5 Aplikasi Wajib Untuk Ibu Hamil

5 Aplikasi Wajib Untuk Ibu Hamil

[Sponsored post] 5 Aplikasi Wajib Untuk Ibu Hamil. Hamil spasti senang ya? Sama, saya juga senaaaang banget. Sebagai bahan referensi, saya membaca banyak buku yang berhubungan dengan kehamilan. Dan sebagai calon ibu diera tekhnologi saat ini, saya juga menggunakan smartphone untuk tahu dan merekam kehamilan ^^. Di playstore, banyak sekali aplikasi ibu hamil atau pregnancy yang bisa kita download. Nanti tinggal disesuaikan dengan yang kita butuhkan saja.


Yang saya senang, kebanyakan aplikasi kehamilan di smartphone ini bisa diakses walau tidak terhubung dengan internet. Jadi misalnya kita lagi tidak punya pulsa untuk internetan. Aplikasi-aplikasi ini tetap bisa digunakan. Tapi memang lebih baik sih kalau terhubung dengan internet, soalnya kita bisa mengakses banyak hal diaplikasi ini. Tinggal beli pulsa online saja kan sekarang banyak, kan biar bisa baca artikel dan sharing-sharing ibu-ibu hamil diberbagai negara ^^.

Tapi, kebanyakan memang aplikasinya berbahasa Inggris. Coba deh buka playstore, orang Indonesia adalah orang yang rajin banget berkomentar dan rating aplikasi disana. Dan rata-rata pada bilang kepihak pembuat aplikasi agar ada versi Indonesia-nya. Maklum kan kalau artikel tidak dibaca seksama takutnya salah persepsi :"). 

Apa saja manfaat aplikasi kehamilan ini? 

Yang pertama, kita bisa mencatat perkembangan janin dan apa yang terjadi pada ibu hamil. Mulai dari berat badan janin, foto testpack, sampai ke hasil foto USG juga bisa kita simpan. 
Yang kedua, kita bisa tahu perkembangan janin dalam kandungan. Kita bisa menjadikannya sebagai referensi terhadap janin dari minggu keminggu bahkan hari kehari. Seru loh, tahu ukuran janin atau melihat hasil 4D USG diaplikasi. Kita jadi bisa mengira-ngira besarnya janin dalam kandungan.
Yang ketiga, kita bisa membaca banyak artikel dan sharing ibu hamil dari mana saja. Dan bisa STOP punya perasaan tidak pede, merasa dirinya berbeda dengan ibu hamil lainnya dan perasaan khawatir lainnya. Jadi, kita tidak perlu lagi membandingkan lagi kehamilan satu dengan lainnya. Seperti pertanyaan "Kok kita ngalami ini, kok dia tidak atau kok perutnya bulat saya lebih lonjong?". Simpel memang, tapi bisa bikin ibu hamil baper terusan loh :D.


Yang keempat, memiliki aplikasi kehamilan selain informatif juga sebagai hiburan. Percaya atau tidak, beberapa kali hamil tetap saja senang dengan mengeksplor aplikasi-aplikasi kehamilan ini. Tidak tahu, pokoknya senang saja :D. Secara ya, saya memang  selalu tertarik dengan aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan ibu hamil, tumbuh kembang janin dan anak :") hehehe.
Yang kelima, aplikasi kebanyakan free dan bisa diakses walau lagi offline. Puas pokoknya.

Ini dia 5 aplikasi wajib untuk ibu hamil yang bisa menemani kehamilan kita. 

1. Baby Bump Pregnancy

Ini aplikasi kehamilan yang lengkap menurut saya. Lengkap soalnya fiturnya, ada untuk mencatat perkembangan janin, kenaikan badan ibu hamil, ide nama bayi, dll. Selain itu juga ada perkembangan janin dari minggu ke minggu, tips yang bisa kita lakukan dan apa yang akan ibu hamil rasakan dimingu kehamilannya. Kita juga bisa menghitung tendangan janin atau kontraksi diaplikasi ini.

Aplikasi ini banyak mendapat penghargaan sebagai aplikasi terbaik kehamilan. Yang saya suka, saya bisa melihat gambar posisi bayi diperut minggu ke minggu (gambarnya bagus menurutku). Bisa sharing dan baca pengalaman ibu -ibu hamil juga. Buat saya ini lengkap dan perlu ada di smartphone ibu hamil hehehe.

 2. I'm expecting
Aplikasi kehamilan satu ini memberikan tampilan 4D USG dari minggu ke minggu. Tapi kita bisa mencatat kehamilan hari demi hari difiturnya. Ada video, artikel dan tips diaplikasi ini yang bisa jadi referensi. Ada fitur komunitas online dan kita bisa sharing dengan ibu hamil lainnya. 

3. Ovia Pregnancy

Buat saya aplikasi ini lucuuuuk banget tampilannya, so colourfull dibanding aplikasi kehamilan lainnya. Kalau untuk fiturnya hampir sama dengan aplikasi kehamilan lainnya. Pencatatan milestone kehamilan juga kengkap ^^.

4. Pregnancy +
Yang saya suka dengan aplikasi ini adalah tampilannya yang bersih dan enak dilihat. Untuk mencatat perkembangan janin, kesehatan ibu hamil, tendangan janin, melihat usg, nama bayi bahkan diary ibu hamil juga disediakan. Bahasa diaplikasi ini tidak terlalu baku tapi serius santai, jangan heran kalau pas baca artikel kita ketawa sendiri hehehe.

5. Mommychi
Satu-satunya aplikasi ibu hamil dan anak versi bahasa Indonesia yang saya rekomendasi. Soalnya tidak ada lagi aplikasi catatan lengkap Indonesia punya seperti ini hehehe. Kalau saya lihat aplikasi ini memang lebih konsen ke 1000 hari pertama kehidupan. Jadi dari hamil sampai anak 2 tahun kita bisa pakai aplikasi ini. Terus kita bisa masukkan data anak atau kehamilan sebanyak-banyaknya tidak dibatasi tetap kerecord sendiri-sendiri. 

Cuma kurangnya, aplikasi ini sering crash di smartphone saya plus antara kehamilan dan tumbang bayi tidak terhubung walau sudah saya kaitkan (walau tidak jadi masalah juga seh hehehe). Walau begitu, saya tetap rekomenin buat yang versi bahasa Indonesia.


Itu dia 5 aplikasi wajib untuk ibu hamil yang bisa kita gunakan untuk menemani kehamilan kita ^^. Yang pasti, sesuaikan dengan kebutuhan ya ^^. Jangan diinstal semua, tapi cobain satu-satu. Setelah itu tentukan yang paling cocok untuk kita gunakan dan cocok untuk smartphone kita. Jangan sampai kita instal aplikasi kehamilan tapi malah bikin crash handphone hehehe. Pokoknya sesuaikan dengan selera dan kebutuhan kita ya ^^. 

Diantara ke-5 aplikasi wajib ibu hamil ini ada yang sudah pernah pakai dan suka? Atau ada aplikasi lainnya yang digunakan saat hamil tapi diluar 5 aplikasi diatas? Yuk, sharing yuk! Semoga bermanfaat ya  ^^.

19 comments:

  1. saya pakai pregnancy and baby today, mbak. tapi makainya cuma buat tahu perkembangan bayu tiap minggu kayak apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi seneng ya liat perkembangan anak

      Delete
  2. Aku pakai baby bump pregnancy. Tp malah suka lupa ngliatnya. Haha..

    ReplyDelete
  3. Aku pakai period tracker udah 3 tahunan ini mba Cha. Ada fitur intimate sama pregnancynya juga wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha biar pas ya waktunya kalau ini lebih ke perkembangan janinnya nyatet2 ben ga lupa

      Delete
  4. Aku belum pernah pakai satupun Mba, pas dulu aku pakainya yang Pregnancy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sekarang banyaaak aplikasinya lucu2

      Delete
  5. Aku nyampe skrang tanpa aplikasi dong :( *pemalas*

    ReplyDelete
  6. Aihhh kerenn ya baru tau ada aplikasi untuk bumil yang bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  7. jaman hamil Bo et Obi belum pakai aku :)

    ReplyDelete
  8. Wah, ada aplikasi buat bumil juga yaaaa, Mesti nyoba ah, eh kan belum hamil ya :)

    ReplyDelete
  9. Mau cobain yang mommchy deh. Moga cocok

    ReplyDelete
  10. bisa direkomen buat calon istri nih hehe

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^