5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Penulis Freelance

cara menjaga daya tahan tubuh penulis freelance

Siapa di sini yang menjadi penulis freelance kayak saya? Angkat tangan! Hihihi, iya kita sama. Tapi ya perlu disyukuri sih ya. Apalagi lagi pandemi seperti ini banyak yang kesusahan mendapat pekerjaan, di sini penulis freelance masih mendapat pekerjaan. Tidak banyak tapi cukup buat sehari-hari, paling butuh vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh

Makanya kenapa saat saya mulai jenuh menulis, saya selalu berusaha mengingat-ingat apa yang menjadi awalan saya memulai pekerjaan menulis ini. Cinta iya saya cinta dari dulu sama kata, bahasa, rima dan semacamnya. Dan ternyata menyenangkan menulis sesuatu yang kita suka dan dibaca orang tentunya. Apalagi kalau bermanfaat untuk banyak orang lebih senang lagi sayanya. 

Walau pernah atau beberapa kali mendapat kritikan pedas karena mungkin saya tidak menguasai bahan yang saya tuliskan. Tapi itu membuat saya jadi ingin menulis sesuatu lebih dalam lagi biar semua informasi yang benar dan akurat. Bagaimanapun kita, penulis punya tanggung jawab besar terhadap apa yang dituliskan. 

Jujur, selama pandemi kerjaan menulis saya sedikit padat. Apalagi saya kebetulan menulis beberapa brand yang punya jadwal dan KPI sendiri untuk mendongkrak nama brand jadi bagus dan produk laris terjual. Ya sehari saya bisa menulis 6-8 tulisan yang pastinya membuat saya sedikit kewalahan menulis blog beberapa bulan terakhir. Mana anak sekolah daring juga kan? Jadi saya harus benar-benar bisa membagi waktu antara pekerjaan, rumah, anak dan suami tentunya. 

Makanya kalau lagi lemes pasti selalu berusaha mengingat lagi kenapa saya awal menjalani pekerjaan ini dan bersyukur. Saya sudah punya kerjaan sekarang jadi harus dijalani dengan baik. Karena di luar saya masih banyak yang butuh kerjaan seperti saya. Dan senangnya harus diingat lagi, kalau saya menulis bisa banyak hal. Mulai menyekolahkan anak sampai membeli rumah juga dari menulis ini. 

Tapi karena setiap hari saya harus buat banyak tulisan pasti pusing kan. Bukan cuma ide yang dijaga tapi kesehatan juga yang harus diperhatikan. Karena apapun pekerjaannya kalau tidak dibarengi dengan tubuh sehat tidak akan bisa berjalan lancar. Betul tidak? 

Nah kali ini saya mau share tips bagaimana caranya menjaga daya tahan tubuh agar sehat sebagai penulis freelance. Paling tidak ini yang saya lakukan biar tetap semangat menjalani hari-hari sebagai seorang penulis freelance. 

Ini dia 5 cara menjaga daya tahan tubuh penulis freelance : 


1. Berhenti setiap sejam sekali untuk streching dan relaksasi 

Ditlen? Pasti panik ya, mana tulisan belum selesai, anak lagi nangis, masak nyuci belum beres juga. Kadang bikin pengen sambil teriak, "ARRRGGHHH". Sama tidak? Stress saat menulis atau saat menemukan writer's block ini bisa diatasi dengan istirahat sejenak. 

Ini penting banget mengelola stress loh buat penulis dan dengan memberi jeda rutin akan membuat kita hidup kembali di dunia nyata. Cara saya memberi jeda itu dengan mengajak anak-anak ngobrol atau dengan minum makan dulu. Pokoknya melepas penat sejenak. 

Jangan lupa untuk streching bentaran biar rada enakan pinggang punggung. Karena tahu sendiri bagian vital kelamaan duduk yang rada sakit pasti bagian itu. 

2. Perhatikan mata lelah 

Menjaga kesehatan mata ini penting loh. Kebayang tidak kalau mata penulis sakit yang ada susah nulis nanti. Bila sudah on screen sejam dan mulai cenut-cenut, usahakan berhenti dulu. Memberi tetes mata agar terus lembab juga bisa jadi salah satu cara mata tetap terjaga. 

Pokoknya kalau mata sudah terlihat lelah, bisa dikompres pelan menggunakan air dingin. Kompresannya akan membuat mata kita kembali lebih segar saat melihat komputer kembali. 

3. Makan sehat gizi seimbang dan minum air putih cukup 

Terlihat sepele, tapi makan sehat gizi seimbang ini agak susah dilakukan oleh penulis. Biasanya saat menulis pengennya makan aja atau masak mie (pengalaman pribadi sih). Menu jadi sembarangan padahal itu tidak baik. 

Dengan ikut menu sehat gizi seimbang, penulis bisa lebih memperhatikan asupan makanan untuk tubuh. Oh iya, ingat juga untuk selalu minum minimal 2 liter sehari ya. Jangan sampai lupa mentang-mentang duduk terus lupa minum 

4. Atur waktu bekerja dan istirahat seimbang 

Usahakan mengatur jadwal harian untuk istirahat dan untuk bekerja. Saya contohnya ya, 8 artikel sehari dimulai dari jam 4 pagi selama sejam untuk 2 tulisan. Lalu dilanjut jam 9 pagi sampai jam 11 siang 2-3 tulisan. Dilanjut jam 3 sore untuk buat 2 tulisan. Dan terakhir jam 8 malam setelah anak-anak tidur saya buat 2 tulisan lagi. 

Selebihnya saya jarang pegang handphone, walau aktif whatsapp karena komputer menyala. Atau memang lagi aktif karena ada kerjaan sebagai blogger. Karena di luar itu saya pakai untuk istirahat dan bersama keluarga. 

Istirahat yang nyaman juga penting, singkirkan semua handphone biar tidurnya enak dan todak terdistraksi sama handphone. 

5. Konsumsi vitamin C 1000 mg untuk kesehatan sehari-hari 

Nah, kalau ini saya percayakan kepada Sido Muncul Vitamin C 1000 mg​. Produknya Sido Muncul pasti sudah tidak asing lagi buat kita untuk menjaga daya tahan tubuh (Buat penulis terutama) ada Tolak Angin, Jahe Wangi, Sido Muncul Sari Temulawak, Sido Muncul Echinacea dan AlangSari Plus. 

vitamin c 1000mg
Apalagi kalau sekarang mau beli produk Sido Muncul sudah bisa lewat website resmi di www.sidomunculstore.com dan Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Bukalapak loh! 

Tahu sendiri manfaat vitamin C untuk tubuh. Buat penulis freelance kayak saya, kamu dan kita perlu banget biar tetap cenghar saat menghadapi ratusan tulisan depan mata. Bikin semangat juga loh dan yang penting pada masa pandemi gini vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Cukup sekali sehari saja konsumsi vitamin C 1000 mg untuk tubuh sehat dan bugar! 

Sekali lagi jangan lupa bersyukur. Karena bersyukur juga merupakan iman kepada Tuhan atas pekerjaan dan berkah kita diberikan kesempatan menjadi seorang penulis freelance. Yang penting halal kan. Tetap semangat menjadi blogger, tetap semangat menjadi penulis freelance dan tetap semangat menjadi seorang diri sendiri. 

Selamat mencoba tips menjaga daya tahan tubuh penulis freelance ala saya ya. Dan tetap menulis! Semoga bermanfaat

23 comments:

  1. Mba, saya juga lagi lagi banyak deadline kerjaan suka pusing, tangan pegal, mata lelah, asam lambung naik kayak mau muntah terus. Emang butuh istirahat dan minum vitamin kalau pas lagi puyeng begini.

    ReplyDelete
  2. Sering begadang, sering telat makan, dan doyan ngopi. Duhh..kalau gak pintarpintar jaga kondisi, bisa mudah ngedrop tuh saya. Sepertinya perlu nyetok vitamin C 1000mg juga nih di rumah.

    ReplyDelete
  3. Nah ini barusan pak suami beliin buat saya, Mak. Mau cobain deh habis BW ini ...semoga membantu menyembuhkan sariawan.

    ReplyDelete
  4. SidoMuncul Vitamin C ini memang cihuy bangeettt!
    Bikin tubuh bugar senantiasa, aku juga demen
    Mantap surantap ya Mak!

    ReplyDelete
  5. AKu suka mimi Sido Muncul C 1000 juga tuh. Papahku juga..meskipun menderita diabetes tapi cocok loh sama C 1000 ini soalnya kan sugar free. Menjaga kesehatan dan pola makan sehat makin diperhatikan terutama saat pandemi corona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantapnya Mba, jadi buat diabetes aman ya. Jadi pengen cari Sido Muncul vitamin C deh, udah lama ga konsumsi buah juga dan vitamin C kemasan jadi mudah sariawan

      Delete
  6. Penulis freelance juga butuh stamina ya mak, apalagi menjaga daya tahan tubuh untuk sekarang itu penting banget. AKu selain makan buah dan sayur juga menambahkan asupan vitamin c loh.

    ReplyDelete
  7. Penulis apalagi seorang ibu dengan anak balita, terbayang gimana keutuhan energi setiap hari. Makanya wajib jaga stamina tubuh ya. Biar gak dihampiri segala kelelahan, apa lagi penyakit, wajib makan vitamin c :)

    ReplyDelete
  8. Tetap semangat jadi penulis freelance mbak, tetap jaga kesehatan dan jangan lupa konsumsi vitamin.

    Saya pengen cobain juga ah, sidomuncul vitamin c 1000 mg ini, ekstrak lemon pula, pasti seger banget

    ReplyDelete
  9. Ini produk baru sidomuncul ya mba...vitamin C membantu daya tahan tubuh banget apalagi masa pandemi spt sekarang

    ReplyDelete
  10. Ah iya banget, kamu mah kudu ekstra jaga daya tahan tubuh, Cha. Kerjaan content writing banyak; ngasih anak-anak yang masih kecil-kecil; dan ini itu lainnya. Sehat-sehat selalu ya 🤗

    ReplyDelete
  11. Berhenti setiap sejam sekali ini yang sering saya lewatkan, Mbak. Apalagi kalau udah deket dengan DL, suka lupa manteng terus di depan laptop :(

    ReplyDelete
  12. Vit C mmg kudu banget nyetok sekin keping di rumah ya mba. Buat jaga daya tahan tubuh supaya gak drop di masa pandemi gini.

    ReplyDelete
  13. Idolaaa banget, kak Echaaaa~
    Salut sama kak Echa yang bisa menyesaikan semua tugas dengan baik. Dan stamina kudu banget dijaga. Minum vitamin C dari Sidomuncul, auto-greeng lagi.

    Sehat selalu, kak Echa dan keluarga.

    ReplyDelete
  14. Iya ya, sesama freelancer yang suka begadang seperti kita butuh asupan vitamin yang mantap seperti vitamin C1000 dari Sidomuncul. Enak kalo diminum pakai air es ya Cha

    ReplyDelete
  15. Meskipun kita kerjanya kayak orang ga ngapa2in.. resiko tinggi juga kesehatannya terganggu ya. Butuh banget suplemen tambahan vitamin C gini

    ReplyDelete
  16. Nah, yess frerlance like me need much vitamin. The vitamin C or the vitamin what i say money, hahaha. Keep fighting yeeah to be healthy

    ReplyDelete
  17. Wah Sido Muncul ada vitaminnya ya. Penting juga nih untuk kita yang freelance seperti sekarang yang sedang banyak kerjaan. Semoga kita semua sehat

    ReplyDelete
  18. Andalan banget ya emang Mba kalo sidomuncul ini, aku juga kalau badan sedikit pegal atau ada masalah soal sariawan dan butuh asupan vitamin selalu make sidomuncul karena pilihannya banyak.

    ReplyDelete
  19. memang kita sering begadaaang yaaa Cha...dan untuk menjaga kesehatan kita harus banyak minum vitamin yaaaa...

    ReplyDelete
  20. Wow, keren Mba sehari 8 artikel. Aku kadang buat blog saja satu artikel bisa seharian. Yups, vitamin c sidomuncul ini cocok buat yang super sibuk. Aku juga konsumsi.

    ReplyDelete
  21. Relaksasinya perlu juga main ke tempat2 asyik mba.. atau nulisnya pada tempat2 terbuka yang menyenangkan. Tapi jangan di mol, malah belanja jadinya :)

    ReplyDelete
  22. Bagus ini tipsnya... emang kadang kalo udah nulis suka kelupaan banyak hal sampe berjam-jam baru sadar belum makan, atau sekedar meregangkan badan.. alhasil pegel-pegel dan jadi lemes

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^