Breast Cancer Experts Network, Edukasi Digital Demi Penanganan Kanker Payudara yang Lebih Baik

Breast Cancer Experts Network

Kalau ngomongin kanker, sebenarnya memang tidak jauh sama diri sendiri. Sebagai survivor, saya jadi paham kalau deteksi dini untuk mencegah lebih baik daripada mengobati kanker. Apalagi sebagai wanita yang ternyata rentan banget terkena kanker, terutama kanker payudara.

Kalau dilihat dari statistik kanker di Indonesia, kanker payudara mendominasi kanker yang dialami oleh perempuan. Bila dilihat all gender, kanker payudara juga tetap memiliki persentase yang sangat besar dibandingkan lainnya.

Bahkan semakin tahun, penderita kanker payudara itu jumlahnya semakin banyak. Mengingat gaya hidup, pola makan dan tingkat stress pada wanita yang cukup tinggi, kanker payudara bisa saja dialami. Ya bayangin saja dari 270 juta jumlah penduduk Indonesia, 30 persennya terkena kanker payudara. Jumlah yang sangat besar loh ini. Kalau inget kanker payudara ini saya jadi ingat sama Mba Indah dan almarhum Mba Tri Wahyuni Zuhri. Keduanya survivor kanker payudara yang sering sharing tentang perjalanan pengobatan kankernya di blog. 

data kanker

Makin bertambahnya pasien kanker tentu menjadi perhatian banyak pihak, terutama pihak medis yaitu dokter onkologi yang concern untuk memberikan penanganan terbaik. Apalagi di daerah terpencil, pasti sangat susah mendapatkan pengobatan, bahkan untuk pencegahan dan deteksi dini juga pengetahuannya minim sekali. Mengingat persebaran tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan yang tidak merata, kanker payudara tidak heran menjadi kanker terbesar di Indonesia.

Karena itulah butuh wadah untuk berbagi bagi para ahli onkologi agar bisa berbagi ilmu, informasi dan pengalaman secara digital. Tujuannya agar tatalaksana penanganan kanker payudara se Indonesia bisa semakin meningkat. Sehingga bisa banyak menyembuhkan dan mencegah bertambahnya angka penderita kanker payudara.

Roche sebagai perusahaan yang concern pada kesehatan masyarakat di Indonesia menyadari pentingnya wadah digital ini. Dan untuk mewujudkannya, Roche bekerja sama dengan platform jejaring dokter yaitu Docquity membuat kanal Breast Cancer Experts Network (BCEN).

Beruntung saya adalah salah satu yang berkesempatan mengikuti acara peluncuran Breast Cancer Experts Network bersama komunitas ISB dan rekan media lainnya pada tanggal 2 November 2021. Dan ini menjadi jejaring digital dokter onkologi pertama di Indonesia yang akan mendukung transformasi ekosistem layanan kesehatan. Jadi seru juga kan kalau para experts di Indonesia saling bertukar pikiran tentang penanganan kanker payudara ini.

Breast Cancer Experts Network

Dr Ait-Allah Mejri selaku presiden direktur ROCHE Indonesia sangat antusias dengan adanya Breast Cancer Experts Network ini. Karena esuai dengan komitmen ROCHE yang tahun ini ulang tahun ke-125 di dunia dan ke-50 di Indonesia memang sangat peduli dengan peningkatan kesehatan di Indonesia. Harapannya, dengan adanya platform komunitas digital BCEN di Docquity ini akan memberikan hasil perawatan lebih baik bagi pasien kanker payudara.

Breast Cancer Experts Network

Launching produk yang dimoderatori oleh mba Aviani Malik yang juga bekerja sebagai pembawa berita membuat acara yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tidak membosankan. Karena ternyata dari beberapa narasumber yang hadir pada acara launching ini semuanya sangat mendukung adanya platform digital BCEN ini. Banyaknya dukungan dari pemerintah juga membuat pelaksanaan BCEN ini menjadi hal yang sangat dinanti-nanti oleh banyak ahli onkologi.

Breast Cancer Experts Network

Breast Cancer Experts Network

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan di Permenkes no 46 tahun 2017, mengungkapkan e-Kesehatan memang menjadi inisiatif yang patut diapresiasi demi pengadaan layanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat di daerah terpencil di Indonesia.

Bahkan Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D. Sp. THT-KL(K) MARS, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan juga bilang bahwa BCEN ini merupakan pelopor bagi para ahli onkologi agar bisa saling sharing sehingga pasien kanker payudara tidak bertambah banyak, termasuk pencegahan agar tidak bertambah banyak. 

Breast Cancer Experts Network

dr. Karina Andini dari Docquity bilang kalau Docquicty sendiri sebagai pelopor platform digital di Asia Tenggara sangat menyambut baik BCEN ini. Sehingga bisa memberikan platform edukasi bagi spesialis onkologi secara berkesinambungan.

Sebenarnya saya itu kepo dengan isi dari BCEN Docquity ini. Makanya saya download, eeh ternyata memang tidak sembarangan yang bisa masuk Docquity. Hanya dokter medis atau mahasiswa kedokteran yang bisa join platform. Ini penting sih ya, karena kalau bukan praktisi malah nanti infonya akan simpang siur atau pemahamannya beda. Kalau sesama praktisi kan lebih enak dan pas ilmunya memang berdiskusi. Kebayang misalnya bisa diakses ibu-ibu dan ternyata salah tafsir kan lebih susah lagi.

Lihat testimoni dari dokter yang sudah menggunakan BCEN  Docquity ini mereka sangat senang. Seperti dr. Eko dan dr. Muhammad yang kebetulan lokasi tugasnya ada di daerah terpencil. Berkat BCEN ini, mereka bisa mendapatkan info terbaru terkait penanganan kanker payudara dari dokter onkologi lainnya. Bisa belajar banyak kasus dari banyak dokter dan juga mendapat inputan terbaik dari rekan sejawat. 

Luar biasa membantu ya BCEN ini. Sangat memudahkan dan membuat para ahli onkologi benar-benar menemukan wadah yang terkoneksi satu sama lain. Harapan saya sih semakin banyak orang yang sadar untuk pencegahan dini kanker payudara dan semakin banyak pasien yang bisa sembuh berkat adanya Breast Cancer Experts Network. 

Bravo ROCHE, selamat atas terlaksananya Breast Cancer Experts Network. Semoga membawa manfaat bagi banyak orang!

Komentar

  1. Wah, semoga dengan adanya BCEN Docquity ini informasi tentang cancer bagi para ahli onkologi bisa lebih lengkap dan bisa membantu kebutuhan riset mereka juga yah

    Semoga kita semuanya sehat terus dan terhindar dari segala jenis penyakit yaah

    BalasHapus
  2. Oh BCEN Docquity ini semacam media ketemuan para ahli onkologi gitu.. Buat sharing pengalaman dan ilmu gitu kah mak?Tp seharusnya ada output media turunananya gitu sih, yang ngasi informasi kanker ke masyarakat juga. Jadi hasil penelitian atau perkembangan penobatan kanker bisa diketahui masyarakat juga.

    BalasHapus
  3. Wah membaca data statistik penyintas kanker di Indonesia bikin kita prihatin banget ya Mbak Echa. Ikut senang Roche concern banget masalah ini. Dengan membentuk jaringan expert dan hadir secara digital juga, Insyaallah makin banyak yang terbantu. Akses bagi penyintas juga lebih mudah dan murah

    BalasHapus
  4. Wah salut dengan BCEN Docqulity ini
    semoga apa yang dilakukannya bisa semakin meningkatkan kesembuhan para penyitas kanker ya mbak

    BalasHapus
  5. Ide yg sangat brilian!
    Karena ilmu seputar kanker terus berkembang ya.
    Jangan sampe pasien di kabupaten tdk tertolong, karena kurangnya akses thd dokter ahli kanker.
    Keren nih, platform yg jadi pelopor bagi para ahli onkologi agar bisa saling sharing sehingga pasien kanker payudara tidak bertambah banyak, termasuk pencegahan juga

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah..makin mudah sekarang ya untuk sekedar mencari infomrasi yang tepat dan akurat tentang kanker Payudara..Semoga banyak yang terbantu dan benar-benar memanfaatkan fasilitas ini

    BalasHapus
  7. hoo jadi appsnya untuk rekan2 medis ya mbae? tak kira bisa bebas loh, tapi bener jg sih bisa terjadi kesalah pahaman saat membaca yg jurnal2 atau ilmu begini. tp salut sih sama platformnya, nice banget

    BalasHapus
  8. Kanker termasuk penyakit yang paling ditakutin, ya. Seremnya lagi seringkali baru terdeteksi di stadium lanjut. Semoga aja semakin banyak informasi tentang cara pencegahan. Termasuk juga untuk pengobatannya semoga lebih memudahkan

    BalasHapus
  9. wah terimakasih mak echa udah share awereness tentang breast cancer ini. semoga kanal Breast Cancer Experts Network (BCEN) ini bisa memfasilitasi update informasi dari para expert untuk pengobatan, pencegahan dan hal lainnya seputar breat cancer, Aamiin.

    BalasHapus
  10. iya harus cari informasi yang tepat untuk penyakit termasuk penyakit ini agar cepat ditangani dan cepat sembuh ya Cha

    BalasHapus
  11. Aku rada serem jg akhir2 ini kalo liat org2 sekitar aku tetiba kena kanker n udah stadium sekian. Hiks

    Kadang mikir jg apa emg gak ada keluhan apa sebelumnya. Semoga dengan adanya BCEN Docquity kita jd makin melek sm kanker ya.

    BalasHapus
  12. waah ini networking di antara para onklolognya yaa... para expert juga perlu saling sharing knowledge karena pasti pernah ketemu sm kasus2 khusus yg hrs jugabs diketahui sesama expert yaa

    BalasHapus
  13. Ini penting banget edukasi buat para wanita supaya bisa melakukan pencegahan juga serta tetap waspadai

    BalasHapus
  14. Ya Allah Mbak Echa, jadi inget Mbak Tri Wahyunu Zuhri, semangat nge-blog beliau luar biasa. Ngomongin kanker payudara, belum lama ini temen kerja suami juga ada yang meninggal karena kanker payudara. Emang ya, kanker ini kita harus paham sejak dini

    BalasHapus
  15. Sumber informasi yang kapabel sngat dibutuhkan seperti sekarang ini. Bagus nih layanannya, memberi informasi sekaligus mengedukasi masyarakat juga tentang pentingnya aware terhadap kanker

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah turut senang juga dengan keberasilan Roche dalam menginisiasi Breast Cancer Experts Network. Sehingga bisa membantu tenaga medis dalam mencegah dan menangani penyintas kanker.

    BalasHapus
  17. Wah jadi BCEN ini buat mempertemukan para ahli onkologi ya? Semoga wadah ini bisa memberi manfaat dan kemajuan bagi survivor ya

    BalasHapus
  18. Kalau ngobrolin breast cancer keinget sepupu tetanggaku dulu pernah operasi breast cancer trus aku ditunjukin bekas operasinya, bener2 ilang PD-nya
    Semoga kita semua sehat2 selalu yaa
    Oooo BCEN ini berarti buat para ahlinya ya, pasien atau org umum gak bisa?
    Tp cukup terbantu ya buat tenaga medis utk saling tukar info kasus kanker PD shg penyembuhan/penanganan pasiennya bisa lbh cepat

    BalasHapus
  19. Hiks, iya nih makin banyak aja yang terkena ca, jadi teringat pasien2 yang pernah ku tangani. Mereka berjuang tanpa lelah.
    Btw salut banget Wah salut dengan BCEN Docqulity, semoga apa yang dilakukan bisa semakin meningkatkan kesembuhan para penyitas cancer. DAn semoga kita semua diberikan kesehatan syelalu.

    BalasHapus
  20. Benar sekali mbak perempuan rentan terkena kanker payudara. Duh aku senang sekali ada kanal BCEN. Bisa nih kalau nanti jadi praktik apoteker kusarankan kanal ini buat pasien survivor kanker

    BalasHapus
  21. Minimnya informasi menyebabkan banyak perempuan menjadi gak aware terhadap penyakit pengintai ini yaa, kak Echa.
    Semoga dengan informasi yang tepat dari Breast Cancer Experts Network yang bisa dengan mudah diakses oleh siapa saja untuk mendapatkan update ilmu dan perkembangan terkini terkait kesehatan organ wanita yang satu ini.

    BalasHapus
  22. wah bermanfaat banget ya pastinya BCEN docquity ini buat para dokter dalam menangani penyakit kanker pasiennya karena bisa saling berbagi info gitu

    BalasHapus
  23. Kanker payudara memamg harus dideteksi dan ditanggulangi sejak dini ya,agar prosentase kesembuhan besar. Untungnya sudah ada BCEN Docquity ini.Sehingga para ahli onkologi bisa bertukar informasi terkait perkembangan riset kanker khususnya kanker payudara.

    BalasHapus

Posting Komentar

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^