Menggendong Penuh Cinta dengan SSC Nuby 2 in 1 Baby Carrier




Menggendong, terasa akrab. Well, saat menjadi Ibu saya mulai belajar cara menggendong. Mengikuti komunitas menggendong hingga mengambil sertifikasi babywearing educator. Saya yakin bisa memberikan edukasi yang tepat dengan cara saya melalui media blog.

Mulai menanam banyak postingan gendongan di blog ini, ternyata membuat postingan tentang babywearing yang saya beri nama #echababywearing memiliki pembaca sendiri. Tentu ini bawa dampak positif kan ya, karena paling tidak sudah banyak sekali orang yang bisa menggendong dengan tepat.

Baca : 

Saya sendiri seperti postingan sebelumnya pasti bilang kalau saya suka gendongan SSC (Soft structured carrier). Iya, semudah itu soalnya. Mulai pasang, pakai dan lepas mudah sekali bahkan untuk awam sekalipun. Dan yang terpenting, suami saya bisa pakai karena nyerah kalau harus gendong sendiri.

Baca juga :

Selama kurun waktu 3 tahun ini, ternyata dunia babywearing aka pergendongan sangat berkembang. Mulai dari komunitas sampai ke model gendongannya. Kalau dulu saya suka produk gendongan impor, ternyata dengan konsep ATM banyak gendongan lokal yang berjaya. Bahkan UMKM juga mulai mengibarkan sayapnya. Sebagai pecinta gendongan, pastilah saya dukung dengan membeli produknya. Apalagi rata-rata produknya terjangkau.

Model gendongan SSC juga sama, dari yang biasa lalu ada yang modif hadap depan, mulai bisa dipakai newborn sampai berhipseat. Semua mengalir seiring permintaan konsumen dan inovasi pergendongan. Semua perlu dihargai dan semua perlu diapresiasi tanpa harus mendeskriditkan gendongan tertentu. Apalagi perlu kita ketahui, gendongan itu cocok-cocokan. Mencari yang cocok ya jelas kudu dicobalah.

Di postingan kali ini, saya akan membahas salah satu gendongan baru yaitu SSC Nuby 2 in 1 Baby Carrier.

Saat teman saya bilang, "Cha, Nuby punya gendongan loh! Coba dong review!" saya sebenarnya rada kaget. Heh? Nuby punya gendongan? Sedikit terdengar aneh buat saya, karena produk Nuby sendiri kan identik dengan peralatan makan bayi, mulai botol susu sampai kotak bekal makan anak. Lah, ternyata ada gendongannya toh xixi.

Sebenarnya ada 2 produk gendongan Nuby yang baru yaitu 2 in 1 Baby Carrier dan 4 in 1 Baby Carrier. Dan untuk R3, gendongan yang 2 in 1 cocok untuk usianya menjelang 4 bulan ini.

Unboxing Nuby 2 in 1 Baby Carrier


Gendongan ini ada boxnya dan termasuk yang jelas dalam memberikan petunjuk.  Dalam box terdiri dari gendongan, tetheer pad, dan buku petunjuk (berbahasa Inggris) yang cukup jelas. Sangat jelas menurut saya.

Dinamakan Nuby 2 in 1 Baby Carrier karena bisa menggendong dengan dua cara yaitu hadap ibu (facing in) dan hadap luar (facing out). Tapi saya sebagai seorang BWE akan teratp menyarankan gendong hadap Ibu itu paling rekomendasi dibandingkan posisi lainnya.

Gendongannya menyatu dengan hoodie lucu ada kupingnya gitu bagian kepala namanya stowable hoodie. Tidak bisa dilepas, tapi bisa digulung dan dimasukkan ke dalam saku ada reslitingnya. Warna yang saya punya abu-abu dengan body panel ada kangaroo style pocket jadi bisa tangan dimasukkan ke dalam saku sekalian meluk bayi.

Dalam petunjuk penggunaan, gendongan ini bukan untuk digunakan sejak new born keluar ceprol ya. Tapi kalau minimal bayi sudah memiliki bb 3.5kg dan usia 4 bulan. Kalau saya ukur panjangnya lebar body panel bawah di pad  pinggang itu sekitar 24.5cm. Setengah lebih kecil dibanding lebar body panel bawah yang menyatu sama pad pinggang pada gendongan standar lainnya. Mungkin karena bisa digunakan facing out kali ya, makanya lebih kecil.


Box SSC Nuby 2 in 1 baby carrier


Bisa facing in dan facing out



Bisa digunakan mulai bb bayi 3.5kg dan usia 4 bulan sesuai buku petunjuk penggunaan


Booklet petunjuk gendongan Nuby

Pertama kali saya pegang bahannya, hmm polyester boook! Secara kita tahu polyester itu rada panas, tapi pas pegang bagian dalamnya body panel ada busanya. Ini pertama kalinya saya pegang gendongan body panel ada busanya. Saya pikir akan menambah panas bahan, ternyata saya salah. Busanya itu khusus jadi malah bikin adem bahan, padahal 100% busa PU berkualitas.. 

Meski 100% polyester, tapi kainnya lembut dan nyaman untuk dipakai gendong.

Memilih gendongan SSC itu kita harus periksa bahan, jahitan, strap, dan bucklenya. Kenapa harus begitu? Karena yang kita gendong itu bukan karung beras tapi bayi. Hehehe. Safety first, bonding kemudian.

Dari jahitan body panel termasuk kuat. Jahitan buckle dan strap juga sangat baik. Bucklenya pada pad pinggang sedikit licin, tapi berkali-kali saya coba buka paksa tetap di posisinya. Kuat. Alhamdulillah. Gendongan 2 in 1 Nuby Baby Carrier ini sesuai dengan standar safety ASTM F2236 Safety Requirements. 



Walau bahan polyester dan pakai busa, tapi adem


 
Penampakan kain dari dekat dan jahitannya


Body panel yang didalamnya ada busa PU bikin adem



Komposisi gendongan dan cara mencuci gendongan


Petunjuk penting!

Seperti sudah ditulis di buku petunjuk, gendongan ini lebih baik facing in. Baru kalau sudah kuat kepala dan punggung bisa facing out. Tapi tetap disarankan untuk facing in atau hadap Ibu. 

Oh ya, jangan lupa sebelum menggunakan dicuci dulu ya. Jangan langsung dipakai. Saya biasanya pakai sabun yang lembut atau sabun Hagmi sabun gendongan untuk mencuci gendongan. Jangan pakai mesin. Rendam sebentar , kucek perlahan dan bilas sampai bersih lalu jemur. Ini akan membuat serat kain dan gendongan jadi lebih enak saat dipakai menggendong.

Baca juga :
Gendongan sesuai usia

Menggendong dengan SSC Nuby 2 in 1 Baby Carrier




Pertama kali saya pakai gendongan ini saat nonton bioskop. Saya pikir karena bahannya Polyester dan pakai busa bakal bikin bayi lebih "hangat" di bioskop yang biasanya udaranya dingin. Ternyata saya salah, gendongannya tidak panas ternyata. Saya coba lagi di luar ruangan, yaaaa  tahu sendiri panasnya udara Jakarta ya boooo! Eehh, nggak dong! Malah pas saya bawa ke Dufan, jadi ademmmmm. 

Untuk posisi menggendong, jelas saya pilih facing in hadap Ibu. Tadinya karena si R3 belum 4 bulan (walau BB sudah mencukupi), gendongan 2 in 1 Nuby ini belum cukup. Salah lagi dong. Body panelnya pas malah walau si R3 belum 4 bulan. Ya udah saya pakai saja toh hehehehe.

Saat menggendong, jangan lupakan TICKS. Karena ini merupakan dasar semua babywearing saat menggendong bayi. Sudah pada tahu belum TICKS itu apa?

Jadi TICKS itu kepanjangan dari :
Tight (kuat)
In view at all times (Bisa dilihat terusan)
Close enough to kiss (Bisa mencium dahi bayi)
Keep chin off the chest
Supported back (Mensupport punggung dengan baik)

Dan tentunya posisi M-shape sesuai cara gendong yang baik, aman dan nyaman. Seperti saya bilang di atas, safety first bonding kemudian. Karena ini SSC panel lebar seperti standar gendongan lain, jelas M-shape ya. Kita hanya tinggal mengencangkan posisi strap dan pad sesuai kenyamanan masing-masing. 

Tapi ya selama saya pakai gendongan SSC Nuby ini ya enak-enak saja sih ya. Sudah saya pakai ke mana-mana, hampir tiap hari malah hehehe. Begitupun suami saya juga pakai saat saya harus gantian menggendong R3.  Gendongan ini juga lightweight yang mudah dipakai dan disimpan.

Untuk berat badan 14kg sepertinya kekecilan ya, jadi memang cocok untuk bayi start 3-4 bulan memang yang sudah mencapai bb 7-8 kg. Karena tingginya juga sudah pas. Kalau dibawah itu sepertinya body panelnya kegedean dan yang ada kelelep dong  bayinya. Rekomendasi saya ya usia segini memang pas untuk anak saya si R3. Kalau mau posisi backcarry ya boleh nanti kalau sudah 6 bulan ke atas.



Nonton sama anak-anak



Dari dekat


Tampak samping


Close enough to kiss


Narsis dulu.
Masih mau lihat foto lainnya?


Saya kasih lagi nih hehehehe.



Hoodie lucu kayak kuping
Cukup untuk menutup kepala kalau lagi dingin dan panas


Tangan bisa dimasukkan ke dalam saku ya
Kangaroo style pocket


Tidur enak ya, Nak!
Tidak takut digigit-gigit, karena ada teether pads yang sangat mudah dicuci.


Yang seru, gendongan SSC Nuby 2 in 1 Baby Carrier ini ada diaper bagnya yang sewarna. Jadi kalau mau jalan biar senada seirama sesoneta, ya bisa pakai Diaper Bag Nuby. 

Kalau mau beli, gendongan dan Diaper bag Nuby ini bisa langsung ke Mothercare Store. Untuk harga gendongan 2 in 1  Baby Carrier  Head Support di 699ribu dan diaper bag Nuby di 899ribu. Untuk info lebih lengkap bisa ke instagram Nuby ya :*.



Menggendong itu harus penuh sayang dan cinta karena ada bonding di sana antara penggendong dan yang digendong. Selamat menggendong  dan ciptakan dunia cinta kita bersama anak. Happy babywearing, Mom.

26 comments:

  1. Iiih jadi inget 13 tahun lalu ngalamin kayak gini, gendong Nayla anak saya, paling suka pk gendongan model ini, kalau yg dari kain panjang saya gak pinter ngiketnya takut lepas. Bisa buat kado nih mba, makasih infonya ya

    ReplyDelete
  2. Jadi kangen ngegendong bayiiikkk
    bener banget Mak Echa
    Bonding Ibu-Bayi itu terbentuk dgn sangat setrong tatkala rajin menggendong yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Cari gendongan buat bayi memang paling utama yang aman dan nyaman dipakai ya. SSC Nuby ini keliatan kuat dan aman, ada hoodie nya juga, lucuu.

    ReplyDelete
  4. gendongan semakin banyak ya macamnya.. Nuby bisa jadi pilihan nih... kayaknya bebi nyaman banget digendong dg Nuby ini..

    ReplyDelete
  5. lucu ya gendongannya ada hoodienya juga. Sayang baru ada sekarang, anakku sekarang udah terlalu besar buat digendong2. hiks. tapi boleh juga buat ide kado nih.

    ReplyDelete
  6. Jenis gendongan emang banyak macamnya ya sekarang, juga cocok-cocokan dengan kebutuhan dan kebiasaan menggendong. 2 in 1 baby carrier ini tampak nyaman sekali, yang jelas juga makin menguatkan bonding karena mudah sekali untuk kiss kiss baby tersayang.

    ReplyDelete
  7. Ampuuun gemesnya ya dedek bobok. Kelihatan nyaman dengan gendongan Nubi..ada Hoodie dan teethernya juga hihi..kreatif..

    ReplyDelete
  8. gendongan jaman now lucuk2 ya. modelnya juga banyak variasinya. boleh nih buat ngadoin kalo ada yg lahiran nanti :)

    ReplyDelete
  9. Waah gendongannya ada Hoodienya lucuu bangeet. Kayaknya gendongannya nyaman banget ya mbak Echa. Enak dipakai kemana-mana.

    ReplyDelete
  10. OOOO jadi gendongan itu harus ada standarisasinya ya Cha
    kebayang dulu punya bayi, beli gendongan terus bayinya ga nyaman dan aku jadi sakit punggung ga karuan

    noted ini standarisasinya

    Tight (kuat)
    In view at all times (Bisa dilihat terusan)
    Close enough to kiss (Bisa mencium dahi bayi)
    Keep chin off the chest
    Supported back (Mensupport punggung dengan baik)

    ReplyDelete
  11. Waaah sekarang Nuby jg ngeluarin gendongan ya, jadi lbh banyak banget pilihan gendongan yg bisa dicobain sama ibu2 & bayinya. Btw harganya berapaan cha? dari tadi bolak balik nyari info harga kayaknya blm ada infonya :D

    ReplyDelete
  12. Hmmm, kelihatan enak tuh boboknya dekbay di dalam gendongan Nuby ya Cha. Nyaman juga buat yang nggendong ya? AKu rekomendasikan buat ponakan yang pada hamil niy

    ReplyDelete
  13. Recomended banget ini gendongannya. Klo kami masih setia dengan kain panjang gendongan kain panjang ala emak-emak tempo doloe :)

    ReplyDelete
  14. Sekarang gendongan jenisnya banyak banget dan lucu-lucu pula. Aku jadi pengen punya, tapi anak belum ada #Doeng!

    Nanti kalau punya baby, bisa deh beli karena bahannya juga oke

    ReplyDelete
  15. waaah ada kantong buat naruh tangan. meluk2 si kecil jadi lebih nyaman. kayak kanguru2an gitu deh modelnya, hihi

    ReplyDelete
  16. Aku udah sempet naksir tuh pas lihat apdetan statusmu mbae. Cakep banget bahannya ini, kirain harganya jeti2 loh, ternyata nggak yaa.
    Asik sih kalo bisa senada sama diaper bagnya juga.

    ReplyDelete
  17. Wah, gendongan model baru ya. Ada hoodie nya.Baby jadi makin nyaman deh kalau gitu. Zaman anakku kecil belum ada yang begini.

    ReplyDelete
  18. Wah, gendongan model baru ya. Ada hoodie nya.Baby jadi makin nyaman deh kalau gitu. Zaman anakku kecil belum ada yang begini.

    ReplyDelete
  19. Emang paling enak deh kalau pakai gendongan gini jadi gak pegel, soalnya zaman anak masih gendongan aku terbantu banget. Tapi lebih sering yang bawa bapaknya, hahahahaaa

    ReplyDelete
  20. Aku penasaran sabun gendongannua jadinya, kalo dilihat kainnya agak anget tapi ternyata adem ya mba ca... bisa dijadikan referensi ni,,,

    ReplyDelete
  21. itu gendongan kayak gak berasa kalo lagi gendong anak yah.. terlihat ibu dan anaknya juga nyaman , anteng banget, warnanya juga kalem, btw made in cina juga yah, hihihi. jauuh

    ReplyDelete
  22. itu gendongan kayak gak berasa kalo lagi gendong anak yah.. terlihat ibu dan anaknya juga nyaman , anteng banget, warnanya juga kalem, btw made in cina juga yah, hihihi. jauuh

    ReplyDelete
  23. Sewaktu anak saya masih baby pernah beli juga berbagai tipe baby carrier ini dari depan hingga belakang. Yang lebih seru saat beli yang buat daki gunung, itu berasa keren banget. Saya memakainya juga jadi ikut macho hehe. Macho tapi keibuan.

    ReplyDelete
  24. Sukaaa, kak Echa idola banget siik...

    Zamanku 6 tahun yang lalu belum ada gendongan yang ada hipseat nya gini...jadi kebayang capenya kalo si baby gak mau di gendong pake carrier.

    Lepas dan ujung-ujungnya gendong peluk tanpa carrier.
    Makanya lenganku keker, kak.

    ReplyDelete
  25. Kemarin adik iparku juga dah beli ini mba nyaman ternyata aku juga Dah coba gendong waktu ajak anaknya k mini market

    ReplyDelete
  26. Sudah lama gak gendong bayi.
    Apalagi zaman Yasmin dulu tahun 2001-an, belum banyak inovasi pergendongan...
    Jadi, aku bacanya pelan-pelan, biar tidak ada yang ketinggalan...

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^