Sinergi Untuk Tumbuh Kembang Anak


Anak-anak itu penerus bangsa, makanya kita harus membekali mereka dengan ilmu dan iman yang kuat. Dan kita juga harus memberikan asupan gizi yang bagus agar tumbuh kembangnya baik - Arif Mujahidin




Sebagai orang tua, kita harus memperhatikan kebutuhan sandang, pangan dan papan anak. Karena bila hal-hal tersebut terpenuhi kemungkinan besar anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi di 1000 hari pertama kehidupan, yang memang harus sangat diperhatikan asupan gizi, stimulasi dan lingkungannya.

Keluarga sebagai bagian terkecil dari tempat berkembangnya anak menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Tapi, ternyata tidak hanya itu... kerjasama antara stakeholders antara pemerintah, swasta dan masyarakat turut serta memberikan dampak tumbuh kembang seorang anak.

 
Talkshow

Materi ini saya dapatkan saat ikutan acara Sari Husada tanggal 1 Juli 2015 lalu. Hadir sebagai pembicara yaitu Arif Mujadhidin dari Sarihusada, sosiolog Profesor Imam Prasodjo, Dwi Andayani ketua Yayasan 1001 buku, dan Nia Sadjarwo founder coin a chance.

Tapi bener juga sih kalau dipikir-pikir... Walau keluarga sebagai  lingkup terkecil dalam tumbuh kembang anak, tapi kalau tidak didukung terutama oleh pemerintah dan masyarakat pasti tidak akan berhasil juga. Tahu sendiri kebijakan pemerintah itu selalu berubah, yang notabene masyarakat harus mengikutinya. Contoh kecilnya saja, kemarin banyak sekali teman saya yang degdegan dengan pendaftaran online sekolah. Kebijakan pemerintah demi meningkatkan kualitas anak bangsa kan mau tidak mau dijalankan juga. Belum lagi kalau misalnya banyak anak yang putus sekolah karena kurang biaya atau sakit... Itu kan juga harus jadi perhatian para orang tua dan pemerintah terkait kebijakan yang dibuat.

Terus apa yang bisa kita lakukan untuk membantu tumbuh kembang bagi seluruh anak Indonesia ini? Salah satu kepedulian terhadap anak Indonesia ini bisa diwujudkan dengan berbagai macam hal. Seperti halnya mendukung penyediaan nutrisi anak oleh Sarihusada, tempat layak untuk belajar dan sekolah, penyediaan buku bacaan untuk anak sedari dini seperti memperkuat taman baca oleh yayasan 1001 buku atau juga bisa mengumpulkan 'recehan' untuk anak-anak kurang mampu agar terus sekolah dengan memberikan perlengkapan sekolah, seragam atau membayar spp seperti yang dilakukan oleh Coin A Chance.

Diacara ini juga, diluncurkan aplikasi Nutrisi untuk Bangsa yang saat ini sudah bisa didownload di Google Play. Jadi yang biasanya kita mengakses informasi NUB dari twitter, facebook atau website kali ini dipermudah melalui aplikasi yang bisa langsung diakses lewat handphone kita.

Aplikasi NUB

Ada 5 fitur unggulan diaplikasi Nutrisi untuk Bangsa. Yaitu artikel gizi, resep sehat, tanya ahli, kalkulator indeks massa tubuh (BMI) dan yang paling saya senang ada fitur kuis atau aktivitas komunitas yang dilaksanakan NUB. Oh ya, aplikasi ini gratis kok...Lumayan kan?

 Resep sehat

Acara ini dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Juga diumukan pemenang lomba menulis untuk para media dan juga ada berbagai macam doorprize (Nanti mau bikin kartu nama yang kece ahhh biar bisa ikutan :v ).
 
Terima kasih Sari Husada undangannya. Eh iya, download yuk aplikasi NUB di smartphone kita ^^.

13 comments:

  1. Wah. Sari Husada produsen susu anakku. Susu sejuta umat. Wkwkwk..

    ReplyDelete
  2. itu jus bikin haus aja :) aku juga udah download aplikasinya

    ReplyDelete
  3. Banyak hal kecil yang kadang tidak disadari oleh orang lain. Termasuk nutrisi. :D

    ReplyDelete
  4. Tertarik bgd sm resep sehat plus artikel ttg gizi itu mak ca..
    Ah ke playstore ah..
    Tengkiu infonya mak ca :)

    ReplyDelete
  5. waaa... ada resep sehatnya juga. Meluncur, ah :)

    ReplyDelete
  6. Bisa banget nyoba ungguh aplikasi NUB. . .
    Buat persiapan. . . ;)

    ReplyDelete
  7. Baru tahu ada aplikasi ini. Nyobain ah....

    ReplyDelete
  8. ada resepnya juga yaaaa...waaah..bagus dong aplikasinya :)

    ReplyDelete
  9. pengin nyobain aplikasinya juga aaahhhh

    ReplyDelete
  10. Wah ada artikel gizi dan resep sehatnya juga. Asyik banget nih :)

    ReplyDelete
  11. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^