Cerita Kehamilan di Tri Semester Tiga : TM 3 yang Menegangkan

Cerita Kehamilan di Tri Semester Tiga : TM 3 yang Menegangkan

Cerita kehamilan saya yang terakhir insyaallah sekarang ini sudah masuk tri semester 3 ternyata. Cepat ya? Iya waktu terasa begitu cepat. Perasaan baru kemaren move on dari mual dan muntah, eeeeh sekarang dah mau brojol aja. Iya, menghitung hari. Sebentar lagi, ya Allah akan bertemu.


 Biar afdol, baca dulu ceritanya saat TM 1 dan TM 2


Rasanya baru kaget lihat hasil test pack, trus semaleman tidak bisa tidur berdua sama Papih sambil mewek gimana ini hamil. Tapi namanya hidup kan kudu terus jalan. Ya wes dijaga, namanya juga berkah Allah. Sambil banyak baca Bismillah dan doa biar semua lancar.

Hari demi hari dijalani, mual muntah sudah tidak terhitung. Belum Hb turun dan keliyengan tapi harus ngurus anak. MasyaAllah. Tapi semua terlewati kalau lihat ke belakang dan saya bisa. Kami bisa melewatinya bersama. Hikz terharu ternyata saya yang lemah ini bisa karena kekuatanMu.



Tapi semua sudah berlalu, dan sekarang saat menunggu kelahiran. Sebelumnya, saya mau cerita tentang beberapa kejadian yang kami anggap penting dalam keluarga kami di tri semester akhir kehamilan saya.. 

Yang pertama adalah si R1 wisuda TK. Ya ampun anak TK ada wisuda wkwkwk. Tapi ya begitulah ya. Hehehehe. Yang senang kami sekeluarga bisa nonton bareng kakak menyanyi dan wisudaan.

Yang kedua, si R2 mulai toilet training. Iyessss, dia berhasil pipis dan pup di WC sekarang. Yippie. Walau kadang masih suka kelewat pipisnya, tapi so far aman. Sebentar lagi dia akan makin pintar toilet training. Jatah diapers bisa buat adik bayi saja kan hehehe.


Si R1 wisudaan

Si R2 toilet training

Terus apa ya, kita baru saja ngelewatin pemilu dan alhamdulillah saya juga ada lomba pemilu menang. Lumayan banget buat nambah-nambah kebutuhan keluarga.


Kondisi kehamilan Saya di Tri Semester 3


Di TM3 ini, ternyata bukan hanya perjuangan menaikkan Hb tapi juga BBJ (Berat badan janin). Iya, BBJ nya kebetulan masih sangat kurang. Karena kebetulan saya juga susah makan masih. Hikz. Jadi saya banyak makan ini itu, apa saja dilahap. Pelan-pelan dikit-dikit. Biar masuk tidak dimuntahin. Perjuangan pokoknya. Yang tadinya ga minum susu, saya jabanin minum susu juga. Fyuh!

Cerita menaikkan Hb bisa dibaca di :


Tapi tidak ada yang percuma, alhamdulillah pas 36-37 weeks BBJ naik di 2,5kg. Biasanya usia segini saya sudah di 2,8kg. Cuma ya sudah paling tidak naik yang namanya BBJ dalam waktu 2 minggu. Sudah bukan termasuk BBLR maksudnya. 

Untuk pengapuran plasenta masih ada, tapi sama-sama berdoa penyerapannya masih bagus. Terbukti BBJ-ku naik dan saya juga akhirnya naik 3 kg setelah hampir 9 bulan stagnan di BB sebelum hamil. 




Beberapa makanan yang sengaja disantap demi BBJ naik

Terus saya kan parnoan, karena di hamil ini sering basah gitu jadi bikin sedikit gak nyaman. Apalagi deg-degannya ini masuk ketuban atau keputihan biasa ya. Akhirnya daripada watir berlebih saya dikasih kertas lakmus buat cek. Tinggal swap ke mrs V, nanti hasilnya biru atau merah. Kalau kertas lakmus berubah jadi merah berarti itu keputihan biasa, kalau biru berarti ketuban rembes

Cukup menolong saya yang dikit-dikit pikiran hihii. Jadi lumayan tenang kan?

Terus saya juga sudah tidak nyetir lagi di usia kehamilan 37-38weeks. Karena perutnya sudah mentok banget ini ampunnnnn hahahaha. Terus karena juga sudah sering konpal gak keruan rasanya, suami larang saya nyetir dulu. Anak-anak juga jadinya tidak sekolah dulu karena saya kesakitan terus.

Iya kontraksi palsunya nambah. Setiap malam selalu bergadang nahan nyeri, apalagi kalau sudah duduk lama. Jangan tanya, keringetan dingin gak keruan rasanya. Tapi saya gak nyerah, sebentar lagi sudah mau lahiran. Kalau sekarang nyerah kan percuma perjuangan 9 bulan kemarin. InsyaAllah bisa.

Sedia kertas lakmus buat cek rembesan

 Nyetirnya sudah mentok gaessssssss
Apalagi kakiku pendek huhuhuhu

Belanja Keperluan Bayi


Ini memang paling seru. Belanja kebutuhan bayi memang menyenangkan, tapi kebetulan saya beli dikit saja. Barang-barang lainnya kan masih ada. Dan beberapa barang besar seperti baby box, stroller, bedding, dll sudah dikasih teman-teman. Terus pembalut bersalin juga dikasih mb Oline. Alhamdulillah cukup banget.

Baca juga  :

Baju juga beli jumper kebanyakan, biar gampang nyucinya #eh. Dan ternyata baju-baju bayi itu emang sekarang lucu-lucu banget. Perasaan dulu beli buat R2 beberapa tahun lalu gak sebanyak ini macemnya. Sekarang ya ampun mau yang mana ada. 

Nyuci-nyuci baju lumayan cepat karena kecil-kecil tapi banyak. Untuk sabun cucinya saya pakai Pure Baby, karena kebetulan adanya itu xixixi. Terus beli diapers newborn juga. Yaaaa saya tim pospak daripada setres nyuci-nyuci. Sekarang aja banyak kok cucian, apalagi ditambah baju bayi huhuhuhu. Tak sanggup pakai popok kain buat NB. Tobaaat. 

Setelah dicuci semua disetrika, selesai dah. Beberapa baju masuk tas buat ke RS. InsyaAllah aman.

Cuci-cuci baju bayi


Pijat Ibu Hamil di Mom n Jo


Me time sejenak di Mom n Jo

Pertama kalinya dalam 9 bulan hahay saya pijet ibu hamil wkwkwk. Iya, secara sudah lama banget gak me time. Suami ngijinin untuk pijat hamil di mom n jo. Untungnya ada deket rumah sekarang jadi lebih santai sayanya dianter jemput dan ninggalin anak-anak. Tentunya juga waktunya pas lagi bapaknya libur hehehe. Kalau nggak siapa yang jaga anak-anak.

Cuma entahlah ya, sehabis pijat malamnya badan saya gak enakan dan saya konpal terus-terusan wkwkkw. Mungkin buat yang mau pijet ibu hamil di 9 bulan jangan terlalu dekat waktu lahiran kali ya, biar enak. 7-8 bulan kehamilan baru enak, kalau dah hamil tua jadi bisa merangsang kontraksi kayaknya. Secara saya kan SC rencananya, bukan normal. Jadi berasa juga nambah konpalnya.

Tapi emang rileks seh ya abis me time pijet gitu.  Hal yang sangat jarang saya lakukan selama ini. Rasanya kok sayang duitnya keluar buat pijet hamil, secara banyak yang harus didahulukan *elap air mata. Iya, prioritas orang kan beda-beda yak xixixixi.

Periksa Kehamilan Ke Puskesmas



Untuk ini nanti saya bikin postingan baru. Yang pasti saya menyempatkan diri untuk periksa di puskesmas yang diperiksa sama bidan. Kesan pertama? Hmmmm lebih enak di puskes tempat faskes domisili saya dibanding yang  saya datangi ini. Padahal kalau dipikir-pikir, puskesmas cukup KTP saja kan?

Diperiksa ditekan perut gitu, nanti diukur fundus perut hamilnya. Dihitungan dia fundus 32cm , yang berarti anak saya sudah 3,1 kg. Tapi tapi USG dokter RS BBJ kala itu di 2,3kg. Hehehe. Percaya yang mana?Semua ada ilmunya masing-masing memang, tapi saya kebetulan lebih percaya hasil USG sih ya hehehehe.

Lengkapnya nanti deh di postingan lain khusus bahas periksa kehamilan di puskesmas. 

Oh ya, saya memang tidak dapat biskuit ibu hamil karena ukuran lila lengan saya sudah besar walau Hb turun. Padahal saya pengen hehehe. Tapi karena ada yang baca status saya kepengen nyoba biskuit ini, dikirimi dong sedus makasih mba Ayu ruang laktasi.


Biskuit ibu hamil yang fenomenal tapi saya ga dikasih sama sekali
Akhirnya dikasih temen jadinya ga penasaran lagi hahahaha

Rasa biskuitnya hmmm ya gitu. Ada strawberry seh didalamnya, tapi buat saya sedikit pahit ya. Beda kayak biskuit biasanya. Cuma katanya biskuit ibu hamil fenomenal ini emang banyak banget gizinya.
Saya kemarin ke puskesmas diresepin kalsium, zat besi dan vitamin C. Karena kayak folamil atau blackmores gitu saya masih ada stoknya. 

Pesan saya, kuat-kuatin saja diceramahi bidan puskes hehehehe.

Yoga Hamil di Nujuh Bulan Studio


Bumil setelah senam hamil di depan dinding motivasi nujuh bulan studio


Hamil ini saya dapat kesempatan 2 kali yoga hamil. Yang pertama dari grup tangbw, yang kedua dari orami. Lumayan seh. Ternyata kalau yoga itu ga sesakit kalau senam hamil biasa. Dulu saat saya senam hamil rasanya badan malemnya sakit semua. Yaeyalah secara kagak pernah olahraga wkwkwk.
Tapi nyobain yoga ini enak juga tenang, santai walau ada gerakan yang bikin mayan juga kestrech. Nanti abis lahiran pengen yoga beneran ah.


Tri semester 3 yang menegangkan. Secara dah sering banget konpal, nyeri, ngilu dan sudah susah tidur. Makan juga terbatas karena kalau kebanyakan bisa naik asam lambung dan muntah deh keluar. Kalau susah tidur ampun dah, suami saya ajak melekan pokoknya di usia 9 bulan ini. Capek seh, tapi ga ada kata menyerah kan? Sudah 9 bulan sebentar lagi. Sabar-sabar-sabar.

Terus saya kayak kembali keliyengan seperti di awal kehamilan. Pokoknya banyak bedrest, duduk lama sudah tidak bisa soale. Karena posisi bayi sudah dibawah banget. Jadi kaki dikeatasin agar tidak nyilu.

Semangat melewati 9 bulan yang menakjubkan ini. Di tri semester 3 ini, kami menunggumu adek bontot. Sehat selamat lancar sempurna ya. Tinggal menunggu waktu. 

Doakan semua baik-baik saja ya. Bismillah.


Hayo dek datanglah!
Kami menunggu untuk menyambutmu hadir dalam keluarga penh cinta kami

27 comments:

  1. Mak Echaaaa, Tabarokallah.... ikut bahagia dan senaaaanggg dgn hadirnya Rafif ke bumi ini.
    Jadi anak yg sholih dan sehaaattt ya Nak :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Aih lihat foto perut mentok sama setir jadi kebayang susahnya itu mak saat nyetir huhuhu
    Saat bbj belum naik, aku boost juga pakai es krim. BBJ naik, berat badan mamak juga naik :D
    Selamaat ya mak untuk kelahiran putranya. :* Sehat selalu.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, luar biasa sekali perjuangannya yaa, Mbak. Untunh semua sudah terlewati ya. Sekarang tinggal masa-masa gemashnya sama baby. Sehat-sehat terus yaaa

    ReplyDelete
  4. Yah aku baru tahu kalau ada biskuit buat ibu hamil. Tahu gitu dulu aku minta ya. Trus skarang aku penasaran. Bukan hamil boleh makan kan ya ? Hahhaa. Mbaaa. alhamdulillah udah lahir sehat dan selamat serta slalu masih kliatan happy. Ikut senang :)

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah adek bayi R3 udah menyapa dunia yah mbak
    perjalanannya cukup panjang juga hingga dedek bisa lahir dengan selamat
    btw biskuit ibu hamil tuh aku pengen deh nyobain mbak, katanya enak walau bukan ibu hamil yang mamam hehehee

    ReplyDelete
  6. Bener ya ata orang, kalau ibu hamil itu ada aura yang keluar jadi gimanaaa gitu. si mbak nya hamil besar gitu kok masih kece aja sih. kinclong. hehehe.

    ReplyDelete
  7. Wanita hamil itu luar biasa ya perjuangannya. Alhamdulillah mba Echa sehat, bayinya juga sehat.


    Tentang cerita di TM 3, dulu teman saya juga memperjuangkan HB dan BB. Dia jadi rutin makan ice cream, terus bolak balik ke RS untuk check up. Alhamdulillah, semuanya lancar dan terlewati dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Selamat atas kelahiran buah hati nya mba imut.. sama kaya aku hamil nya mual muntah, pas TM3 genjar minum susu dan es krim biar bbj nya naik walau kita nya mual. Sehat sehat ya busui

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat waktu TM 3 Yasmin.
    Rasanya serba salah.
    Begini, begitu salah.
    Aku juga jadi sering pipis di celdam, apalagi kalau pas batuk, hahahaha.
    Ahamdullillah, rasanya plong saat sudah masuk ruang bersalin dan bersiap untuk nyeri yang lain, hihihi...

    ReplyDelete
  10. Eeehhhh... Pas baca ini udah lahiran deh, selamat ya mbak Echa. Itu stir mobil dan perut akupun pernah mengalami. Pas lihat foto mbak Echa langsung ketawa sendiri, hahahahaa

    ReplyDelete
  11. Wah barakallah mba.. semoga lancar2 proses lahirannya nanti 😍

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah lika liku trimester demi trimester berakhir dengan bahagia ya kak... Ikut senang R3 lahir dg sehat, selamat dan BB yg sesuai. Sehat2 selalu yaaa ibu dan dedek bayiii

    ReplyDelete
  13. Seperti baca rangkuman beberapa achievementmu Cha :)
    Kalo liat anak wisudaan apalagi kita pas hamil kok ya ngerasanya mewek gak siiy :D

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah akhirnya lahiran lancar ya mba. Anakmu pun sehat. Ibunya sehat. Semoga tumbuh jadi anak yang sholeh

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah akhirnya setelah perjuangan panjamg lahir baby R ke 3 ya teh,, sehat2 terus debay dn bundanya juga💕💕

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah semua perjuangan melalui trimester 3 ini berjalan lancar ya. Semoga sehat selalu adek bontot dan mamihnya. Juga untuk kedua Kakak R, sehat dan sholeh selalu.

    ReplyDelete
  17. Sehat-sehat terus sekeluargaaa yaa Mom.. Ikut seneng lihat anak-anak lucu dan sehat semua. Jangan lupa me time dan membahagiakan diri sendiri juga ya 🤗

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya sekarang udah lahiran dan sehat semuanya.
    ITu biskuitnya jaman aku udah lahiran dulu pernah dapat loh, enak ya. Aku dapatnya dari kader Posyandu, hahahaa

    ReplyDelete
  19. Mak mak aku kok jadi pengen hamil lagi habis baca ini. Alhamdulillah ya sekarang udah lahir dedenya

    ReplyDelete
  20. Setiap kehamilan memang selalu punya cerita yaaa cha.. aku cuma 2 kali hamil aja seruu bangeet

    ReplyDelete
  21. Kak Echaa...
    Aku daritadi pas baca tulisan ini mikir...konpal itu apa yaa..?
    Ternyata...oh ternyata...
    Kontraksi Palsu yaa..

    MashAllah~
    Ka Echa beneran kalau hamil larinya ke beibi semua.
    Jadi pas lahiran, langsung langsying paripurna dong yaah...

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah udah lahiran yaaa. Waahh drama trimester tiga hihihi. Aku kalau baca cerita kehamilan suka inget2 kehamilan sendiri yg bnyk drama jg sampai bikin gk mau hamil lg haha. Alhamdulilah daei duo R jadi tiga R, alhamdulillah selamat ya maakk

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah, sekarang dedek bayi sudah hadir di tengah keluarga ya...
    Semoga dedek dan bundanya sehat terus, kakak-kakak pasti gak sabar ingin ngajak main ya?

    ReplyDelete
  24. Senang banget membaca tulisan Mak Echa soal kehamilan trimester tiga. Jadi pengin hami lagi hahahahah.

    ReplyDelete
  25. Aminnn semoga diberi kemudahan ya. sehat selalu ibu dan bayinya..

    ReplyDelete
  26. Ya Allah semoga dimudahkan segalanya ya mba. Proses persalinannya dan bunda serta debay sehat aamiin.
    Ya Allah udah mau tiga ya mba..moga aku kecipratan juga. Aamiin

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah ya mba...rafif lahir dengan selamat. Mba echanya juga . Blm sempat jenguk nih

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^