Perjuanganku Melawan Limfoma Hingga Mencari Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang

31 komentar
Perjuanganku Melawan Limfoma Hingga Mencari Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang

Sudah lama ya tidak posting blog, ini adalah postingan pertama saya sendiri pasca operasi syaraf tulang belakang. Hmmm, kalau dipikir-pikir ya ujian hidup itu memang dalam banyak hal ya. Mungkin teman-teman banyak yang tahu kalau saya memang ada riwayat kanker dari tulisan-tulisan blog ini. Sekarang saya memang metastase kembali limfomanya, makanya untuk kali ini sampai cari banyak alternatif medis bahkan sampai cari rumah sakit kanker terbaik di Penang.

Tenang saja, saya masih lebih percaya jalur medis untuk mengobati kanker limfoma. Karena itu yang dicari ya tetap berobat benar hingga mengumpulkan banyak tempat pengobatan bagus seperti rumah sakit kanker terbaik di Penang. Pokoknya semua tempat saya kumpulkan dulu informasinya buat semangat sembuh.

Soalnya, dulu kan saya selesai kemoterapinya jadi emang survive. Bahkan saya diberi jodoh berkeluarga dengan pak Tile tersayang dan hidup dengan anak-anak lucu hingga sekarang. So, eike kudu semangattt biar tetap bisa membersamai keluarga hingga nanti*eaaa pinjam istilah parenting dulu.

Pokoknya saya ingin hidup berkualitas, sehat, bahagia bersama keluarga. Jadi inginnya semua sehat, karena memang koentji segala kegiatan adalah sehat. Mo sekaya apapun kalau tidak sehat percuma. Swear!.

Kenalan dengan Kanker Limfoma Non Hodgkin yang Saya Alami


Apa itu Limfoma? Dulu saya pikir itu limfoma adalah kelenjar getah bening. Eeeeh ternyata salah, limfoma itu istilah untuk kanker darah dalam sistem limfatik yang menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening. Ada dua kanker limfoma, yaitu limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Limfoma Hodgkin terjadi karena adanya mutasi sel B pada sistem limfatik, dengan hasil deteksi yaitu dengan adanya sel abnormal Reed-Stenberg dalam sel kanker. Sedangkan Limfoma Non-Hodgkin terjadi karena adanya mutasi DNA pada sel B dan sel T pada sistem limfatik.

Kalau berdasarkan ilmu kedokteran limfoma ya seperti di atas ya, jadi jangan sampai salah. Kebetulan saya sendiri terkena limfoma non hodgkin. Untuk gejalanya, misal boleh membandingkan antara dulu dan sekarang mirip banget yang saya alami. Biasanya bengkak di kelenjar getah bening (Leher, ketiak, dan lipatan paha), badan sering demam, keringetan pas malam, sesak nafas, batuk, sering capek badan dan ngilu dan berat badan turun.
Kenalan dengan Kanker Limfoma Non Hodgkin yang Saya Alami

Buat yang masih ada amandel biasanya membesar, cuma saya kebetulan kan sudah operasi amandel pas kecil jadi emang ga ada. Tapi kalau di USG keliatan semua benjolannya. Kalau dipegang juga terasa ngejendol gitu, malah kalau sudah besar banget bisa terlihat tampak mata telanjang kok.
i hate cancer echaimutenan
Foto i hate cancer ini kubikin 12-13 tahun lalu saat kemoterapi

Oh iya tidak semua limfoma hanya menyerang dewasa, anak-anak juga bisa. Dulu waktu Raffi ada pembengkakan kelenjar getah bening saat bayi, saya sudah takut aja kalau itu limfoma. Untung hasil USG menunjukkan bukan mengarah ke sana. Alhamdulillah.


Kalau metastase baru saya alami September 2022, badan mulai mengurus dan sering banget bengkak sampai otot muka tertarik. Tapi saya baru ‘mau’ ke dokter onkologi lagi saat bulan Oktober 2022 akhir. Setelah di USG dan melalui tes lain, akhirnya saya tidak cuma punya satu limfoma seperti dulu. Sekarang ada 6 kelenjar yang membengkak di leher jadi sesuatu banget kan. Kaget seh, iya pasti. Tapi ya gimana diterima.

Kalau Terkena Limfoma Bagaimana?


Ya diobatilah. Kayak saya! Hehehe. Tahu tidak kanker itu menduduki urutan ke-3 kematian karena penyakit kritis di Indonesia. Saya sendiri kebetulan saat terkena kanker limfoma pertama kali itu 13 tahun lalu, kemudian kemoterapi 6 kali kalau tidak salah. Setelah itu membaik, tapi walau sudah kemo dan sehat lagi kenyataannya dalam keseharian saya memang masih sering bengkak, pusing plus mual. Jangan ditanya berapa kali dalam sebulan kumatnya. Tapiiiii, saat hamil masyaAllah hampir ga pernah bengkak dan nyeri. Entahlah kuasa Tuhan memang.
pengobatan kanker limfoma
 Saya berobat demi hidup panjang sehat berkualitas bersama keluarga tercinta

Setelah 11 tahun lebih sibuk dengan hamil menyusui anak-anak, akhirnya semenjak 2022 ternyata lebih sering bengkak. Dan seperti cerita saya di atas, bulan September 2022 nyerinya sudah tidak kuat. Akhirnya saya periksakan ke dokter onkologi lalu beberapa tes untuk penegakan diagnosa. Dan yah, saya harus kembali berdamai dengan limfoma.


Ketika saya lumpuh awal Januari 2023, dokter syaraf selalu bersinergi dengan dokter onkologi. Dan rencananya setelah pasca operasi Mei 2023 kemarin yang hingga saat ini masih pemulihan, saya dijadwalkan tindakan kemoterapi kembali. Tapi saya diminta paling tidak bisa muntah ke kamar mandi sendiri dengan posisi sedikit bungkuk. Karena kalau sekarang kan belum bisa, misalnya mual efek obat kanker kan berabe nyusahin si suamik.

Dan memang rasanya sekarang saya lebih bisa menghadapinya kanker limfoma ini dibanding dulu. Entah karena merasa punya kekuatan cinta dari ada anak-anak dan suami. Atau entah karena sudah pernah melewati proses kemoterapi dahulu. Jadi lebih santai sembari terus berdoa semoga kembali sehat dan pulih lagi seperti dulu. Yang penting terus berusaha, makanya saya sampai cari rumah sakit kanker terbaik di Penang yang ‘terkenal’ untuk ikhtiar sembuh.

Berobat ke Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang Bersama Health Facile dengan Layanan Gratis!


Pengobatan kanker makin lama makin bagus menurut saya. Yang cukup terkenal menjadi tujuan orang Indonesia untuk berobat kanker yaitu ke Penang, Malaysia. Apakah sudah bisa berobat ke Penang? Bisa banget!. Soalnya rumah sakit di Penang memang punya dokter dan perawatan medis yang canggih. Tapi karena jarak yang jauh dan dapat banyak masukan terbaik, paling tidak bisa perjalanan, biaya hingga pengobatan selama di Penang bisa dioptimalkan jika kita pakai fasilitator medis luar negeri.

Setelah cari banyak informasi, saya akhirnya kenalan dengan Health Facile. Buat yang belum tahu, Health Facile itu merupakan fasilitator medis luar negeri dan juga perwakilan resmi rumah sakit terkemuka di Malaysia yang berdiri sejak tahun 2017. Contohnya saja Sunway Medical Centre, Island, Gleneagles, Pantai, dan masih banyak lagi loh!.

Berobat ke Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang Bersama Health Facile dengan Layanan Gratis!
Health Facile

Jadi Health Facile akan membantu pasien dari Indonesia untuk mendapatkan pengobatan dari dokter dan rumah sakit yang tepat di Malaysia. Didukung dengan tenaga berpengalaman di bidang kesehatan, Health Facile akan mempermudah perjalanan pengobatan medis kita.

Ya iya sih ya, kebayang saja kalau saya pergi ke sana tiba-tiba tapi kurang paham kebutuhannya rumah sakit yang saya butuhkan yang mana. Yang ada bukannya maksimalkan pengobatan, bisa-bisa malah menghabiskan waktu, biaya dan energi. Saya yakin bakal dibantu mulai dari penerbangan, penginapan selama di sana, transportasi sampai janji ketemu dokter hingga berbagai tes atau tindakan yang harus dilakukan. Perawatan maksimal jadinya selama di sana!.

health facile Malaysia

Biayanya mahalkah untuk berobat kanker ke rumah sakit di Penang? Tergantung yang dituju kan? Makanya Health Facile bakal bantu yang mana yang sesuai dengan kebutuhan kita, termasuk budget juga. Yang penting kita tahu berapa biaya pengobatan kanker di penang yang dibutuhkan secara terbuka dan gamblang. Mulai dari biaya pet scan di penang, biaya dokter onkologi terbaik di penang hingga berapa biaya untuk radioterapi dll.

Berita baiknya, tahu tidak kalau layanan Health Facile ini gratis loh 100%. Eh serius? Iya beneran! Biasanya kan kalau konsultan gitu bayar, tapi Health Facile gretong! Gratis 100% layanannya!.

Rekomendasi Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang


Sebenarnya Health Facile memiliki banyak rekanan rumah sakit terbaik di Malaysia untuk dipilih. Daripada bingung, berikut 3 rumah sakit terbaik untuk pengobatan kanker yang bisa dijadikan rekomendasi!.

1. Gleneagles Penang

Alamat Gleneagles Penang
1, Jalan Pangkor, 10050 George Town, Penang, Malaysia

Gleneagles Penang Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang

Rumah sakit Gleneagles Penang ini sudah berdiri sejak 1973 dan merupakan rumah sakit swasta pertama di Penang. Dengan lebih dari 100 dokter spesialis termasuk dokter spesialis onkologi, Gleneagles Penang mendapat penghargaan Medical Tourism Hospital of the Year se-Asia Pasifik Tahun 2023 di Global Health Asia Pacific Awards 2023.

2. Island Hospital Penang

Alamat Island Hospital
308, Jalan Macalister, 10450 George Town, Penang, Malaysia

Island Hospital Penang Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang

Salah satu rumah sakit favorit dan swasta terbesar di Penang yang berdiri sejak tahun 1996 ini memiliki perlengkapan pengobatan kanker yang sangat lengkap. Seperti PET Scan, MRI scan (3 Tesla dan 1,5 Tesla), Mammomat Revelation 3D mammography hingga Varian TrueBeam untuk perawatan radioterapi kanker. Tidak heran kalau banyak orang Indonesia yang berobat kanker di Island Hospital Penang ya!.

3. Loh Guan Lye Specialists Centre

Alamat Loh Guan Lye Specialists Centre
238, Jalan Macalister, 10400 George Town, Penang, Malaysia

Loh Guan Lye Specialists Centre (LSC) merupakan rumah sakit di Penang yang terkenal untuk perawatan kanker sejak tahun 1975. Telah diakreditasi oleh Malaysia Society of Quality in Health (MSQH), Loh Guan Lye lebih cocok untuk pengobatan kanker payudara. Tidak perlu khawatir, fasilitas penunjang pengobatan kanker di Loh Guan Lye Specialist Centre lengkap kok!.

Btw perjalanan perjuangan saya melawan kanker masih akan terus berjalan, tapi saya tidak khawatir lagi. Karena sekarang memang lebih ikhlas menjalaninya dan keinginan untuk cepat sehat sangat tinggi. Ini penting loh! Soalnya daripada kita bersedih hati terus memang lebih cepat sembuh kalau ditumbuhkan semangat tinggi agar bisa survive dan sehat lagi.

Memang sih ngomong saja itu gampang karena yang menjalani itu sulit. Cuma yang kasihan kalau terus bersedih hati bukan diri kita sendiri, tapi juga sekeliling kita. Ya karena kita tidak hidup sendiri kan. Memang menerima itu butuh waktu, tapi tetap jalani dengan hati yang semangat. Dan jangan lupa juga untuk bersyukur, ikhlas dan sabar, insyaAllah semua akan bisa terlewati dengan baik.

Iya, saya bisa ngomong gini karena saya telah dan sedang mengalaminya. Jadi memang harus mupuk semangat diri sendiri dengan baik. Bukankah masih percaya janji Allah, tidak akan diberikan ujian itu jika Allah tidak yakin kita bisa menjalaninya. Mari bismillah dan saling mendoakan agar saya bisa kembali sehat lagi.

Sehat-sehat ya semua!.

Related Posts

31 komentar

  1. Mba Echa... Semangat sembuh, insyallah mba Echa sekeluarga bisa melalui ini semua

    BalasHapus
  2. Saya membacanya terharu
    kagum dengan semangatnya
    salam sehat selalu dan terus semangat

    BalasHapus
  3. Makasih untuk sharingnya mba Echa 🤗🤗. Jujur terharu, sedih juga, tapi aku salut dengan semangat mba Echa. Ntahlaah, apa aku bakal sekuat itu kalo di posisi yg sama 😔.

    Semoga cepet sembuh lagi ya Mbaaa, dan seneeeng banget pas tahu mba dikeliling keluarga yg sangat mencintai.

    Penang memang tempat fav keluargaku juga utk berobat. Dulu mama di operasi angkat rahim Krn myoma juga di Penang. Tapi di RS negeri Lam Wa Eh. Biayanya muraaah banget, dibanding Ama RS swasta Medan yg pertama ngobatin mama, dan ternyata malah salah diagnosis pula. Sejak itu kami memang lebih suka berobat di Penang utk sakit berat.

    BalasHapus
  4. Mba Echa syafakillah yaa. Perjuangannya masya Allah mbaa... tapi pas hamil bener2 sehat aja ya, qadr Allah. Udah dikasih 3 jagoan yg lucu2. Selalu mendo'akan mba Echa, sehat wal afiat lagi..

    BalasHapus
  5. Makasih sharingnya mbak Echa. Aku juga pas hamil pernah benjol di area ketiak. Konsultasi ke dokter katanya disuruh nunggu sampai lahiran, kalau benjolnya masih ada berarti baru diperiksa lebih lanjut. Alhamdulillah begitu lahiran, benjolannya berangsur-angsur kempes.

    Sekali lagi makasih sharingnya ya mbak, sehat selalu buat mbak Echa dan keluarga aamiin ya robbal'alamiin

    BalasHapus
  6. Semangat Mba Echa

    BalasHapus
  7. Jadi dari tiga rumah sakit itu mau berobat dimana?
    Semoga sehat seterusnya ya...
    Btw terkait limfoma saya juga punya penyakit amandel nih dan masih sering bengkak. Jangan Jangan kalau diperiksa detail ada kanker nya juga ya...

    BalasHapus
  8. Rasanya lamaaa nggak "ketemu" mak Echa di dunia maya, tetiba ketemu dengan cerita kanker. Virtual hug maaak.. Ini mak Echa yang sakit tapi malah aku yg dikuatin dg ceritanya yang positif-vibe bangeet. Semoga cepat tuntas kankernya ya Mak, juga senantiasa dikelilingi cinta kasih dari orang-orang dekat maupun orang2 jauh.

    Btw, aku beneran suka ngiri kalau baca soal faskes di Malay. Konon, dulu banyak dokter malay kuliah di Indo (tahun 2000-an awal aku masih ketemu mahasiswa kedoteran unpad dr malay). Namun, fasilitas medis Malay malah lebih dipercaya ketimbang dalam negeri. Paham sih, Indo segini luas dan terpencar2, pasti butuh upaya lebh dalam hal kesehatan. Namun, setidaknya RS-RS yang di kota besar mbok yao bisa juga diup-grade jd destinasi health tour. Ini harapan orang awam yang tidak paham segimana kompleks urusan kesehatan di negeri ini.

    BalasHapus
  9. Aku baca tulisan Mbak Echa sambil mata berkabut. Ya Allah semoga dirimu segera disembuhkan ya Mbak. Diangkat semua sel kanker yang gak perlu itu, dirimu terus merajut cinta bersama keluarga. Inshaallah, Allah yang maha besar membukankan jalan untuk berobat di Penang ya Mbak. Amin

    BalasHapus
  10. Tetap semangat Mba, Mba orang pilihan aku yakin pasti Allah akan kuatkan dan berikan solusi. Semoga doa-doa yang dilangitkan mejadi jalur langit untuk kesembuhan dan tetaplah menulis ya Mba

    BalasHapus
  11. Mak aku langsung kebayang nemenin papa dlu berjuang melawan kanker. Insyaallah mak echa kuat yq. syafakilah mak semangat sehat demi anak2

    BalasHapus
  12. Semoga terus diberi kesembuhan ya, Cha. InsyaAllah, diberikan jalan untuk pengobatan yang terbaik. Echa dan keluarga terus diberi kekuatan dan kesabaran. Aamiin Allahumma aamiin

    BalasHapus
  13. Maak Echaa peluk peluk aku gemeteran baca tulisanmu, semangat untuk sehat ya maak demi anak suami tercinta....

    Makasih maak mau berbagi cerita...

    BalasHapus
  14. Ya Allah Cha, semoga Allah selalu beri kesehatan dan kesembuhan ya Cha. Semangat terus ya Cha... Aku jadi flash back ingat alm papahku yang sempat dibawa ke Penang juga. Tapi memang ku akui sih pengobatan disana itu lebih bagus. Pokoknya kamu yang semangat ya, biar cepat pulih dan bisa jumpa lagi kita ya.

    BalasHapus
  15. Mak Echa, perjuanganmu sungguh luar bisa. Kuat banget dirimu, Mak.. Ya Allah, mohon sembuhkan Mak Echa, sehatkan kembali seperti sedia kala. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin...

    BalasHapus
  16. Ya Allah Mak Echa... Sedih aku tuh baca ini. Big Hug for u. Mudah-mudahan ikhtiarnya berbuah manis. Alhamdulillah dapat support system dari pasangan yang baik. Setia mendampingi. Mudah-mudahan bisa sembuh ya Mak Echa.

    BalasHapus
  17. Aku juga taunya dulu Echa lenejar getah benng ternyata bukan ya. Limfoma bisa mneyerang anak-anak juga ternyata ya. Semangat terus pengobatannya ya

    BalasHapus
  18. Mba Echa, semangatmu luar biasa, hanya bisa kirim peluk dan doa, semoga Allah mudahkan semua. Ikhtiar untuk sembuh lancar jaya, keluarga sehat semua. Aamiin..Aamiin Ya Allah
    Terima kasih sudah sharing tentang limfoma, jadi tahu apa itu...kuat ya Mba, semoga kalau memang ke Penang jadi jawaban dimudahkan

    BalasHapus
  19. masyaallah mba, you are the strongers woman i ever known, semoga ikhtiar berobatnya membukakan jalan untuk kesembuhan ya aamiin

    BalasHapus
  20. Aku ternyata keliru juga krn kupikir tadinya limfoma itu kelenjar getah bening, ternyata bukan ya.
    Gak mudah pastinya buat yang sakit maupun keluarga kudu bolak balik berobat, semoga semua bisa terlewati dengan baik.
    Salah satu pilihan orang indonesia emang berobat ke tetangga sebelah kyk Malaysia ya. Memang sebaiknya pakai jasa konsultan kesehatan di sana jd tidak repot buat mau ke RS mana, akomodasi dan nginepnya gmn, juga utk hal2 lain.

    BalasHapus
  21. Chaaaa... Semangat sembuuh, hanya bisa mendoakan dari jauh, semoga bisa menerima semua cobaan yang diberikanNya. Peluk..peluk..

    Btw, aku teringat temanku yang sedang berobat ke Penang juga. Dan aku salut dengan hadirnya Health Facile membantu pasien dari Indonesia untuk mendapatkan pengobatan dari dokter dan rumah sakit yang tepat di Malaysia.

    Apalagi didukung oleh tenaga berpengalaman di bidang kesehatan, aahh mempermudah perjalanan pengobatan medis bagi yang membutuhkan.

    BalasHapus
  22. semoga lekas sembuh, ibuku almarhumah juga dulu pernah mengalami kelenjar getah bening juga semoga Mbk Echa sehat apalagi didampingi anak-anak, terus semangat ya Mbk!

    BalasHapus
  23. Mbak Echa peluuuuuk. Ya Allah, aku kagum banget sama kamu yang Masya Allah sangat kuat. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan untuk semua anggota keluarga Mbak dan juga untuk Mbak Echa segera sembuh. Peluk erat dari Bogor

    BalasHapus
  24. Syafakillahu, kak Echa.
    MashaAllah...dengan keteguhan hati, semua dilewati dengan penuh kesabaran.
    Hebat kak Echa.

    BalasHapus
  25. Subhanallah, luar biasa semangat dan perjuangan Mak Echa. Semoga cepat sembuh yah. Saya beneran salut sama Health Facile ini, layanannya prima tetapi gratis, Wah, jarang sekali kita dapatkan layanan bagus dengan gratis. Biasanya makin bagus pelayananannya makin mahal.

    BalasHapus
  26. Semangat selalu mak Echa. Sungguh luar biasa ujiannya. Salut juga sama suaminya. Semoga setelah ini ada pelangi ya.

    BalasHapus
  27. Subhanallah Chaa, memang ya cobaan tiap orang beda-beda. Semangat terus Cha melawan segala penyakit yang ada. Semoga bisa terus membersamai anak-anak hingga nanti *eeaa, hehehe. Tapi beneran, semoga bisa bareng2 terus sama pak Tile mendidik anak-anak hingga dewasa dan masing2nya berkeluarga juga sampai punya cucu banyaakk ya Allah. Sehat sehat terus sekeluarga ya Chaa

    BalasHapus
  28. sehat dan semangat selalu mamiiiih. btw health facile ini memang TOP banget pelayanan untuk yang mau berobat ke penang ya. mana biayanya juga gratis dan memudahkan saat kita berobat ke negerijiwan

    BalasHapus
  29. Semangat Mak Echa, peluk peluk dari jauh. Mak Echa luar biasa banget karena banyak yang Mak Echa gali dari penyakit yang diderita Mak Echa sehingga saya jadi tahu berbagai hal tentang kanker limfoma. Moga lekas sembuh ya Mak Echa. Pasti Allah akan tunjukkan keajaibannya kepada Mak Echa. Sembuh total.. insyaallah

    BalasHapus
  30. Ya Alloh Mba, saya terharu banget baca tulisan ini. Mba Echa hebat dan kuat. Semoga Alloh beri kesembuhan untuk Mba Echa. Aamiin.

    BalasHapus
  31. Mbak Echa, bismillah sehat lagi seperti sedia kala ya.

    BalasHapus

Posting Komentar