3 Cara Merawat Sepeda Motor Ala Emak-emak

4 komentar
3 Cara Merawat Sepeda Motor Ala Emak-emak

Siapa di sini yang biasanya suka tinggal pakai sepeda motor saja? Toss lah sama, saya juga begitu pokoknya tahunya pakai saja tapi cara merawat sepeda motornya ga benar.  Biasanya tipe emak-emak kayak saya ini memang kurang peduli *eh. Yang penting selama mobil bisa jalan ya sudah tancap gas. Ngeeeeng!.

Padahal ya bensin sudah mau habis, ban sedikit kempes, oli sudah hampir kering. Nah loh! Yang ada kan nanti bakal bingung kalau sudah kejadian mesin rusak. Kebayang tidak? Tadinya sepeda motor bisa dipakai jadi rusak karena perawatannya buruk. Sayang banget loh!. Tapi saya sebenarnya sudah pernah kejadian turun mesin, jadi sekarang sudah tahu BIG NO NO lagi tidak merawat sepeda motor rutin. Harus benar-benar tahu cara merawat sepeda motor ala emak-emak.

Cuma ya namanya emak-emak ya kadang suka ‘kurang peduli’ atau ‘yang penting beres’ sepeda motor bisa dipakai lagi. Padahal kita sebenarnya harus tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat service rutin sebagai salah satu cara merawat sepeda motor. 

Cara Merawat Sepeda Motor ala Emak-emak yang Benar dan Tepat!

1. Tahu apa saja bagian yang wajib dicek saat service motor

Kalau tidak tahu ya belajar, tanya! Jangan diam saja. Jadi saya paling tidak tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat service motor.

Yang pertama cek oli mesin karena berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Biasanya tiap 2500 km wajib ganti oli mesinnya. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Lalu jangan lupa sama oli Gardan yang wajib banget buat motor matic. Jadi saat sudah 2 kali ganti oli mesin, baru ditambah 1 kali oli gardan atau oli motor matic ini.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah busi, kampas rem, filter udara, aki atau Accu dan tentunya ban juga penting. Ya kali semua bagus tapi ban bocor ya tidak bisa jalan juga. Betul tidak?. Cek saja bannya gundul atau tidak, biar pakai sepeda motornya aman!.

2. Service rutin tune up

Ini yang penting sebagai indikator cara merawat sepeda motor ala emak-emak yang benar. Service motor tune up yang merupakan servis rutin ini meliputi pemeriksaan semua komponen soalnya. Nah bagian-bagian yang perlu diperhatikan di poin pertama tadi semua akan dicek keseluruhan. Selain itu juga suka dicek tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau saya setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

oli mesin motor


3. Ke bengkel servis motor terbaik dan terpercaya saja yaitu Planet Ban

Cuma karena sekarang banyak sekali bengkel yang suka nackal gitu kan. Kesel kadang lihatnya, bukannya motor jadi baik malah jadi ancur dan biaya makin gede. Makanya cara merawat sepeda motor ala emak-emak ya paling benar langsung datang ke Planet Ban. Lebih hemat dan servisnya bikin motor rasa baru. Sudah paling benar pokoknya di sana!.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Terus tahu tidak kalau oli yang digunakan di Planet Ban punya teknologi tinggi, sehingga meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Spare part jadi lebih awet kan. Padahal cukup ganti oli rutin tiap 5000km saja seperti 4-6 bulan. Hemat kan!. Siapa coba emak-emak yang ga suka kata hemat dan irit!. 

Dan ternyata kalau kita tahu cara merawat sepeda motor ala emak-emak ini ternyata ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Jadi, sudah tahu kan cara merawat sepeda motor ala emak-emak dengan baik dan benar? Cuss lah ke Planet Ban!

Related Posts

4 komentar

  1. Sebagai emak-emak yang jago di jalan dengan motornya wajib paham juga masalah merawat motor. Wah planet ban memnag andalan untuk tempat servis motor. Jarang-jarang ada yang murah dan berkualitas. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Kupikir Planet Ban cuma buat ganti ban atau servis ban aja.
    Ternyata bisa servis motor lengkap
    Enaknya deket rumah ada & cabangnya banyak

    BalasHapus
  3. Baru tahu juga planet ban nerima servis motor juga. Tapi tetap saja rasanya saya agak ragu kalau suruh servis ke sana, hehehe

    BalasHapus
  4. motor ku KM nya mati, jadi aq service motor kadang kelupaan wkwkwk sampe pernah 1 tahun baru service wkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar