya juga segera menjangkau daerah2 pelosok. Semangat mak!

    BalasHapus
  6. Bener Ca, buat apa jualan produk bagus tapi nggak bisa menjangkau tempat pengiriman, peminat jadi nggak bisa mendapatkan produk yang kita tawarkan. Luasnya jangkauan memang penting.

    Syukurlah zaman sekarang jasa pengiriman mau memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan konsumen dengan menambah produk dan layanan yang lebih memudahkan, sesuai dengan kebutuhan dan keadaan terkini. AKu udah pakai TIKI sejak tahun 90an, dulu satu-satunya pilihan yang jadi andalan, baik di rumah maupun oleh kantor. Seneng sekarang udah ada aplikasinya segala, praktis dan canggih fiturnya.

    BalasHapus
  7. I feel u, Mak Echa... Jualan memang ngga selamanya laris terus, ada kalanya sepi juga. Tapi jangan patah semangat ya, Mak.. Sering-sering update aja apa yang sedang jadi trend, trus dijual. Hihi...

    Omong-omong, aku sekarang jadi pelanggan TIKI JEMPOL nih, jadi ngga usah repot-repot ke ekspedisi lagi. Ngurangi cucian, hemat bensin, hemat waktu, hemat tenaga juga.

    Aku masih berharap TIKI SERLOK bisa lebih luas lagi sih, trus pengen daftar juga.

    BalasHapus
  8. wah barakallah mak Echa, masyaAllah seneng banget bacanya. Informatif banget. baru tahu kalau TIKI ada fitur barunya sekarang. Jadi lebih mudah ya, gak perlu keluar rumah, apalagi masa pandemi begini kan. Bener banget emak jualan emang jungkir balik banget yaa, kalau udah bisa leluasa begini diambil di rumah, membantu banget yaa.

    BalasHapus
  9. Fitur baru TIKI ini makin memudahkan ya mak Echa, apalagi dimasa kayak gini yang mengharuskan kita semua untuk tetap stay at home, semoga jualannya makin berkah yah. Aamiin.

    BalasHapus
  10. Senang banget kalau ekspedisi itu ada fitur jemput paket ya lumayan aku irit ojol 22 ribu PP huhu mana bisa via aplikasi jadi lebih praktis, aku sering pakai tiki untuk kirim paket buku jualanku

    BalasHapus
  11. Pandemi kayak gini efektif banget ada layanan jemput online. Bagi penjual dan pembeli sangat terbantu dengan adanya program ini. TIKI emang pionir soal ekspedisi dari yang lain. Moga inovasi ini bisa bantu banyak UmKM agar produknya juga terjual luas

    BalasHapus
  12. Waaah keren juga nih baksos online nya Cha, sangat menginspirasi karena ngebantu keluarga yang mesti isoman. Jadi TIKI juga bisa dijadikan pilihan untuk pengiriman barang untuk baksos ya. Kalo aku udah kenal lama TIKI sejak tahun 2000 an karena suami sering mengirim dokumen. Saat itu kayaknya baru sebatas TIKI yang bisa diandalkan untuk kirim dokumen penting dan aman gitu

    BalasHapus
  13. TIKI ini menurut aku jasa kirim yang pilihan pengirimannya lengkap, harga juga bersahabat... dan aku setuju banget nih Mbak, jualan produk bagus tapi kalau jasa kirimnya enggak aman ya sama saja bohong, jasa kirim itu pengaruh banget dan Alhamdulillah sih selama ini aku pakai jasa kirim TIKI selalu aman-aman saja

    BalasHapus
  14. Tiki tahu banget ya kebutuhan seller dan pembelinya, jadi mudah urusan antar-antar barang, beli online dan pasti aman dan sampai

    BalasHapus
  15. Kak Echa cakep banget nulisnya.
    Plus ada simulasi Babang TIKInya naik motor.
    Sangat berdedikasi sekali yaa.. Jadi sekarang kalau mau kirim paket, gak perlu ribet, cukup buka apps TIKI dan barang bisa diambil di rumah.

    Semudah dan se-praktis itu...

    BalasHapus
  16. wah, ada layanan jemput juga ya mih? baru tahu nih. aku dari kapan mau coba jualan online tapi cuma sebatas rencana ajaaa. ga ada realisasinyaaa

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah membeli tanaman secara daring, jd kepengen nyobain juga lho beli tanaman daring
    Wah bagus tu kegiatan donasi onlinenya. Apalagi masa skrng ini agak susah ya memberikan bantuan langsung, jd sebaiknya diantar aja dulu via online pakai jasa pengantaran kyk Tiki

    BalasHapus
  18. Salut ya dengan TIKI yang hingga sekarang bisa sukses dan tetap bertahan bahkan sudah punya aplikasi sekarang. Saya kudet nih kayaknya. Padahal saya juga lagi cari agen pengiriman barang yang siip kayak TIKI ini. Yaaa beberapa agen pengirimah kadang geje gitu karena barang saya gak sampai ke customer. Semoga makin banyak UMKM yang terbantu dengan inovasi dari TIKI ya Mak

    BalasHapus
  19. Kabar baik ini, keren banget inovasinya TIKI. Fitur JEMPOL jemput online ini memudahkan sekali untuk para UMKM,praktis nggak perlu keluar rumah abang TIKInya yang jemput paket

    BalasHapus
  20. Keren bangeet TIKI sekarang, mampu memenuhi kebutuhan kita. Terutama di masa pandemi. Bisa jemput antar dan juga jemput online. Jadi kepengen nyoba juga nih aplikasi TIKI. Cus install dulu aplikasinya deh. Btw, semoga menang ya lombanya. Tulisannya keren. :)

    BalasHapus
  21. Allhamdulillah teratasi ya mba di masa pandemi, tetep bisa pesen online tanpa perlu keluar rumah. Mau kirim-kirim juga oke ada TIKI Jempol. Luar biasa gebrakan tiki ini

    BalasHapus
  22. Urusan mengirim benda hidup nih emang kalau nggak nemu ekpedisi yang cocok, bisa-bisa malah merugikan ya Mak. Bisa tanamannya rusak, atau malah layu karena telat sampai di tangan pembeli. Belum lagi kalau dibutuhkan surat ijin dari balai karantina tanaman.

    Saya pernah mau kirim benih tanaman, pas sampai kantor tiki ditanya isinya apa. Katanya kalau benih harus ada surat dari balai karantina gitu. Aduh, saya nggak tahu pula kantornya di mana, mesti ngurus pula. Tapi ternyata dari pihak TIKI bisa sekalian ngurus suratnya, cuma nambah biaya 5 ribu aja.

    BalasHapus
  23. Saya dulu jualan online awal - awal kirim pakai TIKI karena kebetulan dekat sama rumah, dan sampai sekarang masih setia sama TIKI hehe, meski kadang suka selingkuh ke yang lain namun tetap TIKI terbaik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!