Liburan Anak di Daerah Kemang Jakarta

Liburan Anak di Daerah Kemang Jakarta

Buat orang tua menyenangkan hati anak itu sepertinya kewajiban tidak tertulis yang akan selalu orang tua lakukan seumur hidup. Salah satunya adalah mengajak anak-anak liburan. Yang pasti akan membuat orang tua juga merasakan santai sejenak.



Sebenarnya apa sih liburan itu? Kalau lihat arti kata liburan di wikipedia sebenarnya jalan-jalan rehat sejenak itu termasuk rekreasi. Karena kalau liburan itu ternyata semirip sama hari libur. Memang sejenis walau tak sama ya ternyata :D.
Hari libur atau liburan adalah suatu masa di mana orang-orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau dunia persekolahan. Umumnya liburan terjadi pada pertengahan tahun atau akhir tahun, juga pada hari raya. Dalam kondisi khusus seperti bencana alam, hari libur dapat ditetapkan oleh pemerintah.

Rekreasi (bahasa Latin, re-creare) secara harfiah berarti 'membuat ulang', adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani seseorang. Hal ini adalah sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang di samping bekerja. Kegiatan yang umum dilakukan untuk rekreasi adalah pariwisata, olahraga, bermain, dan hobi. Kegiatan rekreasi umumnya dilakukan pada akhir pekan.
Tapi liburan sama keluarga itu bener-bener refresh semua aktifitas loh. Bukan cuma anak, orang tua juga refreshing kan? Jadi ingat tulisan beberapa waktu lalu tentang melunakkan hati istri, yaaaa cukup diajak jalan-jalan sekeluarga rekreasi pasti bikin istri seneng *ehem.


Ajak kemana? Tidak perlu yang jauh-jauh deh! Kita ajak saja liburan anak yang dekat-dekat saja. Salah satunya ke daerah Kemang. Siapa yang tidak tahu Kemang Jakarta. Rasanya apa saja ada di Kemang. Nah kali ini saya mau rekomendasikan 3 tempat yang bisa menjadi tempat liburan anak untuk rekreasi di daerah Kemang. Ini dia. Cekidot!

1. Playparq Kemang

Liburan Anak di Daerah Kemang Jakarta : Playparq

Alamat
Jl.Kemang Timur Raya No.72
Jakarta Selatan

Harga tiket
Anak-anak berusia 1 – 12 tahun sudah dikenakan biaya tiket masuk.
Pendamping pertama gratis, pendamping ke-2 dan seterusnya dikenakan biaya tiket masuk Rp. 10.000
Senin, Rabu & Jumat Rp 60.000/anak
Selasa Rp 35.000/anak
Kamis Rp 60.000 (Buy 1 Get 1)
Sabtu – Minggu Rp 100.000/anak

Jam Buka & Operasional
Senin 10:00 — 18:00
Selasa 14:00 — 18:00
Rabu – Minggu 10:00 — 18:00

Sebenarnya ini ada 3 playparq di Jabodetabek yaitu di Kemang, Epcentrum Walk dan Bintaro. Tapi yang paling luas ya yang di playparq Kemang ini sejak tanggal 12 Mei 2007.

Serunya di sini karena memang banyak permainan air yang bisa dicoba anak. Selain itu juga ada berbagai macam permainan indoor dan outdoor yang menyenangkan untuk anak-anak berusia 1 (satu) hingga 12 (duabelas) tahun. Ada wahana flying fox, wall climbing, catle dam pirate ship. Kalau yang lain mengikuti wahana permainan air yang ada.

Di area outdoor Playparq @ kemang, terdapat lebih dari 8 (delapan) permainan, seperti Flying Fox, Super Sliding, Big Trampoline, Kora Duck dan masih banyak lagi. Setelah kamu puas bermain, telusuri juga Rumah Pohon yang memberikan pemandangan luar biasa di seluruh area Playparq @ kemang.

Untuk orang tua dan para pendamping yang menemani anak-anak bermain, tersedia Prefere72 Café & Lounge yang menawarkan aneka hidangan dengan cita rasa Chinese,Indonesian dan Western Food,serta aneka minuman sehat.


2. Cutie Cats Cafe

Liburan Anak di Daerah Kemang Jakarta : Cutie Cats Cafe
Sumber : Pegipegi

Alamat
House of Pika Pika lantai 2
Jalan Kemang 1 no 12F
Jakarta Selatan

Jam buka
Hari Senin – Minggu mulai pukul 10.00 – 21.00
Harga
Mulai dari Rp50.000 per jam dan Rp75.000 per jam untuk akhir pekan.
Sedangkan tambahan per jam-nya Rp35.000.

Cutie Cats Cafe Kemang ini merupakan kafe kucing pertama di Indonesia yang baru dibuka 12 Februari 2015. Sebagai pecinta hewan, saya sekeluarga senang banget pas aada cafe ini muncul. Pokoknya kudu ke sana waktu itu sampai rela ngantriiii.
Koleksi kucing yang dipelihara banyak ada Persia, Maine Coon, Scottish Fold, lokal, Exotic, Bengal, dan Himalaya. Konsepnya ada cafe kucing cat cafe dan kita nemeni kucing main bukan sebaliknya ya. Jadi kucing ini dibiarkan bebas melakukan apa saja di ruangan yang berukuran kira-kira 40m2. Tapi seru dan lucu, yang pasti anak-anak saya sukaaaaa banget.

3. Brick 4 Kidz Lego

Liburan Anak di Daerah Kemang Jakarta : Bricks 4 Kidz
Foto : Brickz4kid

Alamat :
Jl.Benda Raya No.5, Kemang
Jakarta Selatan 12560, Indonesia
(021) 7802766, 0822 1888 0660

Jam buka :
Monday – Sunday 9am – 6pm
Tutup saat hari libur nasional 

Harga :
Rp80.000 untuk LEGO Playground per kedatangan
Mulai Rp 175.000 untuk kelas
Mulai Rp 1.000.000 untuk event
Membuat lego dengan bentuk tertentu pasti sangat disukai anak-anak. Tidak heran kalau lego ini memang punya pecinta hobi yang addict habisssss. Nah di sini, anak-anak akan diajari membuat berbagai macam bentuk dengan menggunakan lego. Ada bermacam-macam kelas dan event yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan anak di daerah Kemang.

Kalau Main di Kemang, Nginapnya Pasti di Fave Hotel Kemang


Beberapa kali acara dan main seputaran Kemang, saya pasti nginepnya di Fave Hotel Kemang. Hotelnya di tengah Kemang, dan strategis ke mana-mana. Di depan hotel saja ada banyak sekali makanan yang bisa dibeli. Samping-samping juga banyak jualan nasi goreng, Mc D juga bisa seputaran doang. Deket dah kalau jajanan makan gak bakal kelaperan.


Saya sendiri pertama kali pesan di Fave itu gara-gara Pekan Menggendong Nasional di sekolah Kembang tahun 2017. Berturut-turut diadakan di sekolah Kembang daerah Kemang, membuat saya yang kebetulan menjadi panitia mau tidak mau harus nginap demi menghemat waktu dan biaya. 
Baca juga :
Gendongan SSC

Akhirnya cari-cari di Pegipegi, saya nemu yang namanya Fave Hotel Kemang. Sempat ragu waktu itu, jauh tidak ya dengan lokasi acara. Tapi berhubung nginepnya janjian sama teman-teman panitia lain ya sudahlah ikut saja. Yang penting tidak bolak-balik Jakarta 2 hari bawa sekeluarga.

Waktu itu kenapa milih di Fave, karena yang termurah sekelas hotel di daerah Kemang itu ya Fave Hotel Kemang. Yang lain harganya mahal, atau bukan hotel seperti model rumah gitu. Yang hotel, letak pinggir jalan, strategis dan harganya murah ya cuma ini hehehe. Simpel kan?

Tapi memang deh, Pegipegi bantu banget mencari hotel untuk solusi traveling sambil jalan-jalan sekeluarga. Kita tinggal masukkan lokasi daerah yang mau dijadikan tempat menginap, nanti pilihannya akan muncul banyak penginapan dan hotel. Proses check in juga cepat karena tinggal sebutkan kode booking saja setelah pembayaran. Di Pegipegi semua lebih gampang rasanya.

Fave Hotel Kemang dengan nuansa dominan ungu


Fave hotel yang sudah kami tempati beberapa kali letaknya sangat strategis. Ada kolam renang di bagian atas buat anak-anak kalau mau berenang sebentar. Cuma entahlah selama berkali-kali nginap di sini, hampir tidak pernah berenang hehehe. Tidak sempat, jadwalnya kan padat.

Tahu sendiri kalau sudah di hotel bawaannya pewe banget tidur-tiduran, rebahan. Namanya juga liburan dan rekreasi, iya nggak?. Kan anak-anak juga dah capek main seharian di Kemang, orang tuanya juga charge badan dulu dengan kamar di Fave Hotel yang nyaman.

Kamar di Fave Hotel Kemang tidak terlalu luas, cenderung sempit. Tapi kalau mau dapat kamar yang enak dengan pemandangan luar mending check in di jam-jam awal. Kalau late check in kayak saya nanti dikasihnya kamar yang di tengah-tengah gitu. Walau di tengah-tengah ada tamannya seh. Cuma kan kalau lihat ke jalanan Kemang Jakarta gitu malam hari lebih indah. Seru saja rasanya nginep hotel pemandangan Jakarta. Cakep dan seksi menurut saya.

Aslinya ya, foto di atas itu ada 
gangguan kecil anak-anak wkwkwk

Saya dan suami juga sempat buat foto-foto untuk beberapa konten di Fave Hotel Kemang ini. Dan tentunya karena area yang terbatas, kami harus cukup sabar diganggu anak-anak saat sesi foto. Di sini ada kulkas kecil, saya sempat pumping waktu itu. Karena anak saya sempat tinggal di hotel saat saya malam persiapan di lokasi acara bersama panitia lainnya. Waktu itu sih simpan di kulkas yang ada di kamar, tapi kalau mau lebih safe dengan hasil perahan ASIP mending titip di freezer hotel. Kita kebetulan bawa pemanas ASIP buat di hotel.


Kalau yang mager mau jajan makan di luar bisa coba menu restoran yang tersedia. Atau sekarang kan udah canggil bisa ojol beli makanan. Waktu itu malam hari, saya dan keluarga makan di depan ada mallnya. Untuk menu makan pagi juga enak, ada omelet dan menu yang ramah anak untuk disantap saat sarapan.

Nah, sudah siap bermain bersama di liburan anak di daerah Kemang. Selamat berkumpul keluarga.

25 comments:

  1. Hahhaaa..ga boleh aja ya emaknya poto mesra, ada gangguan , lucuuk. Btw emang bener tuh beberapa kali nginep di hotel suka lupa berenang, alasan jadwal padat hihiii.
    Duh 3 jagoan ini seneng doonk, udah nginep trus main dan liburannya deket pula di sekitaran Kemang. Noted banget tempat liburannya ini, Cha.

    ReplyDelete
  2. Aku kayaknya belum pernah ke kemang mba echa. Klo dari pondok aren terus naik krl turun di stasiun apa mba echa? Sambil pngen ngajakin anak naik krl juga hihihi. Ngomong-ngomong enak ya sekarang ya mba echa apa-apa bisa pesen online aja. Contohnya lewar pegi&pegi gini.semua jadi cepet ya

    ReplyDelete
  3. asli senang sepertinya anak-anak ni. Tempatnya nyaman juga
    Btw, tadi udah mau bilang ih asyik banget bisa mesra-mesran ama pasangan, eh nggak taunya dikasih spoiler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap saya tertatik dgbtemapt poin 2. cafe dg banyak jenis kucing mah pengen banget saya datangi. saya tahunya ada di jepang, eh di negara kita jg ada. tapi di jakarta ya

      Delete
  4. Kemang tuh banyak emang liburan yang pas buat anak. Nggak perlu terllu jauh juga kan akomodasinya. Asik nih mau foto mesra juga ah :)

    ReplyDelete
  5. KEMANG ini lokasi paporitkuuuu
    Sedari dulu, Kemang udah jadi destinasi wisata cihuy di Jakarta yak.
    Aku sueneeengg, Jakarta makin kece dan banyak alternatif lokasi wisata buat keluarga

    ReplyDelete
  6. Kok jadi inget kalau sampai anakku sekarang 5 tahun, tetap tak pernah rela lihat emak dan bapaknya mesra-mesraan...

    Btw, Lumayan banyak pihihan playground buat main anak itu ya mbak disekitaran kemang, tinggal pilih-pilih sesuai kesempatan

    ReplyDelete
  7. Yang baca tulisan ini pasti banyak yang salfok ke foto mesra (yang ternyata sebelum dicrop ada "penampakanya" lainnya hehehe.

    Saya juga salfok sama Pekan Menggendong Nasional. Eh ada juga ya kegiatan kek gini. Beneran merasa kurang update sama berbagai event hihihi

    ReplyDelete
  8. Pegipegi memudahkan banget ya Mbayu, kalau DLK fave hotel selalu jadi pilihan sih karena ratenya masuk sesuai grading aku wkwkwk...

    ReplyDelete
  9. aku penasaran sama kafe kucing. di bogor tadinya ada kafe kucing yg buka tiap wiken doang n harus bookung dulu. pas lewat lagi, kafenya udah bangkrut

    ReplyDelete
  10. Wah Fave juga andalanku Cha, memang nyaman, lokasinya strategis dan harganya relatif miring, nih lagi booking Fave buat di Surabaya antarin Nailah lomba

    ReplyDelete
  11. Hihiii lucu yang foto bts ada si kecil yang nyembul di depan tirai. Gemesiiinn...
    Seru ya bisa liburan seru bareng sekeluarga gini. Apalagi playparknya lengkap banget jenis permainannya.

    ReplyDelete
  12. ngakak liat poto mesranya, mba..
    si adek lucu banget :)

    anyway, emang ngebantu banget kalo kita bisa dapat hotel di tempat yang dekat sama lokasi acara kita ya..jadi lebih praktis dan ga ribet sama transportasi

    ReplyDelete
  13. Katanya, tingkat kebahagiaan penduduk suatu kota bisa dilihat dari tata ruang terbuka hijau untuk berkumpul dan bermain secara bebas dan gratis. Semoga Jakarta makin banyak fasilitas-fasilitas gratisnya sehingga warganya bahagia.

    ReplyDelete
  14. Aku suka kalo ada playground yang kayak di atas mak. Anak-anakku bakalan betah banget. Kalau staycation bisa langsung plencing mlayu rono

    ReplyDelete
  15. Saya pernah tau Hotel Fave tapi yang di Subang, Mbak. Hotelnya memang nyaman dan fasilitasnya juga oke.

    Beneran ngakak lihat penampakan foto yang ada gangguan anak-anaknya hihihi

    ReplyDelete
  16. Bagus juga ya mb, kalau destinasi wisata yang ada di sekitar kita dibikin list gitu. Jadi ada bayangan kira-kira mau piknik di mana. Btw hotel Kemang ini bisa jadi rujukan kalau saya mbolang sampai kemang...

    ReplyDelete
  17. Ku sering staycation di Favehotel. Cuman belum nyobain yang di Kemang. Next ah kesana.

    ReplyDelete
  18. Wah ternyata di Kemang ada tempat2 kyk gitu. Kyknya pengen ajak anak2 main lego soalnya anakku suka lego. Wah ada Facve hotel ya di Kemang. Bisa nih staycation tipis2 sambil ajak anak liburan di kota kapan2 hehe TFS infone

    ReplyDelete
  19. Kak Echaaa...
    Gak kebayang betapa banyak bawaan kalau kak Echa bepergian full team.
    Asik juga yaa...tetap berlibur walau hanya di dalam kota. Jeketi always make us happy!

    ReplyDelete
  20. Hahahaha, bocah-bocah, selalu gitu deh. Btw aku juga sering ke Fave Hotel, tapi belum pernah kalau di Kemang. Kalau deket playground gini enak ya, anak-anak dijamin gak bete.

    ReplyDelete
  21. wah saya dari dulu mau banget ke playpark ajak bocah, cuma belum tau harganya. Ma kasih infonya kak echa. Tadi sempet bingun dengan harga hari selasa yang murah dari yang lain, ternyata bukanya setengah hari.

    ReplyDelete
  22. Ini deket rumah ibuku xixi tapi belum pernah ngajak anak-anak ke situ. Boleh ah coba hari kamis yang buy one get one biar pada main air. Makasih infonya ya

    ReplyDelete
  23. penasaran sama Brick 4 Kidz, anakku suka banget lego. Itu diajari buat robot dari lego atau gimana ya?
    kalau favoritku liburan anak di Jakarta ya Kidzania.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^