3 Tips Aqiqah Hemat Agar Mampu Tunaikan Kewajiban Untuk Anak Tersayang

Posting Komentar
3 Tips Aqiqah Hemat Agar Mampu Tunaikan Kewajiban Untuk Anak Tersayang

Kalau dipikir-pikir, saya dan suami mengaqiqahkan anak-anak itu semua bukan saat awal di hari ketujuh mereka lahir. Berhubung memang di perantauan dan tidak ada keluarga yang membantu, mau tidak mau kami melakukan tips aqiqah hemat saat semua kondisi kembali normal lagi. Ya salah satunya mengambil layanan seperti aqiqah Cimahi saat itu.

Soalnya jujur, habis lahiran itu jangankan mau mengurus banyak hal, untuk menyusui saja sambil mengasuh anak lainnya itu perlu perjuangan. Belum untuk pengeluaran lain, jadi kami ya rata-rata memang tips aqiqah hemat saat usia toddler. Ya namanya juga proses adaptasi dalam banyak hal kan?.


Tapi mau sharing sedikit ya beberapa hal seputar tips aqiqah hemat dan hal lain yang mungkin bermanfaat buat orang tua lainnya.

Kapan Aqiqah Anak Dilaksanakan?

Kapan Aqiqah Anak Dilaksanakan?

Batas aqiqah anak sampai umur berapa? Batas aqiqah anak adalah sampai orang tua mampu melaksanakan akikah. Karena hukum aqiqah adalah sunnah mu’akkad dan wajib dilakukan bila mampu. Mampu di sini bukan hanya dalam hal keuangan saja, tapi juga kondisi lainnya. Dan perlu diketahui kalau aqiqah dalam Al Quran tidak ada ayat yang menjelaskan secara detil, jadi pegangan saya dan suami adalah hadits yang shahih.

Sahkah aqiqah sebelum hari ketujuh? Aqiqah disunnahkan dilaksanakan pada hari ketujuh dihitung dari hari kelahiran. Walau untuk haditsnya ulama sepakat masuk ke dalam hadist hasan.

قَالَ كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.”

Waktu utama aqiqah adalah hari ke-7 kelahiran, kemudian hari ke-14 kelahiran, kemudian hari ke-21 kelahiran, kemudian setelah itu terserah tanpa melihat hari kelipatan tujuh. Walau pendapat ini lemah, jadi sebenarnya aqiqah dilaksanakan setelah waktu tersebut diperbolehkan. Karena yang penting aqiqah terlaksana kan?.

Ingat ayat Al Quran dalam surat At-Taghabun Ayat 16:

فَاتَّقُوا اللّٰهَ مَا اسۡتَطَعۡتُمۡ وَاسۡمَعُوۡا وَاَطِيۡعُوۡا وَاَنۡفِقُوۡا خَيۡرًا لِّاَنۡفُسِكُمۡ‌ؕ وَمَنۡ يُّوۡقَ شُحَّ نَفۡسِهٖ فَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُفۡلِحُوۡنَ

"Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan infakkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barang-siapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung"

Jadi beribadahlah sesuai kemampuan, jangan dipaksakan!.

Biaya Aqiqah Habis Berapa?

Biaya Aqiqah Habis Berapa?

Kalau melihat hadis shahih dari Ibnu ‘Abbas seperti riwayat Rasulullah SAW:

أن النبي صلى الله عليه وسلم عق عن الحسن والحسين كبشا كبشا

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengaqiqahi Al Hasan dan Al Husain masing-masing satu ekor kambing.” (HR. Abu Daud)

Akikah untuk anak laki-laki dua ekor kambing bagi anak laki-laki dan bagi anak perempuan seekor kambing. Namun kalau tidak mampu dan hanya bisa mengaqiqahi dengan seekor kambing bagi anak laki-laki, itu juga tetap sah kok!. Jadi bayangin biaya akikah 3 anak laki-laki saya hehehe. 

Baca JugaAnak Aktif

Biaya aqiqah ditanggung siapa? Biaya akikah ditanggung oleh ayah selaku pemberi nafkah dan tidak boleh orang lain melakukan aqiqah selain izin ayah. Dan itu tetap merujuk pada orang tua pada saat melakukan aqiqah harus keadaan mampu.

Yang pasti aqiqah tetap dianjurkan walaupun diakhirkan sebelum usia baligh, karena kewajiban orang tua menjadi gugur. Setelah itu anak punya pilihan akan mengaqiqahi dirinya sendiri atau tidak, walau ini juga tidak perlu dilakukan.

Tips Aqiqah Hemat Tanpa Ribet

Tips Aqiqah Hemat Tanpa Ribet

1. Menabung Sejak Anak Dalam Kandungan

Sebenarnya ini juga sudah saya lakukan, tapi ternyata biaya lahiran itu bukan hanya biaya RS saja. Namun juga ada biaya popok, vaksin, baju, bantal peyang dll. Jadi kebanyakan yang saya alami semua biaya teralih ke sana.

Tapi tips aqiqah hemat ini bisa membantu orang tua dalam mempersiapkan aqiqah tepat di hari ke-7 kelahiran. Yang penting tetap bedakan menabung untuk anggaran akikah dengan anggaran lainnya. Saya dan suami juga sebenarnya bisa aqiqah anak-anak dengan menabung, walau saat mereka usia toddler. Dan saat itu kami merasa mampu untuk mengakikahkan anak.

Oh ya, jangan berhutang untuk melakukan aqiqah anak ya. Ingat, lakukan sesuai kemampuan.

2. Tentukan Rencana Aqiqah Anak dengan Baik

Dengan membuat rencana akikah yang rapi, mulai biaya, yang diundang, hampersnya, acaranya hingga lainnya perlu diperhitungkan secara detail. Ini untuk menyesuaikan tabungan aqiqah anak yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jangan sampai nombok.

Percaya nggak? Semua anak-anak saya itu acaranya sederhana sekali, tidak ada undang-undang orang. Dan hasil masakan aqiqah anak saya kirim ke yayasan atau panti asuhan semua. Ya kebetulan kami memang simpel orangnya. Yang penting alhamdulillah aqiqah terlaksana dengan baik. Alhamdulillah, Allah yang tahu.

3. Pilih Layanan Aqiqah yang Terpercaya

Nah, ini menurut saya dan suami sangat membantu. Karena selain hemat layanan dapur aqiqah Cimahi salah satunya, ada banyak paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan acara aqiqah anak-anak saya. Terus jangan lupa kalau pakai layanan paket aqiqah gini harus dipastikan menyembelihnya sesuai syariat dan terpercaya.

Ada beberapa jasa aqiqah yang memberikan tester makanan juga, jadi biar tidak khawatir kita masakannya enak apa tidak. Selain itu, juga ada biasanya diberikan hadiah buat kelahiran anaknya.

Sekali lagi jangan lupa sesuaikan dengan budget, jangan dipaksakan. Mengingat aqiqah itu sunnah mu’akkad, dimana dijalankan dapat pahala bila tidak dikenakan sanksi. Namun ketika mampu, disarankan orang tua untuk melakukannya.

Wallahualabissawab

Itu tadi tips aqiqah hemat yang sudah saya dan suami tunaikan untuk anak-anak. Semoga bermanfaat ya dan semoga dimampukan untuk aqiqah anak tanpa dipaksakan. Aamiin.

Related Posts

Posting Komentar