Belajar Bisnis Online Gratis Buat Pemula

Belajar Bisnis Online Gratis Buat Pemula

Saya itu tipe yang senang lihat-lihat status teman-teman. Sekedar melihat saja, tapi jarang membalas. Ya senang saja mengetahui teman-teman dari status-status sosial media mereka. Apalagi kalau lihat mereka punya usaha apa gitu, kalau dekat dan kebetulan bisa jajan pasti saya beli.

Hanya saja ya jujur semenjak pandemi teman-teman jadi lebih banyak yang nyetatus jualan. Banyak, banyak banget yang buka usaha bermacam-macam. Contohnya saja pas pada jualan brownies, hampir semua temanku jualan brownies. Sampai bingung mau beli yang mana.

Tapi itu tidak terjadi pada teman-teman saya saja karena sayapun sama. Sama banget nyetatus jualan maksudnya wkwk. Jadi ingat, saya pas pandemi ganti usaha sampai 3 kali walau bendera akun yang sama di bawah Rumah Raisya. Namanya juga belajar survive kan?

Cuma memang belajar bisnis online ini tidak mudah. Karena trust atau kepercayaan adalah modal utama. Enaknya sekarang sudah banyak ecommerce yang bakal membantu penjualan kita. Cuma membentuk trust branding itu kan tidak mudah. Makanya banyak yang jualan pertama dari circle sendiri. Salah satunya ya dengan mengupdate status biar banyak yang tahu barang jualan kita.

Belajar bisnis online buat pemula memang sangat disarankan apalagi sekarang internet sangat besar menjangkau pangsa pasar luas dengan modal bisa minimal. Tapi memang harus sering belajar bisnis online terus menerus apalagi banyak banget media tempat belajar bisnis, mulai youtube sampai kelas online bisnis yang bisa membantu kita mengembangkan sayap lebih besar lagi ke depannya.

Saya sering sebelum buat tulisan atau iklan cek cek keyword dulu biar tahu apa yang harus kita buat untuk menarik peminat. Walau ujung-ujungnya adalah jualan menghasilkan duit, cuma tetap ya harus terus belajar mengingat dunia internet ini cepat sekali berkembangnya. 

Karena berjualan di dunia internet, kita tetap harus meningkatkan kepercayaan kalau barang dagangan kita ada. Iya, kan tadi saya dah bilang kalau trust itu penting bangettt. Makanya sangat disarankan kalau mau jualan, semua linimasa sosial media kita harus sudah bagus.

Tidak kalah penting, buat UMKM bisa juga membuat website yang bergengsi untuk meningkatkan penjualan dan trust tentunya. Kadang ya orang misalnya mau membeli apa gitu pasti dia cari-cari di internet google tentang barang yang mau dibeli. Lalu nanti akan dicari apakah benar toko yang mau diibeli barangnya bisa dipercaya atau tidak? Kan namanya juga online, jangan sampai sudah beli banyak barang ternyata tidak sampai ke rumah, sedih banget. Iya kalau beli cuma 10ribu 20ribu saja. Kalau beli sampai juataan kan pedih banget tidak berdarah.

Kalau dipikir-pikir ya, buat website buat brandingin usaha itu susah-susah gampang. Selain biaya, tentunya pembuatan dan maintenance juga tidak kalah beratnya. Apalagi buat pemula yang awam kan masalah website begini. Boro-boro bikin website, kadang buat akun sosial media untuk jualan saja masih bingung. Terlihat mudah tapi susah loh ya ternyata!

Makanya, kalau pemula mending pilih yang terpercaya saja. Agar memudahkan penjual juga kan buat mengisi website dengan barang dagangannya. Ya kalau websitenya belum jadi-jadi ya kapan jualannya? Iya nggak?

Buat yang pemula bisa pilih web hosting Indonesia terbaik yaitu Dewaweb sebagai salah satu jalan pertama membuat web yang mumpuni. Karena di Dewaweb sudah sangat terpercaya di kalangan penggiat internet di Indonesia. Mulai dari keamanan, kecepatan dan jaringan yang baik, Dewaweb bisa menyediakan layanan tersebut dengan baik untuk membantu para umkm, personal bahkan perusahaan.

Belajar Bisnis Online dewaweb

Dewaweb ini adalah penyedia web hosting bersertifikat ISO 27001 pertama di Indonesia hadir menjadi solusi terbaik buat kita yang lagi belajar bisnis online yang mencari cloud hosting aman, cepat dan handal. Kebayang kan kalau kita mempercayakan hosting yang tidak kredibel, yang ada web kita bisa kehilangan traffic, malware, lambat bahkan sering down. Duh sedih banget jadinya kehilangan waktu dan uang :(.

Yang tadinya berharap banyak dari bisnis online, malah terhalang hstingan yang buat usaha jualan mengalami trust issue. Sebagai blogger yang juga belajar bisnis online, saya sendiri merasakan kalau misalnya web tiba-tiba banyak yang akses pasti bingung kalau tiba-tiba down. Karena ya itu ujung-ujungnya duit biar jualan kita laku. Iya nggak?

Belajar bisnis online memang tidak mudah! Tapi bukan berarti tidak bisa. Selama berusaha pasti akan bisa!. Jadi teman-teman jangan khawatir ya tetap semangat berusaha dan semakin giat belajar bisnis online. Banyak kok kalau mau belajar bisnis online gratis buat pemula ada di mana-mana. Kita tinggal menyerap banyak ilmu yang sesuai kepribadian kita untuk mendapat keuntungan maksimal.

Tentunya jangan lupa bikin kepercayaan dengan membangun website yang baik dengan hosting yang baik. Semangat selalu ya belajar bisnis online! Saya juga sama! Yuk kita bareng-bareng! 


Komentar

  1. Nah, sejak pandemi dagang di pasar jadi sepi, gak heran kalau banyak bisnis yang merambah ke online karena jangkauannya luas. Buat pemula memang butuh tips ini karena banyak juga saingannya, terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Aku pernah beli web hosting di Dewaweb, mbak. Emang reliable banget dan tiap ada kendala atau kebingungan pasti cepet responnya. Harganya ga mahal pula

    BalasHapus
  3. nice reviwe mba. mmg sudah seharusnya bisnis sekarang mengarah ke online, mengingat metaverse saja sudah mulai perlahan mendunia. kita juga harus siap

    BalasHapus
  4. Modal awal untuk bisnis memang kemampun mengelola . Baik itu website, customer, maupun manajemennya. Semuanya perlu punya talenta mumpuni. Ngga bisa menyerahkan kepada siaipa pun.

    BalasHapus
  5. Iya betul banget, berbisnis online memang kepercayaan adalah hal yg paling mendasar. Krn kita hanya bisa bertransaksi lewat online, tidak tatap muka.

    BalasHapus
  6. Yuk, belajar bareng, terus apgred jugaa.
    Bener banget Cha, ga gampang BO ini, ku menggeluti di bidangnya butuh konsisten dan mengikuti perkembangan teknologi.
    Disaat BO di sosmed meningkat, tapi di website lebih profesional. Cucok deh menyerahkan pada ahlinya di web host ini. Biar kita bisa pokus yang lainnya.

    BalasHapus
  7. Wah bagus nih.... yang mau memulai bisnis online jadi terbantu ya ada yang membimbing berbisnis...

    BalasHapus
  8. Bagi pemula yang baru memulai bisnis sangat bermanfaat ini buat mendalami. Apalagi memang bisnis online udah banyak dilirik

    BalasHapus
  9. Dewa web ini, penyedia jasa domain website yang sudah teruji kualitasnya . Cocok bagi yang ingin memulai bisnis online.

    BalasHapus
  10. Pembuatan website untuk bisnis online memang salah satunya untuk menambah trust kepada pelanggan. Biar terlihat serius dalam pengelolaan bisnisnya dan mudah juga ditemukan di mesin pencarian.

    BalasHapus
  11. Dewaweb ekamg salah satu pilihan layanan hosting yang pas banget sih kalau mau mengembangkan bisnis online, biar nggak hanya sampai di medsos saja, tetapi punya website biar makin profesional.

    BalasHapus
  12. Tulisan yang asyik nih. Ya betul jualan online sudah harus kita lakoni ya. Dengan adanya Dewaweb bisa bantu pengusaha kecil yang gaptek

    BalasHapus
  13. saya jadi kepikiran bikin web untuk usaha online saya, udah bikin sih tapi belum berdomain dan belum di publish

    BalasHapus
  14. Wah gratis?
    Dewaweb tau banget bahwa UMKM harus mulai beranjak ke marketing digital ya?
    Untuk memulainya harus gratis dulu
    Maklum banyak diantara mereka gaptek parah
    Punya gadget cuma buat buka WhatsApp

    BalasHapus
  15. Iya ya Mbak, zaman sekarang emang zamannya jualan lewat online. Tapi kalau mau cuan, nggak bisa cuma sekedar jualan online aja. Mesti ada strateginya.

    BalasHapus
  16. Dewaweb memang menjadi penyedia jadi website yg terjamin keamanannya dan akuratnya. Rekomendasi banget deh pokoknyab­čśŹ

    BalasHapus
  17. beberapa hari lalu, temanku yang punya usaha distro menghubungi saya gimana cara membuat website karena dia ingin membuat website untuk memasarkan usahanya

    BalasHapus
  18. Trust atau kepercayaan di bisnis online itu memang penting ya Mba. Soalnya kalau udah nggak bisa dipercaya udah males mau repeat order lagi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!