Serunya Work Life Balance Emak Blogger Tiga Anak

work life balance emak blogger

Kalau ditanya apa saja yang saya lakukan sehari-hari, ya saya pasti bilang cuma ngurus anak saja. Karena misalnya saya jawab kerja pasti panjang jawabannya, jadi mending singkat saja. Yang penting work life balance aja dengan bahagia hehe, kan hidup kita ini.

Selama ‘kerja’ jadi blogger dan kemudian punya anak memang waktu yang harus saya bisa menej dengan baik. Ya gimana, kalau dulu kan ngeblog mulai belum punya anak lalu menikah punya anak dan bertambah anak pasti banyak berubah. Semua harus dikondisikan sesuai dengan ritme sehari-hari ngapain aja kan?

Kalau saya jujur ya, tidak pernah mengambil waktu bersama anak untuk bekerja. Jadi kalau mereka di rumah dan belum tidur ya saya tidak pegang komputer dulu. Nanti kalau mereka sekolah atau sudah tidur barulah komputer dipegang. Ini soalnya sudah komitmen dari awal sama suami yang memang boleh kerja tapi tidak boleh melupakan anak.

Baca cerita lain : 7 Alasan saya tetap ngeblog

Karena yang sekarang adalah waktu yang terpenting dan sangat mahal, makanya saya hanya mau mengerjakan kalau anak-anak lagi di sekolah atau sudah tidur. Saya tetap bisa ngobrol sama anak, saya tetap bisa tahu tumbuh kembang anak dengan mata kepala sendiri tanpa melihat layar hp atau komputer.

Terus kerjanya kapan? Selama ini saya kerja di malam hari rata-rata mulai jam 9 malam, tapi semenjak anak-anak sudah sekolah jadi sedikit santai karena saya bisa mengetik saat sekolah. Jadi waktu sekarang untuk melihat laptop memang lebih banyak.

Jadwal Harian Emak Blogger yang Mungkin Tidak Terlalu Menarik? Tapi Saya Hepi Kok!


Jadi kalau boleh diurutkan ya, jadwal saya itu bangun pagi sebelum subuh menyiapkan keperluan anak-anak sekolah termasuk menyetrika baju. Ketika suami bangun subuh langsung menyiapkan sarapan dan bekal, saya pun menulis. Sampai anak-anak bangun, solat, mandi dan sarapan, saya masih mengetik. Lalu ketika anak mau berangkat sekolah, saya berhenti mengetik karena harus bagi tugas mengantar ke sekolah sebelum jam 7 pagi. Saya antar yang r3, suami antar yang r1 r2. Oh iya, ini sebutan untuk anak-anak saya biar gampang ceritainnya ya!

Sampai anak-anak pada pulang sekolah sekitar jam 10-11 siang, saya punya kesempatan mengetik. Ya lumayan 1-2 tulisan jadi sampai jam segitu, kalau lagi mood hehehe. Setelah jemput anak sekolah waktu saya sudah tidak bisa digunakan untuk mengetik lagi sampai malam hari. Kecuali ada event online sesekali ya 1-2 jam ya paling gitu saja.

Baca cerita lain : Blog Plan 2022

Setelah anak-anak tidur, baru saya mengetik kembali. Untungnya, anak-anak saya itu entahlah jam 7 atau setengah 8 malam sudah tidur dari kecil. Nah, itu saya mulai bebas bekerja menulis blog kembali sampai ngantuk sekitar kurang dari jam 12 malam sudah tidur pokoknya.

Rutinitas itu berjalan setiap hari dan kalau weekend juga beda lagi. Biasanya saya sempatkan untuk mengajak anak-anak jalan-jalan kemana gitu sekeluarga. Ya paling tidak ada suasana lain di luar aktivitas sehari-hari. Itu buat saya hepi, suami hepi dan yang pasti anak-anak yang kelihatan paling hepi.

Saya dan suami juga rajin mengajak anak pergi staycation 2-3 hari saja. Ya, demi tidak stress kadang kan memang kudu refreshing. Selain weekend, ya setiap ada liburan sekolah atau beberapa bulan sekali kami menyempatkan diri buat liburan sekeluarga walau tidak jauh. Yang penting refreshing sejenak lumayan ngecharge hari-hari.

Tips Hepi Work Life Balance jadi Emak Blogger 3 Anak

1. IKHLAS DAN SYUKUR

Percayalah walau capek dan sibuk, tapi ini wajib banget disyukuri. Kebayang tidak berapa orang yang sudah kehilangan pekerjaan karena pandemi kemarin? Nah, dengan menjadi emak blogger kita masih bisa sehari-hari mengurus anak dan bekerja di rumah. Dapat penghasilan yang pasti tidak kalah sama orang bekerja kantoran. Betul kan?

Makanya ikhlas saja menjalaninya dan syukuri semua ya!

2. Utamakan anak

Emak blogger bekerja di rumah jelas itu untuk anak. Ya buat siapa lagi kalau bukan untuk keluarga? Betul kan? Karena itu JANGAN PERNAH MEMANGKAS WAKTU BERSAMA ANAK. Makanya saya punya jadwal nulis sendiri saat anak sekolah atau anak sudah tidur, ya karena ini. Ingat ya buibuk, waktu anak tidak akan terganti. Jadi jangan disia-siakan ya!

3. Siapkan budget dan waktu untuk berlibur rutin

Saya dan suami pasti mengajak anak-anak staycation ke kota sebelah atau sekedar jalan-jalan ke mana gitu yang bikin anak hepi. Kalau weekend, paling ajak anak-anak berbelanja atau menemani berenang. Kalau liburan sekolah pasti staycation biar ada suasa lain selain belajar. Ya nggak?

4. Olahraga rutin

Karena pasti di depan komputer kan saya duduk lama, karena punya riwayat HNP jadi saya mau tidak mau harus bisa menjaga kesehatan sendiri. Mulai postur tubuh saat mengetik hingga tetap olahraga rutin minimal sekali sehari. Ini biar tubuh kita tetap bergerak ya dan sel-sel tubuh tetap bagus metabolismenya.

Kalau saya lebih memilih treadmill dan sepeda statis buat olahraga setiap hari. Cukup 30-60 menit saja rutin dilakukan, insyaallah bekerja mengetik tidak masalah.

5. Jaga kesehatan dengan konsumsi makanan sehat bergizi dan rutin minum air putih dari Cleo

Sudah masuk usia mau setengah abad ya mau tidak mau harus jaga badan sendiri, apalagi jadi blogger otak kan diperes terus harus selalu kreatif. Jadi jangan lupa walau hanya bekerja di rumah kebutuhan nutrisi tetap dijaga. Dan karena saya mengetik setiap hari ya mau tidak mau harus sering minum air putih. Kalau mau gampang sih memang enaknya pakai air putih dari Cleo. Tinggal buka dan minum, glek glek glek.

Mungkin memang terkesan biasa karena memang ini adalah jadwal sehari-hari kebanyakan ibu. Tapi saya tetap bahagia menjadi emak blogger sampai saat ini. Saya berdaya di rumah, berdaya di ngeblog dan tetap bisa melihat semua tumbuh kembang anak-anak tanpa terlewat sedikitpun.

Kata orang work life balance wajib! Emak blogger pun!

Komentar

  1. Sebagai ibu 3 anak ni relate bgt dg kehidupan saya mbak Echa. Tapiiii saya kalau malam sering nggak kuat nulis jadi ketiduran mulu. Jadi terpaksa kalau ada job mesti bilang bentar ya ibu kerja dulu tapi dengan kondisi ada ras abersalah gitu..

    BalasHapus
  2. Aku jadi inget, kalau kebanyakan di depan laptop tuh kadang jadi super mager.
    Jadi sesekali keluar rumah buat main sama kucing, buat ngobrol sama tetangga, buat menunaikan apa yang harus ditunaikan.
    Asik banget yaa, kak Ech.. menikmati work life balance versi mahmud.

    BalasHapus
  3. Wah luar biasa anaknya sudah tiga tapi tetap aktif ngeblog padahal ngurus anak itu hmm suka greget sendiri sama mereka yang sering gangguin pas emaknya nulis. Tapi, menarik juga dan seru jadi blogger keren sih kalau bisa menghandle rumah tangga dan pekerjaan sekaligus. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!