Tips Membeli Rumah Ala Milenial di Usia yang Tidak Lagi Muda

23 komentar
tips membeli rumah ala milenial mortgage calculator UK

Sebenarnya pencapaian tiap orang itu berbeda-beda dalam banyak hal. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, bisnis, keluarga atau bahkan kesehatan. Jadi ya mungkin buat orang lain pencapaian orang lain itu dianggap biasa saja, walau pasti orang itu pasti bersusah payah agar bisa mencapainya.

Bukan hanya dalam bentuknya saja, masa pencapaian itu juga tidak bisa menjadi patokan. Karena waktunya berbeda-beda, salah satunya seperti saya kutip di postingan BBC yang bercerita tentang Kolonel Sanders. Beliau adalah pendiri KFC yang sukses di usia senja, tidak tanggung-tanggung usianya 65 tahun saat itu. Berarti kan pencapaian dia saat usia pensiun malah, dibanding sebayanya yang sudah sukses kala muda.

Makanya saya sering berpikir memang pencapaian tiap orang tidak sama. Ini sama dengan halnya memiliki untuk membeli rumah meski usia tidak lagi muda. Cuma bagaimanapun rumah kalau bisa memang harus ada, apalagi kalau sudah usia tidak produktif. Yang pasti tidak membanding-bandingkan dapur masing-masing itu dah paling bagus hehehe.

Kaum Milenial yang Katanya Susah Punya Rumah Sendiri

Cerita punya rumah sendiri

Tapi beneran deh, sekarang itu gen Z banyak yang pamer pencapaian sudah punya rumah sendiri di usia muda. Pernah baca katanya malah Millenial yang sudah punya rumah walau usianya lebih tua (((TUAAAA))). Cuma ini ga semua milenial seperti ini seh, kebetulan saya dan suami diberikan rejeki untuk punya rumah dan tanah sendiri.

Waktu awal bekerja, saya memang sempat bingung mau beli rumah atau tanah duluan. Karena semuanya plus minus kalau dipikir-pikir ya. Tanah memang lebih terjangkau dan murah, tapi ya kalau strategis letaknya pasti sedikit mahal. Cuma kalau dibandingkan sama beli rumah, membeli tanah itu memang lebih murah. Cuma karena waktu itu masih muda, akhirnya 2008 saya beli rumah jadi saja. Tahu tidak harganya, dulu 110juta tahun segitu tiba-tiba di komplek itu harganya hampir semua 500juta.

Makanya saat saya bertemu dengan suami 2012, hasil jual rumah itu bisa untuk rumah lebih besar di daerah yang lebih bagus. Sayangnya, saya dan suami tidak pernah memikirkan untuk pindah kerja. Dipikirnya kita akan menua di ibukota pokoknya. Cuma kalau dihitung-hitung saat melepas rumah hitam putih ya lumayan ya, masih balik modal hehehe. Jadi bisa kami alokasikan untuk tempat tinggal di lokasi baru.

Baca Juga: Rumah Keluarga R

Walau milenial, saya dan suami masih menganggap punya rumah serta tanah itu penting. Bukan buat investasi seh, tapi ke lebih tempat berlindung, bernaung dan saling membahagiakan satu sama lain. Namanya juga untuk keluarga tercinta, ya nggak?.

Tips Membeli Rumah Untuk Milenial
Tips Membeli Rumah Untuk Milenial

Buat milenial yang baru akan punya rumah, jangan khawatir masih bisa kok. Ada beberapa tips yang sudah saya lakukan beberapa tahun terakhir. Mau tahu? Cek di sini ya!.

1. Sisihkan untuk Menabung


Klise memang ya, tapi yang bisa dilakukan memang hanya ini kalau misalnya tidak mau untuk berhutang. Mungkin untuk mengambil KPR ya dipersilakan, tapi misalnya tidak mau berhutang ya hayuk menabung.

Memang syulit, apalagi misalnya selama ini membiayai kebutuhan keluarga yang bermacam-macam. Pasti susah memang, tapi kitalah yang tahu dapur sendiri. Jadi jangan menyerah tetap semangat dan tetap sisihkan walau sedikit.

2. Cari Potensi Rumah dan Lingkungan Tumbuh


Maksudnya di sini bukan hanya rumahnya saja yang bisa dimodifikasi agar bisa difungsikan jadi rumah nyaman keluarga, tapi juga rumah yang bisa dekat dengan banyak fasilitas. Jujur usia makin tua kan butuh kemudahan dalam banyak hal, termasuk fasilitas umum yang mudah dijangkau. Kayak rumah sakit, pasar, tempat rekreasi dll.

Tapi yang pasti memiliki rumah tumbuh dengan fasilitas bukanlah harga yang murah. Jadi misal sekarang belinya mungkin nanti fasilitas bisa terpenuhi beberapa tahun berikutnya ya tidak apa-apa. Yang penting potensi lingkungan tumbuh berkembang ada prospeknya jelas.

Jadi mau beli dan investasi tidak khawatir lagi.

3. Gunakan Kalkulator Mortgage UK

Gunakan Kalkulator Mortgage UK
Lalu jangan lupa budgeting untuk properti yang akan dibeli. Kadang kan suka bingung mau mengalokasikan berapa untuk dana pembelian rumah atau properti yang akan dipilih. Jangan sampai boncos jadi harus benar ngitungnya.

Salah satu yang bisa kita gunakan adalah Kalkulator Mortgage. Ini adalah perhitungan jangkauan atau budgeting yang bisa kita alokasikan ketika ingin membeli properti. Walau biasanya digunakan untuk pasar Inggris, tapi sebenarnya sama saja kok mau di negara manapun. Cuma beda mata uang dan harga rumahnya saja kan.

Di Mortgage ini, kita bisa menghitung banyak hal. Mulai dari kelebihan pembayaran pinjaman, amortisasi, remortgage sampai menggunakan kalkulator affordability yang bisa cek hitungan sesuai dengan penghasilan yang kita miliki. Caranya juga mudah pakai ini, tinggal buka webnya lalu masukkan angka di kalkulatornya. Selesai. Mudah, sangat mudah kan!.

Sisanya kita tinggal menguatkan hati agar bisa punya rumah sesuai budget dan kebutuhan. Betul tidak? Karena sekali lagi semua tergantung sama dapur masing-masing dan hanya kita yang tahu. Jadi tidak perlu membanding-bandingkan pencapaian orang lain dengan diri kita sendiri. Karena orangnya saja beda, hidupnya beda, kebutuhannya beda dll. Jadi kalau kata lagu Jawa Timuran, “Ojo dibanding-bandingke”.

Tetap semangat ya, selain melakukan tips yang saya share ya jangan lupa untuk berdoa semoga dimudahkan memiliki hunian impian seperti yang dikehendaki. Aamiin.

Related Posts

23 komentar

  1. Iya, bersyukur banget bisa punya rumah sendiri..berkah banget di zaman sekarang. Alhamdulillah, KPR ku lunas tahun ini...

    BalasHapus
  2. Aku lagi terpikirkan untuk beli rumah sendiri biar bisa bebas dan nyaman kerja dari rumah. Semoga tahun ini bisa terwujud. Aamiin.
    Btw, aku udah coba mortgage calculator UK-nya, bener-bener membantu banget buat menghitung angsuran untuk beli rumah.

    BalasHapus
  3. Jujurly kadang udah pening duluan lihat harga property saat ini. Bahkan sempat saking khawatirnya mikir anak2 kita nanti bs kebeli gak yaa harga property setinggu itu hiks... tp yakin sih semua ada masanya.

    BalasHapus
  4. Paling membahagiakan dalam hidup salah satunya adalah sudah memiliki rumah sendiri. Generasi milenial sudah banyak yang mampu membeli ataupun membangun rumah sesuai impiannya. Asyiknya lagi kini ada Mortgage Calculator UK yang turut membantu kita penghitungan pembelian rumah. Rinci sekali ya jadi kita bisa punya patokan seberapa besar dana yang dibutuhkan dan persiapannya.

    BalasHapus
  5. Memang harus dipertimbangkan matang-matang yah sebelum memutuskan untuk memiliki rumah. Jangan sampai boncos karena salah hitung. Untung sekarang ada Mortgage Calculator UK yang bisa membantu kita yaah

    BalasHapus
  6. Membeli rumah bukan lagi impian bagi para millennial ya mbak
    Selama dipersiapkan dengan baik
    Plus rinci soal perhitungannya
    Untung sekarang ada Mortgage Calculator ini ya mbak

    BalasHapus
  7. Alhamdullilah sudah memiliki rumah sendiri, dulu beli rumah yang sesuai dengan budget, sempat kepikiran bangun rumah sendiri karena bisa didesain sesuai keinginan tapi waktu itu takut budget ngak cukup akhirnya beli rumah dari developer, sayangnya dahulu belum ada Mortgage Calculator, jadi masih susah hitung-hitungan urusan bangun rumah.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah... aku pun sudah punya rumah yang sesuai dengan aku bangetlah. Minimal juga kalau mau kemana-mana dekat dan mau cari apa pun juga gak jauh. Sekarang tuh enak sih menurutku karena sudah ada mortgage calculator ya Cha jadi tau deh kira-kira budgetnya kita berapa.

    BalasHapus
  9. Lagi mikir juga nih mau ambil KPR atau bikin rumah sendiri. Kudu mulai nabung yang rajin saat ini dan nyari tambah penghasilan.

    BalasHapus
  10. Menurutku, milenial atau bukan, minimal punya satu rumah untuk ditempati bersama keluarga itu wajib Mbak Echa. Kita tidak tahu bakal seperti apa dunia di luar sana, tapi ketika sadar kita punya tempat pulang alias rumah, rasanya hati jauh lebih tenang. Jadi apakah dengan membangun sendiri dari tanah yang sudah dimiliki atau membeli dari pengembang, yang paling penting sebelum memutuskan sebelum beli, ya hitung-hitungannya dulu ya Mbak...Pakai mortgage calculator UK saja ya :)

    BalasHapus
  11. Lingkungan yang bagus ini tuh wajib banget ya. Bisa dapat tuh kaya berkah. Soalnya ada kan kasus viral sama Tetangga. Semoga kita bisa punya rumah yang memang jadi impian yaaa

    BalasHapus
  12. Aku termasuk telat membeli rumah di usia 40++. Tetapi lambat namun puaslah. Rumah kecil nan asri. Yang semuanya sudah dihitung dengan kalkulator

    BalasHapus
  13. Ojo dibanding-bandingke, setuju banget akutu, karena pencapaian tiap orang berbeda.
    Salut untuk yang sudah mampu beli rumah, Insya Allah kalau yang dipikirkan papan duluan akan mapan. Karena harga rumah terus nambah, maka sebaiknya memang diprioritaskan.

    BalasHapus
  14. Terima kasih tipsnya Mba. Emang lagi butuh info dan kuat doanya buat beli rumah kedua kami nih. Moga sesuai bajet dan dapat yang lingkungannya baik dekat masjid. Aamiin

    BalasHapus
  15. Menurut pemikiranku sejak lama sebelum menikah yaa...memiliki rumah itu wajib krn tidak punya rumah kasian hidupnya terkatung2 mikir uang kontrakan mulu. Kebetulan ada tetangga jaman kecil yg ngontrak mulu padahal anaaknya 5.

    BalasHapus
  16. Iya ya... mencari lingkungan yang sehat dan selalu bertumbuh, sehingga harga rumah pun dari tahun ke tahun meningkat. Seperti investasi juga.. kalau kalau ada mutasi kerja.
    Nyaman banget, kini ada Kalkulator Mortgage yang bantu hitung-hitungan estimasi investasi begini.. jadi mantap saat membeli properti.

    BalasHapus
  17. Pengen beli rumah lagi karena rumah ini enggak punya tanah yang luas. Pengen berkebun deh tapi rumah sekarang dekat dengan Unila, lokasi anak kuliah saat ini.

    BalasHapus
  18. Dulu kalau mau itung2an / simulasi cicilan KPR aku bingung harus tanya siapa. Sekarang udah ada mortgage calculator, ga perlu bingung lagi. Ga cuma KPR ya, buat perhitungan keuangan lain juga kayaknya bisa dipake

    BalasHapus
  19. Saat salah satu seleb bilang kalau rumah itu kebutuhan tersier aku gak setuju. Bagiku rumah adalah kebutuhan primer. Makanya harus diusahakan.

    Eh sekarang ada mortgage calculator yang mempermudah hitung-hitungan kalau mau beli rumah ya

    BalasHapus
  20. bener banget ya Echa.. dengan kalkulator morgage, kita jadi paham dan tau persisi berapa yang harus disiapkan dan berapa lama nantinya bisa menyicil. Dengan begini in sya Allah kita jadi bisa punya rumah sendiri

    BalasHapus
  21. Aku aku, mau mau.. belum punya rumah nih mba.. lagi diskusi sama paksu enaknya bikin atau beli jadi. Karena bener banget mba beli rumah ini banyak sekali perti bangunnya. Artikel ini bakal jadi bahan diskusi juga nih sm suami. Tq ya mba

    BalasHapus
  22. Kalau udah punya rumah itu tenang ya karena merasa ada tempat pulang. Boleh dicoba nih kalkulatornya

    BalasHapus
  23. Cari rumah memang gampang-gampang susah ya, Mbak. Yang cocok sama lingkungannya, harganya, dll. Untuk urusan budgeting bisa dibantu sama Mortgage Calculator UK, ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar