Berdiri Tegak Kembali Berwirausaha

Berdiri Tegak Kembali Berwirausaha

Pandemi ini memang mengubah banyak hal. Saya pun demikian. Bukan saya saja, hampir semua orang berusaha bertahan survive sesuai kemampuannya. Karena memang banyak hal yang berubah, mulai dari kebiasaan, pendidikan sampai adanya perubahan pada finansial. Iya, saya tahu tidak semua orang terkena dampaknya. Tapi yang saya tahu keluarga kecil kami terkena imbas pandemi. Sangat.

Usaha kami di Garuda Ballon Party pun sama, karena social distancing sudah turun sekali permintaan dekor balon untuk suatu acara. Suami saya pun sudah tidak bekerja sejak awal pandemi. Yang tadinya berdua menyemangati untuk buat usaha dekor menjadi besar sekarang langsung down sendiri. Jadi kami terus cari cara untuk membuat usaha lain yang bisa membackup usaha dekor yang macet.

Akhirnya setelah dipikir matang, kami pun buka usaha jilbab dan serundeng. Karena kalau jilbab saya bisa jadi reseller dan kalau serundeng suami udah sering buat untuk anak-anak dikonsumsi sendiri. Ternyata tester serundeng dapat sambutan baik. Makanya kami pun memberanikan diri untuk membuat brand baru yang punya produk serundeng dan jilbab. Namanya Rumah Raisya. 

Banyak yang menyangka saya hamil lagi karena ada nama Rumah Raisya, padahal itu adalah nama satu-satunya yang saya siapkan kalau saya punya cucu perempuan nanti*eh. Ya secara anak saya laki-laki semua ya gimana lagi xixixi. Intinya saya senang dengan nama itu, suamipun menyambut baik. Jadi ya sudah jadilah brand baru Rumah Raisya.

Sesimpel itu sebenarnya hahaha,

Tapi brand baru membuat kami harus bikin banyak label dll yang ada tulisan kan? Mana print tidak cukup satu tapi banyak banget kebayang kan gimana? Setelah dipikir-pikir budget untuk print di luar kayak digital printing itu lebih mahal daripada buat sendiri.

Jreng jreng mulailah kami mencari banyak referensi printer apa. Secara budget kami menipis, maklumlah saking tipisnya jadi kami memang bisanya open PO, karena kalau langsung ready gitu susah huhuhu. Untungnya kami bisa survive muter uangnya, jadi uang keuntungan penjualan di awal kami bisa sisihkan selain untuk makan sehari-hari ya sekalian bisa buat modal lain seperti printer.

Penting banget memang cetakan ini, soalnya sekarang visual mendukung. Selain bahan kerudung bagus atau rasa serundeng yang enak, pengemasan yang cantik pun jadi hal yang bikin orang terpikat. Makanya mumpung masih awal kan, kami mau mengemas packaging dengan sangat baik dan sangat cantik dengan sentuhan personal tentunya khas seorang Echa *ehem.

Jadi seharian saya utak atik logo sambil nyobain bagaimana packaging yang menarik hati. Mulai dari kotaknya, plastiknya sampai desain logonya. Pokoknya gak bosan mandangin pinterest dan tiktok xixix. Generasi muda sekarang banyak yang jualan soalnya, trus mereka pada kreatif gitu. Jadi kan bisa kucontoh. Beneran kreatif mereka loh, yang gak kepikiran sama aku mereka bikin. Dan tentunya bisa jadi uang. Luar biasa pokoknya ilmunya.

Setelah menemukan desain yang cocok, akhirnya kami hitungan budget dan benar ternyata kami kudu beli printer. Lebih irit pastinya!. Pas tanya-tanya teman, kira-kira printer apa yang cocok dan murah. Secara budget kami tidak lebih dari sejuta, ya karena harus beli plastik, kertas stiker, kotak kardus, dll. Kalau semua ke printer nanti bingung mau beli lainnya. 

Dan teman-teman saya menjawab HP. Iyes, ternyata salah satu produk yang direferensikan teman-temam saya ya HP All In One Deskjet Series. Ada 3 Deskjet Series yaitu seri 2335, 2336, dan 2337. Semuanya sebenarnya sama kok fiturnya bisa print, scan dan copy. Cumaaaa bedanya di warna saja, kalau HP 2335 (Lavender),  HP 2336 (White) dan HP 2337 (Palm). 

Terus ini kan irit banget bisa hemat tintanya 40% dibanding printer inkjet biasa. Dan karena dinamakan printer All in One berarti benar-benar bisa jadi printer multifungsi. Jadi bisa dipakai buat berbagai macam kebutuhan cetak di rumah buat usaha kecil kayak saya. Buat print tugas anak-anak pun bisa apalagi pandemi gini kan online printnya banyak banget astaga dahhh. Mau cetak dokumen teks, gambar warna bahkan foto bisa semua lebih hemat dan sangat terjangkau. 

Printer HP All in One Deskjet Series

Spesifikasi Deskjet Series All In One :

• Function : Print, Scan, Copy
• Print Speed (ISO) ppm Black : 7.5
• Print Speed (ISO) ppm Color : 5.5
• Warranty (on site one to one exchange) : 3 years
• Monthly Duty Cycle : Up to 1,000 pages
• Auto-Duplex Printing : N/A
• Wireless : N/A
• Wifi-Direct : N/A
• Mobile printing capability: Mobile Print Capability not supported
• Special Features : N/A
• Page yield : 480 (B) / 150 (C )
• A4; B5; A6; DL envelope
• 1 Hi-Speed USB 2.0
• Up to 1000 pages
• Media sizes supported: A4; B5; A6; DL envelope
• Media weight, supported: A4: 60 to 90 g/m²; HP envelopes: 75 to 90 g/m²; HP cards: up to 200 g/m²; HP 10 x 15 cm photo paper: up to 300 g/m²
• Media types : Plain paper, Photo paper, Brochure paper

Scan Resolution:
Scan Resolution, Hardware Up to 1200 x 1200 dpi
Scan Resolution, Optical Up to 1200 dpi

Scanner Specifications:
Scan file format: JPEG, TIFF, PDF, BMP, PNG

Color scanning: Yes
Scan size, maximum: 216 x 297 mm

Copier Specifications:
Copies, maximum: Up to 9 copies
Copier settings: Auto-enlarge
Colour copy capability: Yes

Support Cartridge Tipe :
• HP 682 Black (+480 Pages)
• HP 682 Color (+150 Pages)

Oh iya kalau mau beli printer HP ini juga harus lihat-lihat jangan sampai beli yang tidak garansi atau bisa saja barang reject. Makanya mending langsung ke suppliernya aja, wong tinggal buka saja Era Supplies Indonesia atau ESI di https://www.erasupplies.com/. 

Sudah sejak lama ESI merupakan Raja Tinta & Toner di Indonesia, jadi jangan takut untuk membeli di yang resmi saja ya! Lagi banyak promo sih, apalagi sepertinya ESI mengerti kesulitan saat pandemi ini. Hampir semua produknya diskon buat memudahkan para penggiat usaha kecil dan menengah seperti saya ini kembali menggeliat semangatnya untuk berwirausaha. 

HP Deskjet All In One Series

Dan ini kotak produk Rumah Raisya kami. Seru kan? Ngeprint sendiri, gambar sendiri, desain sendiri dan tentunya buat sendiri. Lebih puas, lebih senang, lebih bahagia. Duh, doakan ya usaha kami terus berjalan lancar untuk menjadi mata pencaharian kami apalagi di masa pandemi gini, Iya kita saling mendoakan ya!

serundeng jawa rumah raisya

serundeng jawa rumah raisya

Terus semangat usaha kecil Indonesia. Mari bersama ESI menjadi bisnis yang luar biasa kelak di kemudian hari. Yuk kembali berdiri tegak berwirausaha. Saya sudah pakai HP Desket All In One Series, kamu?

17 komentar:

  1. mamiiiiih, semoga selalu diberikan kesehatan kekuatan dan tetap gayeng sekeluarga yaaa. Aku juga sempat merasakan down nya akibat pandemi ini yang cukup membuat pemebelajaran tergerak berbisnis. Jujur aja aku kemarin sempat kebingungan buat kebutuhan printing dll dari brang Ngupi aku ini, soon aku mau pakai HP Desket All In One Series ini ah

    BalasHapus
  2. semakin semangat berwirausaha dengan adanya printer canggih yang mumpuni dari HP ini ya mba, printerku di rumah HP juga tapi beda tipe sepertinya

    BalasHapus
  3. Sukses terus ya mba apa pun usahanya.. unik pas serundeng nyampe, packagingnya kecee mbaa. Selalu kreatif..

    BalasHapus
  4. di rumah juga pake printernya HP sih meskipun murni hanya untuk keperluan pekerjaan dan kebutuhan anak2...tp emanga ngebantu krn pake yg bisa scanning dan photo copy juga selain ngeprit. Pas banget juga buat UMKM yaa

    BalasHapus
  5. Semoga sukses bisnis serundeng dan hijabnya ya Maak. Memang sih ya butuh dukungan perangkat memadai juga biar operasionalnya lebih murah.

    BalasHapus
  6. Aku bacanya ikut terharu Nih, yakinlah badai ini pasti segera berlalu. Banyak yg merasakan terdampak pandemi..nah kan jadinya muncul ide rumah Raisya. Aamiin semoga usahanya menjadi besar ya. Noted banget lah buat tips iritnya daripada mesti ngeprint bolak balik mending kan kita ngeprint sndiri pakai HP deksjet yg banyak fitur ini.

    BalasHapus
  7. Tetap semangat mba Echa
    Dengan adanya mesin pencetak yang multifungsi seperti printer ini urusan cetak mencetak bahkan bisa fotocopy dan ada wireless nya juga

    BalasHapus
  8. Waaah...sudah siap2 nama cucu hihihi.
    Lancar-lancar-lancar usahanya mak echa. Semoga situasi pandemi ini menjadi proses mental yang akan memudahkan usaha di masa nanti.
    Di rumah saya pake printer HP all in one juga nih, bisa scan, copy, print. Sudah lama, tapi awet smp sekarang.

    BalasHapus
  9. Dengan memiliki printer sendiri, bisa menekan biaya produksi ya, Mbak. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun usaha bisa diminimalisir.
    Oh iya, semoga sukses dengan usaha jilbab dan serundengnya,Mbak

    BalasHapus
  10. Ide namanya visioner banget Cha hihihi... Semoga laris manis bisnis abrunya ya, Cha. Cover packaging serundengnya lucu amat. Gemesin

    BalasHapus
  11. Wah multifungsi ya printernya. Bisa buat usaha sekaligus buat BDR anak dll..
    Semoga usahanya berjalan lancar dan berkah ya, Mbak.. Mb Echa tuh kreatif banget, jadi aku yakin bisa survive.
    Semangat!

    BalasHapus
  12. Label yang menarik bikin orang juga suka lihatnya ya selain rasa & produk. Aku juga pakai HP nih merek printernya. Semanagt terus ya usahanya & saling menguatkan

    BalasHapus
  13. Semoga lancar dan sukses usaha barunya ya mak, duh ajdi pengen nyicip serundengnya nih. ntar tinggal wA ya kalau mau order

    BalasHapus
  14. Uuh, aku gak kuat lihat serundeng kak Echa.
    Kirim ke Bandung, bisa kali yaa...kak?
    Sekalian sambalnya, hehhee..maknyuusss~ makan sama nasi hangat.

    Packanging yang cantik memang mengundang pembeli untuk belanja lagi dan lagi.

    BalasHapus
  15. wah sukses buat usaha serundengnya ya mbak
    emang klo usaha kuliner itu penting banget buat packaging yg menarik
    untung sudah ada printer hp yg siap membantu ya mbak

    BalasHapus
  16. Semoga usaha mba eca lancar. Aamiin emang label itu penting banget yah mba

    BalasHapus
  17. Sukses terus ya usahanya Cha dimudahkan semuanya..aamiin...

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^