4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Perawatan Mandi Bayi . Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak ca...

Miftah dalam Kenangan Saya


Mulai dari mana ya enaknya.... Saya bingung soalnya mulai ceritanya, tapi saya harus nulis buat terapi jiwa karena beberapa hari ini saya susah tidur dan nangis terus. Jadi biar kembali waras, saya harus nulis tentang Miftah. Sahabat, teman, kerabat dan orang yang sudah saya anggap adik sendiri selama ini. 

Saya kenal Miftah itu dari komunitas Blogger Bogor atau biasa kami sebut Blogor tahun 2009. Miftah sendiri waktu itu masih kuliah dan saya sudah kerja. Jadi ceritanya itu kami sama-sama anak baru di Blogor yang baru berdiri. Terus ketemu orang yang 'senasib' jadi klop bahasannya. Waktu itu, dia dan beberapa blogger bikin komunitas yang namanya Blogger IPB yang akhirnya kesemuanya merapat ke Blogor :").

Namanya juga komunitas blog, jadi kami banyak ngobrolnya tentang blog. Yaaaa...seputaran coding sederhana, impression, html dll. Kalau pernah baca tulisan saya dulu tentang perjalanan blog, komunitas Blogor punya andil besar ngajarin saya ngeblog. Saya nyerap banyak sekali ilmu sama master-master di blog, termasuk Miftah. Dan waktu itu saya cuma mlongo kalau dengerin, karena jujur saya nggak ngerti apa yang diomongin xD. Tapi namanya sudah niat belajar, saya tetap berusaha dengerin walau maksa wkwkwk. Untungnya ada beberapa sahabat persohiblogan (kalau istilah kami diblogor) termasuk Miftah yang mau jelasin tetek bengek apa yang saya tanya. Iya, saya bisa dikit-dikit tentang blog dll ini berkat mereka semua, termasuk Miftah.

Miftah sendiri punya beberapa blog. Yang utama itu di www.miftahgeek.com . Dulu dia suka bikin postingan gambar-gambar titik gitu, sayang ga dilanjut di http://antisimpel.blogspot.co.id/

 Ini beberapa foto acara yang kami datangi bareng di acara Blogor



Saya dan Miftah paling depan

Karena seringnya ngobrol dan janjian kalau datang keacara, lama kelamaan kami dekat. Waktu itu Miftah masih jomblo masih PDKT gitu sama Ana (kalau saya gak salah). Terus pas mereka jadian ternyata awet sampai nikah. Tapi kayaknya mereka berdua (Miftah dan Ana) adem ayem saja sih hubungannya. Tidak pernah sampai saya dengar mereka berantem sampe gimanaaa gitu... xD. Pokoknya ga selebay saya deh kalau lagi berantem ama yayang :v (baca : Echa labil).

Dan kami jadi sering ngobrol dan curhat, well Miftah itu pendengar yang baik. Beneran, saya cerita sampai nangis-nangis dia cuma pasang tampang culunnya gitu :"). Baik bener kan :v. Apalagi saya bukan tipe orang yang punya sahabat banyak, cuma beberapa biji itu-itu aja biasanya. Dan dek Miftah walau muda umurnya dari saya ternyata bisa jadi tempat sharing yang aman :"). Makasih ya dek dah mau jadi adekku dan sahabatku.

Tapi Miftah tetap Miftah yang akan selalu membuat saya tertawa. Miftah tetap Miftah dengan tingkah polosnya yang selalu menghibur. Dia sering jagain saya dirumah sakit, pernah juga sama Ana jagain saya. Kalau saya sakit dirumah, dia naik angkot ke rumah sambil bawain makanan. Huhuhu. Kadang gantian sama Papa buat jagain saya di RS huhuhu.... Baik bener atuh kamu, dek!.

Tadi pas gugling ternyata Miftah pernah nulis tentang seringnya aku bolak balik masuk RS di http://miftahgeek.com/2011/get-well-mba-echa.html. Ini tulisan keluar gara-gara dia nemeni saya ke acara blogilicious http://www.echaimutenan.com/2011/07/setelah-seminggu-dirmh-sakit.html trus pingsan trus dia panik xD. Walaupun itu bukan yang pertama saya pingsan depan Miftah. 

Iya, Miftah jagain saya dari dulu :"). Dia selalu ada saat saya sedih dan senang. Waktu kemoterapi pertama kali Miftah yang nemeni saya ke Dharmais. Miftah yang selalu manggil saya "Mbak e", sampai saya dikenal sama keluarganya dengan sebutan Mbak e :v :v.

Jadi inget, dulu pernah saya ajak pulang kampung lebaran bareng dibawain makanan banyaaaaaaaaaaaaak banget. Dan dia milih duduk dibelakang sama Cucuth biar saya bisa duduk depan sama orang yang lagi di-pdkt-in. Hooh, sering banget dia nemeni saya pacaran :v :v, padahal jadi obat nyamuk :v :v. Maaf ya dek :").

Yang paling sering dia lakukan saat mahasiswa dulu adalah datang kerumah sambil nanya makan apa terus ikutan makan xD. Iya iya tahu tanggal tua kan kalau lagi bokek datang kerumah makan masakan apa aja yang bisa saya buat untuk Miftah dkk (iya banyakan yang datang biasanya :v). 


credit foto : anandita

Selfie sama Raffi

Dan akhirnya saya nikah sama Papih. Saat saya kasih kabar bahagia ini, dia cuma bilang "Yes, mbak e nikah berarti ada papih yang jagain mbak e kalau di RS". Dan kamu bener dek, papihlah yang sekarang selalu jagain mbak. 

Lalu akhirnya kamu dan Ana menikah juga :"). Saat dengar kabar itu rasanya hati itu senangggggg banget :"). Adekku nikah rek! Dan Miftah bilang, "Mbak e doakan kami ya". Saya saat itu tersenyum sambil meluk Miftah dan Ana dipelaminan :").
Satu-satunya orang yang diberi akses ke semua sosial media dan blog saya itu Miftah. Karena domain blog www.echaimutenan.com ini adalah hadiah dari Miftah. Coba cek whois blog ini, Miftah owner domainnya. Alasannya ngadiahin domain waktu itu biar saya lebih sehat ceunah. Katanya kalau lihat saya lagi nulis blog itu, saya kayak lebih sehat gitu semangat gitu bawaannya. Dan iya, kamu juga bener dek Miftah, mbak Echa sehat :"). Dan tahu tidak, selama domain blog ini ada saya gak pernah bayar tahunan domain, semua dibayarin Miftah --".Makasih ya dek!

Selama ini kami seringnya inbox atau whatsapp. Misalnya dia mau curhat atau ada imel penawaran iklan diblog saya, pasti langsung ngubungi. Nggak tiap hari seh, tapi kami masih intens saling ngabari. Kalau ketemu terakhir pas dia ternyata agency suatu lomba yang saya ikuti, sampai melongo pas ambil hadiah. Dan sempet suudzan, jangan-jangan saya dimenangin --". Tapi dia bilang, "Ya nggaklah mbak e. Tulisan mbak e kan bagus. Kalau bagus mah bagus saja". 

Waktu Ana lahiran, saya nggak sempet datang kesana. Soalnya waktu itu lagi mual dan teler-telernya hamil Raffa.

Kalau lagi ngobrol, biasanya ledek2an gt.. Apalagi yang twitter, itu ternyata tweetnya yang terakhir.....buat saya..........


Dan ternyata itu ledek-ledekan terakhir kita dek. Padahal baru saja kita ngobrolin tentang high chair dan sepeda Alfa, ternyata itu obrolan kita terakhir :"(.

Iya tanggal 4 Februari 2017, sambil nyusuin Raffa saya kaget baca percakapan di grup Blogor. Yang mengabarkan kalau Miftah dan Ana kecelakaan tertimpa pohon tumbang di UI. Langsung kaget bacanya dan langsung nelpon HPnya Miftah. Ga ada yang ngangkat.

Terus gugling, beneran ternyata.... ada identitas Miftah dan Ana sebagai korban meninggal yang sdibawa ke RS Fatmawati... Saya langsung nangis. Pikiran saya satu, "Alfa kepiye?". Papih disamping sambil nenangin saya. Semalaman saya ga bisa tidur, buka-buka album kenangan, baca-baca chat, baca imel dan buru-buru untuk pagi besok berangkat ke rumah Miftah. Semaleman juga saya berusaha yakinkan Papih agar dibolehin ke Miftah buat nganterin Miftah dan Ana disemayamkan. Papih cuma takut saya gak kuat karena baru kamis kumat kejang lagi soale. Kalau dijalan tiba-tiba kejang kan berabe bawa anak segala macam.

Pagi datang dan sejak subuh sudah siap-siap berangkat. Sampai rumah Miftah rame banget :"). Dan saya masuk rumah dan lihat jenazah Miftah dan Ana berjejeran huhuhu.
Ya Allah, dek Mif dek Ana... :(.

Akhirnya saya ngumpul sama teman-teman blogor yang datang. Cari-cari Alfa ternyata lagi digendong sama tetangga.Alhamdulillah disana tetangganya baik-baik, jadi pada bantuin semuanya :"). Jenazah dikebumikan abis duhur, saat mau berangkat mobil jenazah yang ngangkut si Ana lama banget ga mau nyala. Dan melihat mobil beriringan gitu, banyak yang ga kuat nangis :"(.


Banyak yang tanya, Alfa gimana? Alfa alhamdulillah sehat kok! Alfa kuat kok! Dan saya yakin Alfa juga akan jadi anak yang baik, sehat, kuat dan soleh. Banyak yang sayang sama Alfa kok! 

Dan ada seorang sahabat Miftah, Iqbal membuat penggalangan donasi atau santunan buat Alfa di https://kitabisa.com/tributeformiftah . Terima kasih ya dek Iqbal :"). Allah bless you. Mungkin bila teman-teman mau ikutan monggo donasi disana :"). Insyaallah bermanfaat buat Baby Alfa.



Bingung dah saya mau nulis apalagi, yang pasti mohon dimaafkan apabila almarhum almarhumah ada salah. Dan mohon doanya buat baby Alfa agar selalu sehat, kuat, ceria dan penyayang seperti almarhum kedua orang tuanya. 

Saya yakin banyak hal positif dan kenangan baik dari Miftah dan Ana dalam kenangan kita masing-masing. Dek Miftah dek Ana, selamat jalan ya.... Mbak Echa sayaaaaaang banget sama kalian :"). Sayaaaaaaang banget  :"(. Terima kasih buat segalanya :").

Buat dek Miftah Abdillah Ahmad disana, makasih banyak ya dek jadi adekku dan penyemangatku. Makasih dah buat blog ini buat mbak Echa. Gak ada lagi yang ngomong kata-kata sakti yang sering kamu ucapin ke mbak, "Sehat-sehat ya mbak". Sederhana tapi emang bener, saya harus jaga kesehatan :"). Selamat jalan dek :"). Blogmu akan terus ada seperti semangatmu bikin blogku terus ada. Mbak janji.

Innalillahiwainnailaihirojiun, bahagia disana ya dek Miftah dek Ana. Kami semua mencintaimu :*.Love you!! Allah lebih mencintaimu dan Allah pula yang akan jaga Alfa disini buat kalian :"). Banyak yang sayang Alfa dek..Banyak banget... :"). Tenang disana ya :*.

Kami semua mencintai dan merindukanmu
Baby Alfa (yang saya gendong) pasti akan tumbuh jadi anak yang kuat, sehat dan bahagia

Mohon maaf komen dinonaktifkan ya untuk postingan ini :").