7 Tahapan Skincare Untuk Pemula Yang Mudah dan Murah

skincare untuk pemula

7 Tahapan skincare untuk pemula yang mudah dan murah. Hulla, sudah lama kayaknya saya tidak menulis tentang kecantikan lagi. Padahal dulu, iya dulu, saya awal ngeblog itu beauty blogger. Yah atuh gimana, susah banget mengurus diri sendiri beberapa tahun terakhir. Sibuk sama anak wkwkw. Kebayang hamil-menyusui-hamil-menyusui-hamil-menyusui dan seterusnya. 

Now, it's time to use skincare routine

Oh iya catet ya, postingan ini tidak diendorse 1 brandpun. Karena kebetulan pakai dan member saja  makanya bisa share kelihatan hasilnya :*. Tulisan ini puanjangggg banget btw wkwk.

Tapi memang saya selalu percaya , pasti ada waktunya untuk merawat diri termasuk skincare-an. Entah ini karena pandemi terus gabut oles-oles muka terus, entah ini karena anak-anak belajar di rumah jadi lebih santai tidak antar jemput, atau juga entah karena terinspirasi film Korea yang ceweknya licin-licin gitu. Ya ampun uler aja kepleset pasti kalau hinggap di sana (Lagian ulernya iseng, ngapain ada di muka ye artis kan?). Cuma yang pasti ini karena ijin dan kesempatan dari suami yang membiayai saya pakai skincare. 

Soalnya kenapa harus ada ijin dari suami? Karena skincare-an kalau sudah berkeluarga pasti berbeda dengan skincare-an saat masih melajang. Secara ya, uyel-uyel muka pakai step-step atau tahapan skincare itu butuh waktu yang lumayan lama. Ya sejam kurang kalau saya mulai dari cleansing sampai krim muka nancep diaplikasikan. Nah, sejam itu pasti ada anak nangis, minta susu atau rewel dll yang mau tidak mau diwakilkan sama suami agar tahapan saat menggunakan skincare aman. Kering meresap semua baru pegang anak, iya ini saya lakukan biar skincarenya maksimal. Dan Alhamdulillah Papih mendukung :"). Tengkyu ya, Sayang!

Selain itu dukungan dari suami juga untuk membeli perlengkapan skincare yang pastinya butuh uang. Walau yang dipilih skincare untuk pemula, tetap butuh uang untuk membelinya kan? Secara ya keperluan ibu rumah tangga dan keluarga pasti sangat banyak. Misalnya beli 1 skincare 200 ribu untuk 1 bulan, nah 200 itu bisa buat makan sekeluarga 3 hari masak sendiri. Iya nggak? Kan lucu rasanya kita sibuk skincarean anaknya tidak makan :v. Untunglah Papih kali ini mendukung istrinya, duh jadi tambah klepek-klepek kan?

See? Pakai skincare bukan hanya pakai skincare kalau buat saya yang masih pemula. Skincare-an buat saya itu ada banyak pertimbangan, dan akhirnya setelah bertahun-tahun kesempatan mencintai diri sendiri itu hadir lagi. Alhamdulillah.

Biar tambah semangat bacanya, boleh banget lihat hasilnya dulu. Intinya skincare-an itu cuma satu RUTIN. Sekali lagi RUTIN. Kalau skip sejenak, ya sudah babaaaay.

skincare untuk pemula

Keterangan foto kiri ke kanan
Sebelum, lagi proses dan sesudah skincare untuk pemula

 
7 Tahapan Skincare Untuk Pemula yang Perlu Kamu Ketahui


Saya sendiri memilih perlengkapan skincare untuk pemula yang mudah digunakan dan murah harga terjangkau. JadI sengaja memilih skincare biasa di pasaran yang mudah dan murah harganya. Yaaa, rasanya masih sayang kalau beli yang mahal-mahal dan tidak cocok. Kan pedih gitu rasanya :"). Jadi namanya juga memilih skincare untuk pemula, mau tidak mau yang murah meriah, mudah dan manjur yang penting. HOHOHO.

Yang pasti juga, skincarenya harus aman untuk ibu hamil dan menyusui. Karena saat ini saya tidak hamil, tapi menyusui. Jadi harus banget-banget pilih-pilih produk yang tidak membahayakan proses menyusui saya buat anak. Ya nggak! 

skincare untuk pemula

Ini beberapa perlengkapan skincare saya, ada beberapa yang tidak terfoto seperti exfoliation dan produk cleansing plus moisturzer lainnya. Tapi saya jujur hanya pakai 3-4 produk skincare dan tidak pernah saya ubah sama sekali hingga saat ini. Iyes, karena kuncinya skincare kan rutin. Sayang saja rasanya sudah beli terus tidak habis dibuang huhuhu pedih. 

Jadi saya tegasin ya di sini produk yang saya gunakan untuk skincare-an itu : Pixy White Aqua Brightening Series, Galvanic Nu Skin, Mamaschoice, dan Young Living. Jadi yang bakal eike sebut ya produk-produk ini saja :D. No debat.

Kebetulan kulit saya termasuk yang normal, tidak kering dan tidak berminyak. Dari sejak gadis, kondisi kulit saya flat (Atau badak ya) dipakein apa saja masuk-masuk dan cocok-cocok saja. Kalau ingat masa muda sekolah dulu itu perlengkapan lenong anak gaoel jadul sudah hampir semua saya coba. Sebut saja puteri, she, la tulip (Kosmetik emak seh tapi suka) dll. Terus mulai kuliah dan kerja ke revlon, maybeline dll. Hampir semua cocok-cocok saja dipakai baik makeup dan pembersih penyegarnya dulu. Hanya satu kurangnya saya, males merawat muka dulu. Sudah makeupan lalu dibersihkan sudah sampai itu saja. 

Setelah tua (Ehem mo 40 ini), akhirnya nyadar kulit kok jelek banget ya. Gak mulus-mulus banget kayak artis Korea yang cling-cling. Kudu pakai bedak kalau tidak aduh kusamnya kulit. Dan kerut-kerut usia (Dan pikiran) yang tidak bisa bohong. Gaswat ini! Kalau tidak skincare-an dari sekarang kapan lagi! 

So, ini dia 7 tahapan skincare untuk pemula ala saya yang mudah dan murah! Cekidot! Ini sekalian produknya ya saya tulis.

1. Cleanser tahap 1

Micellar water Pixy white aqua

Gunakan cleanser tahap 1 atau double cleansing (tahap 1 dan 2), jika muka pakai make up yaaaa.

Saya menggunakan double cleansing ini kalau sehabis makeup-an. Tapi kalau tidak makeup sama sekali ya kerjaannya di rumah saja mondar mandir ya jarang. Tidak kemana-mana tapi habis bersihkan rumah, keluar ke minimarket dll ya saya pakai saja daripada kotoran debu nempel di muka. 

Makanya double cleansing pembersih ini awet banget saya pake. Tapi membersihkan sisa makeup itu perlu banget loh! Jangan sampai ada sisa-sisa kotoran  di pori-pori muka, yang ada jadi jerawat hiiiih ga cakep lagi nanti. Terus jadi sayang saja karena step tahapan skincare selanjutnya tidak maksimal digunakan.

Produk pembersih muka ini sangat banyak dan jangan lupa gunakan yang sesuai jenis kulit ya!  Ada banyak pembersih seperti micellar water, cleansing milk, cleansing oil, cleansing wipes juga bisa. Saya sendiri kadang kalau males banget cuma pakai tisu basah mooimom dikasih double cleansing saja.

Baca juga

Untuk double cleansing saya pakai pembersih micellar water dari Pixy. Karena lembab banget, enak dipakai, dan keambil semua makeupnya. Btw saya sendiri lagi ngumpulin cuan buat beli ageloc wash Nu Skin. Kayaknya enak gitu dipakainya xD


2. Cleanser tahap 2

Galvanic spa nu skin

Nah, sebelum masuk tahap ini saya biasanya pakai Galva Nu Skin plus gelnya 3 kali seminggu saja. Ada dua gel yang kudu dipakai warna putih dan biru (Ageloc gel) dan gunakan alat galvanya mode satu lalu dua berurutan. Ini makan waktu ada kali setengah jam. Pas beli Galva Nu Skin ini deg-degan takut ga cocok secara harganya hampir 5 juta. Alhamdulillah cocok dan kerutan jadi mayan banget berkurang. Ada yang pakai ini setelah pakai facial wash, tapi entah ya saya pakainya selalu sebelum :v.

ageloc gel galvanic spa

Sehari-hari, cleanser facial wash yang saya pakai itu ada 3 merk hahaha. Dipakai gantian saja, ada face gentle wash Mamaschoice, ada facial wash Pixy dan ada facial washnya Nu Skin. Pas sediambilnya saja, yang penting pasti pakai. Yang Nu skin dan mamaschoice lembutttt banget lembab banget. Kalau yang pixy bersihnya jadi keset gitu xD.

skincare untuk pemula
3 Facial wash yang saya pakai

facial wash pixy
Nih kan, gemssssssssss bangetttt 

Saya sendiri sukaaaaaak sama facial wash Pixy. Soalnya ada gosokannya gitu wkwkw. Dia bentuk busa enakeun, cuma entah gimana saya lebih sering pakai facial cleansernya Nu Skin. Lembut ke muka. Tapi gosokan ya pakai pixy wkwkwk. Akur pokoknya maaaah.

3. Toner

skincare untuk pemula
z
Sebenarnya, tahapan ini sering saya skip. Karena saya habis cleanser biasanya langsung pakai exfoliation merk Nu Skin. Enak discrub gitu. Habis dibilas enaaak mukanya.

4. Essence

skincare untuk pemula

Setelah muka dikeringkan, saya gunakan essence cepat-cepat. Jadi sebelum 10 menit baik essence dan serum sudah saya pakai ke muka. Karena setelah mandi atau dibersihkan, muka itu emang paling cepat meresap. Karena tadi toner sering diskip gantinya essence ini :D.

5. Serum

serum skincare untuk pemula

Saya pakai 2 serum, yaitu Pixy white aqua brightening serum dan FSS yang ada kandungan retinolnya. Sebenarnya retinol ini untuk ibu hamil menyusui tidak boleh digunakan, tapi ini kebetulan sudah punya stok banyak sebelum hamil Rafif :v, jadi saya teruskeun waeeee. Cuma kalau sering ya saya seringnya pakai yang serum white aqua Pixy.

Jangan lupa dikipas-kipas biar cepat kering dan dipijat-pijat perlahan ya muka saat pemakaian serum biar masuk ke kulit wajah.

6. Masker yang tidak pakai dibilas

masker skincare untuk pemula

Saya pakai power mask galvanic Spa. Jadi saya pakai maskernya dan pakai alat galvanic spa mode 5 selama 15 menitan-30 menit. Ini dilakukan 2-3 kali seminggu.

Ada banyak sekali sebenarnya masker yang tidak perlu dibilas ini dipasaran. Tapi lagi-lagi, karena saya pakainya merknya 3-4 itu saja ya pakai yang ada kan?

Setelah kering (Biasanya saya kipas-kipas biar cepet), bisa dilanjut eye cream. Sialnya, saya jarang pakai krim mata huhuhu sedih. Jadilah mukanya kinclong, tapi matanya panda wkwkwk. Tapi ini baru pakai kok serum mata :D. Doakan cocok ya.

Nah, ada oil young living yang teratur saya pakai setelah penggunaan serum. Yaitu copaiba dan franckincense, keduanya bekerja cantik di mukaku uwuwuwuwu. Jadi saya pakai frankincense 1 tetes lalu diaktifkan dan tepuk-tepuk ke muka. Iya gitu saja. Kalau copaiba saya pakai semisal lagi ada jerawat, lecet, dll. Jadi dia bakal bekerja menyamankan muka saya :").  

oil young living kecantikan


7. Krim 

moisturizer spf skincare untuk pemula

Untuk krim pagi, saya menggunakan Face moisturizer Mamaschoice dan Pixy White Aqua Brightening Moisturizer. Salah satu saja saya pakai tiap hari dan 2-3 kali oles sampai sore mau mandi. Moisturizer ini sudah ada sunscreennya. Sebenarnya banyak saran agar moisturizer dan sun screen dipisah pemakaiannya, tapi berhubung eike mager boooo ya udah yang ada saja.

sleeping mask skincare untuk pemula

Untuk krim malam, saya pakai sleeping mask Pixy brightening white aqua. Ini adem-adem gitu sensasinya, entahlah enaaaak pokok e. Pas bangun pagi, kenyal-kenyal gitu mukanya. Seneng lihatnya. 

Cuma saya suka bilang sama suami kalau lagi pakai krim malam, "Kalau ngambung, ojok kenceng-kenceng. Biar krimnya ga ilang". Wkwkwkw, Nah kan, dukungan suami besar banget kan kita skincare-an :v. 


Hasil Pakai Skincare Untuk Pemula Setelah lebih dari 3 Bulan


Semua kehidupan sukses itu butuh proses, termasuk pakai skincare.Butuh proses panjang biar manjur dan terbukti hasilnya. Makanya di atas sudah saya singgung, daripada terus-terusan beli skincare mending diteruskan pakai sampai ada hasilnya. Lah baru pake seminggu belum ada hasil dah ganti merek lain. Jangan ya, mending dipakai sampai sebulanan atau sampai habis gitu. Paling nggak kita ikut buat mengurangi sampah botol dan plastik yang biasa dipakai buat skinkeran. Mane ada skincare pake kertassssss xD. Ingat cuy SAMPAHH hayo minimalisir.

Nah, aku mau pamer hasil perjuangan setelah 3 bulan ya. Yaaaa perlu prosesss yaaaa. Kalau mau cepet hasilnya ya OPERASI PLASTIK saja :v. FYI, selama pakai skincare ini saya dah tidak pakai krim racikan lagi ya :D. Dulu saya perawatan pakai Natasha, tapi pas kenal Nu Skin dan Pixy ga jodoh gitu krim Natasha-nya ke muka saya. Yang ada kulit makin tipis dan perih. Makanya sudah tidak pakai krim racikan lagi, malah berdoa kalau bisa saya swap ke natural semua. Soon.

Baca juga : 

BAEKLAHHH. Ini dia proses skincare saya dari bulan ke bulan selama pandemi. Lumayan ada hasilnya selama pandemi berlangsung. Wkwkwk. 

skincare untuk pemula

Ini wajah saya saat dandan. Dulu saya pakai Natasha krim malam dan sebelum mencoba skincare yang lebih ringan. Bisa kelihatan ya itu kulitnya apaan bersisik di pipi. Pakai make up tidak menyamarkan malah tambah keliatan huhuhu. Dan lihat keriputnya buuuuuanyak banget sekitar mata huhuhu.

skincare untuk pemula

Ini setelah menggunakan skincare lebih kurang 2 minggu. Awalnya Natasha saya pakai bersamaan Nu Skin dan Pixy. Tapi ternyata bikin gatel, perih dan panas. Akhirnya saya pakai Nu Skin dan Pixy saja wes daripada napa-napa. Ternyata keduanya berjalan cocok boooo!

Akhirnya saya pakai 7 step tahapan skincare untuk pemula di atas. Wajah setelah pemakaian 2 minggu mulai terlihat tidak bersisik dan menyatu. TAPI, bisa keliatan spot-spot dinding kulit wajah yang tipis. Seerius, serem banget itu saat saya pentangin kelihatan dong aliran darah gitu. OMG, berarti krim dulu itu bikin kulitku tipis ya :(. Huhuhu. 

Gpp, 2 minggu kulit mulai kinclongan dikit. Foto ini saya pakai make up ya, bedak maksudnya. Tapi kulitnya dah mulai licin. Duh senangnyaaaaaaaa.

skincare untuk pemula

skincare untuk pemula

Setelah 2 bulan, mukaku jadi nyatu kulitnya. Tidak ada sama sekali sisik saat dandan atau tidak dandan. Dan saya sudah mulai berani keluar atau zoom tidak bedakan atau makeupan. Eh pakai seh, pakai alis, eyeliner dan lipen saja. Sisanya berani polosan.  Seneng banget lihat hasilnya. Papih apalagi lihatnya kayak lihat istrinya menjelma jadi cling-cling tambah sayang :v. Nanti beliin terus ya, Pih.

skincare untuk pemula

Dan ini foto kemarin 9 Agustus 2020. Setelah 3 bulan skincare-an, mukaku jadi glowing, shining, brightening. Ya ampun, senang banget rasanya muka jadi 'cantik' kembali kayak muda dulu. Sampai niat banget nanti anak-anakku walau laki semua kudu menjaga kebersihan muka dan skincare-an tipis-tipis.

See perjuangan tidak pernah bohong. Seneng rasanya membahagiakan diri sendiri dan suami :"). Papih suka bilang, "Istriku cantik sekali. Mukane iso kinclong-kinclong". Duh, jadi makin klepek-kelepek dipuji kaaaan.

Iya, ini pertama kalinya kinclong glowing kembali setelah bertahun lamanya tidak merawat diri karena pertimbangan banyak. Dan saya bangga bisa (walau hanya) seperti ini:"). Alhamdulillah.

Skincare untuk pemula ini beli dimana saja?


Untuk produk Pixy, saya beli di lotte mart. Di bagian perawatan kecantikan gitu. Kan ada macem-macem produknya, terus pilihan saya ke Pixy. Koleksinya lengkap. Kok ga beli online? Maafkeun waktu itu masih mikir mau pake produk apa buat skinkeran. Kalau ga salah ada ponds, safi, wardah dan Pixy. Terus saya pilihnya Pixy :D. Udah gitu saja. 

Untuk produk Mamaschoice, bisa beli di Shopee-nya Mamaschoice. Terus pakai saja kode voucherku MAMAEIMUT buat belanja minimal 150 ribu dan nanti bakal dapat diskon 25 ribu. Mayan kan? Atuhlah, eike baeeek memang bagi-bagi pocer :v.

Untuk produk Young Living dan Galvanic Spa Nu Skin, bisa ke saya dong. Kan saya member distributornya hoho, kirim message saja ke instagram @echaimutenan yaaaaa kalau mau. Nanti dibantu order yang asli plus edukasi sekalian :*. Manjurr kan keliatan di saya hasilnya :*.

Yo wes, itu saja sharing postingan yang super panjang tapi saya seeeeenang sekali nulis pengalaman skincare-an ini. Serius. Tidak nyangka mukaku bisa bagussssssssss gara-gara skincare-an :"). Dan yang paling menyenangkan, saya bisa mencintai diri sendiri kembali :"). MasyaAllah.

Semangat ya yang lagi skincare-an. Tua boleh, tapi muka kudu mulus glowing donk!! Yuk mulai pakai skincare untuk pemula yang mudah dah murah dari sekarang!

38 comments:

  1. Buat urusan skincare aku pun telat mak 😂 baru sadar betapa pentingnya merawat kulit wajah di tahun 2016. Tahapannya pun ada 7 setiap pagi dan malam

    ReplyDelete
  2. Oh gotu ya Mak. Noted Mak. Makasih sharingnya. Saya juga baru memulai nih mau melakukan perawatan. Udah tua kudu dirawat, terutama wajah.

    ReplyDelete
  3. Gloowing banget yaaaaa Cha

    Aku selama ini memang belum kepikiran lagi merawat kulit tapi lately kok tambah kering gitu

    ReplyDelete
  4. for skin sake ak pakai serum, eye cream sama sunscreennya mbaaak,,, ringan dikantong tapi nyereeep banget.. mereka tu ada retinol cream yang abis mulu mbaak... ak penasaran kata orang2 si baguus...

    ReplyDelete
  5. Apalagi Echa yg masih kinclong, bunda aja yg tuwir tetep merluin skincare pdhal kulitnya udah ikutan ke kanan ke kiri je atas ke bawah teuteup dirawat atuh da kosmetiknya dibeliin anak2 jd kl gak dipake kan mubazir. Kl BIOKOS beli sendiri mah atuh sayang uangnya, hehe. Btw Echa kulitnya kayak mukut baby kaki ya, hakus tanpa pori2. Kinclong pokok na mah wlp dah berbuntut 3 jagoan' semakin disayang aja ama si Papih.

    ReplyDelete
  6. Hihihi...curhat pol ya, mbak, jadinya puanjang. Semangat selalu pejuang kulit glowing!

    ReplyDelete
  7. Jd pengen telaten lg pake skincare meski gk selengkap Mba Echa, hihi. Tp emang sih ngerawat diri bth dukungan suami, klo gk ambyar, lupa mulu, wkwkwk

    ReplyDelete
  8. ya ya tua boleh tapu muka kudu tetep glowing.

    Sedari dulu saya suka pakai produknya pixy tuh yang facial wash sama bedak padat aja. Yang lain-lain belum pernah

    ReplyDelete
  9. mbak.. you looking so fresh deh.. dirumah aja tetep glowing lho.. dan harus banget yee kan tetap merawat wajah dalam kondisi apapun.. ini sih panduan yang lengkap dan layak banget diikuti oleh para pemula dalam dunia skincare

    ReplyDelete
  10. Mbae jd glowing bgt dan aku pengen juga mulus gituu..

    Ini pori2 kebuka parah deh. Katanya retinol bisa ngurangi plus ilangi jerawat scar juga.

    Dirimu utu retinol fss larang gak mbae?
    Pixy aku yo naksir face washnya ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ikutan request bahas produk ini, kak Echaa..
      Aku juga punya dark spot yang kayanya akumulasi dari masa muda yang gak pernah pakai sunscreen gitu.

      Delete
  11. wahh lengkap bgt skincarenya mbak. jd mupeng nih. pengen cobain yg pixy dulu kayaknya.. :)

    ReplyDelete
  12. Wuaah, after skin care tidak pakai bedak saja sudah kelihatan kinclong loh, Mak.Bisa ya ternyata. Saya ini nih gak telaten skin care-an .... paling ingat serum saja sama sabun cuci muka.

    ReplyDelete
  13. Uwaa inibyang kapan hari di igs itu ya. Hadilnya glowing banget mbk.. Aku pibgin beli facial wash yang ada gosokannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbkk, mau dong direkomendasikan produk oil young khusus kulit wajah berjerawat.

      Delete
  14. aku tu musuhnya konsistensi tu lo mak echa..makanya impossible banget nampak imut kayak mak echa ahaha. Kalo lagi rajin ya maskeran segala. Tapi kalo ilang rajinnya ya udaaah...dudududu

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu juga aku gak konsisten mbak tapi skr harus disiplin maklum udah faktor U biar kulitnya terjaga

      Delete
    2. kayaknya harus pasang foto dengan aplikasi wajah yg tampah tuwir itu yaaa..biar termotivasi utk konsisten hehehe

      Delete
  15. Senangnya bisa skincare-an lagi ya. PIxy semua nih kebanyakan. Aku belum pernah nyobain serum Pixy hasilnya gimana?

    ReplyDelete
  16. Aku pake si frank juga Mbak. Emang bikin muka jadi glowing. Cuma kalau aku suka dicampur sama moisturizer, kalau ditetesin gitu aja suka malah bikin kering ehehe. Dan sayang aja jadinya ga merata.

    ReplyDelete
  17. Beughh..komplit bener skincare dan tulisannya mak. Wkwkwkw. Kalau lihat beberapa produk Nu Skin di atas tuh, saya jadi kangen ke rumah cantiknya. Iya, salon yang khusus pake produk Nu Skin gitu~

    ReplyDelete
  18. Rajin amattt sampai 1 jam skin care an. Pastesan mukanya jadi imut tenan wkwk

    Wah senengnya yg bs pakai facial wash sampai 3 brand gantian. Tapi bener ya..inti dr wajah glowing adalah rajin atau tidak menjamah wajah secara teratur haha

    ReplyDelete
  19. Aku pengen coba yg Galva Nu Skin, pada bilang bagus, terutama yg jd distributor and membernya ya Lol, temenku sendiri bilang bagus, cuma aku blm mau coba krn blm tertarik sama Nu Skin.

    ReplyDelete
  20. Penasaran sama Galvanic jadinyaa...
    Kak Echa keren banget perawatannya, ini mah gak pemulaaa...heuheu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa...asyik banget tuh kalau punya sendiri di rumah. Gak perlu ke salon n spa di luaran lagi. Tinggal ngegalva sendiri aja~ Soalnya saya cobainnya ya kalau pas ke Rumah Cantik yang pake produk Nu Skin doang.

      Delete
  21. Memanjakan tubuh dengan merawat diri itu satu keharusan ya Mba Echa... biar tetap tampil dengan performa terbaik....

    ReplyDelete
  22. iya yah izin suami dulu tapi sayangnya skinkerku ga segini banyak mbayu wkwk..ya ampun kumerasa bukan pemula juga hahaha krn jujur skinkeranya simple

    ReplyDelete
  23. Aku yang awam jadi paham bahwa seperti inilah tahapan skincare
    Jadi simpan buat dua anak gadisku kelak

    ReplyDelete
  24. HHahahaa, perlengkapan lenong gaol pada jamannya, ngehits banget yaa ituuh.
    Setuju banget ama Echa, skinker dulu ama sekarang emang bedda, aplagi usia, tergantung kebutuhannya masing2 .
    GIlak 7 step maah, aku nyeraah...
    Tapi hasilnya itu Cha, glowiing, keknya semut enak perosotan di sana.

    ReplyDelete
  25. Waw stepnya banyak banget chaa...
    Tp ku kihat kayaknya konsistensi nih yg paling penting
    Klo soal produk kab jatohnya cocok2an yaa
    Tp klo hasilnya memuaskan dan bs bebas dr make up..
    Worth it jg ya buat dijalani

    ReplyDelete
  26. Wah, urusan skincare-an emang di usia sekarang penting banget sih...Bukan cuma biar glowing tapi biar sehat dan bebas keriput ntar-ntar...Butuh konsistensi ya...Kalo pagi sih masih rajin, pas malem itu suka kadang kelewat hehe

    ReplyDelete
  27. tahapannya banyak banget ya mbak. jadi suka lupa gitu loh kalo dipraktekin hihii.. thanks untuk tipsnya.

    ReplyDelete
  28. Kok aku jadi pengen nyobain facial washnya si Pixy sih, karena penasaran itu ada gosokannya. Ini kelihatan sih menurutku perubahannya kulitnya jadi lebih bagus CHa, kunci skincare itu emang harus rajin dan telaten.

    ReplyDelete
  29. Hasilnya okee beneran di wajah ya. Aku pakai krim malam aja suka malas dan lupa, haha. Tapi lihat kaya gini jadi mupeng pengen perawatan wajah lagi ih

    ReplyDelete
  30. Wuihh Echa makin glowing, aku nih masih on off banget Cha kadang rajin kadang kumat malasnya padahal wis 40 ngga insyaf jugaaak huhu

    ReplyDelete
  31. aduh..aku buta banget klo masalah skincare gini mba.. Susah konsisten kayaknya.. aku pake handbody aja klo pas inget doang. Bedakan juga klo inget.. tapi thanks deh mbak, kali aja suatu hari nanti pengen skin care an, jadi ada gambaran

    ReplyDelete
  32. Wah wajah Echa jadi kinclong, sehat seperti itu, senangnyaa.
    Aku termasuk yg males ngerawat wajah dan baru-baru 1 tahunan ini belajar disiplin bersihin wajah kalau mau tidur. Nggak banyak sih, cuma cuci muka, toner, serum dan pelembab. Itu aja, untuk produknya, dikasih anak sulungku dapat dari hadiah2 giveaway hehe.

    ReplyDelete
  33. Mbak Echaaa aku kan memulai merawat wajah dengan skincare blablabla yaa trus sering kelewatan. Hahaha. Udah malam, ngantuk, baru step ke sekian udah dipanggilin bocah.

    Mau coba istiqomah biar kinclong kayak Mbak Echa

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^