4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Perawatan Mandi Bayi . Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak ca...

Stimulasi Bayi 1 Bulan


Stimulasi Bayi 1 Bulan. Ihiy, waktu berjalan cepat ya :"). Tiba-tiba Raffa dah sebulan saja :v. Perasaan baru drama nyari biaya persalinan deh sepertinya (jadi mellow flashback lahiran :v). 


Kalau setelah lahir hingga satu bulan, bayi biasanya cuma bisa ngeliatin kita sambil mangap-mangap gitu mulutnya xD. Di usia satu bulan ini, dia mulai fokus ngeliatin kita :"). Aduh rasanya diliatin bayi kayak gitu itu suenengnya minta ampun. Eh serius, si papih saja capek pulang kantor trus ngeliatin dan ngajak ngobrol si Raffa seperti ilang capeknya ((((Seperti)))).

Tulisan stimulasi ini akan insyaallah saya tulis setiap bulan rencananya. Sekalian mengingat apa saja milestone yang Raffa lakukan dibulan tersebut, sekalian nulis tentang cara stimulasi yang tepat disetiap bulan tumbuh kembangnya. Anggap saja layaknya diary :"), yang nanti dia baca setelah dia besar. Insyaallah bermanfaat ya bukibuk :D *kepedean.

Hal penting di usia bayi 1 bulan

Btw, untuk aktifitas menyusui bayi akan sering gumoh, tersedak dan cegukan. 3 hal itu yang paling sering terjadi. Tapi harus hati-hati saat bayi tersedak ya karena bisa berakibat fatal. Bayi sudah pintar menyusui pada usia 1 bulan, jadi dia butuh minum banyak walau lambungnya masih kecil. Pupnya juga sudah tidak terlalu sering ^^. Jangan lupa untuk selalu tes kecukupan ASI di frekuensi pipis setiap harinya.

1. Syukuran kelahiran Raffa

Saat 40 hari (selapanan bayi ), kami melakukan syukuran akikah dan potong rambut. Hihihi rambut lebatnya Raffa jadi dicukur gundul semua :D. Tapi rasanya bersih gitu enak dilihat plontos-plontos uculll. 


Ini pas 40 hari


2. Imunisasi BCG dan Polio

Ini saya lakukan di puskesmas, soalnya masih belum tahu dimana letak posyandu daerah sini huhuhu. Padahal kalau di posyandu lebih enak kalau imunisasi, bisa gratis dapat snack atau kacang ijo *eh *salah niat. Tapi mah dimana-mana gratis kalau imunisasi wajib ya :D. Yang bayar kalau didokter anak aja, tapi jangan samain imunisasi di dokter sama di puskesmas --". Kalau didokter anak, bayi diliatin milestonenya secara detil. Kalau dipuskesmas ya gitu deh :D. Peace yoww!


Kondisi Ibu di usia bayi 1 bulan

Untunglah saat Raffa tidak ada cerita bergadang seperti kakaknya dulu. Jadi saya bebas mau nulis dimalam hari, yang kenyataannya malah ikutan tidur sampai pagi :v.  Untuk luka bekas operasi sesar sudah rapi dan kering, cuma masih terasa sakit nyeri. Cuma saya sudah lumayan bisa beraktifitas seperti biasanya ^^. 

Namanya juga busui, ya pasti laperan cuy. Mau tidak mau saya mulai manajemen ASI dengan baik. Karena saya bukan tipe orang yang menyetok ASIP di kulkas, jadi saya pakai metode short breastfeeding. Yang nyusunya sering 10 menit sekali :D. Manajemen ASI seperti ini saya timerin mulai pagi sampai malam, jadi bayi terus menyusui ASI dengan jeda sebentar. Cuma kalau mala  hari bobok paling tidak setiap 2 jam sekali saya susui. 

Makanya saya bawaannya laperan, sampai ngumpulin Olahan Resep Masakan Simple biar bisa masak cepat tanpa harus keluar rumah. Demi ASI ngucur deras dan ibu tidak kelaparan wkwkkw.


Stimulasi bayi 1 bulan

Punya bayi bukan hanya disusui saja. Tapi kudu distimulasi biar sesuai tumbuh kembangnya. Oh iya, untuk stimulasi bayi baru lahir silahkan baca di http://www.echaimutenan.com/2016/12/stimulasi-bayi-baru-lahir.html .

Dan ini cara menstimulasi bayi diusia 1 bulan :

1. Jemur bayi setiap pagi

Sayangnya, didaerah saya hampir tiap pagi mendung mellow syalala. Yang pastinya bikin gak ada sinar matahari. Jadi, jam berapapun saat matahari muncul dan panas (asal tanpa angin kencang) saya langsung jemur Raffa. Dan ini banyak saya lakukan saat di sekolah pas anter kakak Raffi :v. Diusia 1 bulan, kuningnya sudah hilang dan matanya cerah banget :").


2. Mulai sering ditengkurapin dan dimiring-miringin

Ini untuk melatih otot lehernya. Saya sendiri suka nengkurapin dengan guling kecil ditangannya, jadi memang agak keatas posisinya. Ini bisa buat pijakan tangannya bayi agar mengangkat kepala tinggi. Kalau sebelum 1 bulan angkat kepalanya bentar, pas 1 bulan angkat kepala bisa sampai 1-2 menit. 


3. Ajak dia mulai tertarik dan merasakan anggota badannya

Jadi ada beberapa hal yang sering bayi 1 bulan lakuin diusia ini, yaitu suka masukin tangan kemulut. Haduh itu peer banget deh, terusan ngenyot tangan. Gak papa kok sebenarnya. Itu adalah hal yang wajar. Kita ingetin saja, "Adek jangan gigit-gigit yaaaa". Gitu. Kalau perlu kasih tetheer biar gigit-gigit dan kenyotnya dijalan yang benar xD. Saya sendiri tidak pernah kasih dot empeng gitu, jadi kalau mau gigit ya gigit saja tetheer.


Selain itu, bayi juga ajari gerakan. Sentuhkan berbagai macam barang, mulai dari yang lembut, keras, dingin, hangat, lengket dll. Lihat deh reaksinya luuuccccuk banget saat kita sentuhin xD. Oh iya. pas disentuhin itu dia akan belajar reflek memegang dan menggenggam.


4. Stimulasi agar terus bereskpresi

Bayi sudah mulai mengerti arti senyum. Jadi yang awalnya dia mangap-mangap saja, sekarang dah mulai senyum hehehe. Apalagi kalau kita ajak ngobrol, ketawa dan senyum, bayi pasti akan ikut menirukan. Inget loh ya, ajak ngobrol terusan ^^. Bonding ini bonding.


5. Stimulasi bunyi, gerakan dan pandangan mata

Bayi yang awalnya melihat kontras, sekarang udah mulai bisa berwarna dikit-dikit. Saat kita mainkan ke kanan kekiri mainan, bayi juga udah ngikuti pandangannya. Pasang gantungan diatas badan bayi seperti saat baru lahir dan dia akan mulai menikmati mainan atau benda-benda yang digantung ^^. Untuk musik, bayi juga udah mulai senang dengerin lagu-lagu. Jadi tidak ada salahnya ngedengerin dia lagu atau murrotal ^^.


6. Tertarik dengan bayangannya sendiri. Ajari narsis terus!

Maksudnya, dia mulai suka sama objek didepannya. Karena bayi sudah senang melihat bayangannya. Kalau ini saya pakai media kaca besar dan Raffa tertawa-tertawa sendiri melihatnya. Ini juga ngajari dia tentang anggota badannya kok. 


Untuk milestone Raffa bulan ke-2, yaitu :
1. Sudah natap wajah dan berekspresi
2. Mulai bisa diajak bercanda, walau mulut cuma terbuka doang suaranya jarang
3. Kaki nendang dan tangan gerak terusan
4. Mulai bisa bete kalau saya gak buru-buru nyusui
5. BB 6kg
6. Sudah mengikuti arah bunyi dan bentuk mainan. Mulai senang mainan bayi
7. Ngenyotin tangan -___-
8. Masih suka kolik dan gumoh byurrrrrrrr

Seru ya bermain bersama bayi, selain bisa stimulasi juga bisa untuk bonding antara orang tua-bayi. Selamat mempraktekkan stimulasi bayi 1 bulan ini. Semoga bermanfaat dan selamat bermain :*.

Dan horeeeee Raffa sudah 2 bulan \m/ 
Yeayy!!!

12 comments:

  1. Yaampun narsisnya lucu amat.. Kecil2 udah ngerti kaca yaaak hihiii
    Nggak berasa ntar mau ngejar2 Rafi ��

    ReplyDelete
  2. mencegah bayi biar gak tersedak gimana ya mbak caranya? trus kalo bayi tersedak, apa yg harus kita lakukan untuk mencegah dampak yg fatal?

    ReplyDelete
  3. wahhh lucu banget ya babynya... unyu gemesin..
    stimulasi emng harus banget untuk balita, agar terhindar dari penyakit..

    ReplyDelete
  4. Raffaaaa..... eemeesshh...pengen cubit pipi tembemnya..
    Ydah sebbulan ni ga bisa jemur anakku kalo pagi mak mendung dan ujan terus di semarang

    ReplyDelete
  5. Dulu, Jasmine pernah gumoh yg berlebihan. Abis nenen, keluar semua. Kasihan kalau liat bayi gumoh ya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Ah Raffa lucu banget sih, sehat selalu yaaa R kecil

    ReplyDelete
  7. ilmu lagi nih, jadi..Raffa ini dari mulai dalam kandungan smapai lahir selalu menghadirkan wawasan buatku. makasih mba Echa sll sempet berbagi cerita

    ReplyDelete
  8. Pengen cubit dan ciuuuum.

    Mamanya keren, rajin banget stimulasi adek Raffa. Raffi ngapain kalo adeknya distimulasi?

    ReplyDelete
  9. ya ampuuun, beneran udah sebulan ya Raffa? cepet banget ya Cha. Gemezzz banget liat foto2nya, mau nyubit rasanya #eh

    ReplyDelete
  10. Sayang banget ya anak-anak bunda dilahirin waktu blom ada kek gini-gian nih, maksute, aplikasi macem-macem, fesbuk ato blogging, jadi ya cuman poto-potoan doang.Senengnya Raffi Raffa kalo dah gede ada kenang-kenangan manisnya ketika masih bayi. #ehyangRaaffiblomliateuy.

    ReplyDelete
  11. lucu banget, jadi pengen nulis perbulan juga tapi apa daya badan tak sanggup. seharian ngurus bayi sama todller.
    Sehat selalu ya Raffa

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^