6 Tips Memiliki Rumah Impian


6 Tips memiliki Rumah Impian Anda. Sebagian besar kita inginnya memiliki rumah sendiri pastinya. Apalagi nanti dimasa pensiun, pengennya sih sudah punya rumah sendiri dan rumah lainnya*ehem. Walau banyak pengembang perumahan yang mewujudkan impian ini, ternyata harga rumah terus meningkat dari tahun ketahun. Bener tidak?


Walau dikata sekarang jaman modern, kemunduran ekonomi global dan berkurangnya lapangan kerja malah makin banyak loh. Harga meningkat, orangnya makin banyak tapi penghasilan segitu-gitunya :"(. Boro-boro mau beli rumah, punya uang buat makan aja bersyukur. Sedih ya? Kalau begini caranya kapan coba punya rumah sendiri?

Solusinya agar bisa berteduh dari terpaan hujan badai panas adalah dengan menyewa rumah atau ngekost. Dan ini dilakukan banyak kaum muda yang belum bisa membeli rumah karena membutuhkan biaya yang besar *ehem saya jug apernah loh ngekost dan nyewa rumah :D. 

Tapi, sebenarnya ada beberapa cara untuk menggapai impian memiliki rumah atau pindah ke rumah baru loh!. Kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu dengan bekerja dan mengorbankan segala hal dalam gaya hidup Anda. Psttt saya kasih tau caranya ^^.

Inilah 6 tips memiliki rumah impian yang dapat dicoba!


1. Kurangi Anggaran untuk Sewa

Kita dapat menyimpan uang untuk membeli rumah dengan mengurangi sewa yang biayanya besar. Soalnya bisa bikin cepat habis pendapatan Anda yang kita dapat. Beberapa orang memang tidak memiliki pilihan selain mengeluarkan biaya besar untuk sewa sehingga mereka tidak dapat mereka membeli rumah walau mereka pengennya ampun-ampun.

Biar irit, bisa tinggal sama sanak saudara atau tinggal dengan teman yang kita percaya (berbagi biaya sewa). Eh, itu sih buat yang masih single ya. Kalau sudah berkeluarga tidak ada salahnya pilih rumah kontrak yang murah dan terjangkau asalkan bersih. Saya contohnya, karena keluar tidak mau tinggal bersama saudara kami tinggal dikontrakan kecil tapi yang penting bersih kan?. 


Ini rumah kontrakan loh, tapi rapi dan bersih kan yang penting ^^

Dengan memilih dirumah kontrak yang terjangkau dan harganya masuk akal, pendapatan kita bisa digunakan untuk lainnya bahkan menabung. Soalnya kan kalau sewa rumah kita harus bayar listrik dan air juga belum lainnya ^^. Makanya kalau biaya sewa dikit, kita bisa menabung lebih banyak. Yang artinya rumah impian sudah dekat dengan kita ^^.

2. Kurangi Pengeluaran yang Besar

Pangkas pengeluaran yang besar, misalnya biaya bensin untuk kekantor. Hitung lebih efektif mana dengan naik kendaraan umum atau bersepeda kalau misalnya kantornya dekat. Kalau mau nikah juga gitu, daripada dibuat perhelatan nikah besar-besaran dan mewah. Mending dibuat upacara pernikahan yang sederhana, jadi kita bisa punya uang tabungan kayaknya ya hehehehe. 

Dahulukan menabung daripada membeli baju atau makeup yang masih sangat banyak dan bisa digunakan. Kalau punya kebiasaan yang buruk seperti merokok serta minum yang dapat menghabiskan uang, itu perlu dihilangkan! Biar lebih hemat dan lebih sehat tentunya ^^. Apalagi kalau bisa mengurangi kebiasaan makan di restoran menjadi beberapa kali saja dalam setahun akan menambah pengematan. 

Hemat bukan berarti kita harus hidup seperti orang miskin atau tidak membahagiakan diri kita sendiri. Tetaplah fokus dengan menganggarkan untuk kebutuhan dasar saja, sehingga kita dapat menyimpan sisanya untuk ditabung dan tahu tidak? Bahagia loh kalau lihat tabungan kita semakin banyak. Hehehe. 

3. Bangun Sendiri Rumah Kita

Ada tren yang mulai marak di masyarakat, yakni membangun sendiri rumah mereka berdasarkan spesifikasi yang diinginkan. Karena menghabiskan biaya yang lebih murah daripada membeli rumah tua. Situs The Guardian melaporkan, bahwa rumah yang dibangun di China hanya menghabiskan sedikit ongkos, sekitar $ 5000 atau sekitar Rp 66 juta. 

Makanya, lebih enak beli tanah lalu kita bangun semau kita. Jual beli tanah dapat dilakukan dengan mudah melalui situs rumah.com sebagai lahan untuk membangun rumah kita nanti. Kita perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli tanah, tetapi ini merupakan investasi yang lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah jadi. Soalnya pelunasannya juga lebih cepat.

Atau juga bisa beli rumah yang sudah tidak berpenghuni lama seperti saya. Rumah sudah brobol tapi kalau dibangun lagi bisa jadi kece kok. Harganya jangan tanya murah banget xD.

4. Peroleh Pendapatan Tambahan

Terdapat banyak cara untuk memperoleh pendapatan tambahan, tetapi tidak semuanya melibatkan kerja lembur yang melelahkan. Hal apapun mulai dari menjual kerajinan hingga mengelola blog dapat membantu untuk memperoleh pendapatan tambahan yang dibutuhkan untuk membeli sebuah rumah. Situs Lifehacker memiliki panduan yang berguna untuk mulai mendapatkan pendapatan tambahan dan cara-cara yang membantu kita mencapai cita-cita.

Sebagai alternatif, kita dapat menggunakan tanah kosong untuk memperoleh pendapatan tambahan selain pendapatan dari pekerjaan. Salah satunya dengan menyewakannya sebagai lahan parkir. Atau menjual kembali setelah rumah dibangun juga menguntungkan bisnis properti gitu. 

5. Pilih Lingkungan Tinggal yang Terjangkau

Hunian perkotaan merupakan hal yang populer dan memberikan kenyamanan bagi pekerja kantoran, tetapi tentu saja harganya mahal. Jika kita bisa dan niat untuk menempuh perjalanan lebih jauh, lingkungan tinggal yang jauh atau lingkungan tinggal yang lawas dapat lebih dijangkau daripada hunian perkotaan. Makanya kadang tidak heran kalau pergi pagi pulang malam banyak dilakukan orang. Yang penting, kita kudu cari lingkungan tinggal yang tidak memiliki angka kriminal tinggi demi keselamatan keluarga kita.

Selain itu, wilayah perumahan paling tidak disekitarnya ada rumah sakit, sekolah dan pasar. Penting ini seperti saya yang lagi hamil bisa periksa kehamilan tidak terlalu jauh dari rumah.

6. Cari Bantuan

Ingatlah bahwa banyak orang yang juga mencari rumah seperti yang  kita lakukan sekarang, dan sebagian besar diantara mereka yang sudah pernah melakukannya. Carilah bantuan dan saran online seperti kalkulator penghitung hipotek yang dapat menemani dan membuat kita tetap terhubung dengan orang lain. Karena kita tidak akan pernah tahu siapa yang dapat membantu impian kita membeli rumah.

Menabung untuk rumah impian memang memerlukan pengorbanan dan usaha-usaha yang keras. Namun, investasi jangka panjang dan usaha serta doa akan lebih memungkinkan untuk mendiami rumah impian kita nantinya.

Mudah ya sebenarnya cara memiliki rumah impian itu? Tapi, believe me walau terlihat mudah pelaksanaannya butuh keteguhan tekad banget :D. Tips ini bisa dipraktekkan tapi disesuaikan dengan kondisi kalian juga ya. Semoga segera dikabulkan ya memiliki rumah impian ^^.

20 comments:

  1. Alhamdulillah Keluarga Biru sudah memiliki rumah sendiri, rasanya lebih nyaman dan damai di hati. semoga Mbak bisa segera menyusul aamiin.

    ReplyDelete
  2. Suka lihat kamar rafi, jadi kepingin dekor kamar naqiya juga

    ReplyDelete
  3. saya mah numpang ajalah di rumah emak, hehe

    ReplyDelete
  4. Aku lagi mulai survey survey rumah nih mba...gapapa aku yg bayar Dp tar suami yg nyicilin wkqkqk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya seh dibeliin suami kabeh wkwkw

      Delete
  5. kami mau jual rumah ini juga Cha, demi mdpt yg lbh ideal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga diberi kelancaran dan kemudahan ya mba

      Delete
  6. Dulu ada ustadzah yang cerita kalau dia berhasil membeli tanah dan akhirnya membangun rumah karena berhemat dg tiap hari cukup puas cuma makan dg tahu tempe. Aku coba ikutin, melupakan semua kesenangan. Berat sih, ga jajan, ga belanja macam2, pokoknya beneran niat biar tercapai rumah impian. Alhamdulillah, kudu bersakit2 dahulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba aku juga gitu kudu ga enak dulu :")

      Delete
  7. Duh, saya banget ini mba Cha. Tapi, kadang suka kebablasan kalau udah jajan. Meski harusnya mah tirakat yaa biar kesampean.

    ReplyDelete
  8. bangun rumah sendiri itu banyak rasa, deg-degan kalau uang gak cukup dna rumah belum kelar. kalau kpr bikin jantungan kalau tiba-tiba cicilannya naik heuheuhe..

    ReplyDelete
  9. wuiwhhhhh mantapp informasinya... thanks

    ReplyDelete
  10. memang harus niat cha..karena rumah makin mahal, harus niat banget kalau mau beli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. niatnya dari dulu mbak, duite yang kudu usaha xD

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^