Warna Warni Dunia Anakku Bersama Canva #CanvaBanyakBisanya

Warna Warni Dunia Anakku Bersama Canva #CanvaBanyakBisanya

Setiap orang memang punya kemampuan beda-beda, contoh anak-anak saya. Walau ayah ibunya sama, ternyata hobinya beda semua. Kalau Raffi sukanya karate dan kalau Raffa sukanya menggambar mewarnai. Entah ya kalau Rafif apa dia nanti sukanya.

Nah ngomongin anak, memang ya jujur semenjak punya mereka hidup saya dan suami jadi makin berwarna. Yang tadinya hitam putih, jadi mulai ada warna warni seseru keceriaan anak. Dan saya sangat menyukai keberadaan mereka dalam hidup kami. Alhamdulillah.

Sebab itulah sebagai orang tua, saya berusaha untuk memberikan yang terbaik buat anak-anak saya. Salah satunya adalah mendukung hobi untuk stimulasi mereka. Kalau Raffi saya dukung berat untuk karatenya, karena memang dia suka. Tapi beda dengan Raffa….

Raffa kebetulan waktu itu belum terlihat sukanya apa. Sampai saya bingung ini enaknya diarahkan ke mana. Cuma kalau saya lihat memang Raffa kalau masalah “rasa” dia lebih bagus dari Raffi. Jadi menurut saya bisa diarahkan ke menggambar dan mewarnai.

Tapi namanya juga anak-anak, membentuk selera Raffa agar suka sama mewarnai dan menggambar itu butuh waktu. Kebetulan modelnya yang rada santai gitu, beda sama Raffi yang sooooo serius banget mau ngapa-ngapain. Gemes juga sih, untung sayang hahahaha.

hobi raffa mewarnai

Namun memang kalau hobi itu memang tidak bisa dibohongi, Raffa pun mulai menggambar sendiri. Ini karena tugas-tugas kakaknya juga sih. Jadi kalau si kakak ada tugas mewarnai, pasti ikutan minta dibuatkan sketsanya biar dia bisa mengerjakan juga. Berulang-ulang seperti itu, sampai dia saat 3 tahun mau saya ikutkan les sanggar mewarnai. Gurunya juga bilang kalau Raffa ternyata punya bakat, jadi memang kudu diasah.

Baiklah here we go!

Tahun berganti tahun, sekarang Raffa sudah usia 5 tahun dan memang suka mewarnai. Tahu tidak kalau lagi tugas mewarnai, hasil Raffi sama Raffa bedanya jauh banget. Lebih atraktif Raffa tentunya. Dan yah, yang pasti dia setiap hari mewarnai gambar atau printable yang saya berikan.

Saya juga senang memberinya printable macam-macam. Mulai dari pelajaran sekolah sampai printable untuk mewarnai. Bukan hanya Raffa saja, semua anak-anak saya juga berikan printable. Apalagi di dunia internet jaman now ini kita bisa banget menemukan printable untuk belajar anak. Kadang saya menggambar sendiri lalu kasih ke dia untuk diwarnai. Tapi kalau lagi males ya mendingan ngeprint saja dari internet.

Dan saya akhirnya bertemu Canva #CanvaBanyakBisanya


canva bisa buat printable mewarnai untuk anak

Siapa yang di sini sudah pakai Canva? Canva adalah platform desain terdepan di dunia karena Canva memudahkan siapa saja untuk mendesain. Sebenarnya saya sudah lama pakai, walau jarang digunakan. Mulai pakai serius itu saat bekerja di salah satu UMKM tahun 2019. Dan waktu itu karena admin yang pertama pakai Canva, mau tidak mau saya jadi ikutan sering pakai. Soalnya kan bisa sharing karya yang kita bikin

Nah semenjak itu pula saya hampir setiap hari saya ubek-ubek Canva biar bisa bikinin anak-anak printable, terutama Raffa buat latihan mewarnainya. Menurut saya sih mudah ya karena tidak perlu susah-susah cari contoh atau gambarnya.

Awal-awal saya pakai ya cuma ambil karakter yang saya mau terus diganti warnanya atau cari elemen hitam putih tinggal pilih selesai. Jadi deh satu gambar. Tapi sekarang saya baru tahu kalau ternyata ada banyak sekali template printable yang bisa dipilih di Canva.

Salah satu karya saya pakai Canva aja! Cucok meong kan?
gambat di canva

#CanvaBanyakBisanya banget kalau dipikir-pikir, kalau masih gaptek bisa langsung pakai template yang disediakan terus tinggal ganti yang kira-kira kita suka. Tapi kalau modelnya macam saya yang memang suka utak atik, ya cari elemen satu-satu sampai terbentuk kesatuan gambar.

Tapi memang Canva dibuat untuk semua orang bisa bikin konten apapun yang menarik. Canva ada di semua platform ya, jadi jangan bingung mau buka lewat mana.

But, yippie saya sukaaaak banget!

Cara Membuat Printable Mewarnai Dengan Canva #CanvaBanyakBisanya

mudahnya bikin printable pakai canva

Jadi dengan Canva kita bisa melakukan banyak hal, apalagi buat saya untuk bikin printable mewarnai anak dan pelajaran sekolah. Selain template yang bervariasi, dengan Canva juga kita bisa mengedit semua gambar sesuai selera kita. Pasti pada penasaran gimana caranya bisa buat printable mewarnai anak pakai Canva? Benar tidak? Tenang, ini saya kasih tau caranya ya!

Membuat printable menggunakan Canva ada 2 cara, yaitu :

1. Menggunakan elemen Canva satu persatu

membuat printable mewarnai pakai canva

Cara ini yang sering saya lakukan, karena kebetulan orangnya memang rada perfeksionis wkwkkw. Tapi inii sebenarnya mudah kok. Seperti tadi saya jelaskan di atas, kita tinggal mencari elemen yang disukai lalu ubah menjadi warna hitam putih saja selesai. Beberapa elemen di Canva kan bisa diganti warnanya memang sesuai mau kita.

Atau bisa juga cari elemen yang memang sudah hitam putih lalu semua elemen ini digabung jadi satu hingga menjadi gambar yang cocok untuk diwarnai anak-anak

Cari elemen yang disuka dan jangan lupa untuk ganti hitam putih
elemen canva untuk printable

Atau cari elemen hitam putih dan jadikan menjadi satu kesatuan gambar

pilih elemen di canva

2. Menggunakan template coloring di Canva

Nah, ini yang menurut saya memang paling mudah. Tinggal ketik saja di page template dengan keyword coloring, nanti keluar semua hasil printable coloring GRATIS dari Canva. Ini sih bukan mudah saja, tapi mudah baaaanget. Biasanya kalau saya lagi malas bikin, anak-anak saya langsung print yang ada di template coloring. Bukan hanya template mewarnai saja kok, buat belajar sekolah juga ada. Cocok banget montessorian sendiri di rumah. Ada ribuan template yang bisa dipakai, bikin kita ganti-ganti tiap hari.

printable canva gratis

Template ini bisa kita edit kok sesuai kebutuhan. Mau ditambahkan elemen lain ya bisa banget. Kan di #CanvaBanyakBisanya !

Seru kan ternyata pakai Canva ini? Yang pasti anak-anak saya bisa mendapat printable latihan mewarnai dan belajar di Canva gratis loh semua ini. Boleh banget download sebanyak mungkin malah. Proses stimulasi dan belajar anak saya pun jadi lebih mudah dan tentunya menyenangkan, tanpa saya kebingungan harus cari di mana lagi buat printable latihan anak. Baik bener deh Canva ini.

raffa senang mewarnai pakai canva

Oh iya jangan lupa bergabung di Facebook Group Canvaloveindonesia ya! Nanti kita juga akan melihat banyak banget karya-karya apik yang cuma pakai Canva saja! Bisa buat inspirasi kita sendiri untuk lebih pintar eksplor Canva yang punya banyak banget gudang elemen yang sayang kalau kita lewatkan.

Btw, jangan lupa langganan Canva Pro deh, biar dapat banyak keuntungan. Mulai Background Remover, Magic Resize, Brand Kit, Latar Belakang Transparan, Template Premium, Animasi Premium, Font Premium, Konten Tak Terbatas dan Content Planner bisa kita dapatkan kalau pakai Canva Pro.

Dapatkan semua yang ditawarkan gratis di Canva plus akses lebih. Akses semua template, alat editor yang efektif seperti Background Remover, dan semua font, gambar, video, dan grafik yang dibutuhkan hanya dengan Rp 95.000/bulan, dan bisa patungan hingga 5 orang* hingga jatuhnya hanya Rp. 19.000/bulan per orang.

Template bervariasi yang bisa dipakai karena #CanvaBanyakBisanya bikin saya mudah bikin printable mewarnai anak plus konten apapun jadi lebih mudah dan menarik tentunya. Hayooo siapa di sini yang sudah pakai Canva?

Mau nyobain Canva Pro Gratis? Cuss ke partner.canva.com/echaimutenan

Komentar

  1. Lhuukk pinter sekaliiii Raffaaa
    Aku jg mau uprek2 Canva ah.
    Mayan bgt utk postingan blog ataupun socmed ya kaann

    BalasHapus
  2. Memang kudu banget berterima kasih sama pembuat canva ini. Secara, orang yang blass ga bisa desain pun jadi bisa membuat sesuatu (meski hasilnya tetap bakalan beda sama yang keren ngedesain, setidaknya jadi sesuatu gitu loh hehehe). Tengkyu juga utk tips bikin printable- colouringnya. Aku malah belum pernah coba soalnya anakku pada ga suka menggambar. Tapi anakku yg sulung sudah coba2 ngerjain tugas pakai canva.

    BalasHapus
  3. Baru tau kalau bisa patungan yak. Aku juga pake Canva terbatas untuk isi blog, IG, bikin logo. Ternyata bisa diprint untuk anak2 mewarnai nih

    BalasHapus
  4. Canva memang keren sih orang yang nggak punya bakat gambar dan desain pun bisa bikin gitu. Macam saya ini yang males banget edit-edit gambar misalnya. Cukup pakai canva pilih template udah deh jadi. Next pengen nyoba utak atik canva ini sih

    BalasHapus
  5. Aku pakai Canva cuma untuk posting blog dan sosial media. Terakhir aku bikin untuk belajar abcd anak-anak tapi aku malah nggak kepikiran untuk buat bikin printable ☺ seru juga nih ya kayaknya bikin buat anak-anak 😗

    BalasHapus
  6. Waaa bisa aku tiru nih printable dari Canva untuk aktivitas anakku di rumah. Btw, bisa bisikin juga gak itu pensil warnanya pake apa? yang aman buat anak-anak?

    BalasHapus
  7. Aku juga udah patungan sejak lama nih berlima sama gankku wkwkw, jadi mayan banget deh bayar 120rb buat setahun,bebas desain apa aja. Btw ini aku belum coba loh yang bikin lembaran atau buku mewarnai buat anakku

    BalasHapus
  8. Aku merasakan nikmatnya pakai Canva Pro, Mak.. Dulu, pas mendesain trus lihat foto bagus, eh ngga boleh pakai. Begitu upgrade ke Canva Pro, mau pakai gambar yang mana aja, template apapun yang disuka, font apa yang lucu dan serasi dengan temanya, semua bisa. Ngga ada ruginya emang pakai Canva Pro tu..

    BalasHapus
  9. Anaknya Mba Echa suka mewarnai ya, pasti terbantu sekali buat ortu nyiapin printable dari Canva ini. Udah gitu bisa Kita pilih sendiri designnya. Memang pakai Canva ini lebih enak ya buat printable anak.

    BalasHapus
  10. Terbantu sekali dengan Canva buat bikin printable anak ya Mba. Designnya juga bisa sesuai yang Kita harapkan. Sebagai orang tua pasti seneng dong bisa mendukung bakar anak.

    BalasHapus
  11. Anak-anak memang punya keistimewaan masing-masing ya, Mak..Sukses buat ketiga soleh-gantengnya!
    Btw, makin mudah aja kini ya..bebikinan printable bisa pakai Canva..Mana bisa ditambah itu ini desainnya sesuai keinginan dan kebutuhan. Kapanpun bisa deh ngeprint dan belajar hal yang menyenangkan

    BalasHapus
  12. Saya berpikir selama ini bahwa Cannva itu hanya untuk konten kreator dan keperluan desain orang dewasa. Habis karena sudah tidak punya anak kecil saya jarang membuka fitur-fitur yang bisa digunakan oleh anak-anak. Bagus juga ya mereka jadi terasah rasa seninya lewat mewarnai dan mendesain apapun yang mereka suka

    BalasHapus
  13. Triple R beda-beda hpbi, malah seru itu ya di rumah ramai deh aktivitasnya.
    Syukurlah punya mama yg dukung apapun hobi anak, sampai dilesin ini itu ya untuk meningkatkan bakatnya.
    Udah bagus banget itu gambarnya, keren. Multi fungsibanget mmeang canva, sekarang bikin apa aja tinggal buka canva

    BalasHapus
  14. Selalu deh ada aja idenya mbak. Alhamdulillah ya ada Canva, semua bisa. Mau bikin logo, desain poster sampai bikin materi untuk si kecil bisa banget

    BalasHapus
  15. Dennise Sihombing6 Juli 2022 20.02

    Aku pakai Canva belum lama, baru 5 bulan ini. Pakai Canva untuk media sosial seperti IG & Blog. Masih yang gratisan nih. Lagi tunggu yang mau urunan ber-5 biar lebih murah biayanya mom Echa

    BalasHapus
  16. Canva emang keren. Fungsional. Bahkan anak kecil pun bisa belajar desain sama canva.

    BalasHapus
  17. dengan 19ribu perbulan, patungan canva premium buat printable trus dijual. Lumayan itu hasilnya bisa buat bayar canva lagi, hehe. Banyak kesempatan berkarya dengan Canva nih.

    BalasHapus
  18. Bisa juga ya bikin lembaran mewarnai untuk anak-anak belajar. Canva memang bisa banget bikin apa aja, meski aku belum pakai Canva Pro. Dan ternyata murah juga kalo langganan barengan, mau nyari teman yang bisa diajak patungan deh

    BalasHapus
  19. Wah iya, asik ya mbak kalau bisa bikin printable sendiri dengan aplikasi Canva ini
    Anak jadi makin semangat mengerjakan printable nya

    BalasHapus
  20. Raffa happy banget nih bisa makin sering mewarna berkat ada Canva yaa... baru ngeh loh bisa pilih template coloring gini. Kadang pengin juga nyobain kayak Raffa, mewarna dengan sepenuh hati. Udah tua gapapa kali ya ikutan mewarna untuk calming down, sekadar merilekskan diri dari himpitan kegiatan rutin sehari-hari. Duh lah bahasaku reeekkk...

    BalasHapus
  21. Kalau uda beralih ke yang pro, canva ini memang menjadi lebih memanjakan user yaa..
    Appsnya ringan dan bisa dibuka lewat website juga.
    Jadi sarana belajar anak-anak yang gape desain dan dominan otak kanan seperti mas Raffa.

    BalasHapus
  22. Bagiku itu canva segalanya mulai dari desain ilustrasi blog, konten IG pribadi kerjaan dan tugas, presentasi apa aja pokoknya canva, one stop design apps lah keren...

    BalasHapus
  23. Wah Echa sih jagonya Canva. Aku malah kenal Canva dari kamu, Cha. Sejak itu aku cari-cari dan install. Dari yang gratisan sampe sekarang pake yang Pro. Asyik ya, bisa ngapain aja. Bisa buat orang-orang rumah juga. Bantuin anak bikin ini itu juga di Canva.

    BalasHapus
  24. Pakai Canva apa aja bisa yaaa
    Termasuk desain untuk kertas gambar
    Ini di rumah juga biar gak main keluar mulu aku print2in gambar biar diwarnai, biar pada syebuuukkk wkwkwk
    Pakai Canva Pro lebih baik karena makin banyak pilihan template kerennya :D

    BalasHapus
  25. Saya juga pakai canva buat bikin media ajar. Power point juga lebih kece bikin dari sana. Banner blog pun juga. Memang praktis betul

    BalasHapus
  26. Aku juga pakai canva Mbak, canva banyak templatenya yang unik dan pada bagus-bagus utk mengedit gambar.

    BalasHapus
  27. Wuihh..nggak kepikiran nyari printable di canva.. biasanya langsung ke pinterest. Gak nyangka ada ternyata Yaa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!