Tips Mengajari Anak Mencuci Piring Sendiri

Tips Anak Mencuci Piring Sendiri

Punya anak itu identik dengan kotor? Yakin? Tidak loh! Walau sebenarnya iya, cuma kita sebagai orang tua bisa kok mengajari anak. Life skill atau hal-hal yang buat kemandirian itu penting pake banget loh! Kerasa banget saat saya merantau, kemampuan bertahan hidup walau hal kecil merawat rumah itu sangat berguna. Tidak sia-sia dulu Mama saya selalu ngomel nanti suaminya brewokan kalau nyapu tidak bersih *eh.

Tapi iya loh, anak-anak sekarang kan kebetulan full fasilitas yang memang ada di masanya. Cuma bukan berarti fasilitas yang ada ini membuat mereka lebih santai dan tidak melakukan apa-apa untuk kemampuannya bertahan hidup. Anak memang harus belajar pelajaran sekolah, tapi belajar life skill yang akan dia pakai sebagai modal dasar bertahan hidup juga harus dipelajari. Siapa yang mengajari? Tentunya kita, orang tua.

Cuma kalau dipikir-pikir orang tua sekarang lebih senang dengan gawainya atau bekerja, walau tidak semua seperti itu ternyata masih banyak orang tua yang concern kalau life skill itu memang perlu dipelajari anak. Contoh gampangnya saja saat anak belajar berjalan, ketika dia jatuh dia menangis dan ada beberapa orang tua yang malah menyalahkan lantai atau alat bantu baby walkernya sehingga membuat si Kecil terjatuh.

Jangan ya bukibuk!. Kita sebagai orang tua kudu bisa membuat si Kecil survive dalam kondisi apapun. ya!

Ngomong-ngomong, pelajaran sekolah anakku yang kelas 1 SD ini tematiknya lagi ngebahas tentang kebersihan dan kerapian rumah. Sama cara-caranya menjaga kebersihan gitu, mulai dari membersihkan kaca, menyapu lantai hingga mencuci piring.

Jadi pengen cerita tentang perihal mencuci piring. Si Raffi sekarang sudah 7 tahun, tapi dia sudah biasa membantu kami membersihkan rumah, mengasuh adik-adiknya sampai membersihkan piring sendiri. Maklumlah kami memang tidak pakai pembantu soalnya, jadi mau tidak mau seluruh anggota keluarga ikut membantu pekerjaan rumah.

Mencuci piring pun sama, ternyata banya manfaatnya. Seperti melatih kemandirian dan menstimulasi aspek motoriknya, mencuci piring ini mengajarkan konsep tahapan pada anak. Mulai dari membuang sisa makanan, membasahi piring dengan air, menggosoknya dengan spon sabun dan membilas sampai bersih dengan air. Menurut penelitian, mencuci piring ini berguna saat anak akan membuat huruf jadi terbantu lebih lentur saat menulis huruf. 

Jadi gimana caranya agar anak mau mencuci piring? Ini beberapa tips dari saya agar anak mencuci piring sendiri :

1. Siapkan sabar seluas samudra, karena biasanya anak itu ada saja saat mencuci piring. Mulai dari bermain air, mainan sabun sampai ada perlengkapan makan pecah. Dampingi dengan sabar.
2. Pastikan area mencuci piring ramah anak
3. Mulai ajari mencuci perlengkapan yang terbuat dari bahan plastik
4. Ajari urutan mencuci yang benar. Membuang sisa makanan, membasahi piring dengan air, menggosoknya dengan spon sabun dan membilas sampai bersih dengan air mengalir.
5. Berikan pujian ketika selesai, karena anak akan menyimpan memori bahwa kegiatan mencuci piring ini sangat menyenangkan.

Tips Anak Mencuci Piring Sendiri

Satu lagi, jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci yang aman untuk digunakan anak mencuci piring. Saya menggunakan Mama's Choice Baby Liquid Cleanser yang aman untuk kulit anak. Ya tahu sendiri, kadang sabun itu suka bikin tangan anak pecah-pecah huhu. Nah kalau pakai ini aman <3.

Tips Anak Mencuci Piring Sendiri

Mama's Choice Baby Liquid Cleanser ini  bisa digunakan untuk mencuci berbagai peralatan bayi dan keluarga, bahkan buah hingga sayuranpun bisa loh ya!. Dibuat dengan bahan dasar alami dari tumbuhan dan diperkaya Tea Tree Extract, Mama's Choice Baby Liquid Cleanser ini juga sangat mudah digunakan. Cukup tuangkan ke dalam larutan air, basahi spon dan bersihkan piring lalu bilas cuci bersih. Simpel banget! Buat anak yang belajar mencuci piring juga aman, karena bahan alaminya sangat ramah pada anak tidak perih ketika anak menggunakannya.

Buat yang mau beli bisa langsung saja ya ke website Mama's Choice dan masukkan kode voucher MAMAECHA saat check out agar dapat diskon 25ribu minimal pembelanjaan 90ribu. Lumayan banget loh, secara gratis ongkir. Cuss sekarang klik belanja saja di website www.mamaschoice.id.

Jangan lupa juga follow akun instagram @mamaschoice.id agar dapat update info seputar parenting, ibu dan bayi ya! Btw, produk mama's choice ini banyak banget, jadi kode vouchernya bisa dipakai buat belanja semua produknya ya! Seru kan!

Sudah siap mempraktikkan tips mengajari anak mencuci piring sendiri? Selamat mencoba dan selamat belanja!

Tips Anak Mencuci Piring Sendiri

26 komentar:

  1. Wah keren ya mba.. sudah didik untuk mandiri sejak dini. Apalagi cuci piring salah satu pekerjaan rumah yg menurutku basic, tanpa melihat laki-laki ataupun perempuan. Untuk yg masih kecil sih emg paling aman pake sabun cuci piring yg aman untuk kulit si anak hihihi. Thanks mba infonha

    BalasHapus
  2. Bagus bunda mengajarkan anak-anak sedari dini untuk membantu orangtua terutama cara mencuci piring, supaya kelak nanti anak-anak akan menjadi anak yang mandiri dan bisa membantu orangtuanya.


    BalasHapus
  3. yang perlu di highligh adalah aman pada peralatan bayi ya kak, Itu penting banget sih, karena banyak sabun sejenis yg meningalkan bau sabun.

    BalasHapus
  4. Wahhh, ilmunya bisa di praktekin buat nanti nihh. Tenyata hal kecil begini kudu di ajarkan kepada anak ya biar jadi mandiri.

    BalasHapus
  5. Wah makasih bgt sarannya mbak untuk ngajarin survival life skills ke anak ❤️

    BalasHapus
  6. wah Raffi kecil-kecil sudah pinter cuci piring dengan produk yang bagus lagi.Suka banget dengan storytellingnya...

    BalasHapus
  7. Nah, terkadang life skill ini yang suka terlupa sama orangtua ya. Malas ngajarin anak karena nanti bakal berantakan, dan malah nggak selesai-selesai. Padahal dibalik kesabaran yang seluas samudra ada pelajaran berharga yang sangat penting untuk anak. Dan aku baru tau juga, ada sabun cuci piring yang ramah anak. Nanti buat ngajarin anakku bisa pakai sabun mama choice. Thanks infonya yah.

    BalasHapus
  8. Asyiknya jika anak bisa belajar mencuci piring ya. Anak saya baru mulai belajar cuci piring di usia 7 tahun karena tugas sekolah. Hihi... Tapi itu juga yg membuat saya berterima kasih kepada sekolah karena mengingatkan saya pentingnya mengajarkan life skill kepada anak. Dan Mama's Choice nya juga oke banget karena bahan alaminya membuat kulit anak aman. Multifungsi juga ya buat cuci buah dan sayur.

    BalasHapus
  9. kebetulan anakku ud bisa cuci piring wlaupun usia 8 thn dan seorng anak cowok..tp yah namanya anak2 yah..sehabis makan cuman dibersihin trs ga dicuci wkwkwk

    BalasHapus
  10. anak lelakiku dari jaman playgroup di sekolahnya sudah diajarin tuh salah satu life skill, yaitu mencuci piring jadi dia udh familiar sih

    BalasHapus
  11. Wah senangnya, sekarang ada Mama's Choice Baby Liquid Cleanser
    Yang aman untuk anak anak yang mau cuci piring maupun alat makan mereka
    Sebelumnya suka was was dengan produk konvensional

    BalasHapus
  12. Dulu belum banyak sabun cuci piring buat baby sekarang semakin maju dan berkembang ada pilihan Mama's choice baby gini makin berasa aman, karena teruji kualitasnya.

    BalasHapus
  13. Kalau area cuci piringnya ramah anak lebih memudahkan ya, apalagi sabunnya juga yang ramah ini nih biar antisipasi juga agar tidak licin dan jatuh piringnya

    BalasHapus
  14. Sepakat banget sama Mba Echa kalau life skill itu butuh. Dan membersamai si kecil untuk belajar urusan life skill memang perlu sabar seluas alam raya sih kalau menurut Acha mah. Huwa 7 tahun sudah bisa ya. Boleh nih jadi inspirasi anakku yang masih 3 tahun. Udah bisa mulai diajarkan urusan bantu bebersih rumah juga kan ya.

    BalasHapus
  15. Bener juga ya. Mencuci piring bukan hanya masalah kebersihan tetapi banyak manfaatnya seperti melatih kemandirian anak dan mulai dari yang berbahan plastik.

    BalasHapus
  16. Dari kecil sudah dibiasakan untuk cuci piring minimal bekas sendiri. Manfaatnya kerasa banget sampai gede. Nggak sanggup lihat kotor dikit pengin bersih-bersih.

    BalasHapus
  17. Akupun nggak ada nanny jadi anak2 juga aku ajaran bantu beberes dari kecil, hehehe. Yg jelas cuci piring sendiri setelah makan ini akan jd habit yg bagus buat anak2.
    Karena aku pun dulu kecilnya jg diajarin life skill yg sama 😁

    Btw aku tertarik deh sama sabun cucinya,apalagi aman buat kulit anak yaaa

    BalasHapus
  18. Aku masih belum berani nih ajarin anak cuci piring sendiri karena dapur aku tinggi banget yang sekarang. Rencananya pas pindah ke rumah baru mau mulai ajak anak cuci piring sendiri. Makasih tipsnya, mbak

    BalasHapus
  19. Sekarang lebih canggih yaa, ada sabun untuk mencuci khusus peralatan makan anak2, makin asik juga anak2 untuk mencucinya. Duh suka banget deh Cha, mengajarkan nyuci piring sama jagoan2nyaa untuk kemandiriannya.

    BalasHapus
  20. anakku yang 1,5 tahun jg suka ikutan cuci piring tapi akhirnya ya main air mbak echa. hihi. gpp deh, yg penting senang dulu, lama kelamaan bisa ikutin bersihnya hehe

    BalasHapus
  21. Aku mau pake ah kodenya, ternyata lagi perlu Mamas Choice nih untuk beberapa produk yg mau dibeli

    BalasHapus
  22. Aku bacain artikel ini di depan anakku nih mbak. Wkwk kali aja dia mau nyoba besok2..

    BalasHapus
  23. Keren ya produk Mama Choice's ini jadi bersih deh semua peralatan makan si kecil dan tentunya sehat ya karena kandungan bahan kimia pembersihnya aman untuk anak2

    BalasHapus
  24. Teh Echa hebat ngajarin ade cuci piring. Aku aja ngajarin ponakan yang kelas enam SD susah beuts huhu

    BalasHapus
  25. Setuju tipsnya Mbayu kudu ekstra sabar karena pada dasarnya sih anakku demen main air jadi pas disuruh cuci piring ya banyakin busa dan main airnya kelamaan dibanding cuci piringnya haha

    BalasHapus
  26. wah sekarang sudah ada pilihan sabun cuci untuk anak anak ya. Perlu ditengok nih Mama's Choice Baby Liquid Cleanser. Apalagi anak anak biasanya suka dengan air dan sabun. Anak senang, Ibu aman.

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^