6 Cara Mencapai Resolusi Sehat 2020 Dengan Sun life Resolution Run 2020

6 Cara Mencapai Resolusi Sehat 2020

Tahun sudah berganti 2020, siapa yang sudah melakukan berbagai resolusi yang dibuat saat pergantian tahun? Saya salah satunya yang punya resolusi sehat 2020. Masih ingat tulisan saya tentang diabetes tidak?



Baca juga :
Lawan diabetes

Dengan 50% resiko diabetes yang bisa diturunkan pada saya, mau tidak mau harus bisa memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat. Umur nambah, penyakit tambah banyak dan kita masih gini-gini saja? No no no, saya ingin sekali membersamai anak-anak dan suami sampai kami tua nanti. Saya tidak mau kalah perang melawan diabetes.

Bahaya diabetes ini jadi bikin saya buat resolusi sehat 2020 seperti para #TeamUpAgainstDiabetes. Sangat mudah sebenarnya ditulis, tapi susah dilakukan. Buat awalan, saya tidak mau muluk-muluk biar tidak kaget gitu maksudnya, dimulai dengan menjaga gaya hidup sehat untuk keluarga tercinta saya. Paling tidak harus perbaiki asupan, kurangi jajan gak baik dan olahraga.

Mau tahu apa saja yang saya sekeluarga lakukan demi mencapai resolusi sehat 2020 #LiveHealthierLives ? Ini 6 cara mencapai resolusi sehat 2020 ala keluarga R :


1. Makan sehat gizi seimbang
6 Cara Mencapai Resolusi Sehat 2020
Kalau dulu 4 sehat 5 sempurna selalu terngiang-ngiang di telinga ya. Dan sekarang, WHO sendiri sudah merevisi menjadi makan sehat gizi seimbang. Jadi apapun yang kita makan, bahkan saat hamil atau mulai MPASI semua ikut makanan sehat gizi seimbang. Apa saja itu yaitu, karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak tambahan dan sayur harus selalu tersedia di meja makan untuk dikonsumsi anggota keluarga.

Memang di dalam program pola hidup sehat apapun, semua dimulai dari rumah sebagai lingkup terkecil dalam masyarakat. Seperti saya, mau tidak mau keluarga menjadi pusat untuk memberikan gizi agar tumbuh kembang anak-anak baik dan sekeluarga terjaga kesehatan karena asupan makanan gizi seimbang. Makanan diabetes seperti boba dan banyak gula lainnya big no no, dikurangi dikit-dikit

2. Minum air putih minimal 2 liter sehari
6 Cara Mencapai Resolusi Sehat 2020

Jangan lupakan kebiasaan minum air putih minimal 2 liter sehari. Kebiasaan ini sangat baik loh. Selain bisa mencegah dehidrasi, bisa menjadi imunitas juga karena sirkulasi tubuh yang baik juga.

3. Sering quality time bersama keluarga dan orang-orang 
yang disayang dengan berbagai kegiatan positif
6 Cara Mencapai Resolusi Sehat 2020
Di jaman yang serba sibuk ini, quality time itu rasanya susah banget dan mahal harganya. Padahal menyempatkan diri ngumpul bersama keluarga rutin tanpa terganggu mainan handphone ini penting, bisa haha hihi bercerita dll. Karena itulah, saya dan keluarga lebih sering bersama sekarang agar anak-anak tahu betapa kami mencintai mereka.


4. Istirahat cukup dan NO BERGADANG!
6 Cara Mencapai Resolusi Sehat 2020

Dulu, saya bergadang buat nulis begitupun suami baru pulang malam karena urusan kantor. Saat ini kami ubah semua polanya, diusahakan tidur di bawah jam 10 dan bangun pagi karena lebih segar badan untuk melanjutkan pekerjaan. 

Tapi memang terasa enaknya, badan lebih segar pagi hari tanpa ngantuk karena bergadang seperti tahun-tahun sebelumnya. 

5. Medical Check Up dan periksakan ke dokter bila sakit
6 Cara Mencapai Resolusi Sehat 2020

Apalah artinya harta kalau kesehatan drop, iya nggak? Karena itu harus punya investasi yang sifatnya proteksi buat seluruh anggota keluarga. Jangan sampai amit-amit terkena penyakit berbahaya, eeeeh tidak dicover sama asuransi. Di jaman sekarang, harus benar-benar pintar memilih asuransi terbaik. 
Salah satunya bisa menggunakan Sun Life yang selalu mengingatkan kalau kesehatan fisik dan sehat finansial harus  seimbang jadi tercapai #LiveHealthierLives. 

Contohnya diabetes sendiri, banyak yang tidak cover bila terkena diabetes. Padahal lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena itu bila sakit segeralah ke dokter untuk diberikan pertolongan dan jika sudah sehat fisik bisa mengikuti MCU (Medical Check Up) agar tahu penyakit yang bisa diobati sebelum menjadi besar. 

6. Olahraga teratur dan ikut Sun Life Resolution Run 2020

Iyes, olahraga. Beneran! Sekarang kami sekeluarga mulai rajin olahraga bersama-sama. Sepedaan yang sering, saya bonceng Papih dan anak-anak naik sepeda sendiri-sendiri. Kadang juga lari cuma seputaran komplek. Awal-awal memang terasa capek, pegel banget rasanya. Tapi seperti Ibnu Jamil bilang, olahraga itu bikin bugar, sehat dan ketagihan. Benar juga, walau saya belum turun banget berat badannya tapi lumayan banget rasanya entengan gitu kalau olahraga. 

Pokoknya sebisa mungkin olahraga, kadang juga saya dan keluarga ke CFD buat olahraga santai lari cepat biar lebih rame banyak temannya dan eksis. Mengenalkan olahraga seperti cara berlari pada anak-anak kan bisa dimulai dari sekarang dalam keluarga.



Olahraga di CFD

Dan Januari 2020 kemarin salah satunya ikutan event lari Sun Life Resolution Run 2020 di ICE BSD- Tangerang Selatan. Karena salah satu cara bebas diabetes ini dengan sering bergerak dan ikut kegiatan positif.

Sun Life Resolution Run 2020 untuk Indonesia Bebas Diabetes


Sun Life Resolution Run 2020

Masih ingat tulisan saya tentang mau pilih #TimIbnu Jamil atau #TimKelly Tandiono? Kedua duta kampanye ini melanjutkan Sun Life Virtual Run ke Sun Life Resolusi Run di bulan Januari 2020. Sun Life Virtual Run ini merupakan langkah awal mengajak masyarakat Indonesia paham dengan pentingnya gaya hidup sehat, berolahraga termasuk dalam memberi circle positif menjaga kesehatan terutama diabetes.yang merupakan kampanye Sun Life Indonesia Live Healthier Lives yang khusus untuk meningkatkan pemahaman tentang diabetes, sehingga dibentuklah gerakan melawan diabetes #TeamUpAgainstDiabetes. Dalam Sun Life Virtual Run ini 1 km yang berhasil dilewati pelari dalam Sun Life Virtual Run berarti menyumbang Rp 100ribu yang akan digunakan untuk peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia.

Bersama 2500 pelari yang datang Sun Life Resolusi Run 2020, kegiatan ini berhasil mendonasikan sebesar Rp 850.000.000 untuk mengatasi diabetes di Indonesia. Sun Life Resolution Run 2020 ini sebenarnya merupakan agenda tahunan PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life Indonesia”) untuk mengajak masyarakat dan komunitas untuk membangun hidup yang lebih sehat dan melawan diabetes.

Simbolisasi donasi ini diberikan oleh Leo Grepin, President Sun Life Financial Asia, kepada dr. Dante S. Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM dan didampingi Paul Joliat, Assistant Vice President, Global Partnership, Global Marketing Sun Life Financial, dan Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia.

Sun Life Financial berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi risiko terkena diabetes #TeamUpAgainstDiabetes. Sun Life Resolution Run 2020 ini merupakan puncak rangkaian kampanye #LiveHealthierLives.Oleh sebab itu, Sun Life Indonesia akan terus mengajak masyarakat khususnya generasi produktif untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat serta aktif bergerak, untuk mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya, termasuk diabetes yang sangat mengerikan.

Sejak tahun 2018, Sun Life berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia meraih masa depan yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial. Komitmen ini dikukuhkan melalui beragam inovasi dan inisiatif yang kami prakarsai. Digelar setiap awal tahun, ajang kompetisi lari untuk berdonasi ‘Sun Life Resolution Run 2020’, menjadi salah satu langkah nyata yang diinisiasi Sun Life dengan melibatkan masyarakat dan komunitas, dalam upaya bersama membangun generasi yang lebih sehat dan melawan diabetes #TeamUpAgainstDiabetes. Kami berharap, inisiatif dan donasi yang diberikan dapat membantu mewujudkan resolusi masyarakat yang lebih sehat, sekaligus mencegah penyebaran penyakit diabetes”.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia
Saat ini, sejak 2015 Sun Life Indonesia sudah membangun klinik edukasi diabetes di RSCM dan di 2018 Sun Life memberikan dukungan dalam bentuk pembuatan kaki palsu dan sepatu diabetes untuk keberlangsungan dan peningkatan kualitas hidup para penderita kaki diabetic. Dan ke depannya sedang dibuat buku edukasi diabetes yang akan disusun oleh tim dari RSCM.

Sun Life Resolution Run 2020

Mari hidup sehat #LebihBaik mencegah segala penyakit dengan #LiveHealthierLives bersama Sun Life #TeamUpAgainstDiabetes. Yuk kita wujudkan resolusi sehat 2020 #ResolutionRunID mulai dari sekarang!

51 comments:

  1. aduh, poin nomer 5, olahraga teratur paling sulit direalisasikan mbaa.. hehehe

    ReplyDelete
  2. selain hidup sehat,menjaga kesehatan dengan asuransi juga perlu ya. Biar punya persiapan kalau ada apa2. Tapi amit-amit deh ya.. semoga kita sehat selalu. Mana ada yang mau sakit kaan?

    ReplyDelete
  3. Beneerrr banget mbak. Resolusi sehat sebenernya cuma jaga jasmani rohani biar tetep bugar, kayak minum air putih sm konsumsi makanan sehat

    ReplyDelete
  4. Aku sampe instal aplikasi olahraga lo di HP. Awal2 rajiin tapiii seminggu kemudian tetooot.

    ReplyDelete
  5. Iyak betuuull!
    Kudu dan wajib banget melakukan proteksi.
    Gaya hidup sehat udah harus jadi menu sehari2
    Semangaaaattt!

    ReplyDelete
  6. Resolusi sehat yang mudah diterapkan dan buat jaga-jaga menurutku asuransi itu penting dan bikin tenang lahir batin

    ReplyDelete
  7. saya kok masih belum berani melakukan medical chek up ya, hihih... Takut ketahuan ada yang nggak beres terus jadi parno sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. toss Mba Nanik. takutnya begitu tau ada penyakit, jadi kepikiran. Stress. Buntut2nya makin sakit. Lebih baik begini saja ya, Mba. Tapi tetep ikhtiar jaga kesehatan dan proteksi diri.

      Delete
  8. Mantap
    Sun Life Financial berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi risiko terkena diabetes


    Keluarga Indonesia diajak hidup sehat juga yah. Supaya Indonesia makin sehat.

    ReplyDelete
  9. wah mantap deh mba, harus sehat... jaga makanan bner tuh

    ReplyDelete
  10. Mbaa, please, baca dm atau emailku... Aku butuh bngt info dr mba :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh ada kirim imel ya. Sebentar ya mba saya cek. Maaf 🙏🙏

      Delete
  11. Sehat..sehat..sehat..
    Semoga kita bisa menjaga kesehatan ya Cha, sedini mungkin bisa invest buat kesehatan kita. Btw itu poto Trio cakep2 , kesayangan aku semuaaaa...

    ReplyDelete
  12. Ah iyaa setuju dengan ikhtiar mencapai resolusi sehat ini. Aku pun berjuang juga agar bisa konsisten, terutama yang olah raga rutin, karena seringnya kebentur kesibukan kerja atau nemenin suami kerja. Tapi tetep berusaha aktivitas seperti jalan kalo tujuannya deket dari rumah

    ReplyDelete
  13. Aduh kayaknya susah banget nih buat aku untuk mengurangi begadang, soalnya kalau pas nulis bisanya pasti malam mbak (pas anaknya tidur gitu). Hehe tapi demi resolusi kesehatan bakalan aku kurangin begadangnya 😁

    ReplyDelete
  14. Ah...

    Aku takut ini hanya jadi resolusi semata.

    Jika Aku yang nerapkeun Kak. 😑

    ReplyDelete
  15. Aku udah stop begadang kalau gak benar2 puenting. Paginya mesti teler Mbak, padahal kudu antar jemput dan nginem lagi.Pokok berusaha produktif di siang hari

    ReplyDelete
  16. Istirahat yang cukup, kadang saya kurang istirahat eh gak kadang tapi sering deng hehee. Mudaha2n kita semua sehat terus yaa, aamiin.

    ReplyDelete
  17. Wow...
    Kak Echa keren iih...
    Aku masih merancang bersama temen-temen sesama orangtua murid di sekolah anak-anak, sebaiknya...kita olahraga apa yaa...?
    Karena kan kalo lari, heheh...kayanya berat yaa...
    Apa jalan sehat aja gitu yaa...?

    ReplyDelete
  18. Semoga kita sehat selalu ya mbayu, aku juga nih masih belum konsisten buat merawat diri huhuhu

    ReplyDelete
  19. Panjang ya Mbak daftarnya. Saya juga belum bisa menerapkan pola hidup sehat nih. Masih PR besaaar.

    ReplyDelete
  20. Setuju banget, lebih baik mencegah ya daripada mengobati. Bagaimana pun, sakit itu sangat tidak enak dan menghabiskan biaya. Meskipun kita udah menyiapkan proteksi, tetap aja kalau boleh pilih kita maunya sehat selalu ya.

    ReplyDelete
  21. resolusi sehat udah dari tahun lalu tapi pelaksanaannya ini yang berat, banyak bngt godaan aplg kalo dsrh olhraga

    ReplyDelete
  22. Untuk mencegah suami diabetes (krn dia over weight haha) sy melarang dia makan malam karbo mba , walaupun lapar tetap makannya buah hehe

    ReplyDelete
  23. Kalau baca soal diabetes, jadi inget cerita kamu mbak. Semoga kita tetap diberikan kesehatan yaaa ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  24. aku masih tim begadang 🙈🙈

    ReplyDelete
  25. Ku ingin ikut acara run run gitu. Apaa noleh buat setelah pnya anak syusah..tpi wktu blm pnya anak malah engga pernah -_-

    ReplyDelete
  26. Nomer 4 sama nomer 5 #selfplak banget nih 😂
    Makasih mamiiih bermanfaat sekali nih 💗

    ReplyDelete
  27. Semoga kita semua selalu sehat yaa maaakk

    ReplyDelete
  28. Baik demi menjaga kesehatan jiwa raga, aku akan ikuti saranmu mbak

    ReplyDelete
  29. Mantap deh resolusi sehatnya. Aku sendiri banyak resolusi yang belum konsisten dijalankan nih. Terutama soal pola makan yang mau ngurangin goreng-gorengan, duh..agak susah nguranginnya :(

    ReplyDelete
  30. Cara-cara di atas saat ini harus dimaksimalkan dari rumah saja ya. Larinya, cukup lari di tempat 😘

    ReplyDelete
  31. Kumpul keluarga itu emang ngebantu banget mba. Bikin happpy bahagia terus dan ini nambah daya tahan tubuh :)

    ReplyDelete
  32. Istirahat cukup sama gak begadang ini yg gampang gampang susah deh...
    Apalagi klo udah ada kerjaan yg mepet Deadline...
    Klo keseringan bikin kacau pola yg lainnya

    ReplyDelete
  33. selama pandemic ini olahraga itu yang susah ya memang,
    aku olahraga termasuk jarang ini karena suka gak sempet :(
    Makasih remindernya ya.

    ReplyDelete
  34. mbaaak itu karakternya lucu-lucu amat, gimana cara buatnya.
    Untuk CFD sekarang gak bisa ya mba, tapi masih bisa olahraga di rumah. Ya udah nggak apa2 deh, yang penting sehat

    ReplyDelete
  35. Dari dulu aku mau olahraga jadi wacana mulu. Lumayan sekarang dengan kekuatan kepepet jadir ajin yoga tiap hari, rajin minum banyak. Tidurnya ini yang belum teratur. Bapakku juga punay diabetes, jadi aku ngerem banget makan-makanan manis dan ga mau banyak makan nasi. Sehat selalu ya, Cha

    ReplyDelete
  36. Kalau soal makan dan minum sih, aku gampil lahhh... insyaallah terkontrol banget. Sing angel ki olah raga. Mesi banget memaksakan diri ben ora mager. Qiqiqi

    ReplyDelete
  37. Ibnu Jamil ini aktif banget ya olahraganya, keren..daku juga turunan diabet Cha, makanya hati-hati banget dengan konsumsi gula sekeluarga di rumah..

    ReplyDelete
  38. Huaaa diabetes, jadi ingat beberapa hari yang lalu dikabari teman kalau dia habis amputasi jari tengah kaki kiri karena membusuk. Dia penderita diabetes.

    Emang ya harus memperbaiki pola makan dan juga pola hidup sehat. Buat jaga-jaga, ikut asuransi juga perlu

    ReplyDelete
  39. Istirahat yang cukup nih aku masih susah. Selain bocil sering melek kalo malem, aku pengennya ya nulis ya medsosan sampe malem, begadang. Hahaha.
    Keren nih inisiasi Sun Life. Semoga berdampak pada masyarakat banyak :)

    ReplyDelete
  40. Sedih deh, karena pandemi ini event lari banyak yang dibatalkan... Sementara ini olahraganya di rumah aja ya...

    ReplyDelete
  41. Aku kehilangan suasana CFD, karena tiap hari Minggu selalu olah raga di sana. KAdang berangkat dari rumah dengan gowes, kadang naik motor nanti baru keliling lapangan simpang lima dua kali putaran. Sekarang kudu olah raga di rumah, biar BB gak tambah miring ke kanan

    ReplyDelete
  42. Yang sering terlewat itu, minum air putih 2 liter sehari. Duh.. ngga heran deh, mbak, boyokku sering sakit wkwkw

    ReplyDelete
  43. aku kangen banget ikut run race. dulu rajin kemana2 hahah..

    sekarang latihannya jalan di rumah, atau di sekitar desa doang 🤣
    btw med check bener tuh penting, kadang masih jarang yg lakuin kan

    ReplyDelete
  44. Sy suka olahraha aerobik biasanya minggu di komplek sebelah ada sejak korona blm lg nih mau nonton via youtube malu sm anak2 hahaha

    ReplyDelete
  45. Aku masih jadi tim Bang Oma alias begadang kalau ga begadang ga bisa nulis blog hahaha..olahraga malas bahkan ga pernah wkwk MCU di kantor udah berhenti jd kalau mau MCU uang pribadi duh hahaha smg semuanya sehat2 aamiin

    ReplyDelete
  46. Benar banget Mbk, mesti sehat ya, jaga terus sehatan dengan olahraga. Aku pun mau menjadwalkan senam dan jalan pagi lagi. Walau sebentar saja karena ada pandemi Covid-19 ini.

    ReplyDelete
  47. Akutu pengen banget lari, ikut acara running-running gini kan...seru yaa..
    Dan memang olahraga yang paling nikmat itu ramerame, bareng temen.
    Jadi makin terpacu semangatnya.

    ReplyDelete
  48. Aku juga punya kecenderungan genetik diabetes dari alm bapakku. Oleh karena itu gaya hidup sehat memang sudah keharusan. Bagus juga nih Sun Life mempelopori kegiatan sehat ini agar masyarakat selalu ingat untuk terus menjaga tubuhnya dengan baik.

    ReplyDelete
  49. Saya sudah nulis resolusi sehat. Tapi belum semua dijalankan..hihi...kayaknya harus gabung di komunitas hidup sehat gitu, biar semakin termotivasi. Saya juga lagi milih-milih asuransi kesehatan nih...cari yang pas dan sesuai dengan budget..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^