Belajar Parenting Di Pondok Parenting Harum

belajar parenting di pondok parenting harum

Semenjak punya anak, saya itu selalu banyak belajar tentang cara pengasuhan anak. Ya gimana, ilmu menjadi orang tua itu kan tidak mutlak menurut saya. Bisa cocok di keluarga satu tapi bukan berarti cocok di keluarga lainnya. Yang penting tetap belajar agar tahu bagaimana menghadapi situasi walau mungkin kondisi dan caranya pasti berbeda. Orang tua sama anaknya saja beda, lah ya masak rata cara pengasuhannya. Ya nggak?


Makanya saya selalu membaca banyak sekali referensi tentang parenting. Grup apa saja, buku apa saja atau artikel apa saja saya baca dan masuki agar tahu bagaimana cara membesarkan anak lillahita'ala. Berdua sama suami bareng-bareng biar tahu dan sama-sama selaras. Untungnya suami tipikal pembelajar, jadi dia selalu ikut terjun langsung untuk pengasuhan anak-anak kami selama ini walau bekerja kantoran. 

Soalnya dari awal kami sudah komitmen, bikinnya berdua ya membesarkannya berdua hehehe. Tidak bisa ibu saja atau tidak bisa ayah saja, kudu seimbang porsinya. Soalnya anak kan butuh sosok kedua orang tuanya baik ibu atau bapak. Betul kan? Lagian ya Ibu tidak bisa sendiri, sosok ayah juga harus ikut serta membesarkan anak. Ibu bukan superwoman dan ayah bukan superman yang segalanya bisa diatasi sendiri, lalu bukankah berdua lebih asyik?

Belajar Parenting Di mana?


Walau banyak tempat untuk belajar, kadang kita sendiri bingung enaknya belajar di mana ya? Kalau artikel di google banyak, motivasi tips di instagram banyak, tapi kita kan ga boleh cuma teorinya saja. Prakteknya susah.

Masih ingat saat pertama kali belajar menggendong lewat youtube, deg-degan juga waktu itu apalagi waktu 2012 masih belum yang modelan mshape gitu. Panjang banget edukasi sampai bisa diterima seperti sekarang. Mau gendong saja takut-takut, disuruh gendong mshape. Tapi kalau tidak mencoba ya tidak bisa-bisa kan? 

menggendong bayi

Baca juga 
Dulu belajar Gendongan Bayi lewat yutub berujung jadi educator certified

Jadi jadi jadi, belajar di mana buat belajar parenting? Banyak kok! Hayo manfaatkan teknologi sekarang! Yang penting, syaratnya adalah kita selalu mau untuk belajar dan selalu sedia stok sabar.

Belajar Parenting Di Pondok Parenting Harum


Nah, buat yang bingung mau belajar Parenting dimana? Boleh langsung saja ke Pondok Parenting Harum ya!.

Jadi ini adalah salah satu kegiatan dari Harum Parenting Center untuk lebih dekat dengan para orang tua dimana Pondok Parenting Harum adalah sahabat dan wadah belajar bersama bagi para orangtua, calon orangtua, dan para praktisi pendidikan/pengasuhan anak, merasa perlu untuk bekerja sama dengan banyak pihak yang peduli terhadap kepentingan terbaik anak dan peningkatan kualitas kehidupan generasi bangsa di masa yang akan datang.

Selain itu, Pondok Parenting Harum merupakan unit usaha yang berkomitmen mendonasikan pendapatannya untuk  membiayai pendidikan dan pengasuhan alternatif bagi anak dhuafa dan keluarganya melalui pendampingan Lembaga Kesejahteraan Sosial Harapan Ummat Malang. Wah luar biasa ya, jadi berkelanjutan ilmunya buat banyak orang. 

Pas banget sama taglinenya Good Parenting Untuk Indonesia yang Lebih Baik.

pondok parenting harum

Ada banyak kegiatan di Pondok Parenting Harum ini, yaitu sekolah parenting, seminar dan workshop. training parenting, konseling, pendampingan dan pembekalan pengasuhan. Kita bisa ikuti sesuai yang kita butuhkan. 

kegiatan pondok parenting harum

Program unggulannya adalah Sekolah Parenting. Soalnya kelasnya fleksibel di sekolah parenting  Pondok Parenting Harum itu. Siapapun bisa mendaftar selama mau belajar parenting. Terus kalau sudah alumni juga bisa tetap belajar parenting loh! Makanya, karena semua punya satu tujuan yang sama, jadinya lebih enak juga sefrekuensi kan. 

Apalagi kalau mentornya sabar dan ramah, pas banget kita mau curhat dari hati ke hati bisa banget. Di sini ada Bu Abyz mentornya. Pengalaman beliau bisa kita ambil diterapkan yang sesuai dengan kondisi keluarga masing-masing. 

Oh iya, tahun 2022 ini ada program sekolah Parenting Harum loh! Dan bisa diikuti secara online atau offline. Jadi kita cukup membayar biaya 200-300 ribu untuk mendapat 6 kali pertemuan selama sekitar 3 bulanan. Selain itu bisa konsultasi juga sama Bu Abyz jadi kita bisa ceritakan uneg-uneg untuk mendapatkan referensi jalan keluar untuk pengasuhan anak kita. Yuk daftar!

sekolah parenting


Jadi orang tua memang tidak pernah berhenti untuk belajar, selalu ada cara untuk kita memberikan yang terbaik membesarkan anak-anak demi masa depan cerah mereka. Selalu semangat menjadi orang tua ya! Saya yakin kita semua sudah berusaha memberikan yang terbaik buat anak. Yang penting jangan pernah berhenti belajar pakai hati, karena menjadi orang tua walau naluri tapi tetap harus hati-hati. 

Semangat semua orang tua !

Komentar

  1. Mengasuh anak harus dengan hati karena anak itu berasa kalau kita sedang tidak nyaman pasti anak ikut tidak nyaman.

    Bagus sekali program di sekolah parenting harum semoga makin berkembang pesat ke.depannya sehingga banyak yang terbantu dengan adanya sekolah parenting ini.

    BalasHapus
  2. Di awal-awal punya anak, aku termasuk yang rajiiiin banget ikutan segala-gala materi parenting. Konon katanya, tak ada sekolah (formal) menjadi orangtua, jadi perlu banget untuk mencari ilmu di mana-mana (terlebih sudah jaman inet). Namun, mungkin aku kurang bijak ya, waktu itu malah jadi terlalu idealis. Segala-gala dibandingkan ddengan tips parenting (yang ideal), alhasil malah jadi insekyur. Lalu, aku sempat mengalami "males ah ikutin artikel2 parenting...wis lah parenting by insting aja" (haha segitunyaaa).

    Sekarang, kupikir-pikir itu bukan karena salah tips parentingnya. Tapi mungkin dulu aku yang terlalu idealis hihihi. Bagaimanapun, tips parenting itu sangat berguna...

    BalasHapus
  3. Iya Mba, jadi orang tua tuh perlu belajar sepanjang waktu ya. Sekarang mungkin tahap ngajarin anak merangkak, tahun depan ngajarin dia lari, dan seterusnya. Semangat terus ah belajarnya.

    BalasHapus
  4. Iyaya mba, haus banget ilmu. Butuh sabaar banget akuuuu setelah anak ke-3 lahir. Moga selalu bisa sabar ya kitaa. Hiks menjadi orang tua ternyata nggak mudah, sering banget ngulang2 ilmu parenting klo lagi galau. Ada pondok parenting harum jadi memudahkan cari informasi terkait parenting. Kondisi tiap keluarga berbeda, beneeeer nggak bisa disamain..contohnya ada ibu2 yg bawa anak ke pasar, karena di rumah nggak ada yg jagain. Tapi kadang dilihat orang, kok dia bawa anak ke pasar lagi pandemik kan kasihan...

    BalasHapus
  5. Aku sampai punya anak 3 nggak bisa gendong anak pakai gendongan model macem-macem Mak, bisanya ya pakai jarik aja, konvensional seperti yang diajarkan ibu. Padahal dapat beberapa hadiah gendongan macem-macem tuh, malah suami yang terampil memakai.

    Emang bener, belajar jadi orang tua tuh nggak ada berhentinya. Nggak cuma saat anak bayi/balita aja. Anak-anak, remaja, sampai mereka dewasa, orang tuanya harus terus belajar. Salah satu tempat belajar ya di Pondok parenting harum ini

    BalasHapus
  6. maulah, aku sekolah lagi nih, nambah teman dan pastinya juga nambah wawasan serta ilmu, meski udah berasa anak ke sekian, tetap aja tiap anak tuh beda dan butuh ilmu baru yah kan

    BalasHapus
  7. Bener banget ini, jadi orangtua mesti terus belajar, dngan hati dan mesti hati-hati...Apalagi kalau ada media seperti Pondok Parenting Harum ini, bisa jadi tempat kita menimba ilmu dari pakar parenting juga dari teman sesama orang tua lainnya

    BalasHapus
  8. Wahh aku kemana aja nih, kok baru dengar tentang Pondok Parenting Harum ini
    Benar benar sangat membantu para orang tua ya ini mbak
    Mengasuh anak butuh ilmu soalnya ya

    BalasHapus
  9. Masyaallah jadi.punya referensi belajar baru nih. Anakku yg kedua nih jqraknya 9tahun sama kakaknya jadi aku berasa mulai lagi dari awal. Sekarang lebih semangat upgrade ilmu parwntinf lagi. Baca buku, browsing artikel nah skr tqmbah mo daftar pondok paremting harum juga. Thanks rekomendasinya juga

    BalasHapus
  10. Menjadi orangtua memang kudu banyak baca, banyak melihat dan banyak berteman dengan sesama Ibu. Bersama komunitas yang tepat, kita bisa menjadi orangtua yang in syaa Allah dirindukan anak dan kelak akan mendapat keberkahan, buah dari pengasuhan yang kita lakukan.

    Barakallahu fiikunna.
    Semoga dengan hati yang dibimbing Allah, kita gak salah dalam mengasuh anak-anak.

    BalasHapus
  11. Ada yg bilang belajar nya orang tua setiap Hari.. Dan anak2 secara tdk lsg jadi gurunya

    Seneng klo sdh Ada kyk Pondok Parenting Harum ini, sekolah parenting, yg lengkap Ada seminar workshop. training parenting, konseling, pendampingan dll

    BalasHapus
  12. Dulu suka bilang, belajar ilmu parenting itu ga ada sekolahnya, tapi makin kesini makin banyak lembaga yang mewadahi orang-orang untuk menjadi orangtua yang baik, karena ya ga bisa dipungkiri bahwa anak itu tergantung orang tua ngajari dan ngedidiknya, persiapannya kudu banyak.

    BalasHapus
  13. semangat terus mamih dan papih membesarkan 3R. Setuju banget! belajar parenting itu engga akan ada habis-habisnya dan banyak sekali sumbernya. tujuannya satu, agar kita menjadi orang tua yang bisa menjaga amanah yang dititipkan sang Khalik dengan sebaik-baiknya

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!