Agar Hasil Catok Rambut Lebih Tahan Lama


Semua wanita tentu menginginkan untuk bisa tampil cantik dan selalu sempurna di depan semua orang. Selain tubuh dan wajah, rambut yang merupakan mahkota wanita tentu saja harus dijaga tampilannya agar terlihat lebih mempesona. Rambut lurus menjadi pilihan sebagian besar wanita. Kini rambut lurus tak hanya bisa didapat alami dari lahir saja, namun bisa juga dibentuk dengan catok rambut. Ya, cara ini biasa dipilih wanita untuk hasil rambut lurus yang instan dengan biaya murah.


Catok rambut menjadi cara singkat dan instan mendapatkan rambut lurus nan cantik tanpa perlu ke salon dan mengeluarkan biaya. Namun banyak juga wanita yang mengeluh lantaran hasil catokan rambutnya tidak tahan lama. Hal ini tentu saja mengganggu dimana kita sudah mencatoknya sedari pagi khusus acara penting, namun rambut berubah seperti semula begitu saja hanya beberapa jam setelah pergi ke acara. Hal ini kerap membuat banyak wanita tidak percaya diri akan tampilannya.

Apabila kita kerap mengalami hal tersebut, maka terapkan beberapa tips berikut ini sehingga hasil catokan rambut bisa lebih tahan lama :

Keramas 

Hal penting sebelum kita mencatoknya adalah dengan terlebih dulu keramas. Cuci rambut dengan bersih hingga semua kotoran yang menempel hilang. Usahakan untuk keramas memakai air dingin karena air hangat bisa membuat rambut bisa menjadi lebih berminyak. Hal ini tentu tidak bagus jika kita akan mencatoknya karena bisa membuat rambut terlihat lepek.

Keringkan rambut 

Setelah keramas, lanjutkan dengan mengeringkan rambut. Keringkan hingga seluruh rambut, termasuk bagian dalamnya, betul-betul kering. Gunakan hairdryer untuk lebih mempersingkat waktu pengeringan, atau bisa juga dengan diangin-anginkan.

Pakailah anti frizz 

Sebelum rambut betul-betul kering, pakailah anti frizz terlebih dahulu. Produk perawatan untuk rambut ini sangat penting karena membuat rambut menjadi tidak kering dan juga tidak mudah kusut. Oleskan atau semprot anti frizz ketika rambut masih dalam kondisi setengah kering sehingga lebih mudah menyerap.

Bagi rambut ke beberapa bagian 

Mulai proses mencatok dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian. Setelah dibagi-bagi menjadi beberapa bagian yang tipis, pastikan jika semua bagian tersebut betul-betul sudah kering terlebih dulu. Pakailah hairdryer lagi jika memang beberapa bagian rambut belum kering.

Mulai mencatok 

Langkah selanjutnya adalah dengan mencatoknya per bagian yang sudah dibagi-bagi tersebut. Dengan pembagian tersebut, maka rambut akan lebih mudah lurus sehingga hasil pun sempurna. Mulailah dari ujung akar hingga ke ujung rambut dan ulangi beberapa kali per bagian.

Pakai serum 

Setelah semua bagian tercatok dengan sempurna, tambahkan serum sehingga rambut bisa lebih lurus seharian. Selain itu, serum juga bisa bermanfaat untuk vitamin rambut sehingga menjaga kelembaban alami rambut sehingga rambut bisa tetap sehat.

Hindari angin 

Salah satu alasan mengapa rambut cepat sekali kembali seperti semula adalah karena terpapar angin. Selain angin, paparan sinar matahari juga bisa menjadi alasan selanjutnya. Apabila kita bepergian menggunakan sepeda motor dalam kondisi berangin atau panas terik, maka rambut hasil catokan akan sangat mudah kembali seperti semula. Untuk itu, sembunyikan rambut dalam helm dan pakailah jaket sebagai pengaman rambut tambahan.

Hindari sering menyisir rambut 

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak sering menyisir rambut setelah catok rambut. Hal ini lantaran menyisir rambut bisa membuat minyak dari kulit kepala turun sehingga rambut mudah berminyak.

Taraaaaa mau mencatok rambut biar lurus atau ala kriwil semua bisa plus jadi awet

12 comments:

  1. Aku belum pernah pake catok rambut heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake kerudung pasti iya haha

      Delete
  2. aku juga belum pernah pake catok. Tapi adik ipar mah hampir tiap hari catokan sambil nungguin warung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah seharian gt make catok? *LOL

      Delete
  3. jadi inget jaman rambut masih panjaaang. waaupun gagal terus karena rambutnya asli keriting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa hahaha aku sebelun pake krudung pas dah make males wkwk

      Delete
  4. Aku belum pernah pakai catok rambut, Mbak. Pernah nyoba sekali, tapi gak bisa lurus haha..

    ReplyDelete
  5. Dulu pas masih gadis sering catokkan, sekarang pengen lagi tapi catoknya ilang Mak Echa :)

    ReplyDelete
  6. Ya ampun dah lama banget nggak nyatok2 rambut. Waktu blm pake jilbab aku rutin catok & cat :))

    ReplyDelete
  7. ((hindari angin) Hahaha jadi kalau habis catok bagusnya emang naik mobil jangan motor XD
    Rambutkubpendek jadi enaknya dicatok lurus. Siplah tipsnya

    ReplyDelete
  8. rambutnya jadi lebih rapi ya... saya blm pernah ngerasain dicatok hehe

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^