Cara Melakukan SADARI sebagai Deteksi Awal Kanker Payudara

cara melakukan sadari sebagai deteksi awal kanker payudara

Cara Melakukan SADARI sebagai Deteksi Awal Kanker Payudara. Kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Salah satu jenis kanker yang banyak diderita adalah kanker payudara. Saya sendiri belum pernah pengalaman dengan kanker payudara, karena saya sendiri adalah penderita kanker limfoma atau biasa disebut kanker getah bening.

Tapi sebagai wanita, saya tetap harus tahu tentang ciri-ciri kanker payudara. Soalnya kan rentan kena, apalagi saya sendiri punya riwayat kanker. Apalagi 1 dari 8 perempuan didiagnosa terkena kanker payudara :(. Penyebabnya banyak, bisa dari gaya hidup, hormonal, dan faktor lingkungan bisa jadi seseorang menderita kanker payudara.

kanker payudara
Sebagai sesama survivor, saya mau mengkampanyekan pencegahan atau deteksi dini kanker, Soalnya, lebih mudah untuk dicegah saat diawal daripada harus mengobati :"). 

Untuk distadium awal, biasanya benjolan kecil tapi sudah sedikit teraba karena sel kanker tumbuh dan menyerang jaringan payudara. Rasanya sakit tidak? Yang pasti saat stadium awal ada rasa tidak nyaman karena ada benjolan. Kadang daya tahan tubuh juga mulai berkurang, capek dikit harus istirahat. Walau berbeda dengan kanker limfoma yang saya alami, tapi pasti rasa sakitnya sama -___-.
Pertumbuhan sel kanker

Kenapa deteksi dini diperlukan? Seperti yang saya bilang diatas, lebih baik mencegah daripada mengobati. Deteksi dini kanker payudara biasa disebut dengan SADARI (periksa payudara sendiri). Jadi kita harus lebih peduli dan cinta dengan tubuh kita sendiri bukan orang lain.

Melakukan SADARI itu termasuk mudah kok. Karena kita bisa melakukannya sendiri dirumah, hanya berbekal cermin agar kita bisa melihat perbedaan yang terjadi pada kondisi payudara kita. Kita bisa rutin melakukan SADARI sesering yang kita perlukan.


Bila memang ada perubahan yang terlihat setelah melakukan SADARI, segeralah kedokter untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dilakukan pemeriksaan mammografi sebagai awal untuk penegakan diagnosa. Nah, tuh kan? Apa saya bilang! Makanya lebih baik deteksi dini lebih gampang sembuhnya daripada terlambat kan? :").

Ketika seseorang terkena kanker, imunitas tubuhnya akan berkurang. Saya sendiri merasakan sampai saat ini badan tidak sesehat dulu. Pergi sebentar saja, istirahatnya bisa seminggu karena kecapekan ^^. Apalagi dalam keadaan hamil seperti ini, saya harus ekstra mencintai diri sendiri agar selalu tetap sehat untuk diri sendiri dan anak dalam kandungan. Karena bagaimanapun ada hak anak untuk hidup dalam perut saya sekarang.

Untuk menjaga kekebalan tubuh, biasanya saya minum multivitamin yang cocok dengan tubuh. Begitupun obat-obatan lainnya, selalu dengan resep dokter. Kadang saya diberi copy resep dari dokter agar suatu saat semisal 'kumat nyerinya' saya bisa beli mandiri tanpa harus kedokter. Cuma ingat loh ya, copy resep hanya berlaku 1-2 kali setelah itu harus baru lagi dari dokter. Kan jaga-jaga kalau semisal ada perubahan kondisi badan ^^. Bagaimanapun, orang yang menderita penyakit tidak akan jauh-jauh dari yang namanya obat :).


Untuk memudahkan membeli obat, sudah hadir aplikasi ProSehat. Sudah pada tahu belum? Aplikasi ini mendapatkan banyak penghargaan loh sebagai apotik online. Di ProSehat, kita bisa membeli obat berdasarkan resep dari dokter tanpa harus keluar rumah. Secara ya, kadang ada beberapa obat yang tidak tersedia diapotik, jadi kita harus keliling buat cari persediaan obatnya:"(. Dengan menggunakan ProSehat, Apoteker bersertifikat ProSehat akan mengkonfirmasi pengiriman obat hingga ke tempat tujuan. Mudah kan? Layaknya produk di apotik, kita juga bisa membeli produk kesehatan (suplemen, obat bebas, dan alat kesehatan) yang diperlukan.

Yang kece itu saat saya mencoba aplikasinya. Saya cukup menuliskan sakit kepala (atau lainnya) dan nanti akan muncul berbagai macam obat bebas yang dijual. Cukup mudah seh digunakan menurut saya. Disana juga ada banyak artikel kesehatan yang bisa kita baca. Untuk promo sehat, kita bisa membeli produk kesehatan dengan diskon hingga 30%. Terus kalau mau tanya-tanya juga bisa, karena Pro Sehat bekerja sama dengan TanyaDok.com.

Adakah obat untuk kanker disini? Selama ada resep dokter dan sudah dikonfirmasi ke dokternya langsung, apoteker ProSehat akan membuatkannya. Karena obat kanker kan bukan obat yang dijual bebas harus dalam pengawasan ^^.

Kembali lagi ke cara deteksi dini kanker payudara. Bulan Oktober ini adalah bulannya para survivor kanker payudara. Karena mencegah sel kanker menjalar adalah lebih baik daripada harus mengobati sel kanker yang sedang menjalar. Yup, mencegah lebih baik daripada mengobati. Deteksi dini sekarang juga dan lakukan SADARI secara teratur sebagai langkah awal pencegahan breast cancer.

Sayangi tubuh kita dan SADARI segera. Say no to "kanker payudara!".

Btw, buat teman-teman yang mau belanja di ProSehat 
bisa pakai kode promoku, yaitu  ECHA25 biar dapat diskon 25% \m/ 
Mayan banget kaaan!
Periode promo ini berlaku 12 Oktober-12 Nopember 2016


[Sponsored Post]

50 comments:

  1. Yup, mencegah lebih baik daripada mengobati. Harus extra waspada memang terhadap kanker ini.
    Btw membeli produk kesehatan sekarang makin praktis dengan ProSehat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba makanya kudu ada deteksi dini :")
      iya prosehat jadi mudah ya resep yg susah dicari ada

      Delete
  2. Yuk sama2 SADARI ya cha.... ngomongin apapun yg berbau2 kanker pasti bkn ngilu nih *_*

    ReplyDelete
  3. Sahabatku juga kena & jg almarhum ibunya. Kanker getah bening kurang bgt edukasinya, moga2 makin banyak yg nulis agar informasinya bisa lebih mudah didapat masyarakat spt breast cancer ya Cha. Sehat terus ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...rasanya dikit banget yang nulis ttg getah bening :"(
      makasih mba

      Delete
  4. Wah nyobain ah...buat beli vitamin hamil hehehe...

    ReplyDelete
  5. saya juga suka lho Cha periksa payudara sendiri :) dan aplikasi ini tentunya membantu kita2 yg sedang cari obat ataupun mencari informasi ttg kesehatan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak...soale mau g mau kita kudu awas sama badan sendiri yak

      Delete
  6. Aplikasi pro sehat ngebantu banget yo klo kita lagi butuh obat yang diresep tp di apotik ga ada.

    ReplyDelete
  7. Lebih praktis ya sekarang. Apalagi utk yg rumahnya jauh dari kota seperti sy😊 makasih infonya mak.

    ReplyDelete
  8. Asiik. Ada diskon. Save dulu...ntar mau beli beli sesuatu

    ReplyDelete
  9. Sadari memang penting bgt utk deteksi dini kanker payudara. Semoga kita semua selalu sehat yo mak echa

    ReplyDelete
  10. woooww.. apotik aja sekarang udah ada aplikasi online nya lho. kereeeen

    ReplyDelete
  11. Sadari ini emang penting untuk deteksi dibii..
    Semoga kita selalu sehat

    ReplyDelete
  12. Eh ada juga ojek online yang ngeluarin fitur kayak gini lho mbak. Tapi kayaknya lebih percaya prosehat karena kan udah trusted gitu. Btw, aku belum check up lho. Takut :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iyakah? nah itu kalau ini keknya lebih terpercaya ya

      Delete
  13. Mari sama sama kita Sadari. Lebih baik mencegah atau mengetahui secara dini, dari pada terlambat .

    ReplyDelete
  14. Terimakasih mbbak, sangat membantu istri saya untuk deteksi kanker payudara

    ReplyDelete
  15. beberapa orang dekat sudah berpulang karena kanker payudara, berawal karena tidak mengetahui sejak dini :(

    ReplyDelete
  16. Emang penting melakuan sadari ya mbak, supaya bisa diatasi sejak dini. Moga2 selalu sehat lha...

    ReplyDelete
  17. Aku dulunya masih bingung cara SADARI Mbak Cha, kadang di payudara ada nggrenjel tapi habis itu gak ada lagi. Naaah, keder sendiri ternyata kata dokter itu kelenjar. Selama ini ternyata cara SADARI ada mecem2 ya, berdiri, telentang jugak, hhihi

    ReplyDelete
  18. Lumayan ya diskonnya di ProSehat,Mbak
    Saya juga lagi nyari buat Osteoporosis nih for someone...

    ReplyDelete
  19. Aku takuttt... ada tante yang sering nginep di rumah sakit kanker (lupa kanker apa), langsung drop banget... harus ubah gaya hidup dari sekarang nih, tapi mekdi enak :( #teteup

    ReplyDelete
  20. wahh baru tahu mbak, kalo ternyata resep dokter hanya bisa 1--2 kali repurchase. O..O..O

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya kondisi org kan selalu sama

      Delete
  21. Enak bgt ga sih, tinggal foto resep cekrek trus obat bisa ditebus hihihi

    ReplyDelete
  22. Aku juga sekarang jd sering SADARI, karena aku takut banget yang namanya kena kanker ituu...
    Jadi lebih mawas diri..

    ReplyDelete
  23. Harus waspada dan segera di periksakan nih kalau gejala2 udah muncul.,,
    thanks ya tips nya :D

    ReplyDelete
  24. mencegah lebih baik dari pada mengobati, sebaiknya diperiksa segera ke dokter..

    ReplyDelete
  25. Kalo lagi menyusui begini, benjolan di payudara sering bikin nyaru. Pernah 2 kali pengalaman. Waktu menyusui anak kedua dan ketiga sekarang. Ada benjolan yang bikin khawatir. Pas di usg, Alhamdulillah ternyata cuma mastitis. Kudu sering dicek jadinya. Worit ya. Siapa pun bisa kena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ibu nyusui sering ngerasa ada ganjel gt kan

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^