DIY Bermain Menanam Pohon


DIY Bermain Menanam Pohon. Umur 2 tahun, biasanya anak itu energinya besar. Dari cara ngomong, loncat-loncat, naik-naik perabotan, menyanyi, membaca buku dan menghafal huruf angka.

Makanya, saya selalu cari cara untuk menyalurkan energi lebih Raffi daripada mainan ipad (alhamdulillah sekarang pegang ipad tidak pernah lebih dari 15 menit sehari). Tapi kalau lagu-lagu selalu saya setel tiap hari nemeni kesehariannya, tapi tanpa gambar.

Disekolah, Raffi selalu diberikan mainan ala-ala montessori yang membuat dia lebih kreatif. Saya sendiri memang kebetulan suka bikin-bikin prakarya gitu, hitung-hitung ngirit beli mainan. Rasanya kalau bikin mainan sendiri dan anak betah mainnya itu senengnya bukan main.. Hehehe... Makanya, saya dari dulu selalu membuat mainan sendiri (kebanyakan) dan disimpan rapi di satu lemari (nanti dipostingan lain saya mau pamer hasil-hasil mainan yang saya bikin sendiri hehe).

Kenapa harus disimpan rapi? Karena namanya juga mainan prakarya bikinan sendiri, suka cepat rusak. Biasanya kalau ngeliat gelagat dia suka bosen daripada dilempar-lempar saya langsung ambil dan simpan. Nanti biar bisa dimainin lagi kan ^^. Sayang kalo sudah capek bikin eh rusak :v..

Idenya kebanyakan dari pinterest.. Makasih banyak pinterest dan ibu-ibu yang suka berbagi permainan montessori :"). Tidak pernah habis ide kalau lihat-lihat pinterest :").
 
 
 Beberapa DIY permainan yang saya buat xD

Kali ini saya mau berbagi cara membuat DIY mainan menanam pohon. Karena Raffi sudah kenal angka dan huruf sekarang... Apalagi setiap ada angka huruf dimanapun, dia selalu mengeja dan membacanya :v. Makanya, konsepnya memasukkan pohon dihuruf angka yang sama ^^. Sebenarnya bisa saja tidak pakai model pohon-pohonan seperti ini, biasa saja yang penting anak mengerti cara mencocokkannya. Cuma biar lebih menarik, berwarna dan lebih awet tentunya, bisa dihias biar lebih paten mainnya ^^.

Bahan-bahan :

1. Stik kayu es krim
2. Kertas sinar dunia warna-warni
3. Print huruf dan angka. Kalau males ngeprint bisa pakai spidol atau pulpen
4. Wadah sterofoam bubur yang sudah dicuci bersih
5. Lem dan gunting

Cara membuat :
1. Buat gambar pohon atau bunga dengan kertas warna-warni sesuai kreatifitas. Saya buat pohon seh.. Jadi bulatan mirip pohon pakai warna hijau dan didalamnya ditempel buletan hijau muda.
2. Tempel huruf dan angka dipohon atau bunga. Ini bisa dari printable huruf atau bisa juga ditulis pakai spidol/pulpen
3. Pasang diujung stik kayu pakai lem
 

4. Tempel kertas warna kuningdiatas sterofoam lalu hiasi pinggirnya dengan warna hijau seperti rumput.
5. Tulis huruf dan angka diatas sterofoam. Lalu lubangi sebesar stik kayu es krim. Saya melubanginya pakai gunting saja seh... Lalu dimasukkan stiknya biar lebih rapi dan lebih halus... Rapikan pakai tangan ^^.

6. Siap dimainkan ^^
Ini hasilnya ^^


Ini versi sederhananya ^^



Ini versi lengkapnya :D
Mau bikin yang mana?
Yang pasti yang versi lengkap lebih awet yak!

Cara bermainnya :

Anak akan mengambil huruf atau angka yang ada dipohon lalu dimasukkan kelubang sesuai angka dan hurufnya ^^. Ini angka dan huruf bisa diganti dengan shapes atau bentuk yak ^^, seperti lingkaran, kotak, segitiga dll... Sambil bermain, minta anak menyebutkan huruf atau angka yang dia masukkan ^^.

Betah nggak mainnya? Kebetulan Raffi betah :D. Hampir sejam dia mainan ini, bongkar pasang bongkar pasang :D. Dan yang bikin saya senang, dia ngebaca semua huruf angka saat memasukkan. Saat saya minta ambil angka atau huruf apa gitu, dia ambil dan masukkan. Lalu dia mencontohkan kata, misalnya C cat atau A alligator... Tapi pas huruf E dia bilang elang :v.

Bonding ibu anak tetap terjalin kan walau cuma bermain cocok tanam seperti ini ^^. Apalagi kalau kita ngedenger kata-katanya yang masih cadel hahaha...Sampai ngakak-ngakak saya menemani dia bermain.


Enaknya pakai wadah sterofoam ini, bisa sekalian untuk tempat penyimpanan stik kayunya didalam.. Tinggal dimasukkan saja... Praktis hehehe...


Lumayan kan buibu permainan menanam pohon ini ^^. Melatih motorik halusnya juga loh ^^. Monggo dicoba.. Dan selamat bermain \m/.

25 comments:

  1. aiih, ini Raffi lucuuu bangeet, anteng lagi mainnya :D

    ReplyDelete
  2. aahhh, kebetulan, lg kehabisan ide mau main apa sm si ken, boleh dicoba nih, tengkiu mami raffiiii

    ReplyDelete
  3. Emaknya kreatiiif, kereennn... Raffi nya juga pinter. besok2 mau coba buatin juga ahh utk Faraz, boleh dicontek kan Mbak? thanks loohh sebelumnya ;)

    ReplyDelete
  4. Setujuuu! Kalau abis bikin DIY pengen nya nyimpen karena sayang. Aku juga. Hehehe. Ubii boleh ikut nanam pohon nya nggak, Raffi? ^_^

    ReplyDelete
  5. wah begitu ya, jaman anakku masih kecil aku seringnya beli saja, tapi ini ide yg menarik

    ReplyDelete
  6. anakku itu suka ngancurin barang, kalau dikasiih mainan kayak gitu paling gak sampe sehari udah hancur :D

    btw Raffi umur berapa? Kayaknya tuaan Raffi yah dari Aisyah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. 2 tahun....itu aku sebutin :v

      Delete
  7. Aihh,, lucu banget yah, 2 tahun sudah besar teh,,, sudah punya anak berapa sekarang?

    ReplyDelete
  8. Ahh keren banget ma echa kreatif..daripada beli kan mahal ya..klo anaknya ikutan buat sendiri juga lebih asyik ya

    ReplyDelete
  9. ibu-ibu sekarang harus makin kreatif ya mbak, selalu memikirkan bagaimana caranya memberikan permainan pada anak balita supaya tidak cepat bosan, dan menjauhkan dari gadget... :)

    ReplyDelete
  10. aduhhh, kapan aku punya waktu bikinin abhi beginian yaa, belom belom udah males duluan *emakapalahakuini*

    ReplyDelete
  11. Kreatif sekali Echa, waktu anak-anakku kecil dulu aku nggak pernah kepikiran bikin seperti ini :)

    ReplyDelete
  12. aaaaaah keren skali mak echa, aku cobain ah nanti.. Raffi juga pintarbangedd deh mainnyaa.. muaaaaaaach :*

    ReplyDelete
  13. wah,seru ya..bisa juga dibuat main a la a la flash card tapi ini pakai stik,kreatif bangetttt ini mama^^

    ReplyDelete
  14. ide2 permainan yg banyak, membuat anak juga semakin kreatif dan pintar.

    ReplyDelete
  15. Lah Raffii mainannya banyak banget :))

    ReplyDelete
  16. Kamu keren banget sih Cha.. Bisa bikin gini-giniiii

    ReplyDelete
  17. Alat2nya sederhana y ka echa gampil dipraktekin di rumah nih hihii

    ReplyDelete
  18. Mencocokkan ya, Mbak. Raffi udah paham huruf sama angka, ya. Ganteeeng!

    ReplyDelete
  19. Wuih kreatif. Tar ajakin de Zaudan bikin juga ah...

    ReplyDelete
  20. Aku paling bikin mainan dari kardus bekas dijadiin mobil2an. Atau bikin kebun binatang mini dari kertas lipat utk binatangnya. Sementara alasnya dari lembaran dos bekas. Jadi ibu emang harus kreatif ya, along kalo bikinnya bareng ama so kecil makin asik pasti ;)

    ReplyDelete
  21. mbesok, kalo punya anak, aku mau bikin gini!

    ReplyDelete
  22. ide keren mbak. terutama untuk penyimpanannya itu. sip sip!

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^