5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Walau Di Rumah Saja

Cara menjaga kesehatan saat puasa

Menjaga imunitas tubuh itu penting ya, apalagi jaman pandemi seperti ini. Ya gimana, rasanya setiap hari itu harus siaga. Apalagi bulan Maret ini cuacanya tidak jelas, yang tadinya panas banget tiba-tiba langsung turun hujan. Deras banget! Bikin badan geregges saja.

Dan sekarang tinggal beberapa hari menuju bulan Ramadan, mau tidak mau harus banget jaga kesehatan badan bener-bener. Jangan sampai sudah pandemi, cuaca hura-hura, eeh pas puasa pula kita tidak jaga kesehatan. Jangan ya!

Keluarga saya sebenarnya sudah mulai aware menjaga kesehatan itu sejak kami punya anak. Entahlah otomatis gitu biar bisa membersamai dalam waktu yang lama. Ya apa sih sekarang yang kita jaga kalau bukan anak sekarang. Apalagi saya dan suami menikah di usia yang tidak muda lagi. Kudu benar-benar jaga kondisi biar tetap sehat dan bugar.

Di Ramadan kali ini, saya dan keluarga sudah siap untuk menjalani sebulan penuh. Raffi dan Raffa juga sudah bisa berpuasa sehari penuh seperti tahun kemarin. Saya sendiri juga sejak tahun kemarin berpuasa karena menyusui sudah mulai jarang karena mau menyapih. Pastinya Ramadan tahun ini kami insyaAllah bakal lancar. Bismillah.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ala Echaimutenan


Buat Ramadan kali ini, saya mempersiapkan penuh agar puasanya lancar. Soalnya kan ada anak-anak juga yang nutrisi dan tubuhnya kudu banget dijaga. Saya masih ingat saat Raffi awal-awal puasa dulu, lemas bawaannya tidur saja malah sampai sariawan. Menjelang magrib udah ngeluh lapar mulu wkwkkw. Kocak pokoknya. Apalagi pas Raffa belajar awalan puasa, dia sampai bilang lapar mau meninggoy katanya wkwkwk. Anak-anak ya tingkah lakunya wkwkkw.

Kalau saya dan suami yang meski puasa harus tetap fit karena aktifitas kan berjalan seperti biasa. Mulai bangun tidur, nyiapin makan, nyiapin sekolah, antar jemput, dll. Nanti malah tambah sibuk karena bakal ada solat tarawih, tadaruz, dan menyiapkan sahur yang pastinya buat jam tidur kita berubah.

Biar saya dan suami tetap sehat, kami tentu wajib menjaga kesehatan walau puasa. Mau tahu apa saja cara menjaga kesehatan saat puasa walau di rumah saja ala echaimutenan? Ini dia!

Tips cara menjaga kesehatan saat puasa

1. Makan gizi seimbang saat sahur dan buka


Ini penting banget, puasa atau tidak asupan makanan harus tetap sehat bergizi seimbang ya. Jangan sampai tubuh kekurangan nutris apalagi nanti bilang karena puasa. Jangan loh ya! Kasihan ibadahnya terus disalahin huhu.

Lebih baik tetap makan sehat bergizi yang disesuaikan dengan isi piring seimbang porsinya. Karena dengan begitu tubuh akan tetap terpenuhi kebutuhannya.

2. Minum cukup penuhi kebutuhan cairan tubuh


Tadi saya cerita Raffi yang lemas banget tidur bahkan sampai sariawan karena mulut kering saat puasa, ini bisa saja terjadi karena Raffi kurang cairan tubuh, kan sayang jadi ga konsen sekolah termasuk les bahasa Inggris. Pastikan tubuh kita tetap minimal 2 liter sehari dengan masa dimulai berbuka puasa sampai sahur dibagi. Jangan terlalu banyak minum air juga saat buka dan sahur biar tidak kembung air kekenyangan wkwkkw.

3. Tetap berolahraga


Walau puasa jangan malas untuk tetap olahraga. Soalnya ini agar untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan kita setiap hari. Bisa dipotong waktunya lebih sedikit agar tidak terlalu memicu haus dahaga eeeeh batal. Jangan ya!

4. Jaga pola tidur yang baik


Walau akan lebih banyak ibadah malam dan kita lebih terjaga di sahur, tetap pastikan tidur yang cukup ya. Agar metabolisme sel-sel kita tetap berjalan baik. Biasanya habis tarawih saya tidur dan sekitar jam 2 malam mulai bangun, sholat terus siapin sahur.

5. Konsumsi suplemen vitamin


Nah ini, jangan lupa konsumsi suplemen vitamin ya. Sejak covid melanda saya mulai rajin walau tidak tiap hari konsumsi vitamin agar badan tetap sehat. Saya juga menganjurkan untuk minum vitamin lengkap biar semua kebutuhan tetap terpenuhi.

Salah satu kebutuhan vitamin bisa dengan mengkonsumsi Vitamin B Complex seperti minum Pyfahealth yang punya kandungan vitamin B complex dan vitamin C. Sebenarnya, manfaat vitamin B complex ini banyak banget dan sangat berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, mulai memproduksi energi, hormon, dan kolesterol, pemeliharaan fungsi organ otak, mata, pencernaan, saraf, jantung, metabolisme sel, hingga pembentukan sel darah merah.

menjaga kesehatan dengan pyfahealth vitamin b complex

Tips sehat berpuasa ala saya ini bisa banget dipraktikkan loh, jangan lupa disesuaikan dengan sikon keluarga masing-masing ya. Biar tidak kliyengan saat puasa apalagi pingsan, jangan ya jangan sampai. Anak-anak semangat puasanya semoga. Kalau Raffi sudah rekues pengen sepatu baru misalnya puasa penuh.

Semoga saya sekeluarga sehat dan lancar puasanya sebulan penuh di bulan Ramadan ini. Aamiin aamiin ya Rabbal Alaamiin. Mohon maaf lahir batin ya atas segala kesalahan dan selamat berpuasa semua. Muuuaaaaah.

Komentar