5 Tips Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

5 Tips Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

"Ma, pipis aku kayaknya keluar darah Ma"
"Loh, iya tah ya?"
"Iya, Ma", lanjutku sambil nangis
Mama langsung memelukku seraya berkata, "Itu namanya menstruasi, Nak. Anak Mama dah gadis sekarang"

Masih terngiang di ingatan masa kecil saya saat kelas 1 SMP, itu pertama kalinya saya mengalami menstruasi. Panik? Pastilah >.<. Bagaimana tidak panik wong saya baru pertama kali melihat kok ada darah di celana dalam. Tapi saat itu, teman-teman saya kebetulan sudah ada beberapa yang menstruasi untuk pertama kalinya. Paling tidak saya sudah tahu kalau itu menstruasi.

Cuma saat mengalami sendiri tetap saja deg-degan. Huwaaaaaa, bisa mati gak ya kalau kehabisan darah seperti ini? Dan banyak pertanyaan saya saat itu, dan untungnya para guru SMP sudah tahu apa yang harus dilakukan. Guru memperbolehkan saya pulang ke rumah saat mens pertama. Sepanjang perjalanan saya senyum-senyum, akhirnya tahu juga menstruasi itu. Walau saya belum tahu harus bagaimana kalau lagi begini.

Sampai di rumah, Mama sudah menunggu saya dengan senyum. Mama mengelus kepala saya dan bilang, "Tenang. Itu gak papa kok!" Dan terjadilah percakapan di awal postingan itu. Selanjutnya Mama meminta saya bersih-bersih ke kamar mandi buat cuci celana dalam dan memberitahu apa yang harus dilakukan saat menstruasi termasuk cara pakai pembalut, dll.

Duh jadi kangen Mama :"). Al Fatihah. Cuma ya kalau sekarang kebetulan anak-anak saya laki semua, jadi pengalaman seperti itu pasti tidak ada. Ibu itu emang tempat pertama sharing ya apapun juga, termasuk menstruasi.

Tapi faktanya di lapangan, 1 dari 4 anak perempuan yang mengalami menstruasi untuk pertama kalinya tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mereka lebih milih cari sendiri informasi dari internet dan teman. Padahal ada sosok Ibu yang bisa mereka andalkan saat seperti ini :"). Seperti saya dulu :").

Webinar Bersih dan Sehat Saat Menstruasi


Tanggal 27 Mei 2021 kemarin, saya dan teman media blogger mengikuti webinar bersih dan sehat saat menstruasi yang diadakan oleh Betadine Feminime Wash dari Mundipharma Indonesia berkerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). Sebagai moderator hadir Novita Angie seorang Public Figure yang concern sama tumbuh kembang anak.

sehat dan bersih saat menstruasi

Saat saya baca faktanya, beneran loh ternyata banyak banget remaja perempuan yang masih bingung apa yang harus dilakukan ketika pertama kali menstruasi. Yes, this is her first time. Jadi wajar kalau banyak yang masih bingung kan? Kita pun ibuk-ibuk juga sama.
1 dari 2 anak tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mens pertama kalinya
1 dari 3 anak perempuan ganti pembalut 4-12 jam sekali sisanya 2 kali sehari
Di webinar kali ini, saya belajar banyak banget. Apalagi ternyata webinar ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi yang tepat di tanggal 28 Mei setiap tahunnya. Baru tahu loh kalau ternyata ada Hari Kebersihan Menstruasi. Tanggal ini dipilih berdasarkan rata perempuan yang mengalami 28 hari siklus menstruasi dan 5 hari menstruasi. Tujuan webinar ini ternyata agar banyak orang tua dan perempuan yang makin paham tentang manajemen kebersihan menstruasi.

Prof.Dr.dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH yang merupakan anggota pengurus besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) mengatakan akan ada banyak masalah kesehatan karena kebersihan saat masa menstruasi tidak tepat. Seperti infeksi saluran reproduksi, infeksi jamur, infek saluran kemih dan malah bisa meningkatkan resiko kanker.

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si sebagai Ketua Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Wilayah Indonesia Wilayah Jakarta juga sharing ternyata membicarakan alat reproduksi sama anak itu bukan hal yang tabu loh! Malah hal penting buat ningkatin relasi bonding orang tua dan anak. Positifnya kesehatan reproduksi anak akan dijaga baik, anak akan berkeinginan untuk bisa menunda hubungan seksual sebelum menikah dan bisa mengurangi resiko masalah kesehatan mental tentang seksualitas. 

Pemerintah sendiri tidak tinggal diam kok buat sosialisi tentang kebersihan saat menstruasi ini. Karena pasti banyak pertanyaan kenapa menstruasi tidak lancar, cara membersihkan vagina saat menstruasi dll banyak pasti pertanyaan anak-anak. Karena itu pemerintah menggalakkan program kesehatan, mulai dari memberdayakan uks sekolah, program aku bangga aku tahu penyuluhan rutin ke sekolah, vaksinasi HPV dan ada posyandu remaja. Kirain posyandu cuma buat balita ternyata di atas itu juga bisa.

5 Tips Sehat dan Bersih Saat Menstruasi


Kalau boleh dirangkum webinar kemarin, ternyata ada beberapa tips yang bisa kita berikan pada anak dan kita praktikan sendiri saat menstruasi. Ini dia 5 Tips Sehat dan Bersih Saat Menstruasi :

1. Cuci bersih pembalut lalu masukkan dalam kantong plastik. Lalu buang ke tempat sampah setelah dibungkus rapi
2. Bila pakai menspad atau menscup, cuci bersih setelah digunakan. Gunakan setelah kering agar kenyamanan terjaga agar terserap dengan baik
3. Ganti setiap 4-5 jam sekali pembalut yang cocok dengan kulit kita
4. Cuci tangan bersih pakai sabun setelah sebelum dan sesudah pakai pembalut
5. Gunakan air bersih yang mengalir saat bersihkan vagina, bersihkan dari depan ke belakang

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat gizi seimbang dan minum minimal 2 liter sehari agar tetap aktif beraktivitas.

Mba Anna Surti juga sharing hal yang harus dilakukan untuk ngobrol lebih dekat sama anak masalah menstruasi ini. Begini caranya ya buibuk bagaimana menjelaskan menstruasi pada anak yang benar :

1.  Ingat kalau ibu adalah orang pertama yang diharapkan bicara tentang hal ini bicara menstruasi tidak tabu
2. Lakukan berulang kali
3. Bersikap positif
4. Banyak bertanya dan diskusi
5. Jelaskan secara konkrit
6. Lakukan pada anak laki-laki agar dia tahu juga tentang menstruasi

Tadinya saya pikir ya kalau anak laki-laki tidak perlu tahu bagaimana itu menstruasi karena gender sesuai fitrah kan tidak mengalami. Tapi saya jadi tersentak pas baca saran dari Mb Anna Surti kalau anak cowok itu perlu tahu juga tentang menstruasi. Jadi saat ibu haid atau temannya sekitar lagi menstruasi mereka akan paham kenapa hal itu terjadi. Diharapkan anak tidak meledek teman wanita yang haid dan bila mereka sudah menikah tahu apa yang harus dilakukan saat istri sedang menstruasi.

Wihhh, insight baru kan jadinya. Selama ini saya hanya bilang alasan tidak solat karena mens, tapi saya memang tidak menjelaskan kenapa ada mens sehingga tidak sholat. Jadi bener deh kayaknya emang kudu saya harus segera kasih tahu anak laki-laki saya semua deh :").

sehat dan bersih saat menstruasi

Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia sangat mengerti kebutuhan perempuan untuk selalu menjaga kebersihan vagina sepanjang hidupnya. Apalagi saat menstruasi pasti kebersihannya wajib banget dijaga.

Mundipharma Indonesia dengan brand Betadine menyediakan perlengkapan lengkap perawatan sehari-hari untuk seluruh anggota keluarga. Betadine juga menghadirkan produk kewanitaan Betadine Feminime Wash yang concern untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Betadine Feminime Wash hadir berbagai varian, ada yang cair ada yang inovasi foam dan ada yang bentuk wipes yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan.

betadine pembersih kewanitaan

Saya dah nyoba kok ini sabun cair pembersih kewanitaan Betadine Feminime Wash ini. Jujur, wanginya daun sirih tapi lembut. Dengan formula khusus ekstrak daun sirih yang ramah di kulit, Betadine Feminime Wash ini punya prebiotik yang akan menjaga kesehatan kewanitan perempuan untuk tetap di pH yang baik.

Kalau saat dipakai busanya memang tidak banyak tapi sangat aman untuk area perempuan. Soalnya sabun khusus gini kan emang penting banget buat pilih-pilih biar tidak membunuh bakteri baik dalam area kewanitaan. Jadi bakal bikin aman, tidak gatal vagina, bebas bau tidak sedap vagina dan yang pasti minim terkena masalah seputar ini. Buat perempuan memang mrs V ini penting banget loh!! 
 
feminime betadine wash

Betadine feminime wash juga mudah sih dibeli dimana saja. Saya sih biasanya beli di minimarket terdekat saja. Beli online juga bisa kok di Betadine Official Shopee atau Tokopedia . Kalau mau lebih lengkap tentang betadine feminime wash bisa banget ke web Betadine di https://betadine.co.id/product/daily-use-feminine-wash-products

Di akhir webinar biasalah kita berfoto bersama, saya pun gak lupa ikutan dong! Aduh makasih banyak buat IIDN dan Betadine Indonesia sudah mengajak saya ikutan acara ini. Jadi banyak insight didapat, terutama pemberian pengertian buat anak laki-laki secara anak-anak saya laki semua hehehe.

Jadi Ibu, bicara menstruasi itu bukan hal yang tabu ya. Sebagai Ibu kita menjadi orang pertama yang dipercaya untuk pemberian informasi seputar menstruasi termasuk cara untuk tetap sehat dan bersih saat menstruasi. Semoga bermanfaat ya tulisan saya kali ini tentang webinar kemarin. Jangan lupa terus jaga kebersihan area kewanitaan kita agar terus bersih dan sehat. Selamat mencoba tipsnya!

Saya sudah menerapkan tips bersih dan sehat saat menstruasi, bagaimana dengan kamu?

sehat dan bersih saat menstruasi

24 komentar:

  1. Panik hal yang wajar karena pertama kali tapi ini bisa jadi pengalaman berharga buat cucu perempuan agar tidak mengalami panik saat menstruasi

    BalasHapus
  2. Aakkk, pengalaman menarche memang unik ya Maakk
    daku waktu mens kali pertama pun clueless, bingung ga tau kudu piye.
    Alhamdulillah, sekarang banyaakkk materi edukasi seputar menstruasi yg bisa dijadikan rujukan.
    salah satunya dari Betadine ini.

    BalasHapus
  3. Echaa...wlp gak punya anak2 calon gadis2 remaja ternyata tetap harus memberikan info yg tepat apa utu menstruasi yg dialami oleh anak pr kpd jagoan2 3R?-nya. Buat kita juga perlu koq nyetok Betadine Feminine Care. Iya gak sih?

    BalasHapus
  4. aku pertama kali menstruasi itu kelas enam saat sedang ujian akhir nasional, lumayan panik karena bingung kan ya ini pertama kalinya, trus tanya temen dan beli pembalut deh di warung

    BalasHapus
  5. aku jadi ingeeet dulu ada brand pembalut ke skolah SMP aku mbaaa, trus dikasih tau deh lengkap sampai mitos2. Apa sampai sekarang masi ada ya mitos bertebaran. Kalau anak laki juga harus dikasih tau ya, siaaap, supaya ngerti juga

    BalasHapus
  6. Webinar yang mind blowing juga nih Cha,
    aku suka karena ada jurnal menstruasi, ada beberapa pengetahuan yang sebenernya gak baru, tapi kok yaaaa : "kubaru tahu sekarang!"

    BalasHapus
  7. Aku udah lakukan edukasi soal menstruasi ke anak mba . Jadinya dia juga siap saat dapat menstruasi

    BalasHapus
  8. Dulu aku mens kelas 2 SMP, alhamdulillah nggak panik, karena udah telat dapat juga kali ya, jadi udah banyak melihat dan mendengar dari yang udah duluan dapat. Dikasih tahu oleh ibu iya, dari teman-teman dekat juga iya. Beda sama anakku, kelas 6 udah mens, ponakanku malah baru naik kelas 5 udah mens hihi.

    Edukasi tentang manajemen kebersihan menstruasi sebaiknya memang diberikan sejak dini, bertahap, dan berulang. Itu juga yang kulakukan ke anakku. Meski udah sejak tahun lalu mens, sampai sekarang juga masih kuawasi dan kuingatkan hal-hal yang sebaiknya dia lakukan saat haid.

    Produk pembersih area kewanitaan dari Betadine ternyata lengkap ya. Bisa jadi pilihan untuk penggunaan sehari-hari. Tfs infonya Echa.

    BalasHapus
  9. Anak saya udah 10 tahun nih, udah waktunya diajak ngobrol soal menstruasi. Dia udah tau sih kalo tiap bulan perempuan mengalami menstruasi, tapi belum tau detailnya. Untungnya kemarin ikut juga webinar ini. Jadi punya amunisi lebih buat diskusi sama anak.

    BalasHapus
  10. aku juga sebelum haid pertama sudah sering dengar cerita teman-teman yang sudah haid, mbak. tapi pas beneran kena haid pertama tetap aja aku panik dan bingung harus ngapain/ heu

    BalasHapus
  11. soal ganti pembalut ini, emang masih banyak banget perempuan yang malas entah dengan berbagai kondisi untuk mengganti pembalut, padahal ini sangat penting sekali, saya termasuk yang rewel juga ama anak kalo lagi mens

    BalasHapus
  12. manajemen kesehatan menstruasi penting banget buat dibekali ke para anak perempuan yang baru memasuki usia pra remajanya nih. dulu sempat ikutan event soal edukasi MKM sama si kakak sblm ia dpt mens pertamanya, jd belajar bareng deh...

    BalasHapus
  13. Eh bener loh ..anak laki-laki juga perlu tahu tentang kebersihan saat menstruasi ya.. Jadi mereka paham juga apa aja yang dialami perempuan saat menstruasi...

    BalasHapus
  14. Betul sekali, Ibu menjadi orang pertama yang dipercaya untuk pemberian informasi seputar menstruasi termasuk cara untuk tetap sehat dan bersih saat menstruasi.Maka edukasi pada semua terutama ibu tepat adanya agar bisa mengenalkan sejak dini seputar info menstruasi pada putra putri

    BalasHapus
  15. Bener banget jaman sekarang masih banyak saat menarke masih bingung bahkan ga berani ngomong karena takut. Edukasi tentang menstruasi penting banget dikasih sejak dini ya supaya mereka ga bingung dan siap

    BalasHapus
  16. Betadine Feminine Wash ini baunya enak yaaa. Lembut. Aku jadi nyetok yang cair dan tisu nih.

    BalasHapus
  17. Akutu kebiasaan sejak anak-anak udah mulai diajak bicara, selalu ngobrol tentang apa aja. Termasuk ketika mereka nanya kok ibunya nggak shalat atau puasa. Jadi lah kesempatan emas untuk ngajarin anak-anak kalo ibu sedang menstruasi. Dan mereka ngerti juga kalo saat menstruasi, ibu kadang jadi baper, pengennya istirahat dan dibuatkan teh panas agar perutnya hangat dan nyaman

    BalasHapus
  18. Bagus banget webinarnya, jadi melek segala hal yang berhubungan dengan menstruasi. Termasuk mitos dan fakta. Baru tau juga kalo ternyata ada peringatan Hari Kebersihan Menstruasi ya

    BalasHapus
  19. dengan adanya webinar ini, aku jadi punya bekal untuk mengedukasi anak anakku sebelum mereka memasuki masa pubertasnya

    BalasHapus
  20. Aku pertama kali menstruasi udah gak kaget mbak, karena sudah dikasih tau kalau menstruasi itu mengeluarkan darah dari vagina, ya tapi hanya sekedar itu saja.

    Gak tau tuh yang bagaimana cara memakai pembalut bahkan gimana caranya mengatasi rasa sakit perut ketika menstruasi

    Makanya sekarang punya anak perempuan aku getol banget ngasih tau sedikit demi sedikit tentang edukasi menstruasi dan ternyata anak laki-laki juga perlu ya di edukasi tentang masalah seperti ini

    BalasHapus
  21. Hihihi iyaaa anak cowok perlu tahu juga mengenai menstruasi ini ya. Biar ntr gak jd kek temen2 kita dulu yang suka ngeledekin kalau ada temen ceweknya lg bocor alias tembus huhu

    BalasHapus
  22. Anak sekarang sepertinya udah banyak yang tahu soal menstruasi sebelum hari pertama tiba ya. tapi ya gitu sayangnya ga semua dapat informasi yang benar karena ga langsung dapat pendampingan dari ahlinya... Semoga ke depan edukasi tentang pentingnya menjaga diri saat mentruasi ini menjadi lebih merata diterima semua anak

    BalasHapus
  23. Kebetulan anakku perempuan semua mba.
    Bisa jadi bekal persiapanku kelak, supaya mereka lebih siap menghadapi menarke nanti.
    Baru tahu, menstruasi ada manajemen kebersihannya juga

    Anak cowo juga kudu tahu ya, supaya lebih aware bila ketemu temen cewenya mens

    BalasHapus
  24. Meski anakku laki-laki semua info seperti ini penting ...mereka juga mesti tahu agar bisa paham akan mesntruasi yang dialami ibunya, teman perempuannya dan istrinya kelak.
    Apalagi buat perempuan agar mereka siap dan tahu bagaiaman manajemen kebersihan mesntruasi yang harus diterapkan

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^