Tips Dan Trik Reservasi Tiket Kereta Murah


Di era digital sekarang, kita tak perlu lagi lelah mengantri hanya untuk mendapatkan tiket kereta api. Sekarang ini kita dapat dengan mudahnya melakukan reservasi tiket kereta api dengan mudah. Entah di hari-H keberangkatan atau sebulan sebelum tanggal keberangkatan. Berikut ini beberapa tips dan trik dalam reservasi tiket kereta agar mendapatkan tiket murah.

1. Pilihlah situs terpercaya untuk mereservasi tiket kereta

Tips dan trik yang pertama dalam mereservasi tiket kereta api ialah kita harus mencari situs yang terpercaya. Saat ini sudah banyak situs yang bekerja sama dengan PT. KAI. Salah satu yang bisa kita percaya ialah traveloka. Jadi coba reservasi tiket kereta api anda disini. Dimana traveloka merupakan situs reservasi tiket kereta api dan hotel yang sangat dipercaya, aman, dan dijamin keterlindungan data pribadi kIta. Jadi tak usah khawatir.

Ketika kita membuka situs traveloka untuk mereservasi tiket kereta api. Lalu isilah data pribadi. Setelah itu pilihlah rute perjalanan, tanggal keberangkatan, seta jumlah penumpang. Setelah itu kita bisa memesan tiket kereta lalu membayar sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan. Lalu kita akan mendapatkan kode booking, yang mana kode ini digunakan untung memprint out tiket kita nanti.

2. Ada baiknya merencanakan kegiatan jauh-jauh hari

Ada baiknya dalam mempersiapkan rencana liburan ataupun perjalanan dilakukan jauh-jauh hari. Hal ini agar kita bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah sesuai dengan tanggal yang telah direncanakan. Selain itu, kelebihan lainnya yakni kita akan merasa lebih leluasa untuk mengikuti tanggal dimana terdapat harga tiket yang lebih murah. Selain itu hal ini akan menghindarkan kita dari tidak dapatnya tiket kereta api. Tentu saja kita tak mau kan? sudah bersiap untuk menikmati liburan eh sayang sekali tiket kereta apinya sudah habis. Jadi kita harus memilih transportasi lain.

3. Kita harus uptodate mengenai informasi tentang tiket kereta api

Tips dan trik yang ketiga dalam mereservasi tiket kereta ialah ada baiknya kita selalu uptodate mengenai informasi dari kereta api. Loh kenapa? Karena biasanya informasi mengenai tiket yang murah itu tidak dipublikasikan secara besar-besaran. Jadi kita sebagai konsumen yang cerdas ada baiknya menggali informasi terkait tiket kereta api khusunya tiket yang berharga murah. Salah satunya kita bisa memfollow beberapa akun PT. KAI untuk mendapatkan informasi terbaru secara cepat mengenai kereta api. Dari info jadwal kereta api hingga harga-harga tiket kereta api yang murah. Jadi kita jangan sampai ketinggalan berita.

4. Gunakanlah promo agar harga tiket lebih murah

Nah, pada tips dan trik yang keempat ini biasanya kita tidak usah perlu mencari hingga ke dalam-dalam. Karena biasanya promo-promo ini akan di iklankan secara besar-besaran. Akan tetapi kekurangannya ialah, kita harus saling berebut dengan para pengguna jasa kereta api lainnya untuk mendapatkan tiket dengan harga yang murah.

Biasanya promo-promo yang ditawarkan ini sangatlah menggiurkan. Jadi dipastikan kita akan menyesal apabila kita melewati ataupun tak mengetahui mengenai promo ini. Apabila ada yang menawarkan tiket murah kita harus lihat lagi, apakah si penawar bisa dipercaya atau tidak.

5. Sekali-kali kita boleh menurunkan kelas

Tips dan trik lainnya agar mendapatkan tiket murah ialah tak ada salahnya kita menurunkan kelas kereta kita. Mungkin dari yang eksekutif ke bisnis bisa juga mencoba ke kelas ekonomi. Akan tetapi bagi yang tak bisa ataupun tak nyaman dengan kursi di kelas ekonomi ada baiknya demi kenyamanan kita tak usah melaksanakan tips ini. Tapi bagi yang tak masalah dengan tempat duduk kita bisa loh mencoba naik kereta api di berbagai tipe kelas.

Beberapa tips dan trik di atas bisa kita coba dalam mereservasi tiket kereta. Tips dan trik diatas ini sangat berguna khususnya bagi kita yang mencari harga tiket kereta api yang murah dan sesuai dengan kantong kita. Walaupun mementingkan harga murah, kita tetaplah harus waspada terhadap penipuan. Hati-hati dan waspada harus tetap dilakukan.

23 comments:

  1. Kalo dipikir2 lebih enak naik KA ketimbang pesawat.
    Soale sekarang pesawat (kecuali AirAsia) ada biaya bagasi. Jatuhnya mehooong bgt.

    Kalo KA kan bagasinya gratis! Enak pulaaaa!

    ReplyDelete
  2. Aku inget jaman dulu nih kalua mau beli tiket kereta api harus antri di statsiun sampai2 ada yg nginap di sana di depan loket. Sekarang sih enak bisa beli online ya lewat Traveloka

    ReplyDelete
  3. Yuhuu emang seru kalau mudik atau jalan-jalan naik kereta ya... apalagi pesan di tiketnya di Traveloka, lebih gampang dan sudah familiar.... Echa, mau mudik ke mana lebaran nanti?

    ReplyDelete
  4. Kereta yang ekonomi sekarang udah bagus-bagus siyy.. Jadi cukup puas booking kereta api yang di ekonomi aja. Enak sekarang naik kereta api, nyaman banget. Anak-anak bakalan seneng diajak bepergian naik kereta.

    ReplyDelete
  5. tempo hari aku booking tiket kereta buat si sulung. jadi kangen pengen naek kereta lagi. yang jauhan tapinya hihihi

    ReplyDelete
  6. Saya suka booking kereta pakai Traveloka. Soalnya praktis banget dan harganya pasti-pasti. Syukur-syukur kalau dapat harga lebih murah

    ReplyDelete
  7. Aku pernah menurutkan standard dr eksekutif ke ekonomi, kukira bakalan nyaman, ternyata gak :D
    Karena aku beragkat bareng Narend (wkt itu aku blm hamil). yg ada selama perjalanan 20 jam gak bisa tidur :D

    ReplyDelete
  8. Karena mau liburan ke Malang, sekarang tiap malam aku selalu nyari tiket kereta. Sudah pasti yang dicari yang paling murah dulu. Hahahahahaa...

    ReplyDelete
  9. Saya seringnya ngerjain yang poin 4. Kalau ditanya kenapa? Saya sih tinggal jawab biar hemat.. xixixi..

    Kapan lagi jalan2 tapi dapat harga murah karena seringnya promo.

    ReplyDelete
  10. Udah lama banget terakhir kali naik kereta jarak jauh.

    Kalau tau tips reservasi tiket kereta murah seperti ini, kayaknya perlu direncanain, deh, melakukan perjalanan jauh pakai kereta api

    ReplyDelete
  11. Kalau ada promo tuh emang ngebantu banget mba karena bisa dapat tiket kereta murah sesuai keinginan :)

    ReplyDelete
  12. Mudik Situbondo yokkk ...haha
    Emang nyaman skrg naik kereta. AKu pun kalo mudik Semarang juga pakai kereta.

    ReplyDelete
  13. Saya mau mengecek ah apa jalur kereta api ke Garut sudah aktif apa belum. Bisa booking di Traveloka kalau pulang buat lebaran.

    ReplyDelete
  14. Aku juga pake aplikasi ini untuk pesen tiket mba.. praktis dan seneng aja klo dapat harga promo

    ReplyDelete
  15. Turunkan kelas ini kayaknya solusi yg pas deh ya.. Makasih loh infonya. Aku yg jarang naik kereta ini jadi rada paham jadinya. Hehe

    ReplyDelete
  16. Kalau beli tiket KA dapat promo kyknya blm pernah dapat hehe.
    Kalau soal beli tiket kereta api aku selalu beli di agen tiket atau OTA yang terpercaya. Yg penting cari tau track record dan kalau bisa baca testimoni pelanggan sebelum2nya ya.

    ReplyDelete
  17. Aku termasuk yang selalu ketinggalan promo. Gak up to date emang, meskipun tanggal kepergian sudah direncanakan. Ujung-ujungnya kalau mau agak miring ya naik ekonomi. Udah pernah ngerasain semua sih, jadi ya enjoy aja.

    ReplyDelete
  18. Aku suka sama promo2 kalo pas ke jkt hahaaa. TRus emang bener harus jauh2 hari, kalo daakan ga dapet Cha, huhuu pernah waktu itu dadakan ada kerjaan ke jkt, beli go show deh, kalo sendiri biasanya dapet.

    ReplyDelete
  19. belum pernah reservasi tiket di traveloka, jadi pengen ngerencanain liburan naik kereta, apalagi sekarang jalurnya makin banyak. Daripada naik mobil ketemu macet, pesawat ketemu biaya bagasai ^_^

    ReplyDelete
  20. Kereta ekonomi jaman now tu tetep nyaman lho. Adem, ngga gerah macam kereta jaman dulu. Toiletnya juga bersih-bersih deh. Petugas juga rajin ngambilin sampah. Minusnya cuma di kursinya aja memang, xixixi... Ini testimoni dari pelanggan setia PT KAI.

    ReplyDelete
  21. Selama ini beli tiket kereta selalu mendadak, jadinya dapat harga mahal deh.
    Soalnya di kasih kerjaannya juga mendadak sih. Biasanya berangkat dapat mahal, pas baliknya dapat harga lebih murah karena pesennya nggak mepet waktunya.

    ReplyDelete
  22. Semenjak berganti wajah, KAI memang jadi andalan banget buat bepergian ya. Selama ada akses kereta, kalau saya prefer naik kereta dibanding bus atau pesawat.

    ReplyDelete
  23. Buat dapet harga yang murah, pake kelas ekonomi pun ga masalah. Soalnya meski kelas ekonomi, kereta sekarang udah nyaman banget.

    Nah, yang promo ini nih yang agak tricky buat dapetinnya. Haha. Ga jarang ga kebagian promo gara2 telat tau info nya.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^