Alhamdulillah, Saya (Tidak) Berhasil Menyapih dengan Cara WWL


Alhamdulillah, Saya (Tidak) Berhasil Menyapih dengan Cara WWL. Sebelum Raffi 2 tahun, saya sudah mulai belajar tentang berbagai cara menyapih. Dan saya pengennya pakai cara WWL, dimana seorang ibu bisa menyapih dengan penuh cinta (ceunah). 


Ini saya tulis setelah cerita kehamilan bulan pertama, karena satu sama lain saling berkaitan hehehe.

Kalau baca dan bertanya pada teman, rasanya sudah khatam materi plus teorinya. Apalagi teori-teori parenting WWL dan ibu-ibu yang sudah share kesuksesannya mudahnya menyapih cara WWL banyak bertebaran diinternet dan buku tinggal baca aja hehehe.

Dan kesemua itu mulai saya pratekin sebelum Raffi ulang tahun ke-2. Jadi, saya selalu sounding sama Raffi "Bentar lagi sudah besar, jadi minumnya digelas tidak menyusu lagi". Atau "Raffi sudah 2 tahun, kalau nyusu mamihnya sakit". Terus seperti itu saya ulang-ulang. Mulai dari dia cuekin sampai mulai bisa mengerti apa yang saya bicarakan.

Dan berhasil sih, umur 2 tahun Raffi bener-bener tidak menyusu. Dia sudah tidak pernah menyusu lagi sama sekali. Cumaaaaaaaaaa sayangnya, Raffi masih tidak bisa lepas dari nempelin mulut keputing atau mainin payudara. Huhuhu. Tapi beneran tidak menyusu loh jadi cuma nempelin atau mainin doang.

Eh, itu termasuk berhasil tidak WWLnya ya? Walau cuma nempel gitu, saya ngerasa tidak nyaman. Mana kadang tega digigit dll uhuhu. Kalau dilarang, hadehhh dengar nangisnya males. Tapi Raffi emang cuma mainan puting aja tidak pernah nyusu ngenyot lagi. Akhirnya, luluh lagi Raffi saya bolehin pegang :(. Iya mungkin saya lemah, kurang kuat seperti ibu-ibu yang sukses WWL xD. 

Dan waktu menyapih total itupun tiba... 

Sampai tiba dia umur 2,5 tahun tiba-tiba saya ngerasa nggak nyaman puting dimainin Raffi. Sebel dan sakit rasanya. Akhirnya saya mengeluh sama papih, kalau sudah tidak nyaman dimainin sama Raffi. Kamipun mulai cari cara (waktu itu belum tahu kalau hamil). Suami dari kapan taun sudah pengen beliin sambiloto buat oles biar dia tidak mau nyusu atau mainan puting. Cuma sayang gak jadi-jadi. Makanya kami cari cara lainnya lagi.

Pertama dioles bawang, yang malah bikin Raffi laper :v. Lah Raffi suka sama bawang jadinya dijilat malah wkwkwkwk.

Percobaan kedua ditempel plester seperti dulu dan sempat berhasil seh emang. Tapi kali ini g berhasil bukan sama Raffinya, tapi akunya. Soalnya sakit puting ditutup plester gitu huhuhuhu...

Percobaan ketiga akhirnya iseng sebenarnya pakai minyak kayu putih. Raffi emang suka sama bau minyak telon, tapi dia kurang suka sama bau minyak kayu putih. Lalu saya oles keseluruh PD (mayan isis -___-), dan minta Raffi untuk nempel atau mainin lagi.

Ternyata, Raffi langsung huek gitu. Pahit dan tidak enak. Dan setelahnya, Raffi sama sekali tidak mau sama sekali menyusu atau mainan PD lagi ^^. Kadang kalau dia lihat PD saya, Raffi bilang "Waaaaaaaa". Tapi setelah itu dia langsung drama bilang "Huek, pait. Nda enak". 

Hahahaha..

Sampai sekarang aman seh, Raffi sudah tidak pernah nyoba menyusu atau mainan lagi :)). Saya juga lebih enak ngejalani kehamilan tanpa harus bingung kesakitan saat Raffi mainin. Padahal kalau baca teori menyusui saat hamil itu gpp, tapi buat saya selain Raffi juga emang sudah waktunya total disapih juga bikin saya kurang nyaman (baca : sangat tidak nyaman).

Semua percobaan itu kami lakukan dalam waktu sehari loh xD.


Susu lanjutan setelah menyapih...

Terus setelah disapih, Raffi minum susu tidak? Raffi kebetulan konsumsi ultra mimi itu semaunya sejak 1,5 tahun. Dan saya lanjutkan sih sampai sekarang. Berkali-kali saya coba macam-macam susu lanjutan 2 tahun keatas, tapi dianya tidak suka. Tidak pernah habis minum susunya kalau pakai sufor. Mulai dari nutrilon sampai sgm saya coba semua --". Kayaknya emang lebih suka ultra mimi itu kali ya.

Kadang dia juga minum susu UHT. Semaunya saja sih minum susu saya bebasin memang. Ada sih yang dia habisin susu  formula itu pas nyobain yang rasa soya kedelai. Kayaknya enak rasanya, makanya dia demen. 

Cuma karena emaknya males ya kembali ke ultra mimi tinggal tancep minum. Hahahaha. Btw, ini pure tulisan review saya tentang macem-macem susu yang pernah dicoba Raffi setelah 2 tahun setelah menyapih.  Jadi independent ya, gak ada sponsor :))).

Jadi kalau ditanya bagaimana menyapih Raffi? Saya bakal bilang gak berhasil dengan WWL. Mungkin sayanya yang kurang sabar (kudu lebih sabar lagi kali ya) dan mungkin nanti buat adiknya bisa WWL. Yang pasti saya bangga bisa memberi ASI selama 2 tahun buat Raffi walau keadaan saya beda dengan orang lain ^^. Semoga nanti adiknya juga bisa asi 2 tahun :"). Aamiin.

Saya memang tidak berhasil menyapih dengan cara WWL, tapi itu tidak membuat saya jadi gagal kan ^^. Heart to heart. Setiap anak hanya ibunya yang tau, yang lain ngeliat aja dah. Hehehehe. 

20 comments:

  1. wahh seru banget mbak cerita menyapihnya..
    anak ku masih beberapa bulan lagi menuju 2 tahun, juga dah baca2 cara menyapih, tapi belum tau nanti prakteknya kayak gimana,
    kalo ibu ku cerita dulu putingnya dikasih lipstik warna merah jadi anak2 takut mau mimik hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya mau gitu cuma anakku suka mainan cat2an gitu takut dikira lucu2an --" wkwkwk

      Delete
  2. Noofa juga akhirnya berhenti sendiri setelah aku hamil.. Iyaa baru bbrp bulan lalu. Wkwkwk

    ReplyDelete
  3. wwl atau engga, gak akan mengurangi mulianya seorang ibu. selamat mba berhasil menyapih raffi :D

    ReplyDelete
  4. Anak2ku berhenti sendiri nenen. Dua2nya Krna Aku Hamil, haha. Entah deh Krna emang rasanya ga enak ato Gimana.
    Arfan nyapih umur setahun pas aku Hamil Tapi keguguran. Ai malah umur 8 bulan udah nyapih, sekarang Aku tawarin nenen, dia ga mau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahhaa padahal sekrang itu deres ya asinya. dirimu kesundulan semua ya kan ya

      Delete
  5. Aku niat WWL, tapi waktu cacar kemarin sempet jauhin Alfath dari nenen, nangis nya kejer dan lagi kasian bgt di olesin batrowali (bener gak sih nulisnya?) yg super pahit itu.

    Pasca aku sembuh cacar, dia balik ngemp ng dan mainin lagi. Aku belakangan sering ngeluh sakit punggung lagi, pegel bgt seluruh badan apalagi abis gelantungan di kereta waktu pulang kerja.

    Skr masih lanjut "WWL"nya, haha pake tanda kutip soalnya udah gak murni lagi WWLnya alias failed, hikshiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha semoga segera total ya, berasa banget kurang nyaman. eh biasanya mah jadi subur lagi :P

      Delete
  6. Waah, 5 bulan lg Naqiya udah dua tahun dan disapih. Aku pasrah aja deh cha, blm tau mau pake metode apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuaikan saja mak. ekspektasiku ketinggian pas mau nyapih pakai wwl tapi kenyataannya beda wkwkw

      Delete
  7. Anak gw yang pertama cuma 6 bulan malah. ASInya udah gak keluar soalnya. Ya banyak faktor juga kayaknya. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp nanti yang kedua ketiga keempat sampe 2 tahunya pak guru

      Delete
  8. yang praktis memang UHT untuk susu lanjutan hehehe ga perlu nyiapin gelas dsb *emakmales*

    ReplyDelete
  9. Aku juga persiapan menyapih nih. Mau WWL ato ga ya liat aja ntar. Yg penting ikhlas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga lancar ya ^^. Kudu diikhlasin ibunya dulu ^^

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^