Resep Pancake Fluffy ala Jepang dan Hotteok ala Korea

Resep Pancake Fluffy ala Jepang dan Hotteok ala Korea

Sarapan bosan makan nasi nih, mungkin resep pancake ini bisa menjadi solusi untuk sarapan yang bervariasi atau camilan sore hari. Apalagi, resep pancake ini berasal dari berbagai negara yang pastinya seru untuk dijadikan eksperimen memasak. Yuk, cek resepnya.

Resep Pancake Fluffy ala Jepang


Selain enak, tampilan pancake ini juga menggemaskan. Teksturnya yang jiggly dan lembut seperti souffle membuat Anda ingin tidur di atasnya karena seperti kasur yang sangat empuk. Belakangan, pancake Jepang yang satu ini digemari karena alasan tersebut.

Tekstur souffle pada pancake ini mudah mengempis ketika dingin. Tetapi ketika dimakan akan terasa sensasi suara gelembung udara yang ditahan. Sudah tidak sabar membuatnya bukan? Mari segera siapkan bahannya.

Waktu memasak 40 menit
Sajian 1 porsi

Bahan yang diperlukan:


● 2 buah putih telur ukuran besar
● 2 sdm gula pasir
● 2 buah kuning telur
● 1 sdt vanilla essence
● 1/4 cup (35 gr) tepung protein rendah
● 1/2 sdt baking powder
● Garam secukupnya
● Sedikit minyak

Topping:

● Gula kastor
● Butter
● Maple syrup
● Buah (bisa diganti dengan ice cream, kacang-kacangan, atau sesuai selera Anda)
● Whip cream

Cara Membuat


  1. Pisahkan kuning dan putih telur ke dalam wadah berbeda. Wadah putih telur dimasukkan ke dalam freezer selama 15 menit.
  2. Kocok lepas kuning telur. Kemudian tambahkan vanilla essence dan susu cair Frisian Flag Purefarm Full Cream. Setelah itu, aduk rata. Lalu ayak tepung terigu dan baking powder, lalu tambahkan sejumput garam. Aduk merata dan sisihkan.
  3. Kocok putih telur sampai berbusa. Lalu masukkan gula sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok. Kocok sampai adonan putih telur mengembang kaku. Anda bisa menggunakan mixer untuk hasil yang lebih baik.
  4. Campurkan adonan kuning telur ke putih telur, kemudian aduk kembali dengan gerakan melingkar sampai tercampur rata.
  5. Oles wajan dengan minyak atau butter, kemudian panaskan dengan api kecil dan tunggu sampai panas. Masukkan adonan sebanyak 2 sendok makan untuk 1 pancake. Lalu masak hingga kecokelatan, kira-kira 2 menit atau sesuai selera. Buat sebanyak 3 pancake dalam satu wajan apabila memungkinkan.
  6. Tambahkan lagi sisa adonan sebanyak 1 sendok makan untuk setiap pancake lalu masak lagi sekitar 4 menit.
  7. Balik pancake dan masak sampai matang.
  8. Setelah matang, angkat pancake dan tambahkan topping sirup, buah, es krim, atau gula kastor sesuai selera.
  9. Sajian siap dinikmati.

Resep Pancake Hotteok ala Korea


Bagi Anda pecinta drama Korea, tentunya tertarik dengan hidangan ala negeri ginseng tersebut. Resep pancake ini namanya hotteok, biasanya dibuat dengan isian gula merah, bubuk kayu manis, dan kacang tanah. Camilan ini menjadi salah satu favorit makanan pinggir jalan saat musim dingin. Teksturnya renyah di luar dan lekat di dalam.

Sebelum mengetahui resep pancake Korea, ada baiknya Anda menyimak tips membuat hotteok Korea ini terlebih dahulu.

Tips ketika membuat hotteok

  1. Untuk mendapatkan hasil yang kenyal, Anda bisa menambahkan tepung beras ketan. Tetapi jangan terlalu kenyal, maka perbandingan tepung beras biasa dan tepung beras ketan adalah 1:1.
  2. Cincang kacang secara halus agar rasa gula merah lebih terasa. Pasalnya, gula merah adalah bahan utama isian pancake Korea.
  3. Hotteok bisa ditambahkan bumbu-bumbu ke dalam tepung ketika menyiapkan adonan.
Sajian 2 porsi

Bahan yang diperlukan:


● 160 gr tepung terigu
● 1/2 sdt garam
● 1 sdt gula
● 1 sdt ragi
● 1/4 cup + 3 sdm minyak
● 1/4 cup gula merah
● 1/4 sdt bubuk kayu manis
● 2 sdm kacang tanah (panggang dan tumbuk halus)

Cara Membuat


  1. Saring tepung ke dalam wadah mangkuk besar. Tambahkan garam, ragi, gula, dan susu cair Frisian Flag. Kemudian aduk rata dan tutup mangkuk menggunakan plastik makanan. Diamkan adonan sampai terfermentasi sekitar 1 jam pada suhu ruang. Adonan akan terlihat mengembang 2 kali lipat.
  2. Setelah 1 jam, buka penutup mangkuk dan keluarkan gas di dalam adonan dengan meninju dengan tangan selama beberapa kali. Kemudian tutup kembali dan diamkan selama 20 menit.
  3. Bagi adonan menjadi 6 buah dengan ukuran yang sama. Tips agar adonan tidak lengket adalah memberi minyak goreng ke telapak tangan sebelum membagi adonan. Diamkan sambil membuat isian.
  4. Saatnya membuat isian. Campurkan gula merah, bubuk kayu manis, dan kacang tanah pada sebuah mangkuk.
  5. Pipihkan adonan dan masukkan isian ke dalam adonan. Kemudian tutup adonan dengan mengumpulkan sudut-sudutnya. Lakukan pada semua adonan.
  6. Olesi wajan dengan minyak goreng kemudian panaskan dengan api sedang.
  7. Masukkan adonan ke dalam wajan sampai bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan (sekitar 30 menit).
  8. Balik adonan dan tekan-tekan. Masak lagi sampai berwarna kecokelatan (sekitar 1 menit). Selanjutnya Anda bisa membalik-balik adonan dengan hati-hati.
  9. Tutup wajan selama 1 menit agar isiannya meleleh.
  10. Tiriskan di atas tisu.
  11. Sajikan selagi hangat.
Membayangkannya saja sudah membuat ngiler ya. Apalagi dinikmati selagi hangat dan ditemani dengan secangkir susu Frisian Flag. Ayo, segera eksekusi resep pancake di atas dan nikmati bersama keluarga. Dapatkan juga resep pancake lainnya di website Frisian Flag.

Susu cair Frisian Flag Purefarm dikemas secara sempurna untuk menjaga kualitas susu agar kandungannya tidak mudah rusak. Selain itu, terdapat nutrisi lengkap baik zat makro maupun mikro berupa vitamin dan mineral di dalam satu kotak susu cair Frisian Flag. Yuk, cek resep lainnya di website FrisianFlag.com.

Resep lain di blog echa

Komentar

  1. Wih maknaan favorit, nih, jadi pengin coba lihat kue yang menggemaskan kayak gini.

    BalasHapus
  2. Waduhhh bikin ngilerrr makasih berbagi resepnya, lihat gambarnya bikin pengen menyantapnya tp males bikin sendiri 😭😭

    BalasHapus
  3. resep pancake fluffy hotteok jadi pengen nyobain bikin di rumah juga deh.. kali aja berhasil ya mak hehehe bisa juga buat kue ulangtahun anak juga nih

    BalasHapus
  4. Waduuuuh, bahaya mengintai ini hahaha :) Ga cukup sekali resep dibuat, kudu dikali 4 kayaknya haha maklum anak2 dan suami termasuk aku kalau ngemil pasti buanyak. Pakai susu cair Frisian Flag tentu menambah kelezatan pancake fluffy dan hotteok-nya ya mbak Echa :D

    BalasHapus

  5. Wadouw...sepertinya bunda mah gak telaten tuh bikinnya. Bunda nunggu anak bunda aja deh yg bikin dngn resep ini. Jd bunda tinggal nyicipin aja: nyam, nyam, nyaaaam hhmm yummy

    BalasHapus
  6. Anak saya udah pernah pernah bikin Hotteok. Rasanya memang enak. Belum pernah cobain bikin pancake fluffly. Ngebayangin kelembutannya dulu, deh. sebelum coba bikin sendiri

    BalasHapus
  7. Belum pernah bikin Pancake. Resep dan step masaknya mudah juga ya. Enak buat camilan saat hujan

    BalasHapus
  8. Waah boleh dicoba yg dar Jepang tuh. Dr dulu mau coba yang Jeoang dah liat dimana2. Besok eksekusi ah mumpung ababg ada disini

    BalasHapus
  9. Ada ya pancake ala Korea baru tahu yang namanya hotteok hehe enak buat camilan sendiri ya kalau beli kebersihan belum tentu terjamin dan kurang puas karena porsinya terbatas

    BalasHapus
  10. Aku udah lama nih kagak buat pancake. Senang nih kalau bikin pancake dan anak juga suka sekali. Makasih resepnya nih mba. Jadi penasaran mau nyobain

    BalasHapus
  11. Aah...aku mau banget ke rumah kak Echa pas jam sarapan, hehehe..
    Soalnya sajian sarapan nikmat Pancake Fluffy dan Pancake Hotteok. Lezzaattt~
    Semua yang pake Susu cair Frisian Flag Purefarm, pasti yummiii~

    BalasHapus
  12. wah jadi pengen belajar bikin pancake dan hotteok saya jadinya baca resep di sini. enak ini sebagai ganti sarapan ya, mbak

    BalasHapus
  13. Makasih ya resepnya. Mau nyoba ah bikin ginian untuk anak-anak. Di rumah ku andalan banget bikin cemilan sendiri. Anaknya banyak soalnya hahaha

    BalasHapus
  14. wahh iya, tiap lihat drama Korea selalu muncul pancake ini
    mumpung ada yg share resep, bsk mau coba bikin di rumah ah

    BalasHapus
  15. Aku juga pernah buat resep pancake tapi yang sudah jadi, cuma tinggal ditambah air dan telur doang. Hihihi.

    Nah resep ala susu Frisian Flag ini boleh juga nih jadi next list!
    Apalagi ada kata "Fluffy"-nya ya.
    Cukup menggoda!

    BalasHapus
  16. Kesukaan anakku nih pancake fluffy, dia yang suka bikin hihihi btw jadi penasaran nih pengen buat hotteok juga, makasih resepnya ya mak. moga anakku mau eksekusi dia sih emang doyan bikin cemilan korea.

    BalasHapus
  17. Wuah enak banget ini resepnya buat sarapan pagi2 pas lagi males makan berat (soale ini bagiku gak berat haha). Juga bisa buat cemilan selingan anak yang males maem yaa.
    Btw makasih info resepnya. Save duluuu

    BalasHapus
  18. Langsung kebayang nih lembutnya pancake gurih lezat gitu..Pengen cobain resepnya deh pan-kapan..

    BalasHapus
  19. Aku suka pancakevtapi belum pernah nyoba bikin pancakw fluufy yang gembul nggemesin ini. Makasih mbk resepnya, mau nyobain ah

    BalasHapus
  20. Duh laahh ngiler ngebayangin menikmati pancake dan hotteok tadi. Ala ala drakor ya Chaaa... Ntar kalau anak mbarep pulang liburan bisa diajakin bikin pancake nih, dia suka banget tuh.

    BalasHapus
  21. Belum berani nih bikin pancake fluffy hihihi.. bikin bolu aja ga adi ngembangnya bantet bantet gimanaaaa gitu

    tapi boleh juga cobain beli di Pasar Lama Tangerang ada loh Cha

    BalasHapus
  22. Langsung ngiler Mbak pengen coba. Belum Pernah coba bikin keduanya nih. Kalau yang hotteok sudah Pernah makan. Kalau uang pancake fluffy Jepang belum pernah makan. Jadi penasaran bisa ngembang gitu pancake-nya. Pas nih lagi musim hujan gini buat camilan saat hujan.

    BalasHapus
  23. nyaaamm sedapnyaaaaaa, aku pernah bikin fluffy pancake gini, tapi ternyata susaaaah, hahahaha.. kudu sering latihan biar terbiasa dan bentuknya cantik ya..

    BalasHapus
  24. Duuuh, jadi ngiler baca resep pancake fluffy iniiiiii.. ijin nyontek resepnya ya mak chaaa.. alngsung mau mampir minimarket buat beli bahan bahannya aaaah

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!